Pengantar Psikologi Interaksi Sosial-Books Pdf

PENGANTAR PSIKOLOGI Interaksi Sosial
29 Sep 2020 | 1 views | 0 downloads | 21 Pages | 259.71 KB

Share Pdf : Pengantar Psikologi Interaksi Sosial

Download and Preview : Pengantar Psikologi Interaksi Sosial

Report CopyRight/DMCA Form For : Pengantar Psikologi Interaksi Sosial



Transcription

Interaksi Sosial, Manusia adalah makhluk sosial yaitu makhluk. yang selalu membutuhkan sesamanya dalam, kehidupan sehari hari. Hubungan manusia dengan manusia lainnya atau, hubungan manusia dengan kelompok atau. hubungan kelompok dengan kelompok lainnya, disebut interaksi sosial Sarwono 2012. Aspek aspek yang mendasari interaksi sosial, yaitu komunikasi sikap tingkah laku kelompok.
dan norma sosial, KOMUNIKASI, Dalam kehidupan sehari hari kita melihat berbagai. bentuk komunikasi misalnya percakapan antara dua orang. pidato dari tokoh tokoh tertentu berita yang dibacakan. oleh penyiar tv dan radio buku cerita koran surat, telepon internet email bbm dan sebagainya. Pada bentuk komunikasi di atas terdapat lima unsur dalam. proses komunikasi yaitu, adanya pengirim berita, Penerima berita. Adanya berita yang dikirimkan, Ada media atau alat pengiriman berita. Ada sistem simbol yang digunakan untuk menyatakan, Pengirim dan Penerima Berita.
Sejauh menyangkut pengirim dan penerima, berita maka hal hal yang perlu diperhatikan agar. komunikasi berjalan sempurna, 1 Pengirim dan penerima berita harus bersiaga. terhadap pokok persoalan yang sama, 2 Kalaupun pokok persoalan sudah sama antara. pengirim dan penerima berita harus sepaham, tentang arah dan tujuan pembicaraan. Berita yang dikirim, Isi berita yang dikirimkan dalam proses komunikasi.
bermacam macam tetapi pada umumnya dapat, digolongkan sebagai berikut. 1 Fakta dan Informasi, 3 Fakta yang bercampur dengan emosi. Dalam komunikasi yang baik perlu dijaga benar sifat isi. berita ini Kalau hendak disampaikan fakta dan informasi. saja maka hendaknya dihindari kata kata atau ungkapan. yang dapat membangkitkan emosi karena hal ini akan. menyebabkan masuknya unsur unsur subjektif ke dalam. berita yang seharusnya objektif Sarwono 2012, Sistem Simbol. Manusia terkadang menggunakan tanda untuk berkomunikasi tanda. merupakan bagian dari simbol yang bagi ilmu linguistik berkaitan dengan. bahasa sebagai sebuah makna, Berkaitan dengan tanda dan simbol maka kaum strukturalis merujuk. kepada Ferdinand de Saussure 1916 yang melihat tanda sebagai. pertemuan antara bentuk yang tercitra dalam kognisi seseorang dan. makna atau isi yakni yang dipahami oleh manusia sebagai pemakai. De Saussure menggunakan istilah Significant signifier penanda untuk. segi bentuk suatu tanda dan Signifie signified petanda untuk segi. maknyanya Hoed 3 2012 De Saussure dan para pengikutnya melihat. tanda sebagai sesuatu yang menstruktur proses pemaknaan berupa. kaitan antara penanda dan petanda dan terstruktur hasil proses. tersebut di dalam kognisi manusia, Significant bukanlah bunyi bahasa secara.
konkret tetapi merupakan citra tentang bunyi, bahasa image acoustique Dengan demikian. apa yang ada dalam kehidupan kita dilihat, sebagai bentuk yang mempunyai makna. tertentu Masih dalam pengertian De, Saussure hubungan antara bentuk dan makna. tidak bersifat pribadi tetapi sosial yakni, didasari oleh kesepakatan konvensi sosial. Sikap attitude adalah istilah yang mencerminkan rasa. senang tidak senang atau perasaan biasa saja netral. dari seseorang terhadap sesuatu Sesuatu itu bisa, benda kejadian situasi orang orang atau kelompok.
Sikap dinyatakan dalam tiga domain ABC yaitu Affetct. Behaviour dan Cognition Affect adalah perasaan yang. timbul senang tak senang Behaviour adalah perilaku. yang mengikuti perasaan itu mendekat menghindar, dan Cognition adalah penilaian terhadap objek sikap. bagus tidak bagus Sarwono 1997, Sikap dapat terbentukn atau berubah melalui empat macam cara. 1 ADOPSI kejadian kejadian dan peristiwa peristiwa yang berulang ulang. dan terus menerus lama kelamaan secara bertahap diserap ke dalam. diri individu dan memengaruhi terbentuknya suatu sikap. 2 DIFERENSIASI dengan berkembangnya inteligensia bertambahnya. pengalaman sejalan dengan bertambahnya usia maka ada hal hal yang. tadinya dianggap sejenis sekarang dipandang tersendiri lepas dari. 3 INTEGRASI Pembentukan sikap di sini terjadi secara bertahap dimulai. dengan berbagai pengalaman yang berhubungan dengan satu hal. tertentu sehingga akhirnya terbentuk sikap mengenai hal tersebut. 4 TRAUMA Trauma adalah pengalaman yang tiba tiba mengejutkan. yang meninggalkan kesan mendalam pada jiwa orang yang. bersangkutan pengalaman pengalaman yang traumatis dapat juga. menyebabkan terbentuknya sikap, Faktor faktor memengaruhi terbentuknya sikap. Faktor Internal yaitu faktor faktor yang terdapat, dalam diri orang yang bersangkutan seperti faktor. pilihan Kita tidak dapat menangkap seluruh, rangsangan dari luar melalui persepsi kita oleh karena.
itu harus memilih rangsangan rangsangan mana yang, akan kita dekati dan mana yang harus dijauhi Pilihan. ini ditentukan oleh motif motif dan kecenderungan, kecenderungan dalam diri kita. Faktor Eksternal pembentukan sikap ditentukan pula. oleh faktor faktor yang berada di luar, TINGKAH LAKU KELOMPOK. Teori kelompok yang dikemukakan oleh tokoh tokoh psikologi dari. aliran klasik yang berpendapat bahwa unit terkecil yang dipelajari. dalam psikologi adalah individu Oleh karena itu kelompok tidak. lain adalah sekumpulan individu dan tingkah laku kelompok adalah. gabungan dari tingkah laku individu secara bersama sama. Teori kedua adalah teori yang bertolak belakang dengan. pernyataan diatas yang diajukan oleh psikolog Perancis Gustava Le. Bon 1841 1931 dalam bukunya Psychology des Foules 1895. Teori Le Bon mengatakan bahwa bila dua orang atau lebih. berkumpul di suatu tempat tertentu mereka akan menampilkan. perilaku yang sama sekali berbeda daripada ciri ciri tingkah laku. individu itu masing masing Perbedaan ini akibat adanya jiwa. kelompok group mind yang diatur oleh hukum hukum kesatuan. mental dari kelompok itu, Teori mekanisme kelompok yang diajukan oleh Neil. Smelser secara sosiologis menyatakan bahwa prilaku. kelompok ditimbulkan oleh enam faktor yaitu, Keadaan masyarakat tertekan structural strain.
Keadaan masyarakat yang kondusif untuk terjadinya, perilaku massa structural conduciveness. Adanya kepercayaan masyarakat bahwa sesuatu hal, sedang atau akan terjadi generalized belief. Ada sarana dan prasarana untuk mengerahkan kelompok. mobilization for action, Kurangnya kontrol sosial lack of social control. Ada peristiwa pencetus triggering factor, Yang dimaksud dengan kelompok adalah sekumpulan orang. Kelompok dapat dibagi dalam beberapa jenis yaitu, Kerumunan crowd kumpulan orang ini terjadi kalau sejumlah.
orang berada di suatu tempat tertentu Antar orang tersebut. mungkin tidak saling kenal namun bila ada pemicunya bisa terjadi. hubungan interpersonal yang relatif erat, Massa adalah sejumlah besar orang yang berada dalam seuatu. lingkungan besar yaitu lingkungan yang lebih besar daripada. lingkungan kerumunan, Publik lingkungan publik lebih luas lagi daripada massa dan. hubungan interpersonal lebih tidak erat lagi Individu individu. hanya terikat oleh satu hal saja yang menjadi minat bersama. Salah satu perilaku massa adalah gerakan sosial Gerakan sosial. adalah perilaku massa yang ditujukan untuk menciptakan atau. menyusun kembali aturan sosial Ada 3 macam yaitu, Gerakan Sosial yang berlaku umum yaitu gerakan sosial yang. diikuti secara luas oleh banyak sekali orang Awalnya gerakan sosial. seperti ini tidak terkoordinasi dan hanya bersifat mencoba coba. dan dipicu inisiatif beberapa orang tapi kemudian menjadi program. resmi pemerintah atau gaya hidup orang banyak, Gerakan sosial khusus yaitu tingkah laku massa yang jelas. tujuannya Biasanya gerakan ini terorganisasi ada pemimpinnya. ada pembagian tugas ada tanggung jawab masing masing anggota. ada perencanaan dan sebagainya, Gerakan Sosial Ekspresif yaitu semata mata ditujukan untuk.
menampilkan perasaan perasaan tertentu misalnya tren mode. Jika ditinjau dari keadaan kelompok tujuan kelompok. dan sifat kelompok maka ada beberapa macam, kepemimpinan yaitu. Kepemimpinan langsung atau tidak langsung, kepemimpinan konservatif atau liberal. kepemimpinan Kepemimpinan bersifat sosial mental, atau eksekutif. Kepemimpinan bersifat otokratir laizes faire atau, otoritatif. PENGANTAR PSIKOLOGI Interaksi Sosial Dosen Meistra Budiasa S Ikom MA Interaksi Sosial Manusia adalah makhluk sosial yaitu makhluk yang selalu membutuhkan sesamanya dalam kehidupan sehari hari Hubungan manusia dengan manusia lainnya atau hubungan manusia dengan kelompok atau hubungan kelompok dengan kelompok lainnya disebut interaksi sosial Sarwono 2012 Aspek aspek yang

Related Books

HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN INTERAKSI SOSIAL

HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN INTERAKSI SOSIAL

KATA PENGANTAR iv DAFTAR ISI Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang ismiyustisi gmail com Interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara individu satu dengan individu lainnya yang saling mempengaruhi Seorang remaja perlu memiliki interaksi sosial yang baik untuk menjalin hubungan antar individu maupun dengan lingkungan sosialnya Salah satu aspek penting dalam

Psikologi Sosial 1 UPJ

Psikologi Sosial 1 UPJ

Pengantar Psikologi Sosial Sosial interaksi antar individu atau antar kelompok dalam masyarakat Psikologi Sosial adalah upaya untuk memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran perasaaan dan perilaku individu terpengaruh oleh kehadiran orang lain aktual imajinasi dan tidak langsung Psikologi Sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku individual sebagai fungsi stimulus

ON LINE AUCTION CATALOGUE OF SEIZED VEHICLES March and ending

ON LINE AUCTION CATALOGUE OF SEIZED VEHICLES March and ending

15 MERCEDES C180 KOMP CLASSIC SE A KM52 UPG Date of registration 25 11 2002 1796cc petrol 5 speed auto silver Odometer reading at last MOT 171 418 miles MOT expiry date 20 10 2018 No key V5 available v16 PROTON PERSONA 1 8 PENANG R189 AJO Date of registration 14 05 1998 1834cc petrol 5 speed manual white Odometer reading at last MOT 97 310 miles MOT expiry date 19 05 2015 No

Appendix C Regulatory records documentation

Appendix C Regulatory records documentation

24 04 1997 STATEMENT 27927 1 Available WHITTLESEA CITY COUNCIL EPPING CNR HIGH ST amp COOPER ST 6 05 1996 CERTIFICATE 20810 1 Available WHITTLESEA CITY COUNCIL LALOR CNR DALTON amp MCKIMMIES RDS 25 11 1993 CERTIFICATE 17002 1 Available WHITTLESEA CITY COUNCIL EPPING 510 512 HIGH Street 5 08 1992 Search Found 16 File Naming Structure CARMS No a

COMMAND HISTORY OF USS KLAKRING FFG 42 1997

COMMAND HISTORY OF USS KLAKRING FFG 42 1997

COMMAND HISTORY OF USS KLAKRING FFG 42 1997 I Command Composition and Organization USS IUAKRING commanded by CDR Robert A Bogdanowicz is the thirty second Oliver Hazard Perry class guided missile fkigate built for U S Navy service Her varied complement of weapons and sensors the embarked LAMPS I11 helicopters and the Tactical Towed Array Sonar System gives her the widest mission

Ser LPD4 NAV 038 To In accordance with reference a the

Ser LPD4 NAV 038 To In accordance with reference a the

Subj 1996 COMMAND HISTORY FOR USS AUSTIN LPD 4 Ref a OPNAVINST 5750 123 Encl 1 Command History 1996 Chronology 2 Command History 1996 Narrative 3 Current Shipf s Photo 1 In accordance with reference a the 1996 Command History for USS AUSTIN LPD 4 is forwarded Due to an administrative oversight this Command History was not submitted previously in 1996 as required WJ R S

DUAL BAND FM TRANSCEIVER FT 8800R QRZCQ

DUAL BAND FM TRANSCEIVER FT 8800R QRZCQ

DUAL BAND FM TRANSCEIVER FT 8800R OPERATING MANUAL VERTEX STANDARD CO LTD 4 8 8 Nakameguro Meguro Ku Tokyo 153 8644 Japan VERTEX STANDARD US Headquarters 10900 Walker Street Cypress CA 90630 U S A

ESPA OL Radio

ESPA OL Radio

FT 100D M ANUAL DE INSTRUCCIONES ESPA OL VERTEX STANDARD CO LTD 4 8 8 Nakameguro Meguro Ku Tokyo 153 8644 Japan VERTEX STANDARD US Headquarters 10900 Walker Street Cypress CA 90630 U S A YAESU EUROPE B V P O Box 75525 1118 ZN Schiphol The Netherlands YAESU UK LTD Unit 12 Sun Valley Business Park Winnall Close Winchester Hampshire SO23 0LB U K VERTEX STANDARD HK LTD Unit

DETERMINA DEL DIRETTORE DELLA AREA VASTA N 3 N 860 AV3

DETERMINA DEL DIRETTORE DELLA AREA VASTA N 3 N 860 AV3

Impronta documento 539C652A28ADD0EC3D458563A5C0075F2D41B9E8 Rif documento cartaceo BC37D23E3E538389567ED7E9F1AB99904A18CF6A 5 01 AV3INGCLIN D L

DETERMINA DEL DIRETTORE DELLA AREA VASTA N 3 N 1314 AV3

DETERMINA DEL DIRETTORE DELLA AREA VASTA N 3 N 1314 AV3

2014 24 UE e 2014 25 UE sull aggiudicazione dei contratti di concessione sugli appalti pubblici e sulle procedure d appalto degli enti erogatori nei settori dell acqua dell energia dei trasporti e dei servizi postali nonch per il riordino della disciplina vigente in materia di contratti pubblici relativi a lavori servizi e forniture Delibera del Direttore Generale ASUR Marche n