Pendirian Dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta Serta-Books Pdf

Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta serta
03 Jul 2020 | 0 views | 0 downloads | 56 Pages | 3.67 MB

Share Pdf : Pendirian Dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta Serta

Download and Preview : Pendirian Dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta Serta


Report CopyRight/DMCA Form For : Pendirian Dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta Serta



Transcription

Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK dan Dikti, Sejak tanggal 10 Agustus 2012 telah dilakukan pembaruan dan strategi. pembangunan pendidikan tinggi melalui penerbitan Undang Undang No 12 Tahun. 2012 Tentang Pendidikan Tinggi UU Dikti Untuk memenuhi amanat UU Dikti pada. tahun 2016 telah diterbitkan Permenristekdikti No 100 Tahun 2016 Tentang. Pendirian Perubahan Dan Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri Serta Pendirian. Perubahan dan Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta. Sementara itu Surat Edaran Menristekdikti tanggal 21 September 2016 Nomor 2 M SE lX 20l6. Tentang Pendirian Perguruan Tinggi Baru Dan Pembukaan Program Studi menyatakan bahwa. terhitung sejak 1 Januari 2017 akan diterapkan kebijakan pemberian izin pendirian perguruan tinggi. baru dan pembukaan program studi sebagai berikut, 1 Pendirian perguruan tinggi baru yang menyelenggarakam pendidikan akademik Universitas. lnstitut Sekolah Tinggi akan dilakukan moratorium sampai batas waktu yang akan ditentukan. 2 Pendirian perguruan tinggi baru hanya diberikan untuk perguruan tinggi vokasi dan Institut. 3 Pembukaan program studi akan diberikan untuk program studi di bidang science technology. engineering dan mathematic STEM, 4 Pendirian perguruan tinggi dan pembukaan program studi sebagaimana dimaksud pada angka 1. angka 2 dan angka 3 dapat dikecualikan bagi, a daerah terdepan terluar dan tertinggal 3T dan. b daerah tertentu dengan kondisi dan kebutuhan khusus. Memenuhi amanat Permenristekdikti di atas dan memperhatikan Surat Edaran Menristekdikti maka. para pengusul perlu dipandu dalam memenuhi persyaratan dan prosedur pendirian dan perubahan. perguruan tinggi swasta serta pembukaan dan perubahan program studi pada perguruan tinggi. Dengan mematuhi semua persyaratan dan prosedur yang telah ditetapkan diharapkan usul yang. diajukan dapat diproses secara tepat waktu sehingga baik perguruan tinggi yang didirikan atau. diubah maupun program studi yang dibuka atau diubah mampu untuk berkontribusi positif dalam. penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi untuk meningkatkan daya. saing bangsa, Atas perhatian semua pihak kami sampaikan terima kasih.
Jakarta 31 Maret 2018, Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK dan DIKTI. Patdono Suwignjo, Direktur Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi. Sepanjang tahun 2016 telah diproses berbagai usul pendirian atau perubahan. perguruan tinggi swasta serta pembukaan atau perubahan program studi di. lingkungan perguruan tinggi Pengalaman menunjukkan bahwa persyaratan dan. prosedur yang diterapkan telah mampu meningkatkan efisiensi pemrosesan usul. tersebut selain masih terdapat hal hal yang masih dapat dikembangkan sehingga. mampu mempersingkat waktu pemrosesan usul usul yang diajukan. Untuk memfasilitasi dan meningkatkan efisiensi pemrosesan usul yang diajukan telah dilakukan. perubahan Permenristekdikti No 50 Tahun 2015 dengan menerbitkan Permenristekdikti No 100. Tahun 2016 Tentang Pendirian Perubahan Pembubaran PTN dan Pendirian Perubahan. Pencabutan Izin PTS, Berhubung telah dilakukan perubahan Permenristekdikti tersebut maka perlu diterbitkan buku. tentang persyaratan dan prosedur pendirian dan perubahan perguruan tinggi swasta serta. pembukaan dan perubahan program studi pada perguruan tinggi sebagaimana diperintahkan oleh. Permenristekdikti No 100 Tahun 2016 Tentang Pendirian Perubahan Pembubaran PTN dan. Pendirian Perubahan Pencabutan Izin PTS, Proses administrasi pendirian dan perubahan perguruan tinggi swasta serta pembukaan dan. perubahan program studi pada perguruan tinggi yang telah dilakukan secara digital atau online. sejak Januari 2015 masih tetap dilanjutkan sehingga selain dapat mengurangi waktu biaya dan. tenaga juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang bersih dan efisien. Penerbitan buku Persyaratan dan Prosedur Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta. serta Pembukaan dan Perubahan Program Studi pada Perguruan Tinggi Periode 2 Tahun 2018. dimaksudkan untuk memandu para pihak yang akan mengusulkan pendirian perubahan PTS dan. pembukaan perubahan program studi pada perguruan tinggi sesuai Surat Edaran Menristekdikti di. Atas bantuan dan kerja keras semua pihak dalam penerbitan Buku ini saya menyampaikan. penghargaan dan terima kasih, Jakarta 31 Maret 2018.
Direktur Pengembangan Kelembagaan, Perguruan Tinggi. Ridwan Anzib, Daftar Isi, Sambutan Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK dan Dikti 1. Pengantar Direktur Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi 2. Daftar Isi 3, Bab I Pendahuluan 5, 1 Latar Belakang 5. 2 Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Persyaratan Minimum Akreditasi 6. 3 Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta serta. Pembukaan dan Perubahan Program Studi pada Perguruan Tinggi 6. Bab II Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta 8. 1 Pengertian 8, 2 Persyaratan 14, 3 Dokumen 16, 4 Prosedur 18. 5 Jadwal 19, 6 Lampiran 33, a Lampiran 2a Surat Permohonan Sesuai Jenis Usul pendirian atau.
Perubahan PTS 33, b Lampiran 2b Akta Notaris Pendirian Badan Penyelenggara 34. c Lampiran 2c Keputusan Pengesahan Badan Penyelenggara. sebagai Badan Hukum 35, d Lampiran 2d Sertifikat Status Lahan Calon Kampus PTS an Badan. Penyelenggara 36, e Lampiran 2e Studi Kelayakan Sesuai Jenis Usul pendirian atau perubahan PTS 37. f Lampiran 2f Laporan Keuangan Badan Penyelenggara Sesuai Jenis Usulan 41. g Lampiran 2g Surat Bukti Kepemilikan Dana Badan Penyelenggara. Sesuai Jenis Usul 42, Bab III Pembukaan dan Perubahan Program Studi Pada Perguruan Tinggi 20. 1 Pengertian 20, 2 Persyaratan 20, 3 Dokumen 24, 4 Prosedur 25.
5 Jadwal 27, 6 Lampiran 33, a Lampiran 3a1 Surat Usul Penambahan Program Studi dari Pemimpin Perguruan. Tinggi Negeri 43, b Lampiran 3a2 Surat Permohonan Sesuai Jenis Usul untuk Perguruan. Tinggi Swasta 44, c Lampiran 3b Surat Persetujuan Pembukaan Program Studi dari. Badan Penyelenggara khusus PTS 45, d Lampiran 3c Surat Pertimbangan Penambahan Program Studi dari Senat PT 46. e Lampiran 3d Akta Notaris Pendirian Badan Penyelenggara 47. f Lampiran 3e Dokumen Pengesahan Badan Penyelenggara Sebagai. Badan Hukum 48, g Lampiran 3f Rekomendasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi L2 Dikti 50.
h Lampiran 3g Daftar Program Studi Bidang STEM Science Technology. Engineering and Mathematics 51, Bab IV Instrumen Akreditasi 31. Pendahuluan, 1 Latar Belakang, Mulai tanggal 10 Agustus 2012 Undang Undang No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. UU Dikti telah menetapkan pola baru dalam perizinan pendirian perguruan tinggi dan. pembukaan program studi, Sebelum UU Dikti ditetapkan baik izin pendirian perguruan tinggi maupun izin pembukaan. program studi diterbitkan terlebih dahulu oleh Mendikbud sekarang Menristekdikti setelah. memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang undangan Kemudian dalam kurun. waktu tertentu sebagaimana ditetapkan dalam surat keputusan izin tersebut khususnya izin. program studi perguruan tinggi wajib meminta akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional. Perguruan Tinggi BAN PT, Setelah UU Dikti berlaku izin pendirian perguruan tinggi akan diterbitkan Menristekdikti apabila. proposal pendirian perguruan tinggi telah memenuhi syarat minimum akreditasi institusi. sebagaimana ditetapkan oleh BAN PT Demikian pula izin pembukaan program studi akan. diterbitkan apabila proposal pembukaan program studi tersebut telah memenuhi syarat. minimum akreditasi program studi sebagaimana ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri. LAM dari program studi tersebut atau BAN PT dalam hal belum dibentuk LAM dari program. studi yang bersangkutan, Dengan demikian sebelum Menristekdikti menerbitkan keputusan tentang izin pendirian.
perguruan tinggi maupun izin pembukaan program studi BAN PT atau LAM terkait akan. menerbitkan terlebih dahulu surat keputusan pemenuhan syarat minimum akreditasi dari. perguruan tinggi yang akan didirikan dan atau program studi yang akan dibuka. Menurut Pasal 4 ayat 3 Permenristekdikti No 32 Tahun 2016 Tentang Akreditasi Program Studi. dan Perguruan Tinggi akreditasi minimum sebagaimana dimaksud di atas berlaku paling lama 2. dua tahun terhitung sejak izin diterbitkan, Perlu dikemukakan bahwa permohonan izin perubahan PTS dan atau perubahan program studi. harus memenuhi persyaratan dan prosedur seperti pendirian PTS atau pembukaan program. Adapun pengaturan pendirian perguruan tinggi dapat ditemukan dalam Pasal 60 ayat 2 dan. ayat 4 UU Dikti yang menetapkan sebagai berikut, a Ayat 2 PTS didirikan oleh Masyarakat dengan membentuk badan penyelenggara berbadan. hukum yang berprinsip nirlaba dan wajib memperoleh izin Menteri. b Ayat 4 Perguruan Tinggi yang didirikan harus memenuhi standar minimum akreditasi. Sedangkan pengaturan penyelenggaraan program studi dapat ditemukan dalam Pasal 33 ayat 3. dan ayat 5 UU Dikti yang menetapkan sebagai berikut. a Ayat 3 Program Studi diselenggarakan atas izin Menteri setelah memenuhi persyaratan. minimum akreditasi, b Ayat 5 Program Studi mendapatkan akreditasi pada saat memperoleh izin penyeleng. 2 Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Persyaratan Minimum Akreditasi. Sebelum UU Dikti berlaku penerbitan izin pendirian perguruan tinggi dan atau pembukaan. program studi didasarkan pada standar yang diatur dalam Kepmendiknas No 234 U 2000. Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi, Setelah UU Dikti berlaku penerbitan izin pendirian perguruan tinggi dan atau pembukaan. program studi didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi SN Dikti sebagaimana. diatur dalam Pasal 54 ayat 1 huruf a dan ayat 2 UU Dikti yang menyatakan sebagai berikut. a Ayat 1 huruf a SN Dikti ditetapkan oleh Menteri atas usul suatu badan yang bertugas. menyusun dan mengembangkan SN Dikti, b Ayat 2 SN Dikti merupakan satuan standar yang meliputi standar nasional pendidikan.
ditambah dengan standar penelitian dan standar pengabdian kepada masyarakat. Untuk melaksanakan Pasal tersebut telah diterbitkan Permenristekdikti No 44 Tahun 2015. Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Menurut Pasal 3 ayat 5 huruf a Permenristekdikti No 32 Tahun 2016 Tentang Akreditasi Program. Studi dan Perguruan Tinggi apabila perguruan tinggi atau program studi memenuhi SN Dikti maka. perguruan tinggi atau program studi tersebut memperoleh status terakreditasi dengan peringkat. terakreditasi Baik Sedangkan kriteria memenuhi standar minimum akreditasi atau memenuhi. persyaratan minimum akreditasi ditetapkan berdasarkan SN Dikti oleh LAM atau BAN PT. sesuai kewenangan masing masing dan dituangkan dalam instrumen akreditasi pembukaan. program studi dan instrumen akreditasi pendirian perguruan tinggi. 3 Pendirian dan Perubahan PTS serta Pembukaan dan Perubahan Program Studi. Pada Perguruan Tinggi, Secara garis besar pendirian PTS termasuk pembukaan program studi di dalamnya diusulkan. oleh Badan Penyelenggara berbadan hukum yang berprinsip nirlaba selanjutnya disebut Badan. Penyelenggara 1 kepada Menristekdikti dengan mengajukan usul pendirian PTS yang memuat. pemenuhan semua persyaratan yang diuraikan di dalam buku ini Sedangkan pembukaan. program studi di PTN atau PTS selanjutnya disebut perguruan tinggi yang sudah berdiri. diusulkan oleh pemimpin perguruan tinggi tersebut kepada Menristekdikti dengan mengajukan. usul pembukaan program studi yang memuat pemenuhan semua persyaratan yang juga. diuraikan di dalam buku ini, Kelengkapan persyaratan tersebut akan menentukan pemenuhan syarat minimum akreditasi dari. PTS yang akan didirikan atau pemenuhan syarat minimum akreditasi program studi yang akan. dibuka Evaluasi kecukupan tentang pemenuhan persyaratan minimum akreditasi pendirian PTS. akan dilakukan oleh BAN PT sedangkan evaluasi kecukupan tentang pemenuhan persyaratan. minimum akreditasi pembukaan program studi akan dilakukan oleh BAN PT atau LAM. Demikian pula proposal perubahan PTS harus diajukan oleh Badan Penyelenggara kepada. Menristekdikti dengan memenuhi semua persyaratan untuk selanjutnya dilakukan evaluasi. pemenuhan syarat minimum akreditasi oleh BAN PT Sedangkan perubahan program studi di. perguruan tinggi yang sudah berdiri harus diajukan oleh pemimpin perguruan tinggi kepada. Menristekdikti dengan memenuhi semua persyaratan, Badan penyelenggara berbadan hukum yang berprinsip nirlaba adalah subyek hukum berbentuk yayasan. persyarikatan perkumpulan atau bentuk badan hukum lain yang berprinsip nirlaba sesuai dengan ketentuan. peraturan perundang undangan, Baik pada pendirian PTS maupun pada perubahan PTS terdapat persyaratan minimum akreditasi.
untuk pembukaan atau perubahan program studi yang harus dipenuhi oleh Badan. Penyelenggara Evaluasi kecukupan tentang pemenuhan persyaratan minimum akreditasi. pembukaan atau perubahan program studi akan dilakukan oleh BAN PT atau LAM jika telah. terdapat LAM untuk program studi terkait, Apabila BAN PT atau LAM untuk program studi terkait menyatakan bahwa persyaratan minimum. akreditasi untuk pembukaan atau perubahan program studi dan persyaratan minimum. akreditasi untuk pendirian atau perubahan PTS telah dipenuhi maka Menristekdikti akan. menerbitkan izin pendirian atau perubahan PTS tersebut. Dalam hal dilakukan perubahan PTS maka evaluasi kecukupan tentang pemenuhan persyaratan. minimum akreditasi oleh BAN PT hanya dilakukan terhadap program studi baru yang akan dibuka. atau ditambahkan sedangkan terhadap program studi yang telah memiliki status akreditasi dan. peringkat terakreditasi dari BAN PT atau LAM tidak dilakukan evaluasi kecukupan lagi Status. c Lampiran 3b Surat Persetujuan Pembukaan Program Studi dari Badan Penyelenggara khusus PTS 45 d Lampiran 3c Surat Pertimbangan Penambahan Program Studi dari Senat PT 46 e Lampiran 3d Akta Notaris Pendirian Badan Penyelenggara 47 f Lampiran 3e Dokumen Pengesahan Badan Penyelenggara Sebagai Badan Hukum 48 g Lampiran 3f Rekomendasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi L2 Dikti 50 h

Related Books

Persyaratan dan Prosedur Pendirian PTS dan Pembukaan Prodi

Persyaratan dan Prosedur Pendirian PTS dan Pembukaan Prodi

3 Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta serta Pembukaan dan Perubahan Program Studi pada Perguruan Tinggi 6 Bab II Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta 8 1 Pengertian 8 2 Persyaratan 16 3 Dokumen 19 4 Prosedur 20 5 Jadwal 21 6 Lampiran 32 a Lampiran 2a Surat Permohonan Sesuai Jenis Usul pendirian atau

EZ Solutions Test Prep Series Math Section

EZ Solutions Test Prep Series Math Section

Test Prep Series Math Section Quantitative Comparison GRE gmat test prep study guides books by ez solutions GMAT best and top score math quant english verbal tutoring test prep study guides books gre workbook mq mall EZ Solutions Test Prep Series Math Section Quantitative Comparison GRE Edition New Version

Sun Fire T2000 Server Service Manual SunHELP

Sun Fire T2000 Server Service Manual SunHELP

vi Sun Fire T2000 Server Service Manual January 2006 To Replace the Clock Battery on the Motherboard 71 Common Procedures for Finishing Up 72 To Replace the Top Cover 72 To Reinstall the Server Chassis in the Rack 73 To Apply Power to the Server 73 A Field Replaceable Units FRUs 75 vii Preface The Sun Fire T1000 Service Manual provides information to aid in troubleshooting problems

Service and Repair Manual Kenworth Edition

Service and Repair Manual Kenworth Edition

This repair shop manual is intended to assist trained personnel with repairing the diesel version of the Air Top 2000 ST air heater 1 1 1 USE OF THE AIR HEATERS The Webasto Air Top 2000 ST air heaters are designed to heat cabins boats trucks minibuses vans ambulances and motor homes to defrost vehicle windows

To Further Internationalization of Japanese Pharmacopoeia

To Further Internationalization of Japanese Pharmacopoeia

Japanese Pharmacopoeia Naoyuki Yabana Ph D Division of Pharmacopoeia and Standards for Drugs Office of Standards and Guidelines Development Pharmaceuticals and Medical Devices Agency PMDA 2016 5 18 India Japan 2016 1 1 Introduction What is JP 2016 5 18 India Japan 2016 2 Introduction Legal Status of JP Article 2 The term drug in this Law refers to the following items 1

2015 USP 38 THE UNITED STATES PHARMACOPEIA

2015 USP 38 THE UNITED STATES PHARMACOPEIA

USP 38 THE UNITED STATES PHARMACOPEIA 1NF 33 THE NATIONAL FORMULARY Volume 4 a By authority of the United States Pharmacopeial Convention Prepared by the Council of Experts and its Expert Committees Official from May 1 2015 The designation on the cover of this publication USP NF 2015 is for ease of identification only The publication contains two separate compendia The United States

CHINA PHARMACEUTICAL INDUSTRY

CHINA PHARMACEUTICAL INDUSTRY

I China Pharmaceutical Industry Overview 5 A Overview B China Pharmaceutical Market Trends the 2005 Chinese Pharmacopoeia was also revised Completed in 2009 the revised 2010 Chinese Pharmacopoeia came into effect on October 1 2010 Manufacturers in each Chinese province are now expected to adhere to its contents All drug manufacturers were

Traveller B2 Teacher Book H Q Mitchell Rapidshare

Traveller B2 Teacher Book H Q Mitchell Rapidshare

Ricardo Martnez Mitchell H Q Traveller C1 Teacher S Book Uploaded By 12 Nov 2018 to advanced level mitchell hq traveller advanced c1 students book traveller b2 teacher s book pdf files at key traveller b2 download as pdf file Traveller pre

Upstr CAEc1 leaflet

Upstr CAEc1 leaflet

Upstream Advanced C1 offers a complete writing book within a coursebook Easy to use Upstream Advanced C1 is a clearly structured easily accessible book The colour coded sections and clearly labelled tasks make it easy for the teacher to focus on what they judge to be the needs of a particular group of students When doing homework or revising students find using the course equally easy

Ministry of Education of the KSA Edition Ministry of

Ministry of Education of the KSA Edition Ministry of

KSA Traveller Student s Book 2017 2018 indd 1 12 21 2016 1 01 05 PM TravellerKSA Edition 1 English Language Secondary Stage Credits System Compulsory Program Level One Teacher s Manual H Q Mitchell Marileni Malkogianni Traveller 1 Teacher s Manual is an exciting course that takes Beginner to Advanced level It follows the