Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitatif-Books Pdf

PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA FARMASI KUALITATIF
24 Mar 2020 | 156 views | 33 downloads | 102 Pages | 1.74 MB

Share Pdf : Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitatif

Download and Preview : Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitatif

Report CopyRight/DMCA Form For : Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitatif



Transcription

KATA PENGANTAR, Buku ini disusun untuk melengkapi pengetahuan tentang identifikasi berbagai bahan. obat dengan cepat secara reaksi kimia sesuai dengan pengalaman kami di laboratorium Kimia. Farmasi Kualitatif Buku ini dapat dijadikan pegangan bagi mahasiswa sebagai bahan ajar. dalam kimia analisis kualitatif Hal ini dilakukan atas kesadaran bahwa identifikasi kimia. obat obatan secara konvensional masih dibutuhkan walaupun dengan kemajuan tingkat. teknologi identifikasi kualitatif yang modern tetapi terbatas terutama untuk mengidentifikasi. bahan bahan yang tidak diketahui Karena jika menggunakan teknologi identifikasi dengan. alat yang modern dan canggih membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama Hal ini. kami alami ketika menerima beberapa permintaan untuk mengidentifikasi beberapa bahan. yang tidak diketahui tetapi identifikasi dengan menggunakan beberapa reaksi kimia dan. dalam waktu yang singkat telah dapat diketahui kandungan bahan tersebut. Kami menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna dan akan berkembang. dengan perkembangan obat baru Kami mengharapkan saran dan kritik pembaca dalam. kesempurnaan bahan ajar ini Semoga buku ajar ini bermanfaat bagi kita semua Terima. Medan September 2019, dilarang mengcopy atau memperbanyak isi. buku ini tanpa izin tertulis dari penyusun, DAFTAR ISI. ANALISIS GUGUS FUNGSI, ANALISIS INFRA MERAH, ANALISIS SENYAWA GOLONGAN ALKOHOL. ANALISIS SENYAWA GOLONGAN FENOL, ANALISIS SENYAWA GOLONGAN ASAM KARBOKSILAT.
ANALISIS ALKALOIDA DAN SENYAWA NITROGEN, ANALISIS SULFONAMIDA. ANALISIS BARBITURAT, ANALISIS ANTIHISTAMIN, ANALISIS VITAMIN. ANALISIS ANTIBIOTIKA, DAFTAR PUSTAKA, ANALISIS GUGUS FUNGSI. Gugus fungsionil adalah gugus yang terdapat dalam suatu senyawa organic yang. berperan pada analisa senyawa tersebut, Yang termasuk gugus fungsionil antara lain. Gugus Fungsi Rumus, 1 Ikatan tidak jenuh, 2 Gugus Alkohol OH.
R rantai C alifatis siklis aromatis, 3 Hydrokarbon Aromatis. 4 Inti Piridin, 5 Gugus Fenol Ar OH, Ar rantai C aromatis. 6 Gugus Enol, C C C C C C, 7 Gugus Karbonil O O, R CH R C R. Aldehid Keton, 8 Gugus metoksi O CH3, 9 Etoksi O C2H5. 10 Gugus Asam Karboksilat O, R rantai C alifatis aromatis siklis.
11 Gugus amina R NH2, R rantai C alifatis siklis atau aromatis. 12 Gugus Nitro R NO2, R rantai C alifatis siklis atau aromatis. 13 Gugus Sulfon R SO2, R rantai C alifatis siklis atau aromatis. 14 Gugus Sulfonat R SO2 OH, R rantai C alifatis siklis atau aromatis. 15 Gugus Guanidin NH2, 16 Gugus Asam Amino H, 1 1 Ikatan Tidak Jenuh.
Reaksi pengenal, 1 Reaksi addisi terhadap Aqua Brom. 0 1 g sampel padat atau 0 2 ml sampel cair ditambahkan larutan Brom 5 dalam CHCl 3. setetes demi setetes sambil dikocok Warna Brom hilang dan larutan tidak terbentuk HBr. C C Br2 HCBr BrCH, Adanya gugus yang bermuatan negatif yang terikat pada atom C tidak jenuh dapat memperlambat atau. menghalangi terjadinya reaksi misalnya pada reaksi. C6H5CH CHCOOH Br2 C6H5CHBr BrHCCOOH lambat, Pada beberapa senyawa phenol amin primer aromatis penghilangan warna Brom dapat terjadi karena. reaksi substitusi Senyawa senyawa reduktor juga dapat menghilangkan warna Brom terbentuk HBr. 2 Reaksi terhadap larutan KmnO4 Reaksi Baeyer, Pada larutan sampel tambahkan larutan KmnO4 2 setetes demi setetes sambil dikocok. warna ungu akan hilang Tambahkan KmnO4 sampai sedikit berlebih berwarna rosa Jika. ada ikatan tidak jenuh mula mula terbentuk glikol jika dipanaskan terjadi oksidasi lebih. lanjut dan terbentuk asam karboksilat, 2 KmnO4 H2O 2 KOH 2 MnO2 3 O.
O H2O OH OH OH OH, Reaksi Baeyer ini tidak spesifik untuk ikatan tidak jenuh karena senyawa senyawa yang. mudah teroksidasi seperti Alkohol Fenol Aldehid dan lain lain juga memberi hasil. 1 2 Gugus Alkohol, Reaksi umum, 1 Reaksi warna Azo. Diazo A larutan asam sulfanilat 0 5 dalam 30 ml HCl 4N dan 70 ml air. Diazo B larutan NaNO2 0 5 dalam air, Cara melakukan. Masukkan 2 tetes etanol atau larutan sampel dalam air ke dalam tabung reaksi. tambahkan Diazo A dan Diazo B 4 1 atau 1 1 dan 1 2 tetes NaOH 2N sampai bereaksi. basa kocok panaskan di penangas air maka akan terbentuk warna kuning kemerahan. sampai coklat kemerahan Warna tidak dapat tertarik dengan amil alkohol. 2 Reaksi esterifikasi untuk alkohol monovalen, Asam salisilat asam benzoat atau asam asetat. Asam sulfat pekat sebagai katalisator, Cara melakukan.
3 tetes etanol dimasukkan ke dalam tabung reaksi tambahkan sedikit kristal asam salisilat. dan 1 2 tetes H2SO4 pekat tutup mulut tabung dengan kapas basah panaskan dalam. penangas air selama 5 menit Angkat dan encerkan dengan 1 ml air Cium baunya maka. akan tercium bau ester wangi, R CH2 OH R COOH R COO CH2 R H2O. Beberapa ester dengan bau spesifik, Metanol dengan Asam Salisilat Metil salisilat bau gandapura. Metanol dengan Asam Benzoat Metil Benzoat bau pisang ambon. Etanol dengan Asam Salisilat Etil Salisilat bau gandapura. Etanol dengan Asam Benzoat Etil Benzoat bau pisang ambon. Etanol dengan Asam Asetat Etil Asetat bau pembersih kutex. Reaksi untuk Alkohol polivalen, 1 Test dengan Borat dapat menaikkan keasaman dari larutan Borat untuk alkohol. Larutan borat 1 dan larutan fenolftalein 0 2 dalam etanol 70. Cara melakukan, Ke dalam tabung reaksi masukkan 1 2 tetes larutan borat dan 1 2 tetes larutan fenolftalein. dan tambahkan beberapa tetes NaOH sampai larutan menjadi berwarna merah rosa. Kedalamnya tambahkan 2 tetes gliserin alkohol polivalen lainnya maka warna merah. akan berkurang atau hilang, Disini terjadi reaksi antara Alkohol polivalen dengan Borat membentuk asam yang lebih.
kuat Reaksi hanya terjadi pada alkohol polivalen yang mempunyai ikatan cis diol. 2 Reaksi cuprifil untuk alkohol polivalen, larutan CuSO4 2 larutan NaOH 2 N. Cara melakukan, Masukkan sedikit gliserin atau larutan sampel dalam air ke dalam tabung reaksi. tambahkan 1 2 tetes NaOH dan 1 tetes larutan CuSO4 akan terbentuk larutan berwarna. biru tua jernih, 1 3 Gugus Phenol, Reaksi Umum, 1 Reaksi warna Azo. Diazo A larutan asam sulfanilat 0 5 dalam HCl 2, Diazo B larutan NaNO2 0 5 dalam air. Cara melakukan, Campur 1 tetes larutan A dan 1 tetes larutan B dalam tabung lalu tambahkan 1 tetes.
NaOH 2N akan terbentuk warna kuning kemerahan sampai coklat merah tanpa. pemanasan Jika dikocok dengan Amil alkohol warna merah tertarik oleh amil alkohol. Hasil reaksi beberapa senyawa antara lain, Phenol kuning kemerahan. Resorcinol coklat kemerahan, Naphtol coklat kemerahan. Naphtol kuning, 2 Reaksi dengan FeCl3, Pereaksi Larutan FeCl3 1. Cara melakukan, Sedikit sampel padat atau 1 tetes larutan sampel dalam air atau alkohol pada plat tetes. tambahkan 1 tetes pereaksi akan terbentuk warna warna merah ungu ungu biru atau. Beberapa hasil yang spesifik antara lain, Turunan Salisilat ungu.
Vitamin B6 merah, 3 Reaksi Le Rosen reaksi Marquis. Pereaksi dan cara sama dengan Hidrokarbon Aromatis. Catatan Bandingkan pereaksi ini dengan pereaksi Formaldehyd Asam sulfat Clark 1988. Marquis 1bagian Formaldehyd dengan 9 bagian H2SO4 pekat. Formaldehyd H2SO4 pekat 6 bagian Formaldehyd dengan 4 bagian H2SO4 pekat. Beberapa hasil reaksi antara lain, Benzen merah Metil salisilat merah. Adrenalin merah ungu Asam gallat hijau kuning, Phenol merah ungu Amphetamin coklat. Asam salisilat merah Phloroglucin coklat merah, Oxytetracyclin jingga Naphtol coklat. Pyrogallol merah Phetidin jingga, Hydroquinon hitam Resorcinol merah.
Tetracyclin jingga, 4 Reaksi dengan Aqua Brom, Atom H pada inti benzen dari senyawa Phenol dapat disubstitusi dengan Halogen Jumlah. dan posisi substituen tergantung pada senyawa Phenol yang diperiksa. Larutan Brom jenuh dalam air, Cara melakukan, Larutan phenol dalam air pada plat tetes tambahkan pereaksi setetes demi setetes. sampai warna kuning muda akan terbentuk endapan putih atau kuning muda. Catatan untuk Phenol Polivalen mempunyai daya reduksi warna Brom hilang karena. direduksi diikuti dengan terbentuknya warna yang berbeda beda tergantung dari. Reaksi terhadap Polihidroksi Phenol phenol polivalen. 1 Dengan Aqua Brom, akan terbentuk warna atau endapan yang berwarna tergantung pada senyawa Phenol. yang diperiksa, 2 Mempunyai daya reduksi, yang dapat ditest dengan pereaksi Fehling atau dengan Ag amoniakal. a Reduksi terhadap Fehling, Fehling A larutkan 34 64 g CuSO4 dalam air yang mengandung beberapa tetes.
H2SO4 encer tambahkan air sampai 500 ml, Fehling B larutkan 60 g NaOH dan 173 g garam Rochell K Na Tartrat dalam air. tambahkan air sampai 500 ml, Cara melakukan beberapa tetes larutan Phenol dalam tabung reaksi ditambahkan 1. bagian Fehling A dan 1 bagian Fehling B bila perlu panaskan akan terbentuk. endapan kuning sampai merah CuO, b Reduksi terhadap Ag Amoniakal. Pereaksi 3 ml larutan AgNO3 0 1 N ditambahkan larutan NH4OH yang sangat encer. setetes demi setetes sampai endapan yang pertama terbentuk larut kembali. Cara melakukan Beberapa tetes larutan Phenol dalam tabung tambahkan beberapa. tetes pereaksi akan terbentuk cermin perak pada dinding tabung. 1 4 Gugus Karbonil, Reaksi umum untuk Aldehyda, 1 Reaksi Schiff. 0 2 g p Rosanilin HCl Fuchsin dilarutkan dalam 2 ml HCl pekat encerkan dengan 200. ml air dan kedalamnya dilarutkan 2 g NaHSO3 pereaksi tidak berwarna jika disimpan. lama dan telah berwarna rosa pereaksi tidak dapat dipakai. Cara melakukan, Dalam tabung masukkan 2 ml air dan 1 tetes Aldehyda lalu tambahkan 1 2 tetes.
pereaksi akan terbentuk warna merah sampai merah ungu. Catatan Beberapa aldehyd aromatis misalnya Vanilin p dimetil amino benzaldehyd. memberi hasil negatif, 2 Reaksi reduksi, a Reduksi terhadap pereaksi Tollens. Aldehyd akan mereduksi pereaksi Tollens atau Ag Amoniakal dan membentuk. cermin perak pada dinding tabung reaksi, Pereaksi Tollen s. Larutan A 3 g AgNO3 dilarutkan dalam 30 ml air, Larutan B 3 g NaOH dilarutkan dalam 30 ml air. Jika akan dipakai campur sama banyak larutan A dan B dalam tabung lalu. tambahkan NH4OH encer setetes demi setetes sampai endapan Ag2O larut kembali. hati hati jangan dipanaskan, Cara melakukan dalam tabung masukkan beberapa tetes pereaksi dan larutan. sampel bila perlu panaskan dalam penangas air terbentuk cermin perak pada. dinding tabung, RCHO 2 Ag NH3 2 OH RCOONH4 2Ag NH3 H2O.
b Reduksi terhadap Fehling, Sama pada phenol polivalen. 3 Reaksi dengan Phloroglucin dan HCl, Ploroglucin dapat berkondensasi dengan Aldehyd aromatis menghasilkan senyawa. berwarna rosa jingga, Cara melakukan, Pada plat tetes dimasukkan 2 tetes sampel ditambahkan 1 tetes larutan jenuh Phloroglucin. dalam HCl pekat terbentuk warna rosa jingga, Reaksi khusus untuk Acetaldehyd. Jika Acetaldehyd ditambahkan kepada larutan Na nitroprussid yang mengandung Piperazin. Piperidin atau Morpholin senyawa Amin alifatis sekunder akan terbentuk warna biru. Larutan Natrium Nitroprussid 5 dalam air, Larutan Morpholin 20 dalam air.
Jika akan dipakai kedua larutan dicampur sama banyak. Cara melakukan, 1 tetes sampel pada plat tetes atau kertas saring ditambahkan 1 tetes pereaksi terbentuk warna. Reaksi khusus untuk Formaldehyd, Jika Formaldehyd dipanaskan dengan Asam Chromatropat dalam H2SO4 pekat akan. terbentuk warna rosa ungu, Cara melakukan, 1 tetes sampel dicampur dengan 2 ml H2SO4 12 N dalam tabung tambahkan sedikit kristal. asam garam natrium chromatropat panaskan 10 menit pada penangas air 60 oC terbentuk. warna rosa ungu, Reaksi terhadap gugus Keton, 1 Reaksi dengan Na Nitroprussid Reaksi Legal Rothera. Jika Aceton direaksikan dengan Na Nitroprussid akan terbentuk warna kuning merah. jika diasamkan dengan asam asetat warna berubah menjadi rosa ungu. Larutan Na Nitroprussid 5, Cara melakukan, 1 tetes larutan sampel dalam air atau etanol dicampur dengan 1 tetes pereaksi dan 1.
tetes NaOH 30 akan terbentuk warna kuning sampai merah Jika diasamkan dengan 1. 2 tetes Asam Asetat glasial warna berubah menjadi merah sampai biru. Fe CN 5NO 2 CH3COOH 2OH Fe CN 5ON CH3COOH 4 2H2O, Reaksi warna ini terjadi karena gugus Nitro NO dari Nitro prussida bereaksi dengan. Aceton membentuk iso nitroso aseton kompleks anion sedangkan Fe 3 tereduksi. menjadi Fe 2, Beberapa hasil reaksi, Aceton rosa, Acetophenol biru. Metil etil keton rosa, 2 Reaksi Iodoform, Aqua Iod larutkan 2 g I2 kedalam larutan 20 g KI dalam air lalu tambahkan air. sampai 100 ml, larutan NaOH 5, Cara melakukan, Encerkan sampel dengan 1 ml air tambahkan 1 ml NaOH dan Aqua Iod setetes demi. setetes sambil dikocok sampai berwarna kuning Biarkan 2 3 menit bila perlu. panaskan diatas tangas air 60 Hilangkan kelebihan I2 dengan penambahan NaOH. encer sambil dikocok Encerkan dengan air sama banyak Biarkan 10 manit. Akan terbentuk endapan 11ristal kuning Jika dilihat dimikroskop berbentuk seperti. bunga sakura Hasil positif untuk Aceton Etanol Iso Propanol dan Asam Laktat. Catatan Reaksi ini adalah reaksi pengenal untuk Aceton metil keton CH3COR Reaksi. ini juga positif untuk senyawa senyawa yang dapat teroksidasi menjadi Metil keton pada. kondisi reaksi seperti CH3 CH2OH CH3CRHOH dan senyawa senyawa yang. mempunyai gugus CH3 CH O yang terikat pada H R Ar atau ester CH2 nCOOR. RCH OH CH3 2NaOH I2 R COCH3 2NaI 2H2O, RCOCH3 3I2 3NaOH RCO CI3 3NaI 3 H2O.
RCOCI3 NaOH RCOONa CHI3 Iodoform kuning, 1 5 Gugus Karboksilat. LABORATORIUM KIMIA FARMASI KUALITATIF FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN 2019 2 KATA PENGANTAR Buku ini disusun untuk melengkapi pengetahuan tentang identifikasi berbagai bahan obat dengan cepat secara reaksi kimia sesuai dengan pengalaman kami di laboratorium Kimia Farmasi Kualitatif Buku ini dapat dijadikan pegangan bagi mahasiswa sebagai bahan ajar dalam kimia analisis

Related Books

Compara o de tr s meias de compress o para o tratamento

Compara o de tr s meias de compress o para o tratamento

do Sistema de classifica o de doen as venosas cr nicas CEAP de C0 ou C1 e iii concordaram em participar atrav s de consentimento informado Constitui o do grupo de peritos O grupo de peritos foi constitu do por 14 elementos do Clube da Compress o associa o de profissionais de sa de peritos em terapia compressiva Para se proceder caracteriza o dos seus elementos

JU ZOS REFLEXIVOS TELEOL GICOS E SUA RELA O COM O

JU ZOS REFLEXIVOS TELEOL GICOS E SUA RELA O COM O

Trans Form A o S o Paulo 32 1 73 84 2009 73 JU ZOS REFLEXIVOS TELEOL GICOS E SUA RELA O COM O SENTIMENTO DE PRAZER E DESPRAZER Vera Cristina de Andrade BUENO1 RESUMO Depois de ter estabelecido uma conex o geral entre a faculdade do ju zo e o sentimento de prazer e de sprazer na Primeira introdu o Cr tica da fa culdade do ju zo Kant na Introdu o

BOLETIM DE PROTUTIVIDADE MENSAL DOS JU ZOS DO DISTRITO

BOLETIM DE PROTUTIVIDADE MENSAL DOS JU ZOS DO DISTRITO

Tribunal do J ri de Bras lia 1 122 24 5 50 206 160 13 0 1 Vara C vel de Bras lia 4 407 88 7 123 28 164 582 129 62 160 2 Vara C vel de Bras lia 2 766 91 7118 141 964 102 52 78 3 Vara C vel de Bras lia 2 994 94 83 467 52 598 1 387 155 96 2 4 Vara C vel de Bras lia 2 249 98 20 236 6 01 327 100 55 5 Vara C vel de Bras lia 1 770 95 9 217 20 74 1 213 47 59 3 6 Vara C vel de

PENGARUH DISIPLIN KERJA MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN

PENGARUH DISIPLIN KERJA MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN

Komitmen Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Studi Kasus pada PT BPRS Sukowati Sragen Dengan ini menyatakan bahwa skripsi ini benar benar karya saya sendiri dan tidak keberatan untuk dipublikasikan oleh pihak IAIN Salatiga tanda menuntut konsekuensi apapun Demikian surat pernyataan ini saya buat dan jika pada kemudian hari terbukti karya saya ini bukan karya sendiri maka saya

PENGARUH KOMPENSASI KOMPETENSI DAN KOMITMEN

PENGARUH KOMPENSASI KOMPETENSI DAN KOMITMEN

berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan 8 komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan 9 kepuasan kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan Kata kunci Kompensasi Kompetensi Komitmen Organisasional Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan PENDAHULUAN Koperasi idealisnya menjadi soko guru ekonomi nasional sebagaimana sering

PENGARUH DISIPLIN KERJA KOMITMEN ORGANISASI DAN

PENGARUH DISIPLIN KERJA KOMITMEN ORGANISASI DAN

Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai negeri sipil Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana yang berarti apabila komitmen organisasi meningkat maka kinerja pegawai ikut meningkat atau jika

TESIS PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP

TESIS PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP

TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA KARYAWAN MARIA ANGELLA WIDYA PUSPASARI No Mhs 115001671 PS MM PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2014 iv SURAT PERNYATAAN KEASLIAN Dengan ini penulis menyatakan bahwa tesis ini merupakan karya asli penulis bukan merupakan duplikasi ataupun plagiasi dari hasil karya peneliti lain Pernyataan ide

ANALISIS PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA

ANALISIS PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA

KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN Studi pada Perum Perumnas Jakarta Penyusunan skripsi merupakan salah satu syarat guna menyelesaikan Program Sarjana S1 pada Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Penyusunan skripsi ini tidak mungkin penulis lakukan tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak Untuk itu penulis menyampaikan terima kasih kepada

A how to manual for local government

A how to manual for local government

A how to manual for local government June 2015 Second Edition Acknowledgements This manual was written by SallyAnn Hunting Roberta Ryan and Tim Robinson at the University of Technology Sydney Centre for Local Government UTS CLG and Australian Centre of Excellence for Local Government ACELG following a research report Service delivery reviews in Australian local government 2011 by

How to Make and Sell Your Own Aromatherapy and Herbal Products

How to Make and Sell Your Own Aromatherapy and Herbal Products

Making Your Own Essential Oil Blends If you want to sell aromatherapy blends or essential oils there is a huge market in customized essential oil blends Many websites offer to mix a blend of essential oils for you than send you a series of free samples than will mix a larger batch based on the sample you liked best