Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Untag Surabaya-Books Pdf

Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNTAG Surabaya
08 Feb 2020 | 26 views | 0 downloads | 12 Pages | 4.42 MB

Share Pdf : Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Untag Surabaya

Download and Preview : Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Untag Surabaya


Report CopyRight/DMCA Form For : Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Untag Surabaya



Transcription

Program Studi Teknik Mesin,Fakultas Teknik UNTAG Surabaya. 2 4 Prinsip kerja turbin air, Turbin air mengubah energi potensial air menjadi energi mekanis. Energi mekanis diubah dengan generator listrik menjadi tenaga listrik. Berdasarkan prinsip kerja turbin dalam mengubah energi potensial air. menjadi energi mekanis Aliran air yang mempunyai energi potensial akan. disemprotkan ke sudu sudu turbin oleh nozzle Putaran dari sudu sudu. tersebut akan mengakibatkan poros turbin ikut bergerak dan kemudian. putaran poros turbin akan diteruskan ke generator listrik untuk diubah. menjadi energi listrik,2 5 Klasifikasi Turbin Air, Berdasarkan prinsip kerja turbin dalam mengubah energi potensial air. menjadi energi kinetik turbin air dibedakan menjadi dua kelompok yaitu turbin. impuls dan turbin reaksi,a Turbin Impuls, Turbin impuls adalah turbin air yang cara kerjanya merubah seluruh energi. air yang terdiri dari energi potensial tekanan kecepatan yang tersedia menjadi. energi kinetik untuk memutar turbin sehingga menghasilkan energi kinetik Energi. potensial air diubah menjadi energi kinetik pada nozle Air keluar nozle yang. mempunyai kecepatan tinggi membentur sudu turbin Setelah membentur sudu arah. kecepatan aliran berubah sehingga terjadi perubahan momentum impulse. Akibatnya roda turbin akan berputar Turbin impuls adalah turbin tekanan sama. karena aliran air yang keluar dari nozle tekanannya adalah sama dengan tekanan. atmosfir sekitarnya Semua energi tinggi tempat dan tekanan ketika masuk ke sudu. jalan turbin dirubah menjadi energi kecepatan Contoh turbin impuls adalah turbin. b Turbin Reaksi, Turbin reaksi adalah turbin yang cara kerjanya merubah seluruh energi air.
yang tersedia menjadi energi kinetik Turbin jenis ini adalah turbin yang paling. banyak digunakan Sudu pada turbin reaksi mempunyai profil khusus yang. menyebabkan terjadinya penurunan tekanan air selama melalui sudu Perbedaan. tekanan ini memberikan gaya pada sudu sehingga runner bagian turbin yang. berputar dapat berputar Turbin yang bekerja berdasarkan prinsip ini. dikelompokkan sebagai turbin reaksi Runner turbin reaksi sepenuhnya tercelup. dalam air dan berada dalam rumah turbin, Turbin reaksi disebut juga dengan turbin tekanan lebih karena tekanan air. sebelum masuk roda turbin lebih besar dari pada tekanan air saat keluar roda turbin. Secara umum dapat dikatakan bahwa aliran air yang masuk keroda turbin. mempunyai energi penuh kemudian energi ini dipakai sebagian untuk. Program Studi Teknik Mesin,Fakultas Teknik UNTAG Surabaya. menggerakkan roda turbin dan sebagian lagi dipergunakan untuk. mengeluarkan air kesaluran pembuangan Jenis turbin reaksi yang sering digunakan. antara lain turbin francis turbin propeler atau kaplan Fritz Dietzel 1988 17. Berdasarkan arah alirannya turbin dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu turbin. aliran radial dan turbin aliran aksial,a Turbin Aliran Radial. Turbin aliran radial adalah turbin yang arah alirannya tegak lurus dengan. arah putaran poros turbin Turbin dengan aliran radial digunakan untuk laju. alir aliran working fluid rendah dan dengan perbedaaan tekanan. difference pressure tinggi,b Turbin Aliran Aksial, Turbin yang sejajar dengan arah putaran poros turbin Turbin dengan aliran. aksial digunakan untuk laju alir tinggi dan dengan perbedaan tekanan rendah. 1 40 bar Axial flow turbines kebanyakan digunakan dalam aplikasi. yang melibatkan fluida kompresibel Dalam banyak penggunaan efisiensi. Axial flow turbines lebih tinggi dibandingkan radial inflow turbines. Adapun macam macam turbin air antara lain,a Turbin Pelton.
Turbin Pelton termasuk jenis turbin impuls yang merubah seluruh energi air. menjadi energi kecepatan sebelum memasuki runner turbin Perubahan energi ini. dilakukan didalam nozzle dimana air yang semula mempunyai energi potensial yang. tinggi diubah menjadi energi kinetis Pancaran air yang keluar dari nozzle akan. menumbuk bucket yang dipasang tetap sekeliling runner dan garis pusat pancaran air. menyinggung lingkaran dari pusat bucket Kecepatan keliling dari bucket akibat. tumbukan yang terjadi tergantung dari jumlah dan ukuran pancaran serta. kecepatannya Kecepatan pancaran tergantung dari tinggi air di atas nozzlenya serta. effisiensinya, Turbin pelton terdiri dari satu set sudu jalan yang diputar oleh pancaran air. yang disemprotkan oleh nozzle Turbin pelton adalah salah satu dari jenis turbin air. yang paling efisien Turbin pelton adalah turbin yang cocok digunakan untuk head. Bentuk sudu turbin terdiri dari 2 bagian yang simetris Sudu dibentuk. sedemikian sehingga pancaran air akan mengenai tengah sudu dan pancaran air. tersebut akan berbelok ke kedua arah sehingga bisa membalikkan pancaran air. dengan baik dan membebaskan sudu dari gaya gaya samping. Keuntungan turbin pelton,1 Daya yang dihasilkan besar. 2 Konstruksi yang sederhana,3 Mudah dalam perawatan. 4 Teknologi yang sederhana mudah diterapkan di daerah yang terisolir. Program Studi Teknik Mesin,Fakultas Teknik UNTAG Surabaya. Kerugian turbin pelton, Karena aliran air berasal dari atas maka biasanya reservoir air atau.
bendungan air sehingga memerlukan investasi yang lebih banyak. Turbin pelton digolongkan ke dalam jenis turbin impuls atau tekanan sama Karena. selama mengalir di sepanjang sudu sudu turbin tidak terjadi penurunan tekanan. sedangkan perubahan seluruhnya terjadi pada bagian pengarah pancaran atau nosel. Energi yang masuk ke roda jalan dalam bentuk energi kinetik Pada waktu melewati. roda turbin energi kinetik dikonversikan menjadi kerja poros dan sebagian kecil. energi terlepas dan sebagian lagi digunakan untuk melawan gesekan dengan. permukaan sudu turbin,Gambar 1 grafik perbandingan turbin. Program Studi Teknik Mesin,Fakultas Teknik UNTAG Surabaya. 2 6 Kecepatan spresifik turbin, Kecepatan spesifik ns menunjukkan bentuk dari turbin itu dan tidak. berhubungan dengan ukurannya Hal ini menyebabkan desain turbin baru. yang diubah skalanya dari desain yang sudah ada dengan performa yang. sudah diketahui Kecepatan spesifik merupakan kriteria utama yang. menunjukkan pemilihan jenis turbin yang tepat berdasarkan karakteristik. sumber air Kecepatan spesifik dari sebuah turbin juga dapat di artikan. sebagai kecepatan ideal persamaan geometris turbin yang menghasilkan satu. satuan daya tiap satu satuan head Kecepatan spesifik turbin dapat di artikan. sebagai titik effisiensi maksimum Perhitungan tepat ini menghasilkan. performa turbin dalam jangkauan head dan debit tertentu Kecepatan spesifik. juga merupakan titik awal dari analisis desain dari sebuah turbin baru. Setelah kecepatan spesifik yang diinginkan diketahui dimensi dasar. dari bagian bagian turbin dapat dihitung dengan mudah Keluaran turbin. dapat diperkirakan berdasarkan dari test permodelan Debit yang melalui. turbin dikendalikan dengan katub yang besar atau pintu gerbang yang disusun. diluar sekeliling pengarah turbin, Perubahan head dan debit dapat dilakukan dengan variasi bukaan. pintu akan menujukkan efisiensi turbin dengan kondisi yang berubah ubah. Berdasarkan gambar dibawah semakin tinggi ns maka bentuk sudu turbin. akan semakin kecil dan tinggi head semakin rendah,2 7 Turbin kaplan.
Saat pengembangan pusat tenaga sungai turbin air menggunakan roda. baling baling dengan sudu sudu tetap yang dituang Untuk tempat listrik. tenaga sungai harus dihitung terlebih dahulu besarnya perubahan tinggi air. jatuh sepanjang tahun Dan aliran sungai tersebut bisa diatur dengan memakai. bendungan Makin besar kapasitas air yang mengalir pada saat air tinggi. akan makin tinggi air jatuh yang bisa dimanfaatkan karena tinggi permukaan. air atas adalah konstan sedangkan air kelebihan pada permukaan air bawah. Turbin air yang bekerja pada kondisi tinggi air jatuh yang berubah. ubah mempunyai kerugian karena dalam perancangan sudu turbin telah. disesuaikan bahwa perpindahan energi yang baik hanya terjadi pada titik. normal yaitu pada kondisi perbandingan kecepatan dan tekanan yang. tertentu Bila terjadi penyimpangan yang besar baik keatas maupun kebawah. seperti yang terdapat pada pusat tenaga listrik sungai maka efisiensi roda. baling baling turbin akan turun,Program Studi Teknik Mesin. Fakultas Teknik UNTAG Surabaya,Gambar 1 1 penerapan turbin pada sungai. Keuntungan turbin air baling baling bila dibandingkan dengan turbin. Francis adalah kecepatan putarnya bisa dipilih lebih tinggi dengan demikian. roda turbin bisa dikopel langsung dengan generator dan ukurannya lebih. kecil oleh Kaplan Bruun 1876 sampai 1934 turbin kaplan dikembangkan. sedemikian rupa sehingga sudu jalan turbin air tersebut dapat diputar di. dalam leher poros Jadi dengan demikian sudut sudut dapat diatur sesuai. dengan kondisi operasi turbin air saat ini,Program Studi Teknik Mesin. Fakultas Teknik UNTAG Surabaya,Gambar 1 2 turbin Kaplan patty 1995. Kontruksi turbin Kaplan dapat dibedakan sampai alat pengarah pada. hakekatnnya sama dengan turbin Francis Dan pada leher poros terdapat. terdapat kipas sudu 4 sampai 8 buah yang dapat diputar Kipas sudu sama. seperti baling baling atau sayap pesawat terbang yaitu membawa aliran. dengan belokan yang sedikit Bila untuk pesawat terbang maksudnya adalah. supaya dari gaya dorong yang ada bisa didapatkan gaya ke atas dengan. tahanan yang sedikit mungkin Jadi bentuk profilnya memang harus. demikian Tapi dalam turbin Kaplan dimaksudkan untuk mendapatkan gaya. tangensial atau gaya putar yang dapat menghasilkan torsi pada poros turbin. Turbin Kaplan dipakai di pusat listrik tenaga air dengan tinggi air jatuh. 80m Daya yang dihasilkan turbin bisa lebih dari 100 000 kW Karena sudu. pengarah dan sudu jalan dapat diatur maka turbin kaplan pada perubahan. tinggi jatuh dan kapasitas air besar efisiensi juga tinggi Turbin kaplan. mempunyai keuntungan yang lebih murah bila dipakai pada pusat tenaga. listrik yang besar yang terdiri dari beberapa buah turbin air dan secara. sendiri sendiri masing masing mesin dioperasikan untuk kapasitas air yang. Program Studi Teknik Mesin,Fakultas Teknik UNTAG Surabaya.
Gambar 1 3 roda baling baling turbin patty 1995, Pada tinggi air jatuh sampai dengan kira kira 20 m rumah turbin air. yang berbetuk spiral rumah keong dibuat dari beton lebih dari 20 m rumah. keong tersebut dibuat dari besi pelat Turbin air pada Gambar 2 8 terdiri dari. roda jalan dan pada poros yang sama dipasang generator listrik Air dialirkan. masuk dengan melewati rumah keong yang dibuat dari beton sudu. penyangga untuk kekuatan rumah keong dan sudu pengarah yang dapat. diatur Sesudah melewati sudu pengarah selanjutnya masuk ke ruang tanpa. sudu dimana dalam ruang ini aliran, air dibelokan 90o Sudu dari roda jalan dipasang pada leher porosnya. sendiri di dihubungkan dengan poros menggunakan flens Pada poros bagian. ujung diatasnya generator terdapat roda jalan servomotor Yang terdiri dari. torak rumah dan tuas yang melalui lubang poros bisa sampai keleher poros. Sudut sudu jalan diatur dari regulator dengan melalui minyak yang. bertekanan dan sesuai dengan besarnya langkah torak Pengaturan sudu. pengarah dihubungkan dengan pengaturan sudu jalan dengan demikian pada. waktu bekerja posisi sudu pengarah dan posisi sudu jalan dapat sebanding. dan selaras sehingga mendapatkan hasil yang seoptimal mungkin Fungsi bantalan. tekan dalam turbin ini adalah untuk mendukung beban dari generator poros roda. jalan dan gaya geser aksial Selain itu generator dan turbin masing masing. mempunyai sebuah bantalan radial Dietzel 1980,Program Studi Teknik Mesin. Fakultas Teknik UNTAG Surabaya, Gambar 1 4 macam macam baling baling turbin kaplan. Program Studi Teknik Mesin,Fakultas Teknik UNTAG Surabaya.
2 8 RUMUS RUMUS PERHITUNGAN DALAM PERENCANAAN,A Debit Aliran. Untuk mendapatkan debit aliran,Y Kedalaman sungai m. g Percepatan Gravitasi m s2,b Lebar sungai m,Q Debit aliran m3 s. V Kecepatan aliran m s,A Luas penampang aliran m2,B Kecepatan Aliran Rata Rata v. V Kecepatan aliran m s,Q Debit aliran m3 s,A Luas penampamg m2.
Program Studi Teknik Mesin,Fakultas Teknik UNTAG Surabaya. C Tinggi Air Jatuh Head,H Head effesiensi m,S Jarak jatuh air m. 2 8 1 Prinsip Bernoulli, Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang. menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida peningkatan pada kecepatan. fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Gambar 1 5 Prinsip Bernoulli, Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari Persamaan. Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu. aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran. yang sama Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda Swiss yang. bernama Daniel Bernoulli Persamaan di atas dapat dinyatakan sebagai berikut. P1 V12 P2 V22,2 g 1 2 g 2,Program Studi Teknik Mesin.
Fakultas Teknik UNTAG Surabaya,P1 dan P2 tekanan pada titik 1 dan 2 N m2. V1 dan V2 kecepatan aliran pada titik 1 dan 2 m s2. Z1 dan Z2 perbedaan ketinggian antara titik 1 dan 2 m. berat jenis fluida N m3,g percepatan gravitasi m s2. Persamaan Prinsip Bernoulli, Persamaan di atas digunakan jika diasumsikan tidak ada kehilangan. energi antara dua titik yang terdapat dalam aliran fluida namun biasanya. beberapa head losses terjadi diantara dua titik Jika head losses tidak. diperhitungkan maka akan menjadi masalah dalam penerapannya di. lapangan Jika head losses dinotasikan dengan hl maka persamaan. Bernoulli di atas dapat ditulis menjadi persamaan baru dirumuskan sebagai. P V12 P V22,1 Z1 Hp 2 Z2 Hls 2 17, Persamaan di atas digunakan untuk menyelesaikan banyak. permasalahan tipe aliran biasanya untuk fluida inkompressibel tanpa adanya. penambahan panas atau energi yang diambil dari fluida Namun persamaan. ini tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan aliran fluida yang mengalami. penambahan energi untuk menggerakkan fluida oleh peralatan mekanik.


Related Books

October 2019 - nvm.org.au

October 2019 nvm org au

spoke at our August meeting. He is looking for any members that may wish to collaborate with him to put together an introductory style video that high-lights the type of activities undertaken by his group. Please have a look at his web and Face-book pages and contact him directly should you wish to be involved. Facebook: https://bit.ly/2Z7KlGf

Exploiting the Circulant Structure of Tracking-by ...

Exploiting the Circulant Structure of Tracking by

Exploiting the Circulant Structure of Tracking-by-detection 3 necessarily evaluating it at all locations. Alexe et al. [11] propose a method that can e ciently nd the most similar subwindows between two images, which is a related problem. Although they are useful and provide interesting insights, it

SETTING THE EDUCATION AGENDA: PRESENTED TO THE AMERICAN ...

SETTING THE EDUCATION AGENDA PRESENTED TO THE AMERICAN

recommended, but there can't be much doubt in anyone's mind that the central actors in this process of change are going to be the superintendents -- certainly as ad'z ci& /- managers, as initiators. i have had no direct experience running a public school system, although i have been involved with the public schools in a variety of ways for the past ten years. did, however, take the american ..

European economic and monetary integration, and the ...

European economic and monetary integration and the

Third, economic, financial and monetary integration has evolved gradually over a long period, and is still evolving. All along, national economies have needed to adjust to the changing market structures but also institutional setting. Fourth, the advancement of European integration has proceeded hand in hand with the advancements of

EFFECTIVE FOREIGN AID, ECONOMIC INTEGRATION AND ...

EFFECTIVE FOREIGN AID ECONOMIC INTEGRATION AND

EFFECTIVE FOREIGN AID, ECONOMIC INTEGRATION AND SUBSIDIARITY: LESSONS FROM EUROPE Abdur Chowdhury Paolo Garonna UNITED NATIONS * UNECE DISCUSSION PAPER SERIES No. 2007.2, June 2007 EFFECTIVE FOREIGN AID, ECONOMIC INTEGRATION AND SUBSIDIARITY: LESSONS FROM EUROPE Abstract This paper shows that the question that is relevant for the debate on the efficacy of development assistance is not so much ...

Measurement and indicators of integration

Measurement and indicators of integration

Accounts, State Board of Adjutant Generals Office

Accounts State Board of Adjutant Generals Office

Accounts, State Board of Adjutant Generals Office ... Administration

Skill-based immigration, economic integration, and ...

Skill based immigration economic integration and

Skill-based immigration, economic integration, and economic performance Benefiting from highly skilled immigrants requires a complementary mix of immigrant selection and economic integration policies Keywords: immigrant selection, immigration policy, economic outcomes, visa channels, point system, human capital Key FindinGS

SADC economic integration and statistical framework ...

SADC economic integration and statistical framework

SADC economic integration and statistical framework: issues of definition, measurement and statistical improvement . Stanislaus T Mrema. 1. 1.0 Introduction . The Southern African Development Community (SADC) was established with the ultimate objective of achieving economic integration featuring Customs Union in 2010 and Monetary Union by 2016. Generally, economic integration derives relevance ...

2020 Instructions for Forms 1099-MISC and 1099-NEC

2020 Instructions for Forms 1099 MISC and 1099 NEC

Form 1099-K. Payments made with a credit card or payment card and certain other types of payments, including . CAUTION! third-party network transactions, must be reported on Form 1099-K by the payment settlement entity under section 6050W and are not subject to reporting on Form 1099-MISC. See the separate Instructions for Form 1099-K.