Modul-Books Pdf

MODUL
24 Feb 2020 | 727 views | 0 downloads | 143 Pages | 2.77 MB

Share Pdf : Modul

Download and Preview : Modul


Report CopyRight/DMCA Form For : Modul



Transcription

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN,MATA PELAJARAN GEOGRAFI. SEKOLAH MENENGAH ATAS SMA,KELOMPOK KOMPETENSI F,Profesional Geografi Regional. Pedagogik Implementasi Rancangan Pembelajaran,Penulis Dra Retno Kinteki M Sos. DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN,KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Dra Retno Kinteki M Sos PPPPTK PKn dan IPS 08125268803. Dr Singgih Susilo M S M Si Universitas Negeri Malang. Ilustrator,Copyright 2017, Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Direktorat Jenderal. Guru Dan Tenaga Kependidikan,Hak Cipta Dilindungi Undang Undang. Dilarang mengcopy sebagian atau keseluruhan isi buku ini untuk kepentingan. komersil tanpa izin tertulis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. KATA SAMBUTAN, Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci. keberhasilan belajar siswa Guru profesional adalah guru yang kompeten. membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan. pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima Hal tersebut menjadikan guru. sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah. daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi. Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan. Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan. Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam. upaya peningkatan kompetensi guru Sejalan dengan hal tersebut pemetaan. kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru UKG untuk. kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015 Peta profil hasil. UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan. pengetahuan pedagogik dan profesional Peta kompetensi guru tersebut. dikelompokkan menjadi 10 sepuluh kelompok kompetensi Tindak lanjut. pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada. tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Tujuannya adalah untuk. meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar. utama bagi peserta didik Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda yaitu 1 Moda Tatap Muka 2 Moda. Daring Murni online dan 3 Moda Daring Kombinasi kombinasi antara tatap. muka dengan daring, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. PPPPTK Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga. Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi LP3TK. KPTK dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah. LP2KS merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal. Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan. perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka. dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi Dengan. modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas. kompetensi guru, Mari kita sukseskan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini untuk. mewujudkan Guru Mulia Karena Karya,KATA PENGANTAR, Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam meningkatkan.
kompetensi guru secara berkelanjutan diawali dengan pelaksanaan Uji Kompetensi. Guru dan ditindaklanjuti dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar kegiatan tersebut Pusat Pengembangan dan. Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan. dan Ilmu Pengetahuan Sosial PPPPTK PKn dan IPS telah mengembangkan Modul. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk jenjang SMA yang meliputi. Geografi Ekonomi Sosiologi Antropologi dan jenjang SMA SMK yang meliputi PPKn. dan Sejarah serta Bahasa Madura SD yang terintegrasi Penguatan Pendidikan. Karakter dan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun. 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru serta. Permendikbud No 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013. Kedalaman materi dan pemetaan kompetensi dalam modul ini disusun menjadi. sepuluh kelompok kompetensi Setiap modul meliputi pengembangan materi. kompetensi pedagogik dan profesional Subtansi modul ini diharapkan dapat. memberikan referensi motivasi dan inspirasi bagi peserta dalam mengeksplorasi. dan mendalami kompetensi pedagogik dan profesional guru. Kami berharap modul yang disusun ini dapat menjadi bahan rujukan utama dalam. pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Untuk pengayaan. materi peserta diklat disarankan untuk menggunakan referensi lain yang relevan. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam. penyusunan modul ini,Batu April 2017,Drs M Muhadjir M A. NIP 195905241987031001,DAFTAR ISI,KATA SAMBUTAN I,KATA PENGANTAR III. DAFTAR ISI IV,DAFTAR GAMBAR VII,DAFTAR TABEL VIII,PENDAHULUAN 1. A LATAR BELAKANG 1,B TUJUAN 2,C PETA KOMPETENSI 2,D RUANG LINGKUP 3. E CARA PENGGUNAAN MODUL 3, KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 5.
A TUJUAN 5,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 5,C URAIAN MATERI 5. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN 15,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 18. F RANGKUMAN 19,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 20, KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL 21. A TUJUAN 21,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 21,C URAIAN MATERI 21. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 30,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 30.
F RANGKUMAN 32,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 33, KEGIATAN PEMBELAJARAN 3 INTERAKSI SPASIAL DESA KOTA 34. A TUJUAN 34,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 34,C URAIAN MATERI 34. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 47,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 48. F RANGKUMAN 48,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 49, KEGIATAN PEMBELAJARAN 4 REGIONAL NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG 51. A TUJUAN 51,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 51,C URAIAN MATERI 51.
D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN1 75,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 76. F RANGKUMAN 80, KEGIATAN PEMBELAJARAN 5 PERANCANGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL MODEL. PEMBELAJARAN 83,A TUJUAN 83,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 83. C URAIAN MATERI 83,D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 86. E LATIHAN KASUS TUGAS ON 88,F RANGKUMAN 89,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 90.
KEGIATAN PEMBELAJARAN 6 PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI 91. A TUJUAN 91,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 91,C URAIAN MATERI 91. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN1 93,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 94. F RANGKUMAN 94,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 95, KEGIATAN PEMBELAJARAN 7 PERANCANGAN PENILAIAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI 96. A TUJUAN 96,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 96,C URAIAN MATERI 96. D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 105,E LATIHAN KASUS TUGAS ON 105.
F RANGKUMAN 106,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 106. KEGIATAN PEMBELAJARAN 8 IMPLEMENTASI RPP DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI 107. A TUJUAN 107,B INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 107. C URAIAN MATERI 107,D AKTIVITAS PEMBELAJARAN IN 1 119. E LATIHAN KASUS TUGAS ON 119,F RANGKUMAN 119,G UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT 120. DAFTAR PUSTAKA 121,LAMPIRAN 124,A STANDAR KOMPETENSI GURU 124.
B FORMAT KISI KISI SOAL 1,C FORMAT KARTU SOAL 2,DAFTAR GAMBAR. GAMBAR 1 1 SKEMA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 10,GAMBAR 1 2 PROFIL LUBANG RESAPAN BIOPORI 14. GAMBAR 1 3 ICON PETA HIJAU 15,GAMBAR 1 4 ALAT DAN BAHAN PEMBUATAN BIOPORI 16. GAMBAR 1 5 CARA PEMBUATAN LUBANG RESAPAN BIOPORI 16. GAMBAR 1 6 DENAH SEKOLAH 17,GAMBAR 1 7 CONTOH ICON GREEN MAP 17. GAMBAR 2 1 GAYA RAMBUT BUDAYA ASING 25,GAMBAR 2 2 KESENIAN TRADISIONAL 28.
GAMBAR 3 1 BENTUK DESA MENYUSUR PANTAI 37,GAMBAR 3 2 BENTUK DESA TERPUSAT 37. GAMBAR 3 3 BENTUK DESA DAERAH DATARAN RENDAH 38, GAMBAR 3 4 STRUKTUR KOTA MENURUT TEORI KONSENTRIS 43. GAMBAR 3 5 POLA KERUANGAN KOTA MENURUT HOMER HOYT 44. GAMBAR 3 6 STRUKTUR KOTA MENURUT TEORI INTI GANDA 44. GAMBAR 3 7 KOTA MODEL KONSENTRIS 48, GAMBAR 4 1 BAGAN PENGELOMPOKAN NEGARA BERDASARKAN TINGKAT PEREKONOMIAN DAN TEKNOLOGINYA 53. GAMBAR 4 2 HUBUNGAN ANTARA INCOME PERKAPITA PENDAPATAN NASIONAL KASAR DAN PENDUDUK 56. DAFTAR TABEL,TABEL 1 1 LINGKUP PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 11. TABEL 4 1 PERBANDINGAN SDA MODAL DAN SDM NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG 61. TABEL 4 2 INDIKATOR NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG 64. TABEL 5 1 TAHAPAN TAHAPAN MODEL PBL 85, TABEL 7 1 TEKNIK DAN BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN 99.
TABEL 7 2 FORMAT OBSERVASI KEGIATAN DISKUSI 100,TABEL 7 3 RUBRIK PENILAIAN TUGAS 101. TABEL 7 4 RUBLIK PENILAIAN PRAKTIK 102,PENDAHULUAN. A Latar Belakang, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB sebagai salah satu. strategi pembinaan guru dan tenaga kependidikan diharapkan dapat. menjamin guru dan tenaga kependidikan secara terus menerus memelihara. meningkatkan dan mengembangkan kompetensi sesuai dengan standar yang. telah ditetapkan Pelaksanaan kegiatan PKB akan mengurangi kesenjangan. antara kompetensi yang dimiliki guru dan tenaga kependidikan dengan. tuntutan profesional yang dipersyaratkan, Guru dan tenaga kependidikan wajib melaksanakan PKB baik secara. mandiri maupun kelompok Khusus untuk PKB dalam bentuk diklat dilakukan. oleh lembaga pelatihan sesuai dengan jenis kegiatan dan kebutuhan guru. Penyelenggaraan diklat PKB dilaksanakan oleh PPPPTK dan LPPPTK KPTK. salah satunya adalah di PPPPTK PKn dan IPS Pelaksanaan diklat tersebut. memerlukan modul sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta diklat. Dalam modul ini akan dintegrasikan dengan Penguatan Pendidikan. Karakter PPK melalui gerakan PPK yang terdiri dari 5 nilai yaitu nilai religius. nasionalis mandiri gotong royong dan integritas Gerakan PPK yaitu gerakan. pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi. olah hati etik olah rasa estetik dan olah pikir literasi dan olah raga. kinestetik dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antar sekolah. keluarga dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional. Revolusi Mental GNRM Implementasi PPK dapat berbasis kelas sekolah. dan masyarakat keluarga dan komunitas Dalam rangka mendukung. kebijakan gerakan PPK modul ini mengintegrasikan 5 nilai utama PPK seperti. yang telah disebutkan diatas Kelima nilai utama tersebut terintegrasi pada. kegiatan kegiatan pembelajaran dalam modul Setelah mempelajari modul. diharapkan guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional. dan dapat mengimplementasikan PPK khususnya PPK yang berbasis kelas. Modul ini merupakan bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari. secara mandiri oleh peserta diklat PKB mata pelajaran Geografi SMA Modul. ini berisi materi metode batasan batasan tugas dan latihan serta petunjuk. cara penggunaannya yang disajikan secara sistematis dan menarik untuk. mencapai tingkatan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat. kompleksitasnya Dasar hukum dari penulisan modul ini adalah. 1 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang. Standar Nasional Pendidikan sebagaimana diubah dengan Peraturan. Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, 2 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang.
3 Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi. Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan. Angka Kreditnya, 4 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16. tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 5 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor. 41 tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja PPPPTK. 1 Meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai Standar Kompetensi. yang ditetapkan sesuai peraturan perundangan yang berlaku. 2 Memenuhi kebutuhan guru dalam peningkatan kompetensi sesuai dengan. perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni, 3 Meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok. dan fungsinya sebagai tenaga profesional, 4 Mengembangkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas,C Peta Kompetensi. Peta kompetensi yang akan dicapai atau ditingkatkan melalui modul. merujuk pada Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 sebagai berikut. 1 Menguasai materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang. mendukung mata pelajaran yang diampu, 2 Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran.
yang diampu,Geografi SMA K 6 2, 3 Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. 4 Menguasai hakikat struktur keilmuan ruang lingkup dan objek geografi. 5 Membedakan pendekatan pendekatan geografi, 6 Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam. 7 Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi, 8 Menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter berbasis kelas. D Ruang Lingkup, Ruang lingkup modul Guru Pembelajar Kelompok Kompetensi B pada. kompetensi profesional dan pedagogik adalah sebagai berikut. 1 Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan,2 Budaya Nasional dan Interaksi Global.
3 Interaksi Spasial Desa dan Kota,4 Regional Negara Maju dan Berkembang. 5 Perancangan Pendekatan Saintifik Model model Pembelajaran. 6 Perancangan Media Pembelajaran Geografi,7 Perancangan Penilaian Pembelajaran Geografi. 8 Implementasi RPP dalam Pembelajaran,E Cara Penggunaan Modul. Modul ini dapat digunakan dan berhasil dengan baik dengan. memperhatikan petunjuk penggunaan berikut,1 Baca petunjuk penggunaan modul dengan cermat. 2 Cermati tujuan peta kompetensi dan ruang lingkup pencapaian. kompetensi yang akan dicapai selama maupun setelah proses. pembelajaran dengan menggunakan modul ini, 3 Baca dan simak uraian materi sebagai bahan untuk mengingat kembali.
refresh atau menambah pengetahuan Kegiatan membaca dilakukan. secara individual, 4 Lakukan aktivitas pembelajaran sesuai dengan urutan yang dijabarkan. dalam modul untuk mencapai kompetensi Disarankan aktivitas. pembelajaran dilakukan secara berkelompok dengan metode diskusi.

Related Books

e- modul Bahasa Indonesia/Drama/Kelas XI

e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI

membicarakan tentang pembelajaran drama, yaitu mengidentifikasi alur cerita babak demi babak dan konflik dalam cerita drama, dan mempertunjukkan watak salah satu tokoh drama yang dibaca atau yang ditonton pada mata pelajaran bahasa Indonesia, kelas XI. Penulis berharap e-modul ini dapat berguna dalam rangka menambah

KIM

KIM

Kim. 14. Senyawa Karbon iii Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan hidayah-Nya, kami dapat menyusun bahan ajar modul manual

SOALAN LATIH TUBI BERFOKUS (SOLAF) BAHASA MELAYU 2016

SOALAN LATIH TUBI BERFOKUS SOLAF BAHASA MELAYU 2016

(Tingkatan 4 & Tingkatan 5) TATABAHASA Soalan 3 Disediakan oleh JURULATIH UTAMA & GURU CEMERLANG BAHASA MELAYU Jabatan Pendidikan Negeri Perak Jabatan Pendidikan Negeri Perak . MODUL 1 Soalan 3: Pengetahuan dan Kemahiran Bahasa [30 markah] Jawab semua soalan. ( a ) Tulis satu ayat bagi setiap perkataan dalam pasangan kata di bawah untuk menunjukkan bahawa anda faham akan maksud dan ...

Wir

Wir

Test 42 Modul 2: Wir trainieren: Hörtexte und Lösungen, Sprechkarten 43 Modul 2: Abschlusstest 45 Lösungen zu den Tests von Modul 2 46 Modul 3: Lektion 1 Seite Didaktische Hinweise 48 Lösungen und Hörtexte Kursbuch 49 Lösungen und Hörtexte Arbeitsbuch 50 Test 52 Modul 3: Lektion 2 Didaktische Hinweise 53

Survei Demografi dan Kesehatan 2012 Modul Pria

Survei Demografi dan Kesehatan 2012 Modul Pria

reproduksi, kesetaraan gender, serta tanggung jawab pria dalam kaitan dengan kesehatan reproduksi keluarga. Tanggung jawab pria dalam kesehatan reproduksi merupakan keterlibatan dan keikutsertaan ber-KB serta kesadaran berprilaku seksual yang sehat dan aman bagi dirinya, pasangan dan keluarga. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI ...

PRAKTIKUM STATISTIKA

PRAKTIKUM STATISTIKA

Politeknik Telkom Praktikum Statistika 1-1 MODUL 1 1 PENGENALAN MINITAB 15, DATA, DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL Overview Modul ini memberikan pengenalan singkat tentang software Minitab 15 kepada mahasiswa. Pengenalan tentang menu diberikan diawal, sehingga

MODUL TEMA 3 - SEAMOLEC

MODUL TEMA 3 SEAMOLEC

Pandai berenang Dst Jawablah pertanyaan berkut. 1. Berapa jumlah kemampuan yang Anda tandai? 2. Apa kemampuan yang paling Anda sukai? 3. Bagaimana cara untuk mengembangkan kemampuanyang Anda miliki? Selain memiliki keunikan atau ciri khas masing-masing, setiap orang juga memiliki kemampuan-kemampuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Organisasi dan Perilaku Organisasi

Organisasi dan Perilaku Organisasi

Modul 1 Organisasi dan Perilaku Organisasi Dr. Achmad Sobirin anusia adalah makhluk hidup yang memiliki setumpuk keinginan dan berbagai macam kebutuhan.

MICROCONTROLLER-BASED ELECTRONIC MODULE FOR CONTROLLING ...

MICROCONTROLLER BASED ELECTRONIC MODULE FOR CONTROLLING

MICROCONTROLLER-BASED ELECTRONIC MODULE FOR CONTROLLING MECHATRONIC SYSTEMS Andrei DRUMEA1, Paul SVASTA2 Lucrarea prezint? proiectarea ?i realizarea unui modul electronic pentru control industrial bazat pe microcontroler RISC pe 16 bi?i cu resurse bogate de memorie ?i dispozitive periferice. Modulul a fost testat ?i s-a elaborat software

MODUL PRACTICE PERPAJAKAN

MODUL PRACTICE PERPAJAKAN

Nya sehingga Modul dan Pembahasan Laboraturium Perpajakan Tahun 2017 telah selesai disusun. Modul ini merupakan dari pembahasan-pembahasan praktik kasus cara perhitungan pajak dan cara penyusunan formulir-formulir secara praktis dan disesuaikan dengan perkembangan kurikulum dan literature peraturan baru yang digunakan. Untuk soal-soal/kasus ...

MODUL - repository.unimal.ac.id

MODUL repository unimal ac id

2. Pembuatan peraturan-peraturan Hukum Tata Usaha Negara tidak berada dalam satu tangan. Diluar pembuat undang-undang pusat, hamper semua depatemen dan semua pemerintah daerah swatantra membuat juga perauturan-peraturan Hukum Adminsitrasi Negara sehingga lapangan Hukum Administrasi Negara beraneka warna dan tidak bersistem.

Modul Praktikum Sistem Kendali Modul Praktikum

Modul Praktikum Sistem Kendali Modul Praktikum

Modul Praktikum Sistem Kendali Program Studi Sistem Komputer 6 Kita mencoba beberapa Command untuk melihat sepintas berbagai kemampuan dan keunggulan MATLAB. MATLAB dapat kita pergunakan seperti halnya kalkulator, misalnya : >> 2048 + 16 Lalu tekan Enter maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Modul Guru Pembelajar - repositori.kemdikbud.go.id

Modul Guru Pembelajar repositori kemdikbud go id

modul sebagai salah satu bentuk bahan dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru dan tenaga kependidikan. Pada kesempatan ini disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah memberikan kontribusi secara maksimal dalam mewujudkan pedoman ini, mudah-mudahan pedoman ini dapat menjadi acuan dan sumber informasi bagi penyusun modul, pelaksanaan ...

MODUL 13 ANALISA STABILITAS BENDUNGAN: PERHITUNGAN ...

MODUL 13 ANALISA STABILITAS BENDUNGAN PERHITUNGAN

PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI i KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya validasi dan penyempurnaan Modul Analisa Stabilitas Bendungan: Perhitungan Stabilitas Lereng sebagai Materi Substansi dalam Pelatihan Perencanaan Bendungan Tingkat Dasar. Modul ini disusun ...

MODUL 04 - file.tkplb.net

MODUL 04 file tkplb net

1. Modul Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran TK (RKATK) ini berisi tentang kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak dalam: (1) Mengkaji RKJM dan RKATK dengan melakukan analisis konteks atau analisis dari laporan EDS, (2) Menyusun rencana monev program TK serta

MODUL 4 PEMBUATAN LOGAM FERRO NIKEL 4.1. Pendahuluan

MODUL 4 PEMBUATAN LOGAM FERRO NIKEL 4 1 Pendahuluan

Materi ini membahas tentang proses pembuatan logam ferro nikel dipertambangan terbuka. Tujuan instruksional khusus yang ingin dicapai adalah (1) Menjelaskan peranan logam nikel dalam perkembangan teknologi pemesinan, (2) Menjelaskan jenis-jenis bijih-bijih nikel, (3) Menjelaskan tahap proses pemurnian logam ferro nikel. 4.1. Pendahuluan

MODUL PERKULIAHAN ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

MODUL PERKULIAHAN ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

pengembangan sistem, mengenal UML Pengertian Sistem dan Analis Sistem 1. Definisi Sistem Sistem adalah kumpulan / group / komponen apapun baik phisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu. Terdapat dua kelompok pendekatan didalam mendefinisikan system, yaitu yang

BAB II LANDASAN TEORI A. Kajian Pengembangan 1. Pengertian ...

BAB II LANDASAN TEORI A Kajian Pengembangan 1 Pengertian

Sedangkan menurut Trianto buku siswa (modul, diktat) merupakan buku panduan bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang memuat materi pelajaran, kegiatan penyelidikan, berdasarkan konsep, kegiatan sains, 8Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, (Jakarta: Kencana Media Group, 2009), h. 201. 9Ibid., h. 179.

Buku Sosiologi C-2 awal - proactiveducation.com

Buku Sosiologi C 2 awal proactiveducation com

ii Sosiologi Paket C Tingkatan V Modul Tema 2 ... guru dan tutor pendidikan kesetaraan. Modul pendidikan kesetaraan disediakan mulai paket A tingkat kompetensi 2 (kelas 4 Paket A). Sedangkan untuk peserta didik Paket A usia sekolah, modul tingkat kompetensi 1 (Paket A setara SD kelas 1-3) menggunakan buku pelajaran Sekolah Dasar kelas 1-3, karena mereka masih memerlukan banyak bimbingan guru ...

LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DASAR - staff.uny.ac.id

LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DASAR staff uny ac id

Modul RESISTOR ini membahas tentang hal hal penting yang perlu diketahui agar mahasiswa dapat memahami jenis-jenis resistor, perhitungan nilai resistor, dan aplikasinya pada rangkaian kelistrikan. Materi di dalam modul ini disajikan dalam dua kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1 membahas tentang jenis-jenis resistor dan pembacaan nilai resistor ...

MODUL I FISIKA LISTRIK MAGNET MUATAN LISTRIK

MODUL I FISIKA LISTRIK MAGNET MUATAN LISTRIK

MODUL I FISIKA LISTRIK MAGNET MUATAN LISTRIK Tujuan intruksional umum Agar mahasiswa dapat memahami materi Fisika Listrik tentang muatan listrik Tinjauan Instruksional khusus Dapat memahami bentuk, sifat dan jenis muatan listrik Dapat memahami konsep dasar kelistrikan dan kemagnetan Buku Rujukan: Giancoli Physics

Modul Praktikum Fisika Dasar I

Modul Praktikum Fisika Dasar I

menggabungkan materi Fisika Dasar I dan Fisika Dasar II. Diharapkan Penuntun Praktikum ini memberikan banyak manfaat, terutama kepada mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat yang memprogramkan matakuliah Fisika Dasar. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep teori yang didapat di kelas dengan melakukan percobaan di Laboratorium dan semoga

Matematika Ekonomi - modul.mercubuana.ac.id

Matematika Ekonomi modul mercubuana ac id

8. Diferensial sederhana, diferensial majemuk 9. Penerapan ekonomi diferensial : analisis profit maximum, elastisitas, optimasi bersyarat 10. Kaidah integral tak tentu dan tertentu 11. Penerapan integral : Surplus konsumen dan surplus produsen 12. Kaidah matriks, Determinan invers matriks 13. Penyelesaian persamaan linier 14. Linier Programming

MODUL GURU PEMBELAJARAN SLB TUNAGRAHITA

MODUL GURU PEMBELAJARAN SLB TUNAGRAHITA

keterampilan vokasional pada anak tunagrahita C. Peta Kompetensi Modul Guru pembelajar guru SLB Tunagrahita ini membahas kompetensi pedagogik dan kompetensi professional. Pada modul Kompetensi pedagogik dengan judul Penilaian Pembelajaran bagi Anak Tunagrahita yang dibahas pada modul ini adalah: 1. Konsep dasar dan ruang lingkup penilaian dan ...

KONSTRUKSI UTAMA BODI KENDARAAN - staff.uny.ac.id

KONSTRUKSI UTAMA BODI KENDARAAN staff uny ac id

Sistem Perencanaan Penyusunan Program dan Penganggaran (SP4) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif 2004 Fakultas Teknik UNY Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif KODE MODUL KBK. OTO 328-03 Draft Only. ii KATA PENGANTAR Modul Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dengan kode KBK. OTO 328-03 dengan judul Kontruksi Utama Bodi Kendaraan ini digunakan sebagai panduan kegiatan belajar untuk mencapai ...

MODUL PEMBELAJARAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH I

MODUL PEMBELAJARAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH I

b. Baca dan pelajari dengan baik modul praktikum yang diberikan c. Ikuti petunjuk yang terdapat dalam modul praktikum d. Tanyakan pada dosen bila terdapat hal-hal yang kurang dimengerti atau dipahami F. KESELAMATAN KERJA 1. Pusatkan perhatian pada pekerjaan yang dilakukan 2. Susun dan letakan peralatan atu bahan pada tempat yang mudah dijangkau ...

Modul ke: Aplikasi Komputer

Modul ke Aplikasi Komputer

Sistem Operasi Windows 7 Pada era mikro atau tahap ketiga yanh dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini ...

MODUL 1 PENGANTAR PROGRAM MATLAB DAN PENGGUNAANNYA UNTUK ...

MODUL 1 PENGANTAR PROGRAM MATLAB DAN PENGGUNAANNYA UNTUK

dengan namanya maka MATLAB merupakan sebuah paket perangkat lunak yang sangat dibutuhkan dalam operasi?operasi matriks dan matematika, baik dalam aljabar maupun bilangan kompleks, fungsi?fungsi matriks, analisis data, polinomial, pengintegralan, pendeferensialan,

1 DAFTAR PUSTAKA - eprints.undip.ac.id

1 DAFTAR PUSTAKA eprints undip ac id

International, Inc. 1997. 8. Depkes RI. Buku pedoman pengenalan tanda bahaya pada kehamilan, persalinan dan nifas. Jakarta. Direktorat Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa. 2000. 9. WHO, Depkes RI, FKM UI. Modul safe motherhood. Kerjasama WHO-Depkes RI-FKM UI. 1998. 10.Saifudin AB. Issues in training for essential maternal healthcare in