Modul Pendidikan Agama Katolik Kelas Xi Semester Genap-Books Pdf

MODUL PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK KELAS XI SEMESTER GENAP
16 Sep 2020 | 0 views | 0 downloads | 56 Pages | 461.42 KB

Share Pdf : Modul Pendidikan Agama Katolik Kelas Xi Semester Genap

Download and Preview : Modul Pendidikan Agama Katolik Kelas Xi Semester Genap

Report CopyRight/DMCA Form For : Modul Pendidikan Agama Katolik Kelas Xi Semester Genap



Transcription

Pendidikan Agama Katolik, Untuk SMA SMK Kelas XI, Gagasan dan rancangan pendidikan yang dikembangkan pemerintah sekarang ialah pendidikan yang berbasis kompetensi perlu. dipahami bahwa dengan demikian berarti ada target dan ukuran yang telah ditetapkan Kompetensi adalah serangkaian keterampilan atau. kemampuan dasar serta sikap dan nilai penting yang dimiliki seorang individu setelah dididik dan dilatih melalui pengalaman belajar yang. dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan, Hal ini mengindikasikan bahwa sasaran pendidikan dengan segala kegiatan pembelajarannya bukan bertujuan menghasilkan. lulusan yang banyak saja tetapi juga lulusan yang berkualitas memiliki serangkaian keterampilan kemampuan serta berbagai aspek. kepribadian yang berguna untuk menunjang peserta didik di jenjang yang lebih tinggi maupun bagi kehidupannya di tengah masyarakat. Maka diharapkan bahwa para siswa bukan lagi berusaha untuk sekedar memahami dan menerima informasi saja namun lebih. maju lagi pada tataran pengembangan diri eksplorasi sangat ditekankan Untuk sampai pada tahapan yang demikian ini diperlukan sebuah. dasar pemahaman secara kognitif, Modul sederhana ini diharapkan dapat membantu siswa untuk sungguh aktif selama proses kegiatan belajar mengajar di kelas. sehingga kelas dapat menjadi ajang belajar yang aktif dan kreatif. DAFTAR ISI, Bagian Kelima, GEREJA DAN DUNIA, Pelajaran 11 Gereja dan Dunia. Pelajaran 12 Ajaran Sosial Gereja, Pelajaran 13 Keterlambatan Gereja dalam Membangun Dunia yang Damai dan Sejahtera.
Bagian Keenam, HAK ASASI MANUSIA, Pelajaran 14 Hak Asasi Manusia. Pelajaran 15 Perjuangan Menegakkan HAM di Indonesia. Pelajaran 16 Kekerasan dan Budaya Kasih, Pelajaran 17 Menghargai Hidup. Pelajaran 18 Aborsi, Pelajaran 19 Bunuh Diri dan Euthanasia. Pelajaran 20 Narkoba dan HIV AIDS, PELAJARAN 11, GEREJA DAN DUNIA. TUJUAN KHUSUS PEMBELAJARAN, Pada akhir pelajaran saya dapat.
1 menjelaskan arti dunia, 2 menjelaskan pandangan Gereja tentang dunia. 3 menjelaskan arti dari Konstitusi Gaudium et Spes Artikel 1 dan 40. 4 menjelaskan tugas Gereja di dalam dunia, 5 menyebutkan usaha usaha atau tindakan tindakan yang dapat dilakukan oleh siswa untuk ikut serta membangun dunia. Latar Belakang, Konsili Vatikan II dalam dokumen Gaudium et Spes Art 1 antara lain berkata Kegembiraan dan harapan duka dan kecemasan manusia. dewasa ini terutama yang miskin dan terlantar adalah kegembiraan dan harapan duka dan kecemasan murid murid Kristus pula Kata. kata Konsili ini menunjukkan perhatian dan keprihatinan Gereja terhadap dunia Namun Gereja tidak berhenti pada perhatian dan. keprihatinan saja Gereja sungguh sungguh mewartakan dan memberi kesaksian tentang Kabar Gembira kepada dunia sambil belajar dan. mengambil banyak nilai nilai positif yang dimiliki dunia untuk perkembangan diri dan pewartaannya. Gereja kini telah memiliki pandangan tentang dunia yang jauh lebih positif dari zaman zaman yang lampau sehingga hubungan antara. keduanya menjadi lebih saling menguntungkan Jadi hubungan antara Gereja dan dunia memiliki pandangan pandangan baru yang perlu. Dunia dilihat sebagai seluruh keluarga manusia dengan segala hal yang ada di sekelilingnya Dunia menjadi pentas berlangsungnya. sejarah umat manusia Dunia ditandai dengan usaha usaha manusia beserta segala kekalahan dan kemenangannya Dunia menurut. iman kita diciptakan dan dipelihara oleh cinta kasih Tuhan Pencipta Dunia yang pernah jatuh menjadi budak dosa kini telah. dimerdekakan oleh Kristus, Menyangkut manusia da abeberapa hal perlu diperhatikan antara lain. a Martabat Manusia, Gereja selalu mengajarkan bahwa manusia itu mempunyai martabat yang luhur karena manusia diciptakan menurut citra Allah.
dan dipanggil untuk memanusiakan dan mengembangkan diri menyerupai manusia utama yaitu Kristus di mana citra Allah. menampak secara utuh, b Masyarakat Manusia, Manusia diciptakan sebagai makhluk bermasyarakat Allah yang memelihara segala sesuatu sebagai Bapa menghendaki agar. manusia membentuk satu keluarga dan memperlakukan seorang akan yang lain dengan jiwa persaudaraan lih Gaudium et Spes. Art 24 Kristus sendiri berdoa agar semua menjadi satu seperti kita pun satu adanya Yoh 17 21 22. c Usaha atau Karya Manusia, Perkembangan dunia di segala bidang memang dikehendaki Tuhan dan manusia dipilih untuk menjadi teman sekerja Tuhan. dalam melaksanakan perkembangan itu Kebenaran ini perlu disadari pada masa kemajuan ilmiah dan teknik ini supaya manusia. tidak salah langkah Usaha dan karya manusia apa pun bentuknya mempunyai nilai yang luhur karena manausia bekerja sama. dengan Tuhan dalam menyempurnakan dan menyelamatkan dunia ini. Kiranya menjadi jelas bahwa dengan pandangan pandangan baru tentang dunia dan manusia hubungan Gereja dan dunia menjadi. lebih positif Sebenarnya Gereja dan dunia manusia merupakan realitas yang sama Berbicara tentang Gereja berarti berbicara. tentang dunia manusia Bagi seorang Kristen berbicara tentang dunia manusia berarti pula berbicara tentang Gereja sebagai Umat. Allah yang sedang berziarah di dunia ini, Mendalami Cerita tentang Keterbukaan Gereja. MEMBUKA JENDELA JENDELA VATIKAN, Ketika Roncalli dipilih menjadi Paus salah satu tindakan pertama yang bernada simbolik adalah menyuruh supaya jendela jendela. Vatikan dibuka selebar lebarnya Kemudian ia menjelaskan arti simbol membuka jendela jendela Vatikan selebaqr lebarnya itu katanya. Supaya udara yang bau busuk dapat keluar dan udara segar dapat masuk Selain itu supaya pandangan tidak terhalang ia dapat melihat. jauh keluar tembok tembok Vatikan yakni dapat melihat ke seluruh penjuru dunia. Roncalli yang memilih nama Yohanes XXIII kemudian mengumumkan diadakannya Konsili Vatikan II Dengan Konsili itu Gereja sungguh. sungguh membuka dirinya bagi dunia Dunia dilihat jauh lebih positif dibandingkan dengan masa masa yang lampau Paus Yohanes XXIII. dengan motto aggrionamento sungguh sungguh telah membaharui Gereja dan hubungannya dengan dunia Konsili Vatikan II menjadi. tonggak sejarah baru Gereja, Dari Kumpulan Cerita Kateketis.
Pertanyaan, 1 Apa komentarmu membaca cerita di atas. 2 Apa pesan cerita di atas bagi Gereja kita, 3 Konsili Vatikan II membawa banyak pembaharuan Bagaimana pandangan Konsili tentang dunia. 4 Bagaimana hubungan Gereja dan dunia, HUBUNGAN GEREJA DAN DUNIA. Konsili Vatikan II sungguh telah memperbaharui Gereja dan hubungannya dengan dunia Hubungan yang menjadi lebih baik ini. disebabkan karena Gereja mulai memiliki pandangan baru tentang dunia dan manusia Mungkin ada baiknya kita melihat pandangan. pandangan baru tentang dunia dan manusia kemudian kita melihat hubungan antara Gereja dan dunia serta alasan alasan mengapa harus. terjalin hubungan yang saling mengisi antara keduanya. 1 Pandangan baru tentang dunia dan manusia, Dalam masa lampau dunia sering kali dipandang negatif sebagai dunia berdosa sehingga terdapat gagasan bahwa dunia tidak berharga. berbahaya jahat dan tidak termasuk lingkup keselamatan manusia bahkan merupakan halangan dan rintangan bagi manusia untuk. mencapai keselamatannya Pandangan demikian mungkin didasari oleh penafsiran secara dangkal terhadap teks Kitab Suci misalnya. Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya Jikalau orang mengasihi dunia maka kasih akan Bapa tidak ada di. dalam orang itu Sebab semua yang ada di dalam dunia yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup bukanlah. berasal dari Bapa melainkan dari dunia 1Yoh 2 15 16. Kita tahu bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat 1Yoh 5 19. Janganlah menjadi serupa dengan dunia Rm 12 2, Dalam Injil ataupun dalam surat surat juga ditekankan bahwa dunia berdosa dunia yang bermusuhan dengan Allah telah dikalahkan.
oleh Kristus bdk Yoh 16 33 Berkat salib Kristus seorang Kristen hidup dalam dunia yang baru Dunia yang terletak dalam genggaman si. jahat telah dikalahkan oleh Kristus seperti dikatakan Paulus Karena salib Kristus bagiku dunia disalibkan dan aku pun disalibkan bagi. dunia Gal 6 14 Konsili Vatikan II mengajak kita untuk melihat dunia secara lebih positif Dunia dilihat sebagai seluruh keluarga. manusia dengan segala hal yang ada di sekelilingnya Dunia menjadi pentas berlangsungnya sejarah umat manusia Dunia ditandai. oleh usaha usaha manusia dengan segala kekalahan dan kemenangannya Dunia diciptakan dan dipelihara oleh cinta kasih Tuhan Pencipta. Dunia yang pernah jatuh menjadi budak dosa kini telah dimerdekakan oleh Kristus yang telah disalibkan dan bangkit pula untuk. menghancurkan kekuasaan setan agar dunia dapat disusun kembali sesuai dengan rencana Allah dan dapat mencapai kesempurnaan G S. Menyangkut manusia kita bicarakan tentang martabat manusia masyarakat manusia dan karya manusia. 1 Martabat Manusia, Sejak dahulu Gereja sudah selalu mengajarkan bahwa manusia mempunyai martabat yang luhur karena manusia diciptakan menurut citra. Allah dan dipanggil untuk memanusiawikan dan mengembangkan diri menyerupai Kristus di mana citra Allah tampak secara utuh Manusia. adalah ciptaan yang memiliki akal budi kehendak bebas dan hati nurani Ketiga tiganya ini menunjukkan bahwa manusia adalah sebagai. citra Allah walaupun dapat disalahgunakan sehingga jatuh ke dalam dosa. Manusia sungguh ciptaan yang istimewa karena ia diciptakan demi dirinya sendiri padahal makhluk lain diciptakan hanya untuk manusia. 2 Masyarakat Manusia, Pribadi manusia dan masyarakat memang saling bergantungan satu sama lain Hal ini sesuai dengan rencana Tuhan karena manusia. diciptakan sebagai makhluk yang bermasyarakat Allah yang memelihara segala sesuatu sebagai Bapa menghendaki agar semua manusia. membentuk satu keluarga dan memperlakukan seorang akan yang lain dengan jiwa persaudaraan G S 24 Kristus sendiri berdoa agar. semua menjadi satu seperti kita pun satu adanya Ya 17 21 22. c Usaha atau Karya Manusia, Perkembangan dunia di segala bidang memang dikehendaki Tuhan dan manusia dipilih untuk menjadi rekan kerja Tuhan dalam. melaksanakan perkembangan dunia Kebenaran ini perlu disadari pada masa kemajuan ilmiah dan teknik ini supaya manusia tidak salah. langkah Usaha dan karya manusia apa pun bentuknya mempunyai nilai yang luhur karena dengan itu manusia menjadi partner Tuhan dalam. menyempurnakan dan menyelamatkan dunia ini Selanjutnya dengan berkarya manusia bukan saja menyempurnakan bumi ini tetapi juga. menyempurnakan dirinya sendiri, 2 Hubungan antara Gereja dan dunia. Menyangkut hubungan antara Gereja dan dunia dapat diangkat satu dua hal yang berikut ini. a Gereja postkonsilier melihat dirinya sebagai Sakramen Keselamatan bagi dunia Gereja menjadi terang garam dan ragi bagi dunia. Dunia menjadi tempat atau ladang di mana Gereja berbakti Dunia tidak dihina dan dijauhi tetapi didatangi dan ditawari keselamatan. b Dunia dijadikan mitra dialog Gereja dapat menawarkan nilai nilai injili dan dunia dapat mengembangkan kebudayaannya adat istiadat. alam pikiran ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga Gereja dapat lebih efektif menjalankan misinya di dunia. c Gereja tetap menghormati otonomitas dunia dengan sifatnya yang sekuler karena di dalamnya terkandung nilai nilai yang dapat. mensejahterakan manusia dan membangun sendi sendi Kerajaan Allah. Sebenarnya Gereja dan dunia manusia merupakan realitas yang sama seperti mata uang yang ada dua sisinya Berbicara tentang Gereja. berarti berbicara tentang dunia manusia dan bagi seorang Kristen berbicara tentang dunia manusia berarti pula berbicara tentang Gereja. sebagai umat Allah yang sedang berziarah di bumi ini. Misi Gereja terhadap Dunia, Tugas Gereja adalah melanjutkan karya Yesus yakni mewartakan Kerajaan Allah kepada seluruh umat manusia Kerajaan Allah baru.
terwujud secara sempurna pada akhir zaman tetapi Kerajaan Allah harus diwujudkan mulai dari dunia ini. Dalam Injil tersirat kesadaran bahwa misi atau tugas Gereja pertama tama bukan penyebaran agama melainkan Kabar Gembira. Kerajaan Allah yang relevan dan mengena pada situasi konkret manusia dalam dunia yang majemuk ini. Menjadi pelayan Kerajaan Allah berarti berusaha dengan segala macam cara ke arah terwujudnya nilai nilai Kerajaan Allah di tengah. masyarakat misalnya persaudaraan kerja sama dialog solidaritas keterbukaan keadilan hormat kepada hidup memperhatikan yang. lemah miskin tertindas tersingkirkan dsb, Bagi Gereja mewartakan Injil berarti membawa Kabar Gembira ke segenap lapisan umat manusia sehingga berkat dayanya kabar. tersebut masuk ke dalam lubuk hati manusia dan membaharui umat manusia dari dalam Lihatlah Aku memperbaharui seluruh ciptaan. EN 18 Berikut ini disebutkan beberapa hal pokok seperti yang disarankan oleh Gaudium et Spes yang harus menjadi perhatian Gereja. 1 Martabat Manusia, Manusia dewasa ini berada di jalan menuju pengembangan kepribadiannya yang lebih penuh dan menuju penemuan serta penebusan hak. haknya yang makin hari makin bertambah Untuk itu Gereja dapat berperanan antara lain. Membebaskan martabat kodrat manusia dari segala perubahan paham misalnya terlalu menekankan dan mendewakan tubuh manusia. atau sebaliknya, Menolak dengan tegas segala macam perbudakan dan pemerkosaan martabat dan pribadi manusia. Menempatkan dan memperjuangkan martabat manusia sesuai dengan maksud Penciptanya. 2 Masyarakat Manusia, Terhadap masyarakat manusia Gereja dapat berperan antara lain. Membangkitkan karya karya yang melayani semua orang terutama yang miskin seperti karya karya amal dsb. Mendorong semua usaha ke arah persatuan sosialisasi dan persekutuan yang sehat di bidang kewargaan dan ekonomi. Karena universalitasnya Gereja dapat menjadi pengantara yang baik antara masyarakat dan negara negara yang berbeda beda hidup. KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011 2012 2 Pendidikan Agama Katolik Untuk SMA SMK Kelas XI Hantaran Gagasan dan rancangan pendidikan yang dikembangkan pemerintah sekarang ialah pendidikan yang berbasis kompetensi perlu dipahami bahwa dengan demikian berarti ada target dan ukuran yang telah ditetapkan Kompetensi adalah serangkaian keterampilan atau kemampuan dasar serta sikap dan

Related Books

China s Expanding Ability to Conduct Conventional Missile

China s Expanding Ability to Conduct Conventional Missile

James R Holmes Red Star over the Pacific China s Rise and the Challenge to U S Maritime Strategy Naval Institute Press 2010 10 11 19 169 These events include the Taiwan Strait Crisis in 1996 the accidental U S bombing of the Chinese embassy in Belgrade in 1999 and the

United States Navy Senior Enlisted Academy SEA

United States Navy Senior Enlisted Academy SEA

Red Star over the Pacific 13 pp NWC Lecture Rise of Chinese Seapower 53 min Putin s Potemkin Plus Navy 5 pp USAF Service brief 21 min USMC Service brief 17 min DB Posts 2 primary 2 secondary graded per Rubric in Bb Submit Midterm Exam 6 Monday 0000 ET thru Sunday 2359 ET Joint Force Week Part 2 Submit Required all Study Guides and North Korea

UNDERSTANDING STRATEGIC INTERACTION IN THE SECOND NUCLEAR AGE

UNDERSTANDING STRATEGIC INTERACTION IN THE SECOND NUCLEAR AGE

His latest book with James R Holmes is the second edition of Red Star over the Pacific China s Rise and the Challenge to U S Maritime Strategy Naval Institute Press 2019 Eric Edelman is Ambassador Eric S Edelman is Counselor at the Center for Strategic and Budgetary Assessments He retired as a career minister from the U S Foreign Service on May 1 2009 He has served in senior

Point of Sales System Konkuk

Point of Sales System Konkuk

DFD Level 0 Ver 1 1 POS System 0 Cashier Screen Customer Screen Printer Power Sales Button Count up Button Display Update CA Display Update CT Print Turn On Off Refund Button Inventory Check Button Power Button Barcode Sales Button Input Count up Button Input Barcode Input Digital Clock Count down Button Tick Sales Confirm Button Refund Confirm Button Count down Button Input Sales

RIMS Template net

RIMS Template net

1 2 The system will use an external UPC database to look up and add new items to inventory 1 3 The system will allow managers and employees to add new items not found in an external UPC database to inventory 2 Inventory Reports 2 1 The system will produce reports for managers showing current inventory level 2 2 The system will allow the

g22 2440 001 c51 nyu edu

g22 2440 001 c51 nyu edu

Create level 0 diagram Create level 1 level n diagrams Validate diagrams created 36 Functional decomposition Once a context DFD is created then create Level 0 DFD Processes from Level 0 DFD are further decomposed until a sufficient level of detail is reached Do it until no sub process can logically be broken

Design of a Computerized Inventory Management System for

Design of a Computerized Inventory Management System for

System to ascertain stock level of a supermarket when to order for more goods keep status and updates of transactions thereby helping managerial decisions progress level and stock taking The objectives are 1 To study the functions of inventory management system 2 To explore the challenges being faced by the manual system 3 To design a computerized inventory management system that

Tutorial 5 From Use Cases to DFDs CD Selection Example

Tutorial 5 From Use Cases to DFDs CD Selection Example

Tutorial 5 From Use Cases to DFDs CD Selection Example GAO Wei Rm711 ERBII E mail wgao se cuhk edu hk CD Selections Requirement Definition Functional Requirements 1 Place Requests for CDs 1 1 Customers will access the Internet system to look for CDs of interest Some customers will search for special CDs or CDs by specific artists while other customers want to browse for

INVENTORY MANAGEMENT SYSTEM FOR DEPARTMENTAL STORE

INVENTORY MANAGEMENT SYSTEM FOR DEPARTMENTAL STORE

INVENTORY MANAGEMENT SYSTEM FOR DEPARTMENTAL STORE CONTENTS OF SYNOPSIS S No Heading Page No 1 2 Introduction Objectives 5 6 3 Category of Project 7 4 Tools Requirement Specification 9 5 Data Flow Diagram 11 6 Entity Relationship Diagram Erd 13 7 Context Level DFD 14 8 Data Modeling 19 9 Modules 21 10 Project Planning amp Scheduling 24 11 Security and Validation Checks 25 12

Case Study DFD amp UML Diagrams through ABC Printing Press

 Case Study DFD amp UML Diagrams through ABC Printing Press

acknowledgement for invoice by the university to the system Figure 1 Context Diagrams Existing First Level DFD 1 Keep the external entities unchanged 2 Prepare the list of processes and data stores 3 The logical DFD consists of 5 main processes like order registration the actual printing process inventory process billing and

Northern New Jersey Section Mercedes Benz Club of America

Northern New Jersey Section Mercedes Benz Club of America

Northern New Jersey Section Mercedes Benz Club of America C risp clear and not as cold as it could be Certainly not the snowfall we had a couple of years ago The Deutscher Club in Clark is a great spot for a dinner party organized clean as a whistle and ready to provide a great time About 70 of us enjoyed great Germen food not always easy to find in these parts Arriving at noon