Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Dengan-Books Pdf

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DENGAN
26 Mar 2020 | 49 views | 0 downloads | 129 Pages | 2.63 MB

Share Pdf : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Dengan

Download and Preview : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Dengan


Report CopyRight/DMCA Form For : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Dengan



Transcription

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DENGAN, MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI, MENULIS LAPORAN PENGAMATAN KELAS V DI MIS. QORIAH FADILLAH, Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Memperoleh. Gelar Sarjana Pendidikan S Pd Dalam IlmuTarbiyah Dan. CITRA FERAWATI HUTABARAT, NIM 36 13 3 017, JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH. FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI.
SUMATERA UTARA, Hal Skripsi, Kepada Yth, Dekan Fakultas Ilmu. Tarbiyah dan Keguruan UIN, Sumateta Utara, Assalamu alaikum Warahmatullahir Wabarakatuh. Setelah membaca meneliti mengoreksi dan mengadakan perbaikan. seperlunya terhadap skripsi saudara, Nama Citra Ferawati Hutabarat. Nim 36133017, Program Studi PGMI 1 S 1, Judul Skripsi UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS. SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL, PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA.
PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI, MENULIS LAPORAN PENGAMATAN KELAS V. DI MIS QORIAH FADILLAH, Dengan ini kami menilai skripsi tersebut dapat disetujui untuk diajukan. dalam sidang Munaqasah Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU Medan. Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Medan April 2017. Pembimbing I Pembimbing II, Drs H Bukhari Muslim Nasution MA Nirwana Anas M Pd NIP. 19530612 197903 1 006 NIP 19761223 200501 2 004, PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.
Saya yang bertanda tangan dibawah ini, Nama Citra Ferawati Hutabarat. Nim 36133017, Program Studi PGMI 1 S 1, Judul Skripsi UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS. SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL, PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA. PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI, MENULIS LAPORAN PENGAMATAN KELAS V. DI MIS QORIAH FADILLAH, Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya serahkan ini.
benar benar merupakan hasil karaya sendiri kecuali kutipan kutipan dari. ringkasan ringkasan yang semuanya telah saya jelaskan sumbernya. Apabila dikemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan skripsi ini hasil. ciplakan maka gelar dan ijazah yang diberikan oleh universitas batal saya terima. Medan April 2017, Yang membuat pernyataan, Citra Ferawati Hutabarat. Nim 36133017, Nama Citra FerawatiHutabarat, Nim 36 13 3 017. Fakultas Program Studi Ilmu Tarbiyah dan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah. Ibtidaiyah, Pembimbing 1 Drs H Bukhari Muslim, Nasution MA 2 Nirwana Anas M Pd. Judul Skripsi Upaya Meningkatan, Kemampuan Menulis Siswa Dengan.
Menggunakan Model Pembelajaran, Kontekstual Pada Mata Pelajaran bahasa. Indonesia Materi menulis Laporan Pengamatan, Kelas V Di MIS Qoriah Fadillah. Kata Kunci Model Pembelajaran Kontekstual dan Kemampuan. Menulis Siswa Dalam Menulis Laporan Pengamatn, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1 kemampuan menulis. siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual 2. kemampuan menulis siswa setelah menggunakan model pembelajaran. kontekstual 3 respon siswa dalam menggunakan model pembelajaran. kontekstual, Jenis Penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas. PTK dengan subjek peneliti dikelas V yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1 kemampuan. menulis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual. yaitu siswa yang tuntas berjumlah 3 orang atau dengan. persentase 15 2 kemampuan menulis siswa setelah menggunakan. model pembelajaran kontekstual yaitu pada siklus I siswa yang tuntas. berjumlah 9 orang atau dengan persentase 45 Selanjutnya pada siklus II. siswa yang tuntas berjumlah 16 oarng atau persentase 80 Untuk lebih. meyakinkan dilakukan siklus III siswa yang tuntas berjumlah 20. orang seluruhnya dengan presentase 100 Hal ini menunjukkan bahawa. kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamtan telah mencapai. tingkat ketuntasan belajar secera klasikal 100 3 respon siswa dengan. menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran. Bahasa Indonesia adalah positif Dengan demikian bahwa dengan. menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan. kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan, Pembimbing I.
Drs H Bukhari Muslim Nasution MA, NIP 19530612 197903 1006. KATA PENGANTAR, Segala puji hanya bagi Allah Tuhan seru sekalian alam Maha Kuasa lagi. Maha Pemurah Dengan kuasa Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dan. karena kemurahan Nya member rezky baik kesehatan kemudahan materi dan hal. lain yang tak terhitung nilainya sehingga skripsi ini dapat diselesaikan sesuai. dengan waktu yang ingin dicapai penulis, Salawat dan salam semoga senantiasa tercurah atas junjungan kita. Muhammad SAW beserta keluarganya yang baik dan suci para sahabatnya yang. setia dan para pengikutnya yang senantiasa berjuang dalam menghidupkan. sunnahnya serta menegakkan kebesaran ajaran Tuhannya. Skripsi ini berjudul Upaya Meningkatan Kemampuan Menulis Siswa. Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran. Bahasa Indonesia Materi Menulis Laporan Pengamatan Kelas V Di MIS Qoriah. Peneliti menyadari bahwa penyusunan skripsi ini tidak dapat tercapai. tanpa adanya bantuan bimbingan dan motivasi dari berbagai pihak Oleh karena. itu dengan segala kerendahan hati pada kesempatan ini peneliti mengucapkan. rasa terima kasih kepada, 1 Bapak Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta seluruh bapak. dan ibu dosen beserta staf nya yang telah memberi ilmu waktu fasilitas. dan kesempatan kepada peneliti untuk menuntut ilmu selama masa. perkuliahan khususnya S 1 program studi Pendidikan Guru Madrasah. Ibtidaiyah, 2 Kepada Ibu Dr Salmaniwati S S M A selaku ketua jurusan Pendidikan.
Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3 Kepada Pembimbing I Bapak Drs H Bukhari Muslim Nasution MA dan. Pembimbing II Ibu Nirwana Anas M Pd yang telah memberikan motivasi. dan membimbing saya untuk dapat menyelesaikan skripsi ini. 4 Kepada Faisal Abdi S Pd I selaku kepala MIS Qoriah Fadillah Ibu Eva. Wastiyah S Pd I selaku guru Bahasa Indonesi dikelas V dan guru guru. yang telah memberikan izin meneliti dan membantu peneliti dalam. mengumpulkan informasi serta siswa kelas V telah menjadi respon objek. dalam peneliti, 5 Terkhusus kepada orang tua saya Ayahanda Arsan Hutabarat dan Ibunda. Roslia Pasaribu tercinta yang sangat berjasa dan telah banyak memberikan. bantuan dalam bentuk materi maupun motivasi serta pengorbanan yang. begitu besar sehingga peneliti dapat menyelesaikan dengan baik. 6 Kepada Abang kandung saya Tomi Syahputa Hutabarat Heri Sulaiman. Hutabarat dan Chairul Saleh Hutabarat yang telah banyak memberikan. bantuan dan motivasi, 7 Kepada teman teman Raliinmfa Yuli Darwati Siti Nur aindah Jamiahul. Jannah Nurhafizah Simamora Dan Siti Rahmadani Pulungan yang saya. sayangi yang telah banyak memberikan bantuan dan semangat untuk. mengerjakan skripsi ini hingga selesai, 8 Kepada teman teman PGMI 1 tercinta yang dengan penuh semangat. kebersamaan terus membantu dikala suka dan duka, 9 Kepada semua pihak yang telah banyak membantu peneliti dalam.
penyusunan skripsi ini yang tidak dapat penulis sebutakn satu persatu. Semoga apa yang telah mereka semua berikan mendapat balasan berupa. rahmad dan ridho Nya dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT amin ya. rabbal alamin Akhirnya hanya kepada Allah SWT kita tawakal dan. memohon hidayahnya Semoga skripsi yang sederhana ini dapat bermanfaat. bagi semua pihak Dalam kerendahan hati penulis ucapkan terima kasih. Medan 26 April 2017, Citra Ferawati Hutabarat, Nim 36133017. DAFTAR ISI, KATA PENGANTAR i, DAFTAR ISI iv, DAFTAR TABEL vi. BAB I PENDAHULUAN, A Latar Belakang Masalah 1, B Identifikasi Masalah 5. C Perumusan Masalah 6, D Tujuan Penelitian 6, E Manfaat Penelitian 7. F Indikator Tindakan 7, BAB II LANDASAN TEORITIS, A Kerangka Teori 8.
1 Kemampuan Menulis 8, 2 Langkah Langkah Dalam Menulis Laporan 9. B Hakikat Bahasa Indonesia 9, 1 Pengertian Bahasa Indonesia 9. 2 Tujuan Pelajaran Bahasa Indonesia 10, 3 Nilai Penting Bahasa Indonesia Bagi Siswa SD 11. C Model Pembelajaran Kontekstual 11, 1 Pengertian Model Pembelajaran 11. 2 Model Pembelajaran Kontekstual 13, 3 Komponen Komponen Pembelajaran Kontekstual 14.
4 Kelebihan Dan Kelemahan Model Pembelajaran Kontekstual 16. D Penelitian Yang Relevan 17, E Hipotesis Tindakan 19. BAB III METODE PENELITIAN 20, A Pendekatan Dan Metode PTK 20. B Latar Dan Subjek Penelitian 21, C Langkah Langkah Penelitian 21. D Teknik Pengumpulan Data 28, E Teknik Analisis Data 29. F Teknik Penjamin Keabsahan Data 35, BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 37.
A Paparan Data 37, B Uji Hipotesis 39, C Pembahasan Hasil Penelitian 63. BAB V SIMPULAN DAN SARAN 68, A Simpulan 68, B Saran 69. DAFTAR PUSTAKA 70, DAFTAR TABEL, Tabel 1 1 Rubrik Peniliaian Menulis Laporan Pengamatan 30. Tabel 4 1 Nilai Siswa Berdasarkan Observasi Dari Guru Kelas 38. Tabel 4 2 Hasil Observasi Aktivitas Mengajar Guru Siklus I 41. Tabel 4 3 Hasil Observasi Aktivitas Siswa Siklus I 43. Tabel 4 4 Data Hasil Siswa Soal Siklus I 45, Tabel 4 5 Hasil Observasi Aktivitas Mengajar Guru Siklus II 49. Tabel 4 6 Hasil Observasi Aktivitas Siswa Siklus II 51. Tabel 4 7 Data Hasil Siswa Soal Siklus II 53, Tabel 4 8 Hasil Observasi Aktivitas Mengajar Guru Siklus III 57.
Tabel 4 9 Hasil Observasi Aktivitas Siswa Siklus III 59. Tabel 4 10 Data Hasil Siswa Soal Siklus III 61, Tabel 4 11 Nilai Rekafitulasi Siswa 64. PENDAHULUAN, A Latar Belakang Masalah, Pendidikan adalah sebuah proses yang dilakukan anak manusia untuk. mempersiapkan generasi muda 1 Dalam perkembangannya istilah pendidikan. berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja terhadap anak. didik oleh orang dewasa agar ia menjadi dewasa 2 Karena itu pendidikan yang. diberikan melalui bimbingan pengajaran dan latihan harus mampu memenuhi. tuntutan pengembangan potensi peserta didik secara maksimal baik potensi. intelektual spiritual sosial moral maupun estestika sehingga terbentuk. kedewasaan atau kepribadian seutuhnya 3, Undang Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. menyatakan bahwa, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan. suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif. mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual. keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia. serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan. Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan. kreativas pengajar Pembelajaran yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan. pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada. Mardianto 2012 Psikologi Pendidikan Medan Perdana Publishing hal 16. Salminawati 2011 Filsafat Pendidikan Islam Bandung Citapustaka Media. Printis hal 15, Syafaruddin dkk 2012 Inovasi Pendidikan Medan Perdana Publishing.
Wina Sanjaya 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan Jakarta Kencana hal 2, keberhasilan pencapaian target belajar Target belajar dapat diukur melalui. perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar Desain. pembelajaran yang baik ditunjang fasilitas yang memadai ditambah dengan. kreativitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target. Bahasa adalah alat komunikasi untuk menyampaikan pikiran perasaan. dan kemauan dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bunyi ujaran. yang dihasilkan oleh alat ucap manusia 6 Bahasa Indonesia merupakan alat. komunikasi yang dipergunakan oleh masyarakat indonesia untuk keperluan. sehari hari misalnya belajar bekerja sama dan berinteraksi Bahasa indonesia. dapat diartikan sebagai sarana berkomunikasi untuk saling berbagi pengalaman. saling belajar dari yang lain serta untuk meningkatkan intelektual. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan. kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa indonesia dengan. baik dan benar baik secara lisan maupun tulis serta menumbuhkan apresiasi. terhadap hasil karya kesastraan manusia indonesia Tujuan pelajaran bahasa. indonesia antara lain 1 berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai dengan. etika yang berlaku baik secara lisan maupun tulis 2 menghargai dan bangga. menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara 3. memahami bahasa indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk. berbagai tujuan 4 menggunakan bahasa indonesia untuk meningkatkan. Muhammad Fathurrohman 2015 Model Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta Ar ruzz Media hal 16, Isma Tantawi 2013 Terampil berbahasa Indonesia Bandung Citapustaka. Media Perintis hal 10, kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial 5 menikmati dan. memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan memperhalus budi. pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa 6. menghargai dan membanggakan sastra indonesia sebagai khazanah budaya dan. intelektual manusia indonesia, Isah Cahyani menyatakan menulis adalah keterampilan produktif dengan. menggunakan tulisan Menulis dapat dikatakan suatu keterampilan berbahasa. yang paling rumit di antara jenis jenis keterampilan berbahasa lainnya Menulis. bukanlah sekedar menyalin kata kata dalam kalimat kalimat melainkan juga. mengembangkan dan menuangkan pikiran pikiran dalam suatu struktur tulisan. yang teratur 7 Menulis Laporan memiliki langkah langkah yaitu 1 karakteri. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS LAPORAN PENGAMATAN KELAS V DI MIS QORIAH FADILLAH SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan S Pd Dalam IlmuTarbiyah Dan Keguruan Oleh

Related Books

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT TEGAK

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT TEGAK

bersambung pada pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas ii sdn umbulharjo tahun ajaran 2015 2016 skripsi oleh fitri juwita npm 11144600002 program studi pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas pgri yogyakarta 2016 i upaya meningkatkan kemampuan menulis kalimat tegak bersambung pada pembelajaran bahasa indonesia

SOUTH AFRICAN POLICE SERVICE ACT 68 OF 1995 SAPS

SOUTH AFRICAN POLICE SERVICE ACT 68 OF 1995 SAPS

South African Police Service Amendment Act 57 of 2008 Independent Police Investigative Directorate Act 1 of 2011 Civilian Secretariat for Police Service Act 2 of 2011 South African Police Service Amendment Act 10 of 2012 also amended by Criminal Law Forensic Procedures Amendment Act 6 of 2010

The Emergence of the South African Metropolis

The Emergence of the South African Metropolis

The Emergence of the South African Metropolis Focusing on South Africa s three main cities Johannesburg Cape Town and Durban this book explores South African urban history from the late nineteenth century onwards In particular it examines the metropolitan perceptions and experiences of both Black and White South Africans as well as those of visitors Drawing on a rich array of

BRIEFING TO THE PORTFOLIO COMMITTEE ON POLICE ON THE STATE

BRIEFING TO THE PORTFOLIO COMMITTEE ON POLICE ON THE STATE

SOUTH AFRICAN POLICE SERVICE CONTENTS 2 1 Regulatory Framework 2 Background 3 Established Metropolitan Police Services 4 Involvement in Police Committees 5 National Forum for Municipal Police Services 6 Sub forums of the National Forum for Municipal Police Services 7 Developmental support for members of Metro Police Services 8 Post basic training development 9 Integrated operations

Metropolitan Police Services in South Africa 2002

Metropolitan Police Services in South Africa 2002

Metropolitan Police Services in South Africa 2002 by Gareth Newham Themba Masuku and Lulama Gomomo Research report written for the Centre for the Study of Violence and Reconciliation November 2002 Gareth Newham is a former Project Manager in the Criminal Justice Programme at the Centre for the Study of Violence and Reconciliation Themba Masuku and Lulama Gomomo are Researchers in the

Part I Orientation SAGE Publications Inc

Part I Orientation SAGE Publications Inc

Part I Orientation As a school leader Working with almost 200 superintendents in the past 10 years the authors of this volume have heard variations on each of them And each of these developments cost someone a job We could cite dozens of similar examples The truth is that the high minded pursuit of what s best for children often runs into the rough realities of budget catastrophes

The new superintendent s guide to community engagement

The new superintendent s guide to community engagement

Over the past four years Thoughtexchange has helped incoming district superintendents across the nation build trust and discover stakeholder priorities Rich data from their exchanges can be used to drive strategic plans and other decisions that are well received by stakeholders because they clearly reflect their stated priorities often in their own words In the following pages we ll

EDAD 628 School District CEO Leadership The Superintendent

EDAD 628 School District CEO Leadership The Superintendent

responsibilities and current problems confronting practicing school superintendents Consideration is also given to administrative theories organizational behavior community relations and relations with the school board This course which mirrors EDAD 611 and the two couses are taught concurrently

DIGITAL MIXING CONSOLE usa yamaha com

DIGITAL MIXING CONSOLE usa yamaha com

Yamaha Corporation of America Electronic Service Division 6600 Orangethorpe Ave Buena Park CA90620 The above statements apply ONLY to those products distributed by Yamaha Corporation of America or its subsidiaries This applies only to products distributed by YAMAHA CORPORATION OF AMERICA class B ADVARSEL Lithiumbatteri Eksplosionsfare ved fejlagtig h ndtering Udskiftning m kun

DIGITAL REVERBERATOR Operation Manual Yamaha Corporation

DIGITAL REVERBERATOR Operation Manual Yamaha Corporation

Congratulations on your purchase of a Yamaha REV500 Digital Reverberator The REV500 is a high quality inexpensive and easy to use digital reverberator suitable for home recording or smaller sound reinforcement applications A true stereo processor with two inputs and two outputs the REV500 offers high quality stereo reverb either alone or in combination with a variety of other effects