Jurnal Penelitian Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada-Books Pdf

JURNAL PENELITIAN NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA
13 Jul 2020 | 2 views | 0 downloads | 16 Pages | 213.99 KB

Share Pdf : Jurnal Penelitian Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada

Download and Preview : Jurnal Penelitian Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada

Report CopyRight/DMCA Form For : Jurnal Penelitian Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada



Transcription

PERNYATAAN, Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi ini tidak terdapat karya yang. pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi. dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang. pernah di tulis diterbitkan oleh orang lain kecuali secara tertulis diacu dalam. naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka, Apabila ternyata kelak terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saya. di atas maka saya akan bertanggung jawab sepenuhnya. Surakarta Oktober 2012, FARIDA ISWAHYUNINGTYAS, A 310 080 020. NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI AJAR, BAHASA INDONESIA KELAS 2 SD TERBITAN. TIGA SERANGKAI, Farida Iswahyuningtyas A 310080020 Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra.
Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas. Muhammadiyah Surakarta 2011, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1 nilai nilai pendidikan. karakter yang ada dalam materi ajar Bahasa Indonesia kelas 2 SD yang berjudul. Gemar Berbahasa Indonesia 2 terbitan Tiga Serangkai tahun 2006 2. Klasifikasi isi buku materi ajar baphasa Indonesia kelas 2 SD yang berjudul. Gemar Berbahasa Indonesia 2 terbitan Tiga Serangkai Tahun 2006 yang. mengandung nilai nilai pendidikan, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan. pendekatan analisis isi Objek yang diteliti adalah buku materi ajar Bahasa. Indonesia kelas II SD yaitu Gemar Berbahasa Indonesia 2 terbitan Tiga. Serangkai Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi content analysis yang. digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen, Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 Nilai nilai pendidikan karakter. yang ada dalam materi ajar bahasa Indonesia kelas 2 SD terbitan Tiga Serangkai. Tahun 2006 antara lain nilai karakter religius nilai karakter pribadi yang baik. nilai karakter kepedulian sosial nilai karakter kejujuran nilai karakter kerja keras. dan nilai karakter cinta lingkungan 2 Klasifikasi isi buku materi ajar bahasa. Indonesia kelas 2 SD terbitan Tiga Serangkai Tahun 2006 yang mengandung. nilai nilai pendidikan adalah 1 Ideologi disiplin hukum dan tata tertib. mecintai tanah air demokrasi mendahulukan kepentingan umum berani setia. kawan solidaritas rasa kebangsaan patriotik warga negara produktif. martabat harga diri setia bela negara 2 Agama iman kepada tuhan yme taat. pada perintah tuhan yme cinta agama patuh pada ajaran agama berakhlak. berbuat kebajikan suka menolong dan bermanfaat bagi orang lain berdoa. danbertawakal peduli terhadap sesame berperikemanusiaan adil bermoral dan. bijaksana 3 Budaya toleransi dan itikad baik baik hati empati tata cara dan. etiket sopan santun bahagia gembira sehat dermawan persahabatan. pengakuan menghormati berterima kasih, Kata Kunci pendidikan karakter buku materi ajar. A Pendahuluan, Ada banyak cara dan bahan yang dapat dikreasikan untuk mendidik.
memupuk dan mengembangkan serta membentuk karakter peserta didik. Pendidikan karakter dapat diberikan secara terintegrasi termuat dalam mata. pelajaran yang sudah ada dalam kurikulum termasuk mata pelajaran Bahasa. Indonesia Pendidikan karakter juga dapat secara inklusif dimasukkan dalam. bahan ajar Jadi pendidikan karakter dapat masuk dalam pembelajaran agama. kesenian bahasa dan sastra Indonesia sejarah matematika dan lain lain. Pendidikan karakter dalam materi ajar dapat disajikan melalui tokoh. tokoh dalam dongeng puisi atau cerita sederhana Seperti dongeng tikus dan. tupai yang dimuat dalam Buku Materi Ajar kelas II SD yang berjudul Gemar. Berbahasa Indonesia 2 merupakan gambaran tokoh tokoh yang memiliki. berbagai watak dan budi pekerti Tokoh tokoh tersebut dibekali sifat sikap. dan watak yang menyerupai manusia biasa Muatan pendidikan karakter. dalam dongeng tersebut adalah anak dapat belajar tentang berbagai aspek. kehidupan lewat apa yang diperankan oleh tokoh tersebut. Berdasarkan uraian di atas menarik untuk dilakukan pene litian dengan. judul Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia. Kelas 2 SD Terbitan Tiga Serangkai, B Perumusan Masalah. 1 Nilai nilai pendidikan karakter apa sajakah yang ada dalam materi ajar. Bahasa Indonesia kelas 2 SD yang berjudul Gemar Berbahasa Indonesia 2. terbitan Tiga Serangkai tahun 2006 pada kompetensi mendengarkan. dongeng puisi dan cerita sederhana, 2 Bagaimanakah klasifikasi isi buku materi ajar bahasa Indonesia kelas 2 SD. yang berjudul Gemar Berbahasa Indonesia 2 terbitan Tiga Serangkai. Tahun 2006 yang mengandung nilai nilai pendidikan, C Tujuan Penelitian. 1 Nilai nilai pendidikan karakter apakah yang ada dalam materi ajar Bahasa. Indonesia kelas 2 SD yang berjudul Gemar Berbahasa Indonesia 2. terbitan Tiga Serangkai tahun 2006 pada kompetensi mendengarkan. dongeng puisi dan cerita sederhana, 2 Klasifikasi isi buku materi ajar bahasa Indonesia kelas 2 SD yang berjudul. Gemar Berbahasa Indonesia 2 terbitan Tiga Serangkai Tahun 2006 yang. mengandung nilai nilai pendidikan, D Tinjauan Pustaka.
1 Pendidikan Karakter, Menurut Patimah 2011 pendidikan karakter secara terintegrasi di. dalam proses pembelajaran adalah pengenalan nilai nilai fasilitasi. diperolehnya kesadaran akan pentingnya nilai nilai dan. penginternalisasian nilai nilai ke dalam tingkah laku peserta didik sehari. hari melalui proses pembelajaran baik yang berlangsung di dalam maupun. di luar kelas pada semua mata pelajaran, Menurut Narwanti 2011 15 pendidikan karakter adalah segala. sesuatu yang dilakukan guru yang mampu mempengaruhi karakter peserta. didik Guru membantu membentuk watak peserta didik Hal ini mencakup. keteladanan perilaku dan cara gur u menyampaikan materi cara guru. bertoleransi dan berbagai hal terkait lainnya Karakter merupakan watak. tabiat akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil. internalisasi berbagai kebajikan virtues yang digunakan sebagai landasan. untuk cara pandang berpikir bersikap dan bertindak Kebajikan terdiri. atas sejumlah nilai moral dan norma seperti jujur berani bertindak dapat. dipercaya dan hormat kepada orang lain, Ada pun nilai nilai 9 pilar karakter dinyatakan berikut ini. Megawangi 2009 3, a Cinta Tuhan dan alam semesta beserta isinya. b Tanggung jawab Kedisiplinan dan Kemandirian, c Kejujuran.
d Hormat dan Santun, e Kasih Sayang Kepedulian dan Kerjasama. f Percaya Diri Kreatif Kerja Keras dan Pantang Menyerah. g Keadilan dan Kepemimpinan, h Baik dan Rendah Hati. i Toleransi Cinta Damai dan Persatuan, 2 Materi Ajar Bahasa Indonesia. Menurut Alwasilah 2002 2 materi ajar adalah bahan, pembelajaran yang dapat dipertanggungjawabkan dari sudut kebenaran. ilmu dan tidak melanggar tata norma yang berlaku Bahan pembelajaran. ini harus spesifik jelas dan akurat sesuai dengan kurikulum yang berlaku. serta bersifat mutakhir dan mengikuti perkembangan zaman Penyajian. materi berkaitan dengan penyajian tujuan pembelajaran keteraturan urutan. penyajian dari aspek yang mudah kepada yang sulit pengurutan. penugasan kepada siswa hubungan antarbahan dan hubungan teks dengan. latihan dan soal Penyajian seyogianya dapat meningkatkan motivasi. siswa mengarah kepada penguasaan kompetensi, Salah satu wujud dari bahan ajar materi bahan ajar adalah buku.
pelajaran Menurut Susanto 2009 2 buku merupakan komponen yang. sangat penting disamping guru dan siswa Perangkat buku pelajaran itu. terdiri dari tiga komponen yaitu buku siswa buku guru dan buku kerja. Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan. kebutuhan dan minatnya serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap. hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri Guru dapat. memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta. didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar. Puskur 2006, E Kerangka Pemikiran, Kerangka pemikiran dalam penelitian ini digambarkan sebagai berikut. Tujuan pendidikan nasional Pelajaran Bahasa, membentuk insan cerdas Indonesia di SD. namun juga berkepribadian, atau berkarakter, Pendidikan Karakter Materi ajar bahasa. Indonesia di SD, Sumber belajar pendidikan Analisis isi untuk menelaah. karakter isi dari buku ajar Bahasa, Indonesia kelas II SD Gemar.
Berbahasa Indonesia 2, terbitan Tiga Serangkai yang. mengandung pendidikan, Muatan Pendidikan Karakter, dalam materi ajar bahasa. Indonesia di SD, Gambar 1 Kerangka Pemikiran, F Metode Penelitian. 1 Jenis Metode Penelitian, Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat. deskriptif Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah content. analysis atau analisis isi isi yang digunakan untuk menelaah isi dari suatu. dokumen Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi. tunggal terpancang, 2 Data dan Sumber Data, data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud data sekunder.
yang diperoleh dari buku materi ajar Bahasa Indonesia kelas II SD yaitu. Gemar Berbahasa Indonesia 2 terbitan Tiga Serangkai. 3 Teknik Pengumpulan Data, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. adalah teknik simak dan catat, 4 Validitas Data, Validitas data menggunakan triangulasi data yaitu dengan cara. memeriksa kebenaran data dengan menggunakan perbandingan antara data. dari sumber data yang satu dengan sumber data yang lain sehingga. keabsahan dan kebenaran data akan diuji oleh sumber data yang berbeda. 5 Teknik Analisis Data, Metode analisis yang digunakan adalah Content Analysis kajian. isi Analisis isi adalah teknik penelitian untuk membuat inferensi. inferensi yang dapat ditiru replicabel dan kesahihan data dengan. memperhatikan konteknya Analisis isi berhubungan dengan komunikasi. atau isi komunikasi Bungin 2003 172, G Hasil Penelitian. 1 Nilai nilai pendidikan karakter yang ada dalam materi ajar bahasa. Indonesia kelas 2 SD terbitan Tiga Serangkai Tahun 2006. Berdasarkan hasil analisis terhadap materi ajar bahasa Indonesia. kelas 2 SD terbitan Tiga Serangkai Tahun 2006 maka diperoleh nilai nilai. pendidikan karakter sebagai berikut, a Nilai karakter religius.
b Nilai karakter pribadi yang baik, c Nilai karakter kepedulian sosial. d Nilai karakter kejujuran, e Nilai karakter kerja keras. f Nilai karakter cinta lingkungan, Beberapa nilai pendidikan karakter tersebut mencerminkan bahwa. sebagai siswa dibutuhkan perilaku belajar yang giat dan rajin belajar. dilakukan dengan segenap hati dilakukan dengan tekun Orang yang baik. tidak mudah marah baik dan lemah lembut Orang harus selalu. memelihara watak yang bersabar hati dan tidak tergesa gesa dan berhati. hati dalam melakukan sesuatu Selanjutnya makna dari kata rajin belajar. pada data 6 adalah suka belajar getol sungguh sungguh belajar selalu. berusaha giat untuk belajar, Nilai pendidikan karakter religius adalah Tuhan itu hanya satu atau. Tuhan Yang Maha Esa agama Islam hanya mengakui adanya satu Tuhan. yaitu Allah SWT yang terumuskan dalam Kalimat Tauhid La ilaha. illallah Rasa syukur terhadap karunis Tuhan manusia yang telah. diberikan kemudahan dalam memperoleh kenikmatan dan rizki maka. memiliki kewajiban untuk mensyukuri karunia tersebut kepada Allah. Nilai pendidikan karakter tentang kewajiban siswa untuk belajar. melalui belajar akan diperoleh pengetahuan dan pengalaman yang dapat. menambah ilmu dan kepandaian Proses belajar harus didasari oleh rasa. senang di hati siswa Dengan rasa ini maka proses belajar dapat terlaksana. dengan baik Belajar bergotong royong kerja sama yang baik sesuai. dengan karakter budaya bangsa yang suka bergotong royong. menyelesaikan masalah dan pekerjaan secara bersama sama Belajar dari. kegagalan bahwa kegagalan bukanlah suatu akhir kita harus mencoba. bangkit lagi dan berusaha agar berhasil, Nilai pendidikan karakter tentang penerapan hidup bersih dan.
sehat gaya hidup sehat adalah upaya untuk menerapkan kebiasaan yang. baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan. buruk yang dapat mengganggu kesehatan Nasionalisme yaitu cara. berfikir bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan kepedulian. dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa lingkungan fisik sosial. budaya ekonomi dan politik bangsanya Nasionalisme dalam hal ini. adalah sikap untuk selalu menjaga keutuhan lingkungan fisik hutan demi. keselamatan nasional Menjauhi sifat tamak mendorong tumbuhnya nilai. nilai kejujuran keadilan kasih sayang toleransi keindahan dan tanggung. jawab dalam menjalani kehidupan Menjauhi sifat malas sifat yang. merugikan tidak mau berusaha adalah sifat yang bertentangan dengan. karakter kewirausahaan Seorang siswa harus berusaha dulu untuk. mendapatkan sesuatu Melakukan sesuatu dengan ikhlas yaitu tanpa. pamrih tidak mengharapkan imbalan Suka tolong menolong yaitu. mengembangkan kepekaan sosial solidaritas toleransi dan saling. mengenal serta saling menolong antar sesama warga Indonesia walaupun. berbeda latar belakangnya, 2 Klasifikasi isi buku materi ajar bahasa Indonesia kelas 2 SD terbitan Tiga. Serangkai Tahun 2006 yang mengandung nilai nilai pendidikan. Kompetensi yang hendak dicapai pada buku materi ajar bahasa. Indonesia kelas 2 SD terbitan Tiga Serangkai Tahun 2006 adalah. mengarah pada pembentukan karakter peserta didik yang mampu berfikir. logis kritis kreatif dan inovatif percaya diri bertanggung jawab ingin. Penelitian initermasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis atau analisis isi isi yang digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi tunggal terpancang Tujuan pendidikan nasional membentuk insan cerdas namun juga berkepribadian atau

Related Books

Grove YB4400 Series Bigge Crane and Rigging Co

Grove YB4400 Series Bigge Crane and Rigging Co

provides an audible warning to the crane operator and disengages all crane functions whose movement can cause two blocking Grove YB4400 Series 5 Specifications Superstructure continued Frame Denotes optional equipment Hoist specifications YB4409 XL Worm drive with counter balance valving Equal speed power up and down YB4409 2 and YB4411 Piston motor drive with spring applied

Grove RT765E 2 Bigge Crane and Rigging Co

Grove RT765E 2 Bigge Crane and Rigging Co

Grove RT765E 2 Product Guide Smooth operation The RT765E 2 has a quick reeve boom nose and swingaway alignment device to help operators set up smoothly Features MEGAFORM boom The superstructure features a full power four section MEGAFORM boom that can reach to a maximum tip height of 119 ft The sequence synchronized extension features telescopic boom sections via a single lever

Crane Incident Handbook Warren Forensics

Crane Incident Handbook Warren Forensics

Crane Swing Mechanism Equipment Integrity Introduction Cranes are powerful lifting devices that we see everyday in construction areas shipping terminals and industrial sites They are so common that we often pass by them with little thought Cranes however can easily become involved in incidents that injure people or damage equipment Cranes that are improperly sized for a job improperly

Mobile Crane Inspection Guidelines for OSHA Compliance

Mobile Crane Inspection Guidelines for OSHA Compliance

Mobile Crane Inspection Guidelines for OSHA Compliance Officers US Department of Labor Robert B Reich Secretary Occupational Safety and Health Administration Joseph Dear Assistant Secretary Office of Construction and Engineering Charles G Culver Director June 1994

Grove YB7725 wogrubb com

Grove YB7725 wogrubb com

important crane component Split door design The new split door design offered with the optional enclosed cab allows for the top half to be left open while keeping the bottom half closed for safety Operator cab Hydraulic proportional joystick controls automotive dash layout tilt steering wheel and suspension seat enhances operator comfort and ease of use 4 Grove YB7725 5

Grove RT890E Crane Rental Company Maxim Crane Works

Grove RT890E Crane Rental Company Maxim Crane Works

Grove RT890E 9 Mode A vs Mode B THIS CHART IS ONLY A GUIDE AND SHOULD NOT BE USED TO OPERATE THE CRANE The individual crane s load chart operating instructions and other instructional plates must be read and understood prior to operating the crane Main boom length in feet 37 350 463 4 76 4 89 4 102 4 141 7 115 4

STIHL MS 650 660 Instruction Manual Manual de instrucciones

STIHL MS 650 660 Instruction Manual Manual de instrucciones

STIHL MS 650 660 Instruction Manual Manual de instrucciones Warning This saw is capable of severe kickback which may cause serious or fatal injury Only for users with extraordinary cutting needs and experience and training dealing with kickback Chainsaws with significantly reduced kickback potential are available STIHL recommends the use of STIHL reduced kickback bar and low kickback

CM I Le th or me d inversion locale 3mm

CM I Le th or me d inversion locale 3mm

du point xe mile Picard Th or me d inversion locale Ulisse Dini Inversion locale Puisque f est C1 sur U et que df0 Id il existe un rayon r0 gt 0 tel que dfx soit inversible pour tout x 2B r0 En rempla ant dans l tude pr c dente r par min r r0 on peut toujours supposer que dfx est inversible en tout point de V

3 Th or me d inversion et fonctions implicites

3 Th or me d inversion et fonctions implicites

3 Th or me d inversion et fonctions implicites Le sujet principal de ce chapitre est le comportement local d une application diff rentiable est qualitativement d termin par la diff rentielle en ce point D nition 3 0 3 Un espace vectioriel norm complet est appel espace de Ba nach

Inversion en g om trie et g om trie de l inversion

Inversion en g om trie et g om trie de l inversion

donnerons les propri t s de l inversion en g om trie avec de nombreux exemples d application l appui Enfin nous introduirons la notion de groupe des transformations inversives o les inversions et les r flexions se rejoignent et se composent 1 Notions pr alables 1 1 Puissance d un point par rapport un cercle