Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu Di Kalimantan -Books Pdf

PROSPEK PENGEMBANGAN JENIS TANAMAN GAHARU DI KALIMANTAN
21 Jan 2020 | 22 views | 0 downloads | 9 Pages | 238.46 KB

Share Pdf : Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu Di Kalimantan

Download and Preview : Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu Di Kalimantan


Report CopyRight/DMCA Form For : Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu Di Kalimantan



Transcription

Galam Volume IV No 3 Desember 2010 Hal 233 251, 14 454 Ha Produksi sektor kehutanan terdiri dari dua jenis yaitu kayu dan non kayu. Hasil hutan non HPH berupa kayu bulat pada tahun 2004 adalah sebesar. 719 980 01 m dan kayu olahan sebesar 1 568 715 38 m Produksi rotan adalah. sebesar 239 206 ton produksi kayu manis adalah sebesar 1 056 ton produksi karet. adalah sebesar 91 406 ton, Gaharu adalah sejenis damar yang terbentuk secara semula jadi akibat. daripada tindak balas pokok gaharu ke atas serangan fungus bakteria penyakit. Pokok yang diserang menyebarkan sejenis minyak berbau bagi melindungi bagian. yang cedera sama ada akar batang dahan dan sebagainya di mana minyak ini. lama kelamaan akan menjadi keras damar Bahan damar yang terhasil ini pula. mengandung bahan sari atau resapan damar yang wangi dan dikenali sebagai. Harga jual yang tinggi dan manfaat yang diperoleh dari tanaman gaharu ini. maka memiliki prospek kedepan yang sangat menjanjikan sehingga keberadaannya. harus tetap dilestarikan atau dikembangkan di Propinsi Kalimantan Selatan Tulisan. ini akan mencoba membahas profil dari gaharu serta prospek pengembangannya di. masa datang khususnya di Kalimantan,B Tujuan Penulisan. Tujuan penulisan ini adalah memberikan informasi tentang prospek jenis. gaharu sebagai salah satu hasil hutan berupa non kayu di Kalimantan dan. memberikan informasi manfaat manfaat dari gaharu agar tetap terjaga. kelestariannya di masa yang akan datang,Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu. Johansen Silalahi,II SIFAT BOTANIS GAHARU,A Nama Jenis.
Menurut Anonim 2004 Gaharu adalah gumpalan berbentuk padat. berwarna coklat kehitaman sampai hitam dan berbau harum yang terdapat pada. bagian kayu atau akar dari jenis tumbuhan penghasil gaharu yang telah mengalami. proses perubahan kimia dan fisika akibat terinfeksi oleh sejenis jamur Oleh sebab. itu tidak semua tumbuhan penghasil gaharu menghasilkan gaharu Nama jenis. gaharu yang terkenal di Kalimantan adalah Aquilaria malaccensis A microcarpa. A beccariana dan A melaccensis Tumbuhan penghasil gaharu termasuk dalam suku. Thymeleaceae Leguminosae dan Euphorbiaceae Marga marga tumbuhan penghasil. gaharu adalah Actoxylon Aquilaria Enklea Gonystylus Wikstromia Gyrinops. Dalbergia dan Excoecaria,B Daerah Penyebaran, Daerah penyebaran tumbuhan penghasil gaharu adalah Sumatera. Kalimantan Jawa Sulawesi Maluku Nusa Tenggara dan Papua Anonim 2004. C Karakteristik Tumbuh, Menurut Baung camp com 2008 Tempat tumbuh yang cocok untuk tanaman. penghasil gaharu adalah dataran rendah lereng lereng bukit sampai ketinggian. 750 meter di atas permukaan laut Jenis Aquilaria tumbuh sangat baik pada tanah. tanah liat misalnya podsolik merah kuning tanah lempung berpasir dengan. drainase sedang sampai baik Tipe iklim A B dengan kelembaban sekitar 80 Suhu. berkisar antara 22 28 C dengan curah hujan berkisar antara 2000 s d 4000. mm tahun Lahan tempat tumbuh yang perlu dihindari adalah 1 lahan tergenang. secara permanen 2 tanah rawa 3 lahan dangkal kedalaman kurang dari 50 cm. 4 pasir kuarsa dan 5 lahan yang ber pH kurang dari 4 0. Galam Volume IV No 3 Desember 2010 Hal 233 251,D Kegunaan Gaharu. Berdasarkan tradisi masyarakat di Timur tengah gaharu bermanfaat untuk. bahan wewangian karena aromanya yang khas Pada masyarakat Republik Rakyat. Cina gaharu bermanfaat untuk obat obatan seperti stress tumor kanker gangguan. ginjal hepatitis sakit perut dan asma Perkembangan saat ini gaharu bermanfaat. sebagai bahan baku industri kosmetika pengawet berbagai jenis aksesori dan. bahan baku industri parfum Anonim 2004,E Pemasaran Gaharu. Gaharu dipasarkan untuk konsumsi dalam negeri dan diekspor ke luar negeri. misalnya ke China Eropa dan Timur Tengah Gambar 1 adalah gambar produk. gaharu yang dipasarkan oleh Ibu Galuh bersama suaminya Muhidin ketika penulis. melakukan kunjungan ke pembibitan gaharu milik Ibu Galuh dan suaminya Muhidin di. Desa Kasai Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Gambar 1 Produk gaharu yang dipasarkan, III TEKNIK BUDIDAYA JENIS TANAMAN PENGHASIL GAHARU.
A Pengadaan Bibit, Bibit tanaman penghasil gaharu dapat dikembangkan melalui generatif dan. vegetatif Melalui generatif dilakukan dengan cara memanfaatkan potensi benih. yang sudah masak dengan mengunduh biji atau benih yang jatuh dari pohon induk. Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu,Johansen Silalahi. atau anakan cabutan Benih tanaman penghasil gaharu termasuk biji yang. rekalsitran yaitu biji yang cepat menurun kadar airnya sehingga mempengaruhi. daya kecambahnya Oleh karena itu apabila benih sudah didapat disarankan agar. segera dilakukan penyemaian tanpa harus ditunda Persemaian bibit penghasil. gaharu dapat juga dibuat skala massal melalui stek pucuk stek batang dan kultur. jaringan Setiap teknik perbanyakan akan mempunyai konsekuensi biaya produksi. bibit Untuk perbanyakan stek pucuk pengambilan bahan stek dapat berasal dari. kebun pangkas atau bibit tanaman Bahan stek yang baik adalah tunas yang tegak. autotrof yang secara fisiologis muda batangnya berkayu dan mempunyai jumlah. ruas nodum lebih dari dua Dengan penambahan hormon tertentu yang berfungsi. untuk meningkatkan kemampuan stek berakar dan mempercepat proses pertumbuhan. akar maka bahan stek telah siap ditanam pada bak pengakaran Agar stek dapat. berkembang menjadi bibit perlu pemeliharaan yang intensif melalui penyediaan. media yang sesuai kelembaban yang tinggi suhu udara dan cahaya yang cukup. Pemeliharaan dapat berlangsung sampai bibit siap tanam yaitu 6 s d 8 bulan Pada. tahap awal di persemaian semua jenis bibit penghasil gaharu memerlukan naungan. yang cukup seperti halnya kelompok jenis meranti Untuk mempercepat. pertumbuhannya bibit penghasil gaharu dapat diinokulasi oleh Cendawan Mikoriza. Arbuskula CMA sejak dini di persemaian baungcamp com 2008 Contoh bibit. tanaman penghasil gaharu dapat dilihat pada gambar 2. Gambar 2 Bibit tanaman penghasil gaharu,Galam Volume IV No 3 Desember 2010 Hal 233 251. B Persiapan Lahan, Pada tahap awal pertumbuhan di lapangan bibit penghasil gaharu. memerlukan naungan Penanaman gaharu berdasarkan pengamatan di Desa Kasai. Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan dilakukan secara. tumpangsari agroforestry dengan tanaman karet Persiapan lahan untuk. penamanaman bibit penghasil gaharu dapat berupa pembabatan semak belukar. kemudian diikuti dengan pengelolaan tanah di sela sela tanaman pokok karet. akasia sengon kelapa sawit dan lainnya,C Penanaman.
Pola tumpangsari agroforestry merupakan pola yang cocok dalam hal. penanaman bibit penghasil gaharu Contoh tanaman dengan pola tumpangsari. adalah tanaman jagung singkong pisang dan lainnya Selain itu berdasarkan. pengamatan di Desa Kasai Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan. Kalimantan Selatan bibit penghasil gaharu ditanam di sela sela tanaman pokok. karet yang telah tumbuh terlebih dahulu karena pada tahap awal gaharu. memerlukan naungan dalam proses pertumbuhannya Jika tanaman penghasil. gaharu akan ditanam pada hamparan yang luas dan masih kosong maka jarak. tanam dapat dibuat 3 m x 5 m 4 m x 4 m atau 5 m x 5 m dengan waktu. penanaman diusahakan pada musim hujan agar bibit mendapatkan air yang cukup. pada awal pertumbuhannya dan media tanam dapat berupa tanah dan kompos. Selain itu pada setiap lubang tanam dianjurkan untuk diberikan pupuk kompos. minimum 1 kg setiap lubang untuk nutrisi tanaman dan pencegahan gangguan hama. penyakit terutama pada akar harus diperhatikan,D Pemeliharaan. Pemeliharaan tanaman di lapangan menurut Rayan 2004 menyarankan. tanaman pokok berumur 1 2 tahun kegiatan pemeliharaan dilakukan sebanyak tiga. Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu,Johansen Silalahi. kali dalam setahun yaitu dengan pembersihan tanaman pokok dari gulma dan pada. tanaman pokok berumur 3 5 tahun pemeliharaan cukup dilakukan dua kali dalam. IV KESIMPULAN DAN SARAN, 1 Gaharu adalah termasuk tanaman yang hampir punah di Propinsi Kalimantan. Selatan Oleh sebab itu penyelamatan dan pengembangan pohon gaharu sangat. diperlukan agar gaharu dari Provinsi Kalimantan Selatan dapat berjaya di. pasaran domestik maupun pasaran internasional seperti daerah pengembangan. gaharu yang diamati penulis adalah Desa Kasai Kecamatan Batumandi. Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan, 2 Gaharu adalah sejenis damar yang terbentuk secara semula jadi akibat. daripada tindak balas pokok gaharu ke atas serangan fungus bakteria. penyakit Pokok yang diserang menyebarkan sejenis minyak berbau bagi. melindungi bagian yang cedera sama ada akar batang dahan dan. sebagainya di mana minyak ini lama kelamaan akan menjadi keras damar. Bahan damar yang terhasil ini pula mengandungi bahan sari atau resapan damar. yang wangi dan dikenali sebagai gaharu, 3 Budidaya gaharu ternyata dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan.
pendapatan terutama dalam penjualan produk gaharu ke luar Pulau Kalimantan. seperti Pulau Jawa Mengingat daya minat gaharu di pasaran domestik dan. internasional sangat dibutuhkan maka tidak menutup kemungkinanan budidaya. gaharu menjadi suatu keharusan untuk menghindari kepunahan bibit. 4 Pengembangan gaharu menjadi tantangan bagi kita agar kita dapat meraup. kembali si emas yang hampir punah dari Banua Kalimantan Selatan yang kita. Galam Volume IV No 3 Desember 2010 Hal 233 251, cintai ini Jika pengembangan ini dapat berhasil hal ini akan mengangkat. Kalimantan Selatan dikenal di dunia domestik dan internasional. DAFTAR PUSTAKA, Anonim 2004 Gaharu Komoditi Masa Depan Yang Menjanjikan Makalah penunjang. disampaikan dalam Ekspose Hasil hasil Penelitian Dalam Rangka 20 Tahun. Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Kalimantan 7 Desember. 2004 Samarinda, Rayan 2004 Budidaya Tumbuhan Penghasil Gaharu Makalah dalam Promosi. Pengembangan gaharu di Kabupaten Pasir, Sidiyasa K dan M Suharti 1987 Jenis jenis Tumbuhan Penghasil Gaharu melalui. inokulasi Makalah utama diskusi pemanfaatan kayu kurang dikenal Badan. Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Cisarua 13 14 Januari 1987. Suhartono T and AC Newton 2000 Conservation and sustainable of Tropical Tree in. The Genus Aquilaria I Status and Distribution in Indonesian Biological. Conservation Vol 96 No 1 November 2000 pp 83 94, Sutiyono 1998 Pertumbuhan Bibit Cabutan Gaharu Angkaras Aquilaria microcarpa.
Baill di Persemaian Diskusi Hasil Hutan Bukan Kayu Puslitbang Hasil Hutan. dan Sosek Badan Litbang Kehutanan Departemen Kehutanan 17 Maret. 1998 Bogor, Tarus V Tangal Wendiyati S Leki dan Harisetiyono 1996 Prospek penyelesaian. pengusahaan Gaharu di NTT Studi potensi dan manajemen Eksploitasi. Kerjasama Badan Litbang Kehutanan Departemen Kehutanan dan Fakultas. Pertanian Universitas Nusa Cendana Kupang, www asahangaharu blogspot com 2009 09 budidaya gaharu sistem bio. induksi html Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur diakses. pada tanggal 7 Oktober 2010 pukul 11 45 WITA, www baungcamp com Budidaya Gaharu Sistem Bio Induksi Hasil Kerja Keras Peneliti. Balitbang Kehutanan Dephut diakses pada tanggal 7 Oktober 2010 pukul. 12 16 WITA,Prospek Pengembangan Jenis Tanaman Gaharu. Johansen Silalahi, www indonesia go id id index php option com content task view id 3538 Itemi.
d 1962 Sumber Daya Alam Propinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 5. Oktober 2010 pukul 14 30 WITA, Zich Frank J Campton 2001 Agarwood Gaharu Harvest and Trade in Papua New. Guinea A Preliminary Assesment TRAFFIC Oceania Australia.


Related Books

January 2012 CRISIL CRBCustomised Research Bulletin

January 2012 CRISIL CRBCustomised Research Bulletin

CRISIL is not liable for any investment decisions, which may be based on the views expressed in this Report. CRISIL especially states that it has no financial liability whatsoever to the subscribers/ users/ transmitters of this Report. CRISIL Research operates independently of, and does not have access to information obtained

Study Guide: For a complete 6 list of the postulates and ...

Study Guide For a complete 6 list of the postulates and

list of the postulates and theorems in this chapter, see p. ... Organizer Objective: Help ... G I < D @ IOnline Edition Multilingual Glossary Resources

Barnfeet 5 Year Business Plans - Sustainability Partnerships

Barnfeet 5 Year Business Plans Sustainability Partnerships

5 Year Business Plan ... Earning an equivalent amount of 8 hours 5 days a week work or more doing Farming, Is it ... Business Identification for ...

ORGANIC FARMING SCHEME BUSINESS PLAN

ORGANIC FARMING SCHEME BUSINESS PLAN

ORGANIC FARMING SCHEME BUSINESS PLAN Name: Address: Herd No Organic Licence No Date: Previously in SM6 YeNo s

A Proposal for a Rwanda Potato Sector Development Program ...

A Proposal for a Rwanda Potato Sector Development Program

Rwanda Potato Sector Development Program Agricultural Policy Development Project ... action plan for the potato sector.

DIFFERENTIAL GEOMETRY: A First Course ... - University of ...

DIFFERENTIAL GEOMETRY A First Course University of

DIFFERENTIAL GEOMETRY: A First Course in Curves and Surfaces Preliminary Version Summer, 2016 Theodore Shifrin University of Georgia Dedicated to the memory of Shiing ...

Dissertation - Active converter based on the VIENNA Rectifie

Dissertation Active converter based on the VIENNA Rectifie

ACTIVE CONVERTER BASED ON THE VIENNA RECTIFIER TOPOLOGY INTERFACING A THREE-PHASE GENERATOR TO A DC-BUS by Jacobus Hendrik Visser Submitted in partial fulfillment of the requirements for the degree

Public Private Partnerships for Impacting Poor Community

Public Private Partnerships for Impacting Poor Community

Public Private Partnerships for Impacting Poor Community Roundtable Proceedings This document captures the highlights of thoughts and solutions on promoting

Business for Development - Sida

Business for Development Sida

Business for Development ... works in a systematic way in partnerships with the business sector. ... We know that many companies do a great deal of good for poor people