Kebijakan Publik Dan Partisipasi Masyarakat Implementasi -Books Pdf

KEBIJAKAN PUBLIK DAN PARTISIPASI MASYARAKAT Implementasi
18 Mar 2020 | 16 views | 0 downloads | 97 Pages | 3.15 MB

Share Pdf : Kebijakan Publik Dan Partisipasi Masyarakat Implementasi

Download and Preview : Kebijakan Publik Dan Partisipasi Masyarakat Implementasi


Report CopyRight/DMCA Form For : Kebijakan Publik Dan Partisipasi Masyarakat Implementasi



Transcription

PER TYATAAI I BEBAS PLAGIARISME,Skripsi yang berjudul. Kebijakan Publik dan Partisipasi Masyarakat Implementasi perda. No 15 Tatrun, 201I tentang Pengelolaan Sampah di Kota Bekasi terhadap TpA. Sumur Batu, l Merupakan karya asli saya yang diajukan untuk memenuhi salah satu. persyaratan memperoleh gelar strata I di universitas. Islam Negeri Gm I,Syarif Hidayatullah Jakarta, 2 Semua sumber yang saya gunakan dalam penulisan ini. tetah saya cantumkan, sesuai dengan ketentuan yang berraku di universitas Isram Negeri orhO.
Syarif Hidayatullah Jakarta, 3 Jika di kemudian hari terbukti bahwa karya saya ini bukan karya asli. atau merupakan hasil jiplakan dari karya orang lain maka. saya bersedia, menerima sanksi yang berlaku di Universitas Islam Negeri GIf Syarif. Hidayatullah Jakarta,Ciputat l0 Juni 2017,Annisa Suciati. PERSETUJUAN BIMBINGA I SKRIPSI, Dengan ini pembimbing skripsi menyatakan bahwa matrasiswa. Nama Annisa Suciati,Nim 1113112000008,Progran Studi Ilmu Politik.
Telah menyelesaikan penulisan skripsi dengan judul. Kebijakan Publik dan Partisipasi Masyarakat Implementasi Perda No 15 Tatnm. 201I tentang Pengelolaan Sampah di Kota Bekasi terhadap TPA Sumur Batu. Telah diuji pada tanggal I I Juli 2017,Ciputat ll Juli2017. Mengetatrui Menyetujui,Ketua Program Studi Dosen Pembimbing. Dr Idine Rosvidin M Si is Thaha M Si, NIP r9701013 200501 I 003 NIP 19660805 20q112 l 001. PENGESAHAN PAMTIA UJIAN SKRIPSI,Kebijakan Publik dan Partisipasi Masyarakat. Implementasi Perda No 15 Tahun 20l l tentang Pengelolaan Sampatr. di Kota Bekasi terhadap TPA Sumur Batu,Annisa Suciati.
II l3l 12000008, telah dipertatrankan dalam sidang ujian skripsi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu. Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 11 Juli. 2017 Skripsi ini telah diterima sebagai salah satu syarat memperoleh gelar. Sarjana Sosial S Sos pada Program Studi Ilmu Politik. Ketua Sekretaris,Dr Idine Rosyidin M Si Suryani M Si. NrP 19701013 200501 l 003 NP 1 9770 424 2887 Lg 2,Penguji II. Drs Ismadi Ananda M Si,19610524 200003 2002 NIP 19520903 198203 I 001. Diterima dan dinyatakan memenuhi syarat kelulusan padatanggal l1 Juli 2017. Ketua Program Studi Ilmu Politik,FISIP UIN Jakarta.
Dr Iding Rosyidin M Si,NIP 19701013 200501 I 003, Skripsi ini menganalisa implementasi Peraturan Daerah Perda No 15. Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Bekasi yang berkaitan dengan. menumpuknya sampah di Tempat Pembuangan Akhir TPA Sumur Batu. Persoalan sampah di Kota Bekasi seakan tidak pernah berhenti Sampah. merupakan salah satu permasalahan lingkungan hidup yang membutuhkan. perhatian lebih dari pemerintah Kota Bekasi Meningkatnya jumlah penduduk di. Kota Bekasi setiap tahunnya akan berdampak langsung pada peningkatan jumlah. timbunan sampah yang harus dikelola di Kota Bekasi khususnya di TPA Sumur. Batu Karena itu diperlukannya pengelolaan sampah dari hulu sumber sampah. ke hilir tempat akhir Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan. implementasi Perda No 15 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah di Kota. Bekasi mengetahui peran Dinas Lingkungan Hidup dan partisipasi masyarakat. Kota Bekasi dalam pengelolaan sampah, Teori yang digunakan yaitu kebijakan publik untuk mengetahui upaya. upaya pemerintah terkait masalah sampah dan untuk mengetahui apakah. kebijakan tersebut sudah berhasil diimplementasikan dengan baik atau belum. peneliti menggunakan teori faktor faktor yang berpengaruh dalam implementasi. menurut pandangan George C Edwards Dalam keberhasilan implementasi. membutuhkan peran masyarakat di dalamnya peneliti menggunakan teori. partisipasi masyarakat menurut pandangan Eriscon Kemudian peneliti. menggunakan aspek mengenai pengelolaan sampah untuk mengetahui sejauh. mana pengelolaan sampah di Kota Bekasi, Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif Penelitian. diawali dengan teknik pengumpulan data Pada teknik pengumpulan data penulis. akan melakukan dokumentasi wawancara dan teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian implementasi Perda No 15 Tahun 2011 belum. berjalan efektif Hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya sosialisasi mengenai. pengelolaan sampah kepada masyarakat pengelolaan di TPA Sumur Batu yang. masih menggunakan pengelolaan sampah yang tidak ramah lingkungan serta. lemahnya partisipasi masyarakat Kota Bekasi dalam pengelolaan sampah. Kata Kunci Peran Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Partisipasi Masyarakat. Implementasi Kebijakan,KATA PENGANTAR, Alhamdulillah Segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. atas segala limpahan rahmat dan karunia Nya penulis dapat menyelesaikan. skripsi dengan judul Kebijakan Publik dan Partisipasi Masyarakat Implementasi. Perda No 15 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Bekasi terhadap. TPA Sumur Batu, Dalam penyusunan skripsi ini tidak sedikit penulis mengalami kesulitan.
dan hambatan namun berkat bantuan dan dorongan dari berbagai pihak. Alhamdulillah skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik Oleh karena itu pada. kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar. besarnya kepada, 1 Prof Dr Dede Rosyada MA selaku Rektor UIN Syarif Hidayatullah. 2 Prof Dr Zulkifli selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN. Syarif Hidayatullah Jakarta, 3 Dr Iding Rosyidin M Si selaku Ketua Program Studi Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 4 Suryani M Si selaku Sekertaris Program Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial. dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 5 Idris Thaha M Si selaku dosen pembimbing yang dengan sabar tulus dan. ikhlas telah memberikan waktu tenaga dan pikirannya dalam membimbing. penulis dalam penyusunan skirpsi ini, 6 Seluruh dosen Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu. Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah memberikan ilmu kepada. 7 Seluruh Staf TU Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif. Hidayatullah Jakarta atas bantuanya dalam administrasi surat menyurat. 8 Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Perpustakaan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perpustakaan Umum Daerah Kota Bekasi dan Perpustakaan Universitas. Indonesia yang telah memberikan pinjaman buku dalam penyelesaian. skripsi ini, 9 Kepala Seksi Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup yang telah memberikan.
informasi kepada penulis, 10 Kepala TPA Sumur Batu yang telah memberikan informasi mengenai. Tempat Pembuangan Akhir TPA Sumur Batu Kota Bekasi. 11 Ayahanda dan Ibunda tercinta yang terus melimpahkan cinta dan kasih. sayangnya memotivasi serta doa yang tidak pernah berhenti untuk penulis. 12 Kakal kakakku Dini Lusiana Ika Pandu Pertiwi Amalia Pahlawati dan. juga adikku Syifa Fauziah yang senantiasa memberikan semangat dan. dukungan setiap saat, 13 Sahabat sahabatku Marki Amaliyah Dwi Jayanti Erika Sita Restiana. Firda Quwatul Mudrikatiz Diah Lestari Amelia Stefanie Ulfah M Hilda. Putri Isnaini Annis Rowdohtus Faizah Zatul dan Yuni Hilda Putri Elsa. yang selalu memberi dukungan dan semangat dalam menyelesaikan skirpsi. ini Tak lupa penulis ucapkan terimakasih untuk Fajar Alamsyah yang. bersedia meluangkan waktunya untuk mengantarkan penulis ke tempat. lokasi penelitian dan selalu memberikan semangat dalam menyelesaikan. skripsi ini, 14 Teman teman seperjuangan Ilmu Politik 2013 di Fakultas Ilmu Sosial dan. Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,DAFTAR ISI. KATA PENGANTAR ii,DAFTAR ISI iv,DAFTAR TABLE vi,DAFTAR GAMBAR vii.
BAB I PENDAHULUAN,A Pernyataan Masalah 1,B Pertanyaan Masalah 5. C Tujuan Penelitian 6,D Manfaat Penelitian 6,E Tinjauan Pustaka 7. F Metode Penelitian 10,G Sistematika Penulisan 14,BAB II KERANGKA TEORI. A Kebijakan Publik 16,B Implementasi Kebijakan Publik 19. 1 Faktor yang Berpengaruh terhadap Implementasi 19. a Komunikasi 19,b Sumber Daya 20,c Disposisi 20,d Struktur Birokrasi 21.
C Partisipasi Masyarakat 22,1 Bentuk Partisipasi 23. a Partisipasi di Dalam Tahap Perencanaan 23,b Partisipasi di Dalam pelaksanaan 23. c Partisipasi di Dalam Pemanfaatan 23,D Pengelolaan Sampah 24. 1 Aspek Operasional 24,2 Aspek Kelembagaan 25,3 Aspek Pembiayaan 25. 4 Aspek Peran Serta Masyarakat 26,5 Aspek Peraturan 26.
BAB III PERSOALAN SAMPAH DI KOTA BEKASI,A Gambaran Umum Kota Bekasi 27. B Permasalahan dalam Pengelolaan Sampah,di TPA Sumur Batu Kota Bekasi 31. 1 Volume Sampah di TPA Sumur Batu 31,2 Zona Pembuangan di TPA Sumur Batu 33. 3 Struktur Organisasi UPTD TPA Sumur Batu 34,4 Pengelolaan Sampah di TPA Sumur Batu 39. BAB IV IMPLEMENTASI PERDA NO 15 TAHUN 2011 TENTANG. PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BEKASI DAN,PARTISIPASI MASYARAKAT.
A Implementasi Kebijakan Publik Perda No 15 Tahun 2011. tentang Pengelolaan Sampah di Kota Bekasi,oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi 40. 1 Komunikasi dalam Kebijakan 41,2 Sumber Daya yang Dibutuhkan 43. 3 Disposisi 50,4 Badan Pelaksana 51,B Partisipasi dalan Implementasi Kebijakan. 1 Partisipasi Masyarakat Kota Bekasi 55,2 Kerja Sama dengan Pihak Ke tiga. dalam Implementasi Kebijakan 60,BAB V PENUTUP,A Kesimpulan 61.
B Saran 62,DAFTAR PUSTAKA viii,LAMPIRAN xii,DAFTAR TABEL. Tabel II 1 Teori George C Edwards 21,Tabel III 1 Jumlah Penduduk Kota Bekasi. Tahun 2013 2014 2015 29, Tabel III 2 Jumlah Timbunan Sampah yang masuk ke TPA Sumur Batu 31. Tabel III 3 Presentasi Jenis Sampah 32, Table III 4 Sturktur Organisasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi 36. Tabel III 5 Sturktur Organisasi UPTD TPA Sumur Batu 37. Tabel IV 1 Armada Operasional Sampah 48,DAFTAR GAMBAR.
Gambar I 1 Kondisi TPA Sumur Batu Kota Bekasi 2, Gambar III 1 Persentasi luas wilayah berdasarkan kecamatan 28. Gambar III 2 Zona TPA Sumur Batu 34, Gambar III 3 Sistem Open Dumping di TPA Sumur Batu 38. Gambar III 4 Sistem Control Landfill di TPA Sumur Batu 39. Gambar IV 1 Bank Sampah di Kota Bekasi 42,Gambar IV 2 Alur Pengeolaan Sampah 43. Gambar IV 3 Alat Komposting 46,Gambar IV 4 Alat Pencacah 47. Gambar IV 5 Alat Angkut Sampah di Kota Bekasi 49, Gambar IV 6 Sop UPTD TPA Sumur Batu Kota Bekasi 55.
PENDAHULUAN,A Pernyataan Masalah, Pertumbuhan jumlah penduduk serta pergeseran gaya hidup atau lifestyle di. kalangan masyarakat modern akan terus meningkatkan laju konsumsi masyarakat. dalam hal ini tentu mengakibatkan bertambahnya volume sampah yang. dihasilkan Sampah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. sehari hari dan salah satu permasalahan lingkungan hidup yang harus ditangani di. Kota Bekasi khususnya di Tempat Pembuangan Akhir TPA Sumur Batu. Pertambahan jumlah penduduk merupakan faktor utama terjadinya. permasalahan sampah karena masyarakat merupakan penghasil utama sampah. Begitupun di Kota Bekasi jumlah penduduk di Kota Bekasi terus mengalami. peningkatan pada 2013 hingga 2015 Jumlah penduduk di Kota Bekasi pada 2013. berjumlah 2 592 819 jiwa1 meningkat pada 2014 menjadi 2 663 011 jiwa2. kemudian meningkat kembali pada 2015 menjadi 2 733 240 jiwa 3 Meningkatnya. jumlah penduduk di Kota Bekasi setiap tahunnya tentu sangat berpengaruh. terhadap peningkatan aktivitas penduduk yang secara tidak langsung akan. meningkatkan volume sampah di Kota Bekasi, Meningkatnya volume sampah yang terjadi di Kota Bekasi tentu akan. berdampak pada TPA Sumur Batu Kelurahan Sumur Batu Kecamatan. Badan Pusat Statistik Kota Bekasi https bekasikota bps go id 10 Oktober 2014. Badan Pusat Statistik Kota Bekasi https bekasikota bps go id 30 Oktober 2015. Badan Pusat Statistik Kota Bekasi https bekasikota bps go id 25 Agustus 2016. Bantargebang Keadaan TPA Sumur Batu kini begitu memprihatinkan Hal. tersebut dikarenakan pemrosesan akhir sampah di TPA Sumur Batu tidak. berwawasan lingkungan enviromental friendly yaitu masih menggunakan. sistem open dumping4, Sampah di TPA Sumur Batu Kota Bekasi sudah mengunung Gunungan. sampah tersebut telah mencapai ketinggian 23 meter Hal tersebut jelas membuat. warga sekitar TPA Sumur Batu menjadi resah dengan keadaan TPA yang semakin. Gambar I 1 Kondisi TPA Sumur Batu Kota Bekasi, Sesuai dengan Undang Undang No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan. Daerah bahwa Pemerintahan Kabupaten dan Kota berhak membuat peraturan. daerahnya sendiri sesuai dengan kondisi dan keadaan daerahnya tersebut Kota. Bekasi telah menerbitkan Peraturan Daerah Perda No 15 Tahun 2011 tentang. Sistem open dumping adalah pembuangan sampah di TPA dengan terbuka tanpa adanya. penanganan lebih lanjut Menggunakan sistem open dumping dapat menyebabkan pencemaran. lingkungan udara dan air, Pengelolaan Sampah di Kota Bekasi dikeluarkaanya Perda tersebut sehubungan.
dengan meningkatnya jumlah penduduk yang nantinya juga meningkatkan volume. sampah Perda No 15 Tahun 2011 merupakan tindak lanjut dari Undang Undang. No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah yang diikuti oleh Permendagri. No 33 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengeloaan Sampah. Kebijakan tentang pengelolaan sampah tersebut memiliki asas dan tujuan. yang tersurat secara jelas Asas yang termuat dalam kebijakan tersebut adalah. asas tanggung jawab asas berkelanjutan asas manfaat asas keadilan asas. kesadaran asas kebersamaan asas keselamatan asas keamanan dan asas nilai. ekonomi Sedangkan tujuannya yaitu pengelolaan sampah bertujuan untuk. meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan menjadikan sampah. sebagai sumber daya meningkatkan efesiensi penggunaan baku serta merubah. perilaku setiap orang, Dengan diterbitkannya Perda No 15 Tahun 2011 bertujuan dapat. meminimalisir permasalahan sampah di Kota Bekasi namun realitanya dengan. adanya Perda tersebut belum mampu mengatasi permasalahan sampah yang. terjadi di Kota Bekasi khususnya di TPA Sumur Batu Sistem pembuangan. terbuka tanpa adanya pengolahan dan sampah dibiarkan saja menumpuk di TPA. Sumur Batu memang merupakan permasalahan yang sampai saat ini belum. terselesaikan dan merupakan tantangan bagi pemerintah Kota Bekasi. Pengelolaan sampah adalah suatu kegiatan yang sistematis menyeluruh dan. berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Penanganan masalah sampah dan segala macam dampaknya bagi masyarakat. harus dilakukan secara terencana terarah dan sistematis dengan pengelolaan yang. baik agar terhindar dari pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan Perda. No 15 Tahun 2011 merupakan usaha pemerintahan Kota Bekasi untuk menjamin. dan meningkatkan pelayanan kebersihan Kota Bekasi serta meningkatkan peran. masyarakatnya, Permasalahan yang terjadi di TPA Sumur Batu yaitu Pemrosesan akhir. dengan sistem open dumping Sistem open dumping merupakan salah satu. pengelolaan sampah yang tidak ramah lingkungan karena sampah hanya. ditumpuk di zona pembuangan tanpa adanya penanganan lebih lanjut. Penumpukan yang terjadi di TPA Sumur Batu jelas akan menimbulkan berbagai. dampak bagi penduduk Kota Bekasi khususnya bagi warga yang bertempat. tinggal di sekitar TPA Sumur Batu, Dampak yang dirasakan oleh masyarakat setempat yang tinggal di sekitar. TPA Sumur Batu yaitu timbulnya penyakit kulit hingga gangguan pernafasan. Namun selain menyebabkan penyakit sampah merupakan sesuatu yang dapat. mengganggu pemandangan serta menimbulkan bau tidak sedap Maka dari itu. untuk mencegah permasalahan tersebut diperlukannya pengelolaan sampah yang. ramah lingkungan dan pengelolaan sampah sejak dari sumbernya agar dapat. meminimalisir permasalahan menumpuknya sampah yang terjadi di TPA Sumur.

Related Books

JD Edwards EnterpriseOne Applications Requirements ...

JD Edwards EnterpriseOne Applications Requirements

[1]JD Edwards EnterpriseOne Applications Requirements Planning Implementation Guide Release 9.1 E15139-04 October 2015 Describes how to set up and use JD Edwards EnterpriseOne Requirements Planning to create material schedules and detailed production plans.

Scientific Spring Meeting KNVM & NVMM 2018 Final programme

Scientific Spring Meeting KNVM amp NVMM 2018 Final programme

Scientific Spring Meeting KNVM & NVMM 2018 #SSM18 Final programme Tuesday 27 & Wednesday 28 March 2018 Papendal Hotel and Conference Centre, Arnhem QR-code to get.networkapp.eu Download the Meeting App Instructions how to download the Meeting App: 1. Download the App (netwerkapp) in the App Store or Google Playstore or via get.networkapp.eu 2. Register by using your LinkedIn-account or e-m

REFERENCES - umpir.ump.edu.my

REFERENCES umpir ump edu my

55 activity on Carboxy Methyl Cellulose (CMC) agar plates. International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, 3(5), 261-266. Gupta, P., Samant, K ...

PRESSURE REDUCING REGULATOR - cashco.s3.amazonaws.com

PRESSURE REDUCING REGULATOR cashco s3 amazonaws com

The Model 345 is a diaphragm-less, heavy duty, high pressure reducing regulator used to control downstream (outlet or P 2) pres sure. Sizes are 1/2", 3/4", 1" (DN15, 20, and 25 ). With proper trim utilization, the unit is suitable for liquid and gase ous service. Refer to Tech ni cal Bulletin 345-TB for design conditions and selection recommendations. NOT FOR STEAM SERVICE. IOM-345 02-20 ...

Climate Change Risk Assessment for the Built Environment ...

Climate Change Risk Assessment for the Built Environment

Climate Change Risk Assessment for the Built Environment Sector January 2012 1Capon, R ... The predominant climate related risks to the Built Environment sector, as identified by stakeholders and confirmed by the CCRA analysis, are Urban Heat Island, building overheating, flood damage and water availability and demand. This report covers these and other key risks. Many other risks have been ...

9 Conservatory Canada Rep May 2016

9 Conservatory Canada Rep May 2016

Making Tracks Vol. 2 NLMT2 DWM ISBN 978-1-927777-16-9 Hoedown on a Night Train PM Shades 7 Piano Solos DD 100 DWM ISBN 978-1-928135-60-9 Blues for a November Afternoon BL Danse Arabesque *Debussy, C. Reverie IM La Fille aux cheveux de lin IM Any unabridged edition. IM Desmond Giants of Jazz Piano Lullaby in Rhythm Duncan, M.H.

GridAPPS-D Conceptual Design - PNNL

GridAPPS D Conceptual Design PNNL

GridAPPS-D Conceptual Design . V1.0 . May 2017 . Ron Melton . Kevin Schneider . Tom McDermott . Subramanian Vadari . PNNL-26340. GridAPPS-D Conceptual Design . V1.0 . May 2017 . Ron Melton . Kevin Schneider . Tom McDermott . Subramanian Vadari . Prepared for . the U.S. Department of Energy . under Contract DE-AC05-76RL01830 . Pacific Northwest National Laboratory . Richland, Washington 99352 ...

Table of Contents - Blackboy Kennels

Table of Contents Blackboy Kennels

your needs and whether a dog from them would suit you. Many other breeders Many other breeders however, are more general in their selections, and breed from a mix of different

Los Angeles Regional Food Bank Food and Fund Drives

Los Angeles Regional Food Bank Food and Fund Drives

Los Angeles Regional Food Bank Food and Fund Drives ... pounds of canned food items. We will send you boxes via ... Virtual Food Drive team page can tally running totals so you can see how much your Food Drive has raised or how much each team has raised. ...

Platform Policy and its Effect on Diffusion: The Case ...

Platform Policy and its Effect on Diffusion The Case

3 Platform Policy and its Effect on Diffusion: The Case Study of Android and iOS By Ilbae Yoon Submitted to the MIT Sloan School of Management on May 9, 2014 in