K Keselamatan-Books Pdf

K Keselamatan
28 Mar 2020 | 26 views | 0 downloads | 68 Pages | 1.26 MB

Share Pdf : K Keselamatan

Download and Preview : K Keselamatan


Report CopyRight/DMCA Form For : K Keselamatan



Transcription

Direktorat,Sumber Daya Manusia,dan Organisasi,2 BUKU SAKU. KATA PENGANTAR,Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 merupakan. aspek yang harus dikelola dan diimplementasikan, pada semua komponen Institusi ITS yang memiliki dan. mengoperasikan berbagai sarana dan prasarana termasuk. laboratorium dengan jumlah civitas akademika lebih dari. 20ribu orang harus mampu mengidentifikasi risiko yang. dapat menimbulkan kerugian bagi Institusi Penerapan. program K3 di ITS bertujuan untuk mempersiapkan sistem. manajemen yang siap dan tanggap terhadap berbagai risiko. keselamatan dan kesehatan di lingkungan kampus ITS. Implementasi program K3 di ITS dilaksanakan dalam, beberapa tahapan umum yaitu penyusunan kebijakan K3. pembentukan tim K3 pada tiap unit pelatihan tentang K3. dan Sosialisasi K3 Sosialisasi merupakan kegiatan yang. sangat penting untuk menginternalisasikan budaya K3. bagi civitas akademik Pemasangan poster K3 rambu K3. dan panduan pemakaian alat pemadam api ringan APAR. adalah beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh. Pembuatan dan Penyebaran Buku Saku K3 di ITS adalah. salah satu upaya memberikan informasi dan pemahaman. yang lengkap terkait panduan K3 di lingkungan kampus. ITS Semoga dengan adanya buku saku ini pemahaman, mengenai risiko dan langkah antipasi bahaya yang mungkin.
terjadi di area kampus ITS dapat mencegah kecelakaan dan. kerugian yang bisa menimpa civitas akademika, Salam K3 Utamakan Keselatan dan Kesehatan dalam setiap. aktivitas di kampus ITS,PANDUAN KESELAMATAN KESEHATAN 3. DAFTAR ISI,EMERGENCY CALL 5,1 Panduan Berkendara di dalam Kampus ITS 7. 1 1 Panduan Berkendara 8,1 2 Panduan Parkir Kendaraan 9. 2 Panduan Saat Terjadi Kebakaran 11,2 1 Sumber Api 12.
2 2 Ketika Melihat Kebakaran di Gedung 13,2 3 Ketika Mendengar Alarm Kebakaran 14. 2 4 Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan APAR 15,3 Panduan Bila Gempa Bumi 17. 3 1 Jika Gempa Terjadi Saat di Dalam Gedung 18,3 2 Jika Terjadi Getaran Gempa Saat Di Lift 19. 3 3 Jika Terjadi Getaran Gempa di Luar Gedung 20,4 Panduan Bila Terjadi Bahaya Gunung Meletus 23. 5 Panduan Bila Terjadi Bahaya Angin Kencang 27, 5 1 Jika Terjadi Angin Kencang Saat di Luar Gedung 28.
5 2 Jika Terjadi Angin Kencang Saat di Dalam Gedung 29. 6 Panduan Bila Terjadi Bahaya Badai Petir 31, 7 Panduan Penggunaan Alat dan Perangkat Listrik 35. 8 Panduan umum Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan P3K 39. 4 BUKU SAKU,8 1 Tujuan P3K 40,8 2 Prinsip Dasar Tindakan Pertolongan 41. 8 3 Jenis Kecelakaan dengan Usaha dalam P3K 42,9 Panduan P3K untuk Kecelakaan di Area Kampus 49. 10 Panduan P3K untuk Kecelakaan Bahan Kimia 53, 10 1 Cara Mengatasi Keracunan Bahan Kimia Jika Bahan Racun Masuk Melalui Mulut 54. 10 2 Cara Mengatasi Keracunan Bahan Kimia Jika Bahan Racun Melalui Kulit 55. 10 3 Cara Mengatasi Keracunan Bahan Kimia Jika Bahan Racun Berupa Gas 56. 11 Panduan P3K untuk Kecelakaan Listrik 59,12 Rambu Rambu dalam Evakuasi 63.
PANDUAN KESELAMATAN KESEHATAN 5,EMERGENCY CALLS,EMERGENCY CALL ITS 031 5917 3000. EMERGENCY CALL SURABAYA 031 112,Pemadam Kebakaran,Pos Damkar Keputih 031 5948925. Pos Damkar Kenjeran 031 3736559,Kantor Polisi,Polsek Sukolilo 031 5947887. Polsek Mulyorejo 031 3896320,Ambulan Unit Gawat Darurat UGD. UGD Medical Center ITS 031 5927547,UGD RS Haji Sukolilo 031 5924000.
UGD RS Dr Soetomo 031 5501078,UGD RS Husada Utama 031 5018335. Gangguan Listrik,PLN 031 123,Unit Sarpras ITS 031 5994251. BUKU SAKU PANDUAN KESELAMATAN KESEHATAN,Berkendara di. dalam kampus,8 BUKU SAKU,Panduan Berkendara,a Periksa kondisi kelayakan. kendaraan secara,keseluruhan sebelum,berkendara,b Menggunakan helm.
SNI bagi pengendara,motor dan memasang,sabuk pengaman bagi. pengendara mobil,c Kecepatan kendaraan,maksimal 20 km jam. d Menaati rambu lalu lintas,dan marka jalan yang ada. e Membawa kelengkapan,surat kendaraan bermotor,f Tidak menggunakan. alat komunikasi saat,berkendara,g Menyalakan lampu siang.
dan sore hari untuk sepeda,h Tidak terburu buru saat. mengendarai kendaraan di,i Hindari berkendara pada. tengah malam dini hari,Bila terpaksa jangan,berkendara sendirian. dan hindari daerah rawan,PANDUAN KESELAMATAN KESEHATAN 9. Panduan Parkir Kendaraan,a Hanya parkir di area yang terdapat.
penjaga parkir,b Jangan meninggalkan kunci dan,barang berharga pada kendaraan. c Tambahkan kunci ganda untuk,meningkatkan keamanan kendaraan. d Memarkirkan kendaraan dengan,menghadap keluar untuk mobil dan. BUKU SAKU PANDUAN KESELAMATAN KESEHATAN,Saat Terjadi. 12 BUKU SAKU,Sumber Api,Api adalah suatu reaksi kimia oksidasi cepat yang.
terbentuk dari 3 tiga unsur yaitu panas udara dan bahan. bakar yang menimbulkan atau menghasilkan panas dan. Sumber oksigen berasal,dari udara yang dibutuhkan,paling sedikit sekitar 15. volume oksigen dalam,udara untuk menghasilkan,pembakaran. Sumber panas diperlukan,untuk mencapai suhu,penyalaan sehingga dapat. mendukung terjadinya,kebakaran Sumber panas S,antara lain energi listrik. percikan api listrik panas,matahari permukaan yang.
panas gesekan reaksi,kimia eksotermis gas yang,dikompresi. c Bahan Bakar BAHAN BAKAR,Bahan bakar merupakan,semua benda yang dapat. mendukung terjadinya,pembakaran Ada tiga,wujud bahan bakar yaitu. padat cair dan gas,PANDUAN KESELAMATAN KESEHATAN 13. Ketika Melihat Kebakaran di Gedung, Bila api masih kecil segera Memberitahu kepada orang.
padamkan api dengan APAR sekitar berteriak jika perlu. Alat Pemadam Api Ringan,yang ada di sekitar atau,media pemadam api lainnya. 031 5917 3000,Hubungi segera Emergency Segera aktifkan alarm. Call ITS untuk memastikan kebakaran bila api mulai. dan menilai situasi yang membesar, Segera berlari menuju pintu Berkumpul di meeting point.

Related Books

13

13

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERIA DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 87 ayat (2) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan ...

STANDAR KOMPETENSI PERAWAT DIALISIS INDONESIA

STANDAR KOMPETENSI PERAWAT DIALISIS INDONESIA

Perawat hemodialisis adalah yang perawat melakukan dengan kompetensi kekhususan asuhan keperawatan dengan mengoptimalkan kesehatan individu yang mengalami gagal ginjal dengan tindakan hemodialisis, yang bertanggungjawab untuk memberikan pelayanan hemodialisis secara profesional dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pasien 10

Kursus Penulisan Surat Rasmi dan Memo Berkualiti

Kursus Penulisan Surat Rasmi dan Memo Berkualiti

Kursus Penulisan Surat Rasmi dan Memo Berkualiti 17-18 Jun 2014 Dewan OSH, Pejabat Keselamatan dan Kesihatan Pekerjaan, UPM Penceramah: Prof. Madya Dr. Adi Yasran Abdul Aziz

MODUL PEMBELAJARAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH I

MODUL PEMBELAJARAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH I

b. Baca dan pelajari dengan baik modul praktikum yang diberikan c. Ikuti petunjuk yang terdapat dalam modul praktikum d. Tanyakan pada dosen bila terdapat hal-hal yang kurang dimengerti atau dipahami F. KESELAMATAN KERJA 1. Pusatkan perhatian pada pekerjaan yang dilakukan 2. Susun dan letakan peralatan atu bahan pada tempat yang mudah dijangkau ...

PENGALAMAN IBU HAMIL MENJALANI PERAWATAN KEHAMILAN DALAM ...

PENGALAMAN IBU HAMIL MENJALANI PERAWATAN KEHAMILAN DALAM

gambaran menjalani perawatan kehamilan dalam perspektif budaya Jawa yaitu terdapat budaya Jawa yang dipantang ibu hamil dan budaya Jawa yang dilakukan ibu hamil selama masa kehamilan. Sedangkan untuk makna perawatan kehamilan dalam perspektif budaya Jawa adalah demi keselamatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif - bsd.pendidikan.id

Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif bsd pendidikan id

Memperhatikan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), dan berlaku santun, teliti dan penuh rasa tanggung jawab. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Page | 3 . Kompetensi Mata Pelajaran : Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas/Semester : X/I Kompentensi Inti Kelas X SMK 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab ...

MAGANG TENTANG HIGIENE PERUSAHAAN DAN KESELAMATAN KERJA DI ...

MAGANG TENTANG HIGIENE PERUSAHAAN DAN KESELAMATAN KERJA DI

Pada dasarnya keselamatan kerja dan kesehatan kerja yang dilaksanakan suatu perusahaan merupakan bentuk penghargaan dan pengakuan terhadap nilai-nilai luhur kemanusiaan. Penghargaan tersebut diwujudkan dalam bentuk upaya pencegahan dari kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja pada diri tenaga kerja atau orang lain yang berada pada suatu lokasi kerja. Pemerintah telah menerapkan berbagai ...

MAGANG TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT ...

MAGANG TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT

DI TEMPAT KERJA DI PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk DIVISI NOODLE CABANG SEMARANG Disusun oleh ... Wakil Sekretaris P2K3 Branch Personnel Manager . PT.

MENGURUSKAN KEWANGAN PERNIAGAAN ANDA

MENGURUSKAN KEWANGAN PERNIAGAAN ANDA

sebagai contoh 6 bulan atau 1 tahun. Contoh kos lain adalah: a) Stok / inventori b) Gaji c) Kumpulan Wang Simpanan Pekerja (KWSP) dan Pertubuhan Keselamatan Sosial (PERKESO) d) Sewaan Pejabat / kedai e) Bil air dan elektrik f) Bil telefon dan internet g) Percetakan dan alat tulis h) Perbelanjaan pejabat i) Pengangkutan j) Petrol, tol dan parkir

Proteksi dan Keselamatan Radiasi BATAN

Proteksi dan Keselamatan Radiasi BATAN

proteksi dan keselamatan radiasi di lingkungan BATAN. Jika dalam perjalanan pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan proteksi dan keselamatan radiasi ini terbit peraturan perundang-undangan nasional yang lebih mutakhir atau lebih ketat, maka ketentuan dalam peraturan tersebut dapat menggantikan ketentuan yang ada di dalam Standar ini.

GARIS PANDUAN BEKERJA DI TEMPAT TINGGI

GARIS PANDUAN BEKERJA DI TEMPAT TINGGI

BAHAGIAN PERSEKITARAN, KESELAMATAN DAN KESIHATAN PEKERJAAN (OSHE) 1 GARIS PANDUAN BEKERJA DI TEMPAT TINGGI 1.0 TUJUAN Garis panduan ini disediakan bertujuan untuk memberi panduan, pemahaman dan rujukan kepada setiap individu atau kontraktor yang dilantik bagi melakukan kerja-

PENGARUH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) TERHADAP ...

PENGARUH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA K3 TERHADAP

PENGARUH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SEMEN TONASA DI KABUPATEN PANGKEP Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar

PETUNJUK KESELAMATAN LABORATORIUM

PETUNJUK KESELAMATAN LABORATORIUM

Ruang Lingkup Di dalam Prodi Fisika, laboratorium dibedakan menjadi 4. laboratorium pendidikan, yang berfungsi menyelenggarakan praktikum-praktikum rutin terkait dengan mata kuliah tertentu, yakni Laboratorium Fisika Lanjut, Laboratorium Elektronika, Laboratorium Komputasi, Laboratorium Listrik Magnet dan Laboratorium Termodinamika. 5 ...

Quick Setup and Getting Started Guide

Quick Setup and Getting Started Guide

Berisi informasi dasar tentang konfigurasi dan pemutakhiran perangkat keras untuk thin client HP. Panduan sistem operasi* Berisi petunjuk dasar bagi administrator jaringan untuk mengonfigurasi sistem operasi thin client. Panduan Pemecahan Masalah* Berisi petunjuk dan solusi berguna untuk mengatasi masalah seri thin client ini. Informasi Keselamatan

ANALISIS PENGARUH SUHU TINGGI LINGKUNGAN DAN BEBAN KERJA ...

ANALISIS PENGARUH SUHU TINGGI LINGKUNGAN DAN BEBAN KERJA

Judul : Analisis Pengaruh Suhu Tinggi Lingkungan dan Beban Kerja terhadap Konsentrasi Pekerja . Lingkungan kerja dengan suhu tinggi merupakan salah satu faktor terpenting yang berdampak pada keselamatan kerja. Terdapat beberapa lingkungan kerja yang bersuhu tinggi dalam aktivitas industri maupun konstruksi di Indonesia. Bekerja

PROSES PENYAMBUNGAN DAN PERALATANNYA

PROSES PENYAMBUNGAN DAN PERALATANNYA

pengelasan, memahami aturan keselamatan kerja dalam pengelasan, serta dapat menjelaskan proses pengelasan dengan menggunakan las SMAW. 9.2. Materi Pembelajaran Materi yang dibahas dalam proses penyambungan ini mencakup hal-hal sebagai berikut : Klasifikasi proses penyambungan Proses penyambungan secara pengelasan K3 dalam pengelasan

TEORI MASLOW DALAM KONTEKS MEMENUHI KEPERLUAN ASAS PEKERJA ...

TEORI MASLOW DALAM KONTEKS MEMENUHI KEPERLUAN ASAS PEKERJA

dalam organisasi, menunjukkan keperluan asas bermula dengan keperluan terhadap jaminan dan keselamatan, diikuti dengan imbuhan, perhubungan, peningkatan dalam kerjaya dan yang terakhir keharmonian dalam hidup. Untuk memenuhi keperluan asas pekerja ini, menurut Stum, yang paling penting dan menjadi asas utama ialah

Keselamatan Kerja adalah keselamatan yang berkaitan dengan ...

Keselamatan Kerja adalah keselamatan yang berkaitan dengan

Alat angkut dan alat angkat: kreta, mobil, pesawat terbang, kapal laut, ... kemungkinan terburuk adalah apabila kita bekerja pada sistem kelistrikan, ...

UNIVERSITAS INDONESIA KAJIAN PELAKSANAAN KEAMANAN MAKANAN ...

UNIVERSITAS INDONESIA KAJIAN PELAKSANAAN KEAMANAN MAKANAN

Kontaminasi makanan merupakan penyebab sebagian besar keracunan makanan. Salah satu kejadian keracunan makanan terjadi pada bulan Agustus 2011, menurut hasil investigasi manajemen keselamatan di PT Karya Jaya Samudera kejadian keracunan yang ditemukan pada kru MV. Samudera 02 dikarenakan kru kapal mengkonsumsi makanan yang

UKBM - " Vidyagata" SMA Negeri 6 Malang

UKBM Vidyagata SMA Negeri 6 Malang

3.1 Memahami melalui penerapan tentang ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan. 4.1 Menyajikan data dalam berbagai bentuk media informasi tentang

BIOLOGI KELAS X - smazapo.sch.id

BIOLOGI KELAS X smazapo sch id

tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.

Kompilasi Khutbah Jumaat Tahun 2017 - information.gov.bn

Kompilasi Khutbah Jumaat Tahun 2017 information gov bn

Bersangka baik amalan mulia Adab dalam memberi nasihat dan teguran Kesedaran ke atas penjimatan tenaga Peristiwa Israk dan Mikraj penuh pengajaran Kenduri arwah dan tahlil Keluaran Mei: Keluarga penyayang negara gemilang Pentingnya keselamatan dan pencegahan kebakaran dalam kehidupan seharian Bijaksana dalam pengurusan kewangan peribadi

STANDAR PROSEDUR PELAKSANAAN (SOP) PELAKSANAAN SMK3 KONSTRUKSI

STANDAR PROSEDUR PELAKSANAAN SOP PELAKSANAAN SMK3 KONSTRUKSI

Pedoman Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Konstruksi Jalan dan Jembatan, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, No: 004 / BM / 2006, Desember 2006.

MAGANG TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT SARI ...

MAGANG TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT SARI

i laporan umum magang tentang keselamatan dan kesehatan kerja di pt sari husada unit ii kemudo klaten oleh: sulistyawati nim. r0007150 program diploma iii hiperkes dan keselamatan kerja

KESELAMATAN KERJA DALAM LABORATORIUM KIMIA Oleh: Regina ...

KESELAMATAN KERJA DALAM LABORATORIUM KIMIA Oleh Regina

kumpulan data keselamatan dan petunjuk penggunaan bahan ... Penyimpanan dan penanganan bahan 9. Pengendalian pemaparan dan alat ... minum dan merokok di laboratorium.

PROSEDUR PENERBITAN DAN PENGUKUHAN DOKUMEN PENYESUAIAN ...

PROSEDUR PENERBITAN DAN PENGUKUHAN DOKUMEN PENYESUAIAN

Manajemen dan Keselamatan Kapal Kasie Manajemen Keselamatan Kapal Auditor ISM Code Kelengkapan Waktu Output 1 Menerima surat permohonan dari pemohon serta menyampaikan kepada Direktur Untuk penerbitan DOC pertama 1. Surat Permohonan 2. Copy Surat Izin Usaha A ngkutan Laut (SIUPAL) atau Izin Pengoperasian kapal 1 hari kerja 3.

PELAN TINDAKAN BENCANA HKL

PELAN TINDAKAN BENCANA HKL

4.3 Penilaian Kapasiti 18 ... 9.5 Nombor-nombor telefon penting 165 . 6 1.0 Pengenalan Menurut Arahan 20 Majlis Keselamatan Negara, ...

PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I

PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I

Penuntun Praktikum Kimia Organik I ini terdiri dari pedoman keselamatan kerja di laboratorium dan sepuluh (10) percobaan, yaitu perbedaan senyawa organik dan anorganik (I), sifat-sifat kelarutan senyawa organik (II), sifat-sifat kimia hidrokarbon (III), struktur molekul dan reaksi-reaksi kimia organik dengan

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3 ...

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja SMK3

Pengaturan hukum K3 dalam konteks di atas adalah sesuai dengan sektor/bidang usaha. Misalnya, UU No. 13 Tahun 1992 tentang Perkerataapian, UU No. 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), UU No. 15 Tahun 1992 tentang Penerbangan beserta peraturan-peraturan pelaksanaan lainnya.

MAGANG TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT. INKA ...

MAGANG TENTANG KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT INKA

1. Sejarah Perusahaan PT. Industri Kereta Api (INKA) Madiun merupakan Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis (BUMN-IS) yang bergerak dalam bidang manufaktur dan jasa perkeretaapian. PT. INKA (Persero) didirikan dengan Akta Notaris Imas Fatimah, SH Nomor : 51 tanggal 18 Mei 1981 oleh Menristek dan Menhub