Pedoman Pengenalan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini-Books Pdf

PEDOMAN PENGENALAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
30 Apr 2020 | 9 views | 0 downloads | 44 Pages | 2.16 MB

Share Pdf : Pedoman Pengenalan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Download and Preview : Pedoman Pengenalan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini


Report CopyRight/DMCA Form For : Pedoman Pengenalan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini



Transcription

MILIK NEGARA,Tidak perjualbelikan,PENGENALAN KURIKULUM. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. DIREKTORAT JENDERAL, PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT. DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,TAHUN 2015. PEDOMAN PENGENALAN KURIKULUM,PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
SAMBUTAN DIREKTUR JENDERAL, Kurikulum sebagai jantungnya sebuah program pendidikan Kurikulum. juga sebagai strategi dan cara yang dirancang untuk mencapai tujuan. pendidikan nasional Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan. Kebudayaan menyadari betapa pentingnya kedudukan dan peran kurikulum. untuk memberi arah pada program pendidikan dalam pembentukan. kompetensi output pendidikan yang diharapkan Kompetensi yang selaras. dengan tuntutan zaman dimana anak menjalani kehidupannya. Kurikulum 2013 mencakup pengembangan pada aspek struktur. kurikulum proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian. yang bersifat otentik Kurikulum 2013 mengusung pengembangan. pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fleksibel dalam pelaksanaan. sehingga memberi ruang pada anak untuk mengembangkan potensi dan. bakatnya Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di. seluruh tingkat serta jenjang pendidikan sejak Pendidikan Anak Usia Dini. hingga Pendidikan Menengah Keajegan model pendekatan disemua jenjang. ditujukan untuk membentuk sikap pengetahuan dan keterampilan peserta. didik yang lebih konsisten sejak awal sehingga diharapkan peserta didik. mampu berkembang menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi. sikap beragama kreatif inovatif dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih. Sebagai jenjang paling dasar Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia. Dini diharapkan menjadi fundamen bagi penyiapan peserta didik agar lebih. siap dalam memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi Menghantarkan anak. usia dini yang siap melanjutkan pendidikan tidak hanya terbatas pada. PEDOMAN PENGENALAN KURIKULUM,PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. kemampuan anak membaca menulis dan berhitung akan tetapi dalam. keselurun aspek perkembangan Tanggung jawab ini harus dipikul bersama. antara pemerintah pengelola dan pendidikan PAUD orang tua dan. masyarakat, Untuk menyamakan langkah khususnya bagi para pelaksana layanan. program PAUD maka perlu diberikan pedoman pelatihan dan acuan acuan. yang dapat dijadikan sebagai rujukan para pendidik menerapkan kurikulum. 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di satuan pendidikannya. Pencapaian pendidikan yang lebih baik melalui penerapan Kurikulum. 2013 PAUD merupakan suatu keniscayaan jika diusung oleh semua. komponen Terima kasih,Jakarta Juli 2015,Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini. dan Pendidikan Masyarakat,Ir Harris Iskandar Ph D,NIP 196204291986011001.
PEDOMAN PENGENALAN KURIKULUM,PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. KATA PENGANTAR, Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberkahi. kita semua sehingga Penyusun Pedoman Implementasi Kurikulum 2013. Pendidikan Anak Usia Dini terselesaikan sesuai waktu yang ditetapkan Pedoman. Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini sebagai jembatan. penghubung dari kajian yuridis filosofis sosiologis teoretis dan pedagogis yang. menjadi landasan pengembangan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. menjadi langkah praktis dalam menerapkan kurikulum 2013 kepada peserta didik. di satuan PAUD masing masing, Pedoman pedoman disusun sesederhana mungkin agar mampu dipahami. oleh seluruh pendidik Pendidikan Anak Usia Dini yang sangat beragam dan. tersebar dengan tetap merujuk pada kajian kajian yang melandasinya Pedoman. pedoman implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini ini bersifat. terbuka dan fleksibel artinya sangat memungkinkan pada penerapannya. disesuaikan dengan kondisi potensi dan budaya setempat Hal penting yang. diusung dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini adalah keterbukaan. kita menerima perubahan baik perubahan dalam cara berpikir kebiasaan sikap. dan cara kerja Perubahan tersebut akan berimbas pada perubahan sikap. pengetahuan dan keterampilan peserta didik, Untuk semua usaha yang telah dilakukan kami mengucapkan terima kasih. kepada Tim Penyusun Tim Penelaah Tim Reviewer yang telah bekerja keras. memfinalkan pedoman implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Terima kasih,Jakarta Juli 2015,Direktur Pembinaan,Pendidikan Anak Usia Dini.
DR Erman Syamsuddin,NIP 195703041983031015,PEDOMAN PENGENALAN KURIKULUM. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,DAFTAR ISI,Sambutan Direktur Jenderal i. Kata Pengantar iii,Daftar Isi iv,BAB I Pendahuluan 1. A Latar Belakang 1,B Pembangunan PAUD di Indonesia 2. C Rasional 4,D Perlukan Kurikulum Untuk PAUD 7,E Landasan Pengembangan Kurikulum 9.
BAB II Kurikulum PAUD dalam Kerangka Pendidikan Nasional 15. A Kurikulum PAUD dengan Kurikulum Pendidikan Di atasnya 15. B Keterkaitan Standar PAUD dengan Kurikulum PAUD 16. BAB III Karakteristik Kurikulum PAUD 20,A Arah Kurikulum PAUD 21. B Karakteristik Kurikulum PAUD 28,BAB IV Persyaratan Penerapan Kurikulum PAUD 33. BAB V Penutup 36,DAFTAR PUSTAKA 37,PENDAHULUAN,A Latar Belakang. Pendidikan Anak Usia Dini yang selanjutnya disingkat PAUD. merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak. lahir sampai dengan usia 6 enam tahun yang dilakukan melalui. pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan. perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam. memasuki pendidikan lebih lanjut Beberapa komponen yang dapat. dijabarkan dari rumusan tersebut di atas yakni, PAUD berisi program pembinaan berupa kegiatan pendidikan. Sasaran PAUD adalah anak usia 0 6 tahun, Program PAUD untuk mengembangkan seluruh potensi anak yang.
mencakup aspek nilai agama dan moral fisik motorik kognitif. bahasa sosial emosional dan seni, Tujuan program PAUD adalah anak memiliki kesiapan mengikuti. pendidikan lebih lanjut, Pendidikan anak usia dini di Indonesia memiliki kekhasan dibanding. dengan yang diterapkan di berbagai negara Kekhasan tersebut pada. 1 cakupan rentang usia Sasaran anak usia dini di Indonesia dari 0 6. tahun sedangkan di berbegai negara mencapai usia 8 tahun 2. program layanan anak usia dini di Indonesia terdiri Taman Kanak Kanak. untuk anak 4 6 tahun Kelompok Bermain prioritas anak usia 2 4. tahun Taman Penitipan Anak prioritas usia 0 6 tahun dan Satuan. PAUD Sejenis anak 0 6 tahun 3 jalur pendidikan Taman Kanak. Kanak masuk dalam jalur pendidikan formal sedangkan Kelompok. Bermain Taman Penitipan Anak dan Satuan PAUD Sejenis masuk. dalam jalur pendidikan non formal Kekhasan tersebut menjadikan. PAUD di Indonesia spesifik dalam penyelenggaraan karena setiap. program layanan memiliki kekhasan masing masing Namun demikian. semua program layanan PAUD memiliki tujuan yang sama yakni. mengembangkan seluruh potensi anak yang mencakup aspek nilai. agama dan moral fisik motorik kognitif bahasa sosial emosional dan. seni untuk mencapai kesiapan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Pendidikan anak usia dini merupakan dasar yang memberi pengaruh. nyata pada keberhasilan di jenjang pendidikan di atasnya Oleh karena. itu pendidikan anak usia dini dikembangkan dengan berdasar landasan. keilmuan landasan yurudis sosial budaya dan pedagogis secara. teoretis maupun empiris,B Pembangunan PAUD di Indonesia. Pendidikan anak usia dini termuat dalam Undang Undang Nomor 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 28 Kementerian. Pendidikan dan Kebudayaan telah memiliki arah pembangunan PAUD. 2011 2045 yang dibagi dalam 5 tahap yakni 1 tahap perluasan. layanan dari tahun 2002 2011 tahun 2 tahap pemantapan mutu. dari tahun 2011 2015 3 tahap standarisasi mutu nasional dari tahun. 2015 2025 tahun 4 tahap standar mutu internasional tahun 2025. 2035 dan 5 tahap layanan paripurna tahun 2035 2045 Dengan. arah pembangunan jangka panjang demikian diharapkan tahun 2045. disaat Indonesia mencapai usia kemerdekaan ke 100 tahun anak. Indonesia tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang cerdas. kompetitif,IV ARAH PEMBANGUNAN,PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 2011 2045. Tahun 2015 memasuki tahap kedua yakni pemantapan mutu PAUD. sebagai persiapan dasar pembentukan sumber daya manusia. berkualitas Di tahap ke dua pembangunan PAUD telah banyak yang. dipersiapkan diantaranya adalah implementasi kurikulum 2013. Pendidikan Anak Usia Dini, Program pembinaan haruslah dirancang direncanakan untuk.
diterapkan dengan teliti sesuai dengan karakteristik anak Program. pembinaan tersebut dituangkan menjadi kurikulum, Kurikulum memandu pendidik dan tenaga kependidikan dalam. memfasilitasi program pendidikan berkualitas yang mendukung. tercapainya tujuan pendidikan Kurikulum PAUD harus mampu. memberikan kontribusi kepada anak untuk berkembang seluruh. potensinya sehingga memiliki kemampuan yang berharga dalam. mencapai keberhasilan di jenjang pendidikan berikutnya Kurikulum. menjadi panduan dalam penyiapan sumber daya manusia berkualitas di. masa datang yang dapat mengisi kebutuhan tenaga terdidik yang. terampil sesuai dengan perkembangan pengetahuan teknologi dan. pembangunan, Kurikulum bukanlah program yang bersifat statis berlaku sepanjang. waktu Perubahan kurikulum dimungkinkan dengan didasarkan pada. kepentingan besar yang ingin dicapai oleh suatu bangsa. C Rasional, Pertanyaan yang banyak diajukan oleh masyarakat adalah. mengapa kurikulum harus berubah Seperti yang diungkapkan di atas. bahwa kurikulum tidak bersifat statis Kurikulum dipandang sebagai inti. yang menggerakkan dan mengarahkan proses pendidikan Kurikulum. harus dapat mengembangkan potensi peserta didik menjadi. kemampuan kemampuan yang diperlukan dalam kelanjutan pendidikan. dan kehidupannya Kurikulum harus memiliki jangkauan yang lebih luas. dan jauh Kurikulum harus menyiapkan anak untuk masa depan bukan. hanya untuk masa kini Masa kini tentu akan berbeda dengan masa lalu. dan masa depan karena dunia selalu berubah Kurikulum harus. responsif terhadap kebutuhan dunia yang selalu berubah. Kurikulum yang responsif berarti kurikulum yang menyadari. kondisi saat ini dan memahami kondisi yang diharapkan di masa depan. Setidaknya ada tiga kondisi yang memberikan alasan mengapa. kurikulum berubah yaitu 1 perubahan kondisi dan kebutuhan dunia. yang semakin kompleks menuntut sumber daya manusia yang. responsive terhadap segala perubahan dan kritis terhadap. permasalahan yang dihadapi 2 globalisasi dibidang ekonomi berakibat. batasan antar negara semakin longgar dalam pemenuhan. ketenagakerjaan Karenanya kurikulum harus mampu membangun. keluaran pendidikan menjadi sumber daya pembangunan yang memiliki. kemampuan yang kompetitif sikap kreatif dan adversity yang tinggi. 3 Pesatnya perkembangan sain dan teknologi sehingga dunia tanpa. batas dan semua mengetahui semua dan yang kuat mempengaruhi. yang kurang kuat Untuk itu kurikulum pendidikan harus mampu. membangun sikap dan karakter kuat dari peserta didik agar tetap. menjaga jati diri kehormatan keluarga dan kebanggaan bangsa tanpa. harus merasa tertinggal dari negara lain 4 Dibidang demografi. Indonesia berada dalam posisi sangat menguntungkan dengan. komposisi kurva usia muda artinya jumlah penduduk usia 0 9 tahun. untuk tahun 2014 sebesar 47 2 juta atau 18 72 sumber BPS. Komposisi penduduk seperti ini menguntungkan bila sejak usia dini. mereka dididik secara tepat dengan pola pendidikan yang berkualitas. sebaliknya akan menjadi petaka bila kurang disiapkan dengan baik. karena kelak akan menjadi beban pembangunan,Kompeten nan Kurikulum. Transformasi Pembiaya,Tidak Pembangu,Kompeten nan, Unesco menggambarkan posisi penerapan PAUD di Indonesia.
diantara negara negara lain di dunia Angka partisipasi PAUD di. Indonesia berada pada urutan ke 45 dari 45 negara Sedangkan kualitas. PAUD di Indonesia menduduki peringkat ke 44 setingkat di atas India. Rendahnya layanan PAUD di Indonesia memberi kontribusi besar. terhadap posisi hasil belajar pada jenjang pendidikan selanjutnya. Berdasarkan hasil PISA Programme for International Student. Assessment 2012 kemampuan anak Indonesia usia 15 tahun di bidang. matematika sains dan membaca masih rendah dibandingkan dengan. anak anak lain di dunia Hasil PISA 2012 Indonesia berada di peringkat. ke 64 dari 65 negara yang berpartisipasi dalam tes Rata rata skor. matematika anak anak Indonesia 375 rata rata skor membaca 396. dan rata rata skor untuk sains 382 Padahal rata rata skor OECD the. Organization for Economic Cooperation and Development secara. berurutan adalah 494 496 dan 501 Analisa yang menarik dari kajian. terhadap hasil tersebut diatas dikarenakan proses pendidikan kurang. mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi Proses pendidikan di. Indonesia masih kental pada tahap berpikir tingkat awal. mengingat menghafal memahami dan menerapkan belum, mendorong anak mencapai kemampuan analisa evaluative dan kreatif. Kondisi kondisi tersebut di atas harus diatasi mengingat. eksistensi dan perkembangan suatu bangsa terletak pada kualitas. bangsanya bukan tergantung pada sumber daya alam Sumber daya. manusia yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan di abad 21 adalah. manusia yang memiliki keterampilan dalam kehidupan dan karir. keterampilan dalam belajar yang mencakup 4 C yakni critical. thinking communication collaboration creativity dan keterampilan. menguasai teknologi informasi dan media Hal penting yang. harus dipahami bersama bahwa memiliki pengetahuan semata tidak. atau kurang mampu membantu eksistensi seseorang bila tidak. ditunjang dengan kemampuan kreatif berpikir kritis dan berkarakter. Kajian kondisi yang didukung data empirik tersebut mendorong. perlunya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia sejak usia dini. secara menyeluruh dan tersistematis mulai dari peninjauan ulang. kurikulum untuk semua jenjang pendidikan peningkatan kualitas. pendidik dan tenaga kependidikan serta peningkatan kualitas standar. D Perlukah Kurikulum Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Usia dini merupakan tahapan kehidupan penting dalam. pertumbuhan fisik perkembangan intelektual emosional dan sosial. anak Pertumbuhan kemampuan mental dan fisik mengalami kemajuan. yang sangat cepat sejak lahir sampai usia enam tahun Para ahli. neurosain berpendapat bahwa masa pembentukan jaringan sel otak. terjadi sangat cepat dimasa usia ini Jaringan tersebut menghubungkan. antar sel neuron yang sudah dibekali Tuhan sebagai modal dasar. kecerdasan,PERKEMBANGAN JARINGAN OTAK MANUSIA,Fungsi kognitif yg lebih tinggi. Pendengaran Bahasa,penglihatan,Bulan Bulan Tahun Dekade. Tamat SLTA, Sumber Sally Gantham McGregor et al Child Development in Developing Countries 1 The Lancet. Reprint p 61 Vol 369 UK Williams Press 2007, Semakin banyak jaringan antar sel neuron terbentuk maka.
kapasitas otak anak semakin baik Jaringan antar sel terbentuk. sebagai proses belajar anak Dapat dipastikan proses belajar yang. terencana dengan baik memberikan pengalaman belajar yang. berkualitas tinggi Pengalaman belajar awal yang positif membantu. perkembangan sosial dan emosional intelektual anak dan menjadi dasar. yang kuat untuk keberhasilan sekolah nanti Penelitian terkini tentang. pembentukan fungsi eksekutif executive function yang dilakukan. Harvard University di tahun 2011 menyatakan bahwa kecerdasan yang. dibentuk melalui jaringan wiring sel neuron di usia dini tetapi. pembentukan kemampuan pengendalian diri juga diawali di usia 4 6. Merujuk pada pengertian kurikulum sebagaimana yang tercantum. dalam Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem. Pendidikan Nasional bahwa Kurikulum adalah seperangkat rencana. dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran serta cara. yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan. pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu berarti. sangatlah penting bila pengalaman belajar bermakna untuk anak usia. dini direncanakan diterapkan secara seksama dan komprehensif agar. mencapai tujuan yang diharapkan, Kurikulum PAUD memuat tujuan hasil belajar proses konten. yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak untuk membangun. pengetahuan keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk. mendukung kesiapan anak belajar di jenjang pendidikan yang lebih. lanjut Kurikulum PAUD memberi arah pada proses stimulasi yang. dilaksanakan secara cermat hati hati sesuai dengan karakteristik anak. dan dinilai secara komprehensif dari data yang otentik Proses stimulasi. yang tidak direncanakan tidak akan mampu mencapai tujuan yang. diharapkan Oleh karena itu penting bagi setiap satuan pendidikan anak. usia dini memiliki dan mengembangkan kurikulum di tingkat satuan. pendidikan KTSP,E Landasan Pengembangan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak usia Dini dikembangkan dengan. berlandaskan pada berbagai kajian baik secara teoretis empiris yuridis.

Related Books

Comtoise - americanradiohistory.com

Comtoise americanradiohistory com

Les amplificateurs operationnels font partie des composants electroniques de base qui restent indispensables, meme a l'ere de l'electronique numerique. Bien qu'il soit possible de realiser soi-meme un AOP avec des transistors, les performances et l'en-combrement minimum de ceux du commerce en font des composants de choix pour l'electronique moderne. es lecteurs d'Electronique Pratique ont ...

Development Chapter Lead

Development Chapter Lead

are using the most appropriate processes, framewo rks and tools to develop applications. The role has the key responsibility of identifying issues and impediments to the development process and working with the wider Software Development Team to resolve these. The Development Chapter Lead will work close ly with the other Chapter Leads to identify better ways of working, and to ensure software ...

HOLOCAUST DECEPTION - Educate-Yourself

HOLOCAUST DECEPTION Educate Yourself

The Hidden History Of Nazi-Zionist Collaboration And The Inner Story Of The Hoax Of "Jewish Holocaust" New Book by the Author of New Masonic Order Historians who dare to tell the truth about the "JEWISH HOLOCAUST" have suffered physical violation, been dismissed from universities, imprisoned because of the lobby pressures, their institutes were sabotaged and their publications were banned. But ...

Short Stay Convalescent Care Program and RAI-HC Assessment ...

Short Stay Convalescent Care Program and RAI HC Assessment

Short Stay Convalescent Care Program and ... CAPs RAI Admit 4 18 3 1 Moderate - 3 ... Calcium daily Coversyl daily

Improving Cleaning of the Environment Surrounding Patients ...

Improving Cleaning of the Environment Surrounding Patients

Improving Cleaning of the Environment Surrounding Patients in 36 Acute Care Hospitals Philip C. Carling, MD; Michael M. Parry, MD; Mark E. Rupp, MD; John L. Po, MD, PhD; Brian Dick, MS, CIC; Sandra Von Beheren, RN, BSN, MS, CIC; for the Healthcare Environmental Hygiene Study Group objective. The prevalence of serious infections caused by multidrug-resistant pathogens transmitted in the ...

BSE Limited

BSE Limited

The information contained herein is as of the date referenced and BSE does not undertake any obligation to update these statements. BSE has obtained all market data and other information from sources believed to be reliable or are its internal estimates, although its accuracy or completeness cannot be guaranteed. Competition numbers are based on published results and management analysis. For ...

Monitoring and Evaluating Digital Health Interventions

Monitoring and Evaluating Digital Health Interventions

1 Monitoring and Evaluating Digital . Health Interventions. A practical guide to conducting . research and assessment. Global mHealth Initiative. JOHNS HOPKINS UNIVERSITY

NAATI Interpreter Certification: Knowledge, Skills and ...

NAATI Interpreter Certification Knowledge Skills and

Streamlined testing and assessment processes 5. Revised assessment methods as needed to align with new testing methods. Other benefits of this will include the potential for providing enhanced certification test preparation materials enabling candidates to be better prepared for certification testing. Phase 1 of the improvement process was the publication of . Improvements to NAATI testing ...

GREENLION is a

GREENLION is a

GREENLION is a Large Scale Collaborative Project within the FP7 leading to the manufacturing of greener and cheaper Li-Ion batteries for electric vehicle applications via the use of water soluble, fluorine-thermally stable binders, which would eliminate the use of VOCs and reduce the cell assembly cost 7 June 2015 GC.NMP.2011-1 Project financially supported by 7th Framework Program of the ...

VIRGINIA PAROLE BOARD

VIRGINIA PAROLE BOARD

1.111 Letters of Support 1.112 Board Appointments 1.113 Appointment of Attorney . COMMONWEALTH OF VIRGINIA Section: Parole Process Number: 1.101 Subject Expungement of Case File Materials VIRGINIA PAROLE BOARD Effective Date: August 21, 1989 ADMINISTRATIVE PROCEDURE Revision Date: January 31, 1996 POLICY: The Case Analyst shall review all case files when there is a request to expunge ...