Pengantar Akuntansi-Books Pdf

PENGANTAR AKUNTANSI
04 Dec 2019 | 87 views | 0 downloads | 71 Pages | 1.50 MB

Share Pdf : Pengantar Akuntansi

Download and Preview : Pengantar Akuntansi

Report CopyRight/DMCA Form For : Pengantar Akuntansi



Transcription

KATA PENGANTAR, Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan. rahmatnya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan penulisan bahan untuk mata. kuliah pengantar akuntansi ini, Penulisan bahan ajar ini bertujuan untuk memperbanyak referensi dan membantu. mahasiswa mendapatkan bahan ajar dan menambah referensi bagi mahasiswa STIE Multi. Data Palembang dalam mempelajari dasar dasar akuntansi. Penulis menyadari masih banyak kekurangan yang dibuat dalam penulisan bahan. ajar ini oleh karena itu dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan kepada. pembaca untuk memberikan masukan untuk perbaikan penulisan bahan ajar ini di masa. yang akan datang, Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak. membantu dalam penulisan bahan ajar pengantar akuntansi ini semoga apa yang telah. diberikan kepada penulis baik materil maupun moril mendapatkan pahala dari Allah Swt. DAFTAR ISI, KATA PENGANTAR i, DAFTAR ISI ii, BAB I Akuntansi dan bisnis. Bentuk bentuk perusahaan 1, Defenisi Akuntansi 3, Profesi Akuntansi 4.
Bidang bidang Akuntansi 5, Proses Akuntansi 6, Konsep Dasar Akuntansi 6. Persamaan Akuntansi 7, BAB II Analisis Transaksi 11. Akun sebagai alat pencatatan 12, Aturan Debit Kredit 14. Siklus Akuntansi 15, Periode Akuntansi 16, Penjurnalan 16. Posting 19, Neraca Saldo 22, BAB III Penyesuaian Pembukuan 25.
Periode Akuntansi 25, Prinsip Pendapatan 26, Prinsip mempertandingkan 26. Proses Penyesuaian 26, Neraca Saldo setelah disesuaikan 31. BAB IV Menyelesaikan Siklus Akuntansi 33, Neraca Lajur 34. Penyusunanan laporan keuangan dari neraca lajur 37. Jurnal penutup 39, BAB V Sistem Akuntansi 40, Jurnal Penjualan 40. Jurnal Penerimaan Kas 42, Jurnal Pembelian 45, Jurnal Pengeluaran kas 46.
Contoh soal untuk latihan 48, BAB VI Akuntansi Untuk Perusahaan Dagang 50. Akuntansi untuk pencatatan pembelian 50, Akuntansi untuk pencatatan Penjualan barang dagang 52. Harga Pokok Penjualan 54, Metode pencatatan persediaan 54. Menentukan harga pokok barang yang dibeli 56, Menentukan harga pokok barang yang dijual 56. Laporan laba rugi untuk perusahaan dagang 57, BAB VII Pengendalian Internal Terhadap Kas 59.
Pengendalian kas melalui pos atau wesel 60, Pengendalian internal atas pembayaran kas 60. Akun dan rekening bank sifat dan kegunaannya 61, Rekonsiliasi bank 62. Langkah langkah dalam membuat rekonsiliasi bank 64. Kas Kecil 66, Contoh soal 67, DAFTAR PUSTAKA 69, Akuntansi dan Bisnis. Setelah mempelajari Bab ini anda diharapkan mampu, 1 Menjelaskan karakteristik perusahaan serta peranan etika dan akuntansi dalam. perusahaan, 2 Merangkum perkembangan prinsip akuntansi dan menghubungkannya ke dalam.
3 Membuat persamaan akuntansi dan menjelaskan masing masing elemen dalam. persamaan tersebut, 4 Menjelaskan dan member contoh bagaimana transaksi perusahaan dapat dicatat. dalam perubahan perubahan yang terjadi dalam tiga elemen dasar persamaan. 5 Menjelaskan jenis jenis laporan keuangan bagi perusahaan perseorangan dan. menjelaskan hubungan antar laporan keuangan, Akuntansi adalah Suatu proses Pencatatan atau pengolahan data keuangan. penggolongan peringkasan pelaporan dan analisa data keuangan suatu organisasi. atau perusahaan Akuntansi disebut juga dengan bahasa bisnis atau bahasa. pengambilan keputusan, Sejarah Pengembangan akuntansi. Masyarakat pada semua tingkat peradaban telah menyelenggarakan usaha. dan pencatatan data keuangan Yang paling tua menggunakan tablet tanah liat. tentang pembayaran upah di Babilonia pada tahun 3600 SM juga di Mesir dan. Yunani Di Inggris oleh raja William The Conquerror pada abad ke 11 Akuntansi. awal tersebut masih sangat terbatas pada transaksi perorangan pemerintah. Bentuk Bentuk Perusahaan, Akuntansi berhubungan dengan kegiatan organisasi baik yang mencari laba atau. tidak mencari laba nirlaba tetapi yang lebih menonjol adalah perusahaan yang. mencari laba Sebelum mempelajari Akuntansi perlu diketahui lebih dahulu bentuk. bentuk perusahaan, 1 Perusahaan Perseorangan, Perusahaan yang dimiliki oleh satu orang dan pemilik perusahaan merangkap.
sebagai manajer Sifat usahanya berskala kecil contoh praktek dokter Kantor. Akuntan Publik kantor pengacara dan lain lain serta modalnya terbatas. Keuntungan perusahaan perseorangan, Laba dinikmati sendiri oleh pemilik. Kemudahan dalam pengendalian, Hanya dikenakan pajak penghasilan pribadi. Kerugian perusahaan perseorangan, Akses pada modal kecil. Keahlian terbatas, Kerugian ditanggung sendiri oleh pemilik. Kewajiban tidak terbatas, 2 Perusahaan Persekutuan.
Suatu organisasi perusahaan yang merupakan gabungan dari beberapa orang. lebih dari satu orang pemilik dengan nama bersama Sekutu punya. tanggungjawab penuh atas utang perusahaan secara hukum mereka punya hak. atas laba perusahaan contoh Firma dan CV, Ciri ciri Persekutuan. Berusaha bersama sama Mutual Agency, Jangka waktu terbatas Limited Life. Penarikan modal atau kematian seorang anggota otomatis membubarkan. persekutuan, Tanggung jawab tidak terbatas Unlimited Liability. Tanggung jawab seorang anggota tidak terbatas pada jumlah modal yang. ditanam Bila dalam keadaan keadaan tertentu perusahaan tidak dapat. membayar hutangnya karena kekayaannya tidak cukup maka kreditur. berhak menagih pada salah seorang dari anggota persekutuan tersebut. Memiliki suatu bagian hak di dalam persekutuan Ownership of an Interest. in a partnership, Anggota yang menanamkan kekayaannya pada persekutuan berarti sama. dengan menyerahkan haknya untuk untuk mengusahakan dan menggunakan. kekayaannya itu dalam mencapai tujuan persekutuan Hak yang diberikan. kepada persekutuan ini memberikan hak yang sama dengan anggota lainnya. untuk memimpin dan menjalankan usaha persekutuan, Pengambilan bagian keuntungan persekutuan.
Besaran jumlah keuntungan masing masing anggota sesuai dengan. kesepakatan para anggota Bisa saja diantara anggota tidak memiliki modal. di dalam persekutuan tetapi dia menyumbangkan tenaganya atau. keahliannya juga mendapatkan bagian dari keuntungan sesuai dengan. kesepakatan Suatu persetujuan yang dibuat untuk membagi keuntungan itu. sendiri tidak merupakan suatu bentuk persekutuan, 3 Perseroan Terbatas PT. Perseroan terbatas PT bahasa Belanda Naamloze, Vennootschap adalah suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang. memiliki modal terdiri dari saham saham yang pemiliknya memiliki bagian. sebanyak saham yang dimilikinya Karena modalnya terdiri dari saham. saham yang dapat diperjualbelikan perubahan kepemilikan perusahaan. dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan. Perseroan terbatas merupakan badan usaha dan besarnya modal. perseroan tercantum dalam anggaran dasar Kekayaan perusahaan terpisah. dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta. kekayaan sendiri Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang. menjadi bukti pemilikan perusahaan Pemilik saham mempunyai tanggung. jawab yang terbatas yaitu sebanyak saham yang dimiliki Apabila utang. perusahaan melebihi kekayaan perusahaan maka kelebihan utang tersebut. tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham Apabila perusahaan. mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut dibagikan sesuai dengan. ketentuan yang ditetapkan Pemilik saham akan memperoleh bagian. keuntungan yang disebut dividen yang besarnya tergantung pada besar. kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas. Selain berasal dari saham modal PT dapat pula berasal dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik obligasi adalah mereka. mendapatkan bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau ruginya. perseroan terbatas tersebut, DEFENISI AKUNTANSI, Akuntansi dapat dilihat dari dua sudut pandang. Akuntansi dari sudut pemakai, Akuntansi adalah suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan. untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan untuk mengevaluasi suatu. kegiatan kegiatan organisasi, Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi diperlukan untuk.
Membuat perencanaan yang efektif pengawasan dan pengambilan keputusan oleh. manajemen Pertanggungjawaban organisasi kepada para investor kreditur badan. pemerintahan organisasi masyarakat dan lain sebagainya Sehingga dapat. akuntansi adalah disimpulkan adalah, 1 Akuntansi diselenggarakan dalam suatu organisasi atau perusahaan Informasi. yang dihasilkan adalah informasi tentang organisasi. 2 Informasi akuntansi sangat penting dalam menyelenggarakan kegiatan. perusahaan, Keputusan keputusan yang dapat diambil oleh pemakan akuntansi antara lain. 1 Pengambilan keputusan internal organisasi oleh manajemen perusahaan. 2 Meneruskan penanaman modal atau atau tidak oleh investor. 3 Memutuskan untuk memberi pinjaman atau menarik pinjaman yang sudah. diberikan oleh kreditur, 4 Penentuan besaran pajak oleh pemerintah dan lains sebagainya. Defenisi akuntansi dari sudut pandang proses atau kegiatan. Suatu proses pencatatan penggolongan peringkasan pelaporan dan penganalisaan. data keuangan suatu organisasi, Akuntansi harus mampu. 1 Mengidentifikasi data yang berkaitan atau relevan dengan kepentingan yang. diambil oleh manajemen, 2 Memproses atau menganalisis data yang relevan.
3 Mengubah data menjadi informasi untuk pengambilan keputusan. PROFESI AKUNTANSI, 1 Akuntansi Publik, Akuntan yang memberikan jasanya untuk melayani kebutuhan masyarakat. untuk itu akuntan mendapat imbalan jasa dari pemakai jasanya Untuk menjadi. akuntan harus mengikuti aturan aturan yang ditetapkan oleh organisasi profesi. atau pemerintah, 2 Akuntan Intern, Akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan tertentu yang bekerja untuk. kepentingan perusahaan yang bersangkutan, Beda akuntan publik dengan akunan intern adalah akuntan intern hanya. melakukan pekerjaan untuk kepentingan perusahaan dimana ia bekerja. sedangka akuntan pubik independen atau tidak memihak Akuntan intern biasa. di sebut controller bendahara dan lain sebagainya, BIDANG BIDANG AKUNTANSI. A Akuntan Publik, 1 Bidang Pemeriksaan Laporan Keuangan.
Bidang profesi Akuntansi paling utama yang diberi akuntan publik pada. masyarakat umum Pemeriksaan yang dilakukan bersifat indefenden. tujuannya untuk menilai kewajaran laporan keuangan yang disusun. manajemen untuk dilaporkan kepada pemakai laporan keuangan seperti. investor kreditur pemerintah dan lain sebagainya, 2 Akuntansi Perpajakan. Jasa Akuntansi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat tujuannya. 1 Untuk memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku. 2 Untuk menekan pajak seminimal mungkin, 3 Konsultasi Manajemen Pemberian jasa yng meliputi aspek yang luas. Biasanya jasa ini diberikan bersamaan dengan pemeriksaan akuntan. B Akuntansi Biaya, Untuk menganalisa biaya perusahaan dan membantu manajemen dalam. pengawasan biaya Lingkupnya mengenai biaya selama produksi dan harga. pokok barang yang di produksi dan akhir akhir ini penekanan pada biaya. pemasaran Tujuan akuntansi biaya adalah, 1 Membantu manajemen menetapkan harga jual sehingga didapat laba yang. 2 Memberikan informasi produk mana yang menguntungkan atau sebaliknya. Sehingga produksi diteruskan atau dihentikan, C AKUNTAN INTERNAL.
Akuntan internal meliputi, 1 Penganggaran, Menyajikan dan merencanakan operasi keuangan untuk suatu periode. tertentu dan menyampaikan perbandingan dari operasi aktual dengan. rencana yang telah ditetapkan, 2 Sistem Akuntansi, Bidang yang menangani merencanakan dan penerapan prosedur prosedur. untuk mengumpulkan dan melaporkan data keuangan, 3 Akuntansi Internasional. Menangani masalah laporan keuangan organisasi perdagangan internasional. perusahaan multinasional Akuntan harus memahami seluk beluk bea. cukai bidang hukum dan perpajakan berbagai negara, 4 Akuntansi Nirlaba. Pengkhususan pada pencatatan dan pelaporan transaksi dari unit unit. pemerintah serta lembaga nirlaba lainnya Seperti Masjid Lembaga Amal. Rumah sakit dan lain lain, 5 Pendidikan Akuntansi, Organisasi yang mengelola pendidikan untuk calon Akuntan.
Perbedaan Akuntansi dengan Tata Buku, Tata Buku adalah bagian dari akuntansi khususnya yang berkaitan dengan. pencatatan jadi tata buku adalah elemen prosedural dari akuntansi Tata buku. berasal dari Belanda dan dipakai di Indonesia sampai dengan akhir tahun lima. puluhan Tata buku kurang lengkap untuk bahan analisa. Akuntansi berasal dari Amerika masuk ke Indonesia pada awal tahun enam. puluhan dan dipakai sampai sekarang Akuntansi bisa langsung dianalisa bagi. pemakai untuk mengambil keputusan, Proses Akuntansi. Secara umum bentuk siklus akuntansi perusahaan jasa meliputi. Pembuatan bukti transaksi, Membuat jurnal buku harian atas transaksi yang terjadi sesuai berdasarkan. tanggal transaksi, Pemindahbukuan dari jurnal ke buku besar pembuatan buku besar. Membuat ayat jurnal penyesuaian, Pembuatan kertas kerja.
Menyusun laporan keungan, Membuat jurnal penutup, Penutupan buku besar. Neraca sisa saldo setelah penutupan, Membuat jurnal pembalik. KONSEP DASAR AKUNTANSI, 1 Konsep Entitas atau Kesatuan Usaha. Kesatuan usaha disini maksudnya akuntansi adalah suatu organisasi atau. bagian dari organisasi yang berdiri sendiri terpisah dari organisasi lain atau. individu lain, 2 Prinsip Objektivitas, Catatan dan laporan akuntansi harus didasarkan pada data yang bisa dipercaya. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmatnya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan penulisan bahan untuk mata kuliah pengantar akuntansi ini Penulisan bahan ajar ini bertujuan untuk memperbanyak referensi dan membantu mahasiswa mendapatkan bahan ajar dan menambah referensi bagi mahasiswa STIE Multi Data Palembang dalam mempelajari

Related Books

LATIHAN SOAL IAPI

LATIHAN SOAL IAPI

Pengantar Akuntansi amp Pelaporan Keuangan Tingkat Dasar ACPAI 30 IFRS dan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia bersifat principle based Manakah dari pernyataan tersebut yang benar berkaitan dengan principle based A Lebih membuka lebar terhadap penilaian individual mengenai bagaimana transaksi bisnis dicatat

KURIKULUM PROGRAM STUDI AKUNTANSI 2 1 Profil Lulusan S1

KURIKULUM PROGRAM STUDI AKUNTANSI 2 1 Profil Lulusan S1

Bahasa Inggris Bahasa Inggris Profesi Bahasa Indonesia Total SKS 2 2 2 2 2 2 18 2 Mata Kuliah Fakultas No Mata Kuliah SKS 1 Pengantar Bisnis 3 2 Pengantar Ekonomi 3 3 Pengantar Manajemen 3 4 Teori Ekonomi Mikro 3 5 Teori Ekonomi Makro 3 6 Statistik 3 7 Sistem Informasi Manajemen 3

PENGANTAR ILMU EKONOMI TOPIK SUPPLY amp DEMAND

PENGANTAR ILMU EKONOMI TOPIK SUPPLY amp DEMAND

PENGANTAR ILMU EKONOMI TOPIK SUPPLY amp DEMAND Elastisitas JURUSAN AKUNTANSI DOSEN penawaran dan permintaan teori ini menunjukkan bagaimana pilihan konsumen mendasari permintaan konsumen atas barang dan bagaimana biaya biaya terjadi di dalam perusahaan melandasi penawaran barang 1 Pengertian Permintaan Hukum dan Teori Permintaan Permintaan adalah banyaknya jumlah barang yang

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL

PENGENALAN MICROSOFT EXCEL

Modul Pengantar Aplikasi Komputer PAK 240 Prodi S1 P Akuntansi UNY Pengampu Annisa Ratna Sari S Pd 1 PENGENALAN MICROSOFT EXCEL Microsoft Excel MS Excel merupakan program aplikasi spreadsheet lembar kerja

PENGANTAR MANAJEMEN taklelahbelajar files wordpress com

PENGANTAR MANAJEMEN taklelahbelajar files wordpress com

Nama Mata Kuliah Pengantar Manajemen 2 SKS 3 Tiga 3 Program Studi Akuntansi 4 MATERI POKOK BAHASAN STRATEGI PEMBELAJARAN LATIHAN YANG

HASIL BELAJAR MYOB MIND YOUR OWN BUSINESS DITINJAU DARI

HASIL BELAJAR MYOB MIND YOUR OWN BUSINESS DITINJAU DARI

HASIL BELAJAR MYOB MIND YOUR OWN BUSINESS DITINJAU DARI PEMAHAMAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2012 2013 Skripsi Diajukan untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Diajukan Oleh SUWENTI NOBERTI A 210 120 053 PROGRAM STUDI

MODUL PERKULIAHAN Pengantar Akuntansi

MODUL PERKULIAHAN Pengantar Akuntansi

MODUL PERKULIAHAN Pengantar Akuntansi Introduction to Accounting and Business Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh ge Ilmu Komputer Sistem Informasi 01 18001 Tim Dosen Abstract Kompetensi Introduction to Accounting and business describe about accounting and its progress Accounting information After studied this chapter students could explain about Explain the purpose of

KURIKULUM PROGRAM STUDI AKUNTANSI

KURIKULUM PROGRAM STUDI AKUNTANSI

KURIKULUM PROGRAM STUDI AKUNTANSI 1 Kurikulum Konsentrasi Akuntansi Keuangan Semester 1 Semester 2 Semester 3 Matakuliah SKS Matakuliah SKS Matakuliah SKS Akuntansi Pengantar I 3 Akuntansi Pengantar II 3 Akuntansi Biaya 3 Bahasa Indonesia 2 Ekonomika Mikro Pengantar 3 Akuntansi Keuangan Menengah I 3 Bisnis Pengantar 3 Manajemen 3 Manajemen Keuangan Pengantar 3 Ekonomika Makro Pengantar 3

BAB III LANDASAN TEORI 3 1 Pembelian

BAB III LANDASAN TEORI 3 1 Pembelian

penjualan yang terjadi dalam suatu perusahaan Dengan adanya pembelian perusahaan dapat secara mudah menyediakan sumber daya yang diperlukan organisasi secara efisien dan efektif Adapun pengertian pembelian menurut para ahli sebagai berikut Menurut Soemarso 2007 08 dalam buku Akuntansi Suatu Pengantar

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER PROGRAM STUDI AKUNTANSI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER PROGRAM STUDI AKUNTANSI

2 Prathama Rahardja dan Mandala Manurung Teori Ekonomi Mikro suatu pengantar Buku Seri Teori Ekonomi Edisi Keempat Cetakan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta 2010 3 Sadono Sukirno Pengantar Teori Mikro Ekonomi Edisi Ketiga Penerbit PT RajaGrafindo Persada Jakarta 2009

ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN

ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN

ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA TAHUN 2015 Studi Kasus di Desa Parerejo Kec Purwodadi Kab Pasuruan SKRIPSI Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mencapai Derajad Sarjana Ekonomi Oleh FELDI YULIANTO MAARIF 201210170311201 PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2016 KATA PENGANTAR

ANALISIS PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR

ANALISIS PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR

BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN S A K E M K M SKRIPSI Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana Ekonomi Oleh Adam Tribuana Wijaya 201210170311072 PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2019 ii iii iv v KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr Wb Bismillahhirrohmanirrohim Puji syukur peneliti ucapkan atas kehadirat

AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI PEMASARAN Studi Kasus pada

AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI PEMASARAN Studi Kasus pada

AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI PEMASARAN Studi Kasus pada PT Selecta Kota Batu SKRIPSI Oleh Debbie Hendrawati 201210170311117 JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2016 ii iii iv v KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr Wb Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah Mu peneliti dapat menyelesaikan

APLIKASI KOMPUTER Untuk Administrasi dan Mahasiswa

APLIKASI KOMPUTER Untuk Administrasi dan Mahasiswa

APLIKASI KOMPUTER UNTUK ADMINISTRASI DAN MAHASISWA Agustinus MUJILAN S E M Sc Edisi 2 Tahun 2015 Contact Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun iii KATA PENGANTAR Teknologi informasi yang selalu berkembang menuntut upaya memperbarui pengetahuan dan ketrampilan penggunaan teknologi informasi Komputer adalah salah satu fasilitas dalam teknologi