Hubungan Antara Self Disclosure Dengan Interaksi Sosial-Books Pdf

HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN INTERAKSI SOSIAL
29 Sep 2020 | 1 views | 0 downloads | 93 Pages | 3.69 MB

Share Pdf : Hubungan Antara Self Disclosure Dengan Interaksi Sosial

Download and Preview : Hubungan Antara Self Disclosure Dengan Interaksi Sosial

Report CopyRight/DMCA Form For : Hubungan Antara Self Disclosure Dengan Interaksi Sosial



Transcription

HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN, INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA. Diajukan Kepada Universitas Muhammadiyah Malang, sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar. Sarjana Psikologi, Ismi Yustisi Nurwakhidyati, 201410230311048. FAKULTAS PSIKOLOGI, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. KATA PENGANTAR, Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan.
Rahmat dan Hidayah Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan. judul Hubungan Antara Self Disclosure Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja. sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana psikologi di Universitas. Muhammadiyah Malang, Dalam proses penyusunan skripsi ini penulis menyadari mendapatkan. bimbingan petunjuk serta bantuan dari berbagai pihak Oleh karena itu penulis. ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada. 1 Bapak M Salis Yuniardi S Psi M Psi Ph D selaku dekan Fakultas. Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, 2 Ibu Siti Maimunah S Psi M M M A selaku Pembimbing I dan Ibu Sofa. Amalia M Si selaku Pembimbing II yang telah membimbing serta. mendukung penulis hingga mampu menyelesaikan skripsi dengan baik. 3 Bapak Zakarija Achmat S Psi M Si selaku dosen wali serta seluruh dosen. yang telah mendidik dan memberi pengarahan kepada penulis selama masa. perkuliahan, 4 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan SMA. Negeri 12 Banjarmasin serta seluruh siswa siswi yang menjadi responden. dan semua pihak yang membantu lancarnya pengerjaan skripsi ini yang tidak. dapat penulis sebutkan satu persatu, 5 Keluarga tercinta ayah Anang Wahyono S H dan ibunda Tutin Srisayekti. S Pd serta kakak Gayuh Yustia Nurkharis Maningtyas S Psi yang tak. pernah lelah mendoakan dan tak henti hentinya memberikan motivasi. sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini, 6 Sahabat yang jauh di mata dekat di hati Ely Refina Pramesty dan Waltis.
yang selalu memberi dukungan, 7 Keluarga baru di Malang yang telah memberikan hiburan dan dukungan. yaitu Iyaz Tutut Dilla Ninis Jeje Melda Gita Ulil Bellia Yenu Fay Febi. dan terimakasih teristimewa untuk Irvan yang selama pengerjaan skripsi ini. rela terseret dalam keluh kesah penulis dengan hati lapang. 8 Teman teman Fakultas Psikologi khususnya kelas A angkatan 2014 untuk. keceriaan dan kebersamaan selama masa kuliah penulis. 9 Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah banyak. memberikan bantuan pada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Penulis menyadari bahwa tiada satupun manusia yang sempurna sehingga. penulis sangat mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan karya ini Meski. demikian penulis berharap semoga karya ini dapat bermanfaat bagi peneliti. khususnya dan pembaca pada umumnya, Malang 07 Juli 2018. Ismi Yustisi N, DAFTAR ISI, LEMBAR PENGESAHAN ii, SURAT PERNYATAAN iii. KATA PENGANTAR iv, DAFTAR ISI v, DAFTAR TABEL vi, DAFTAR LAMPIRAN vii. LANDASAN TEORI 6, Interaksi Sosial 6, Self Disclosure 8.
Self Disclosure dengan Interaksi Sosal pada Remaja 10. Kerangka Berpikir 12, Hipotesa 12, METODE PENELITIAN 13. Rancangan Penelitian 13, Subjek Penelitian 13, Variabel dan Instrumen Penelitian 13. Prosedur dan Analisa Data 14, HASIL PENELITIAN 16, DISKUSI 19. SIMPULAN DAN IMPLIKASI 22, REFERENSI 23, LAMPIRAN 25. DAFTAR TABEL, Tabel 1 Indeks Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian 14.
Tabel 2 Karakteristik Subjek Penelitian 16, Tabel 3 Hasil Kategorisasi Skala Self Disclosure 16. Tabel 4 Hasil Kategorisasi Skala Interaksi Sosial 16. Tabel 5 Hasil Kategorisasi Skala Interaksi Sosial dan Self Disclosure 17. Tabel 6 Aspek Self Disclosure pada remaja 17, Tabel 7 Hasil Korelasi Self Disclosure dan Interaksi Sosial 18. Tabel 8 Blue Print Skala Interaksi Sosial 28, Tabel 9 Blue Print Skala Self Disclosure 28. Tabel 10 Indeks Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian 29. Tabel 11 Pengkategorian Skor Interaksi Sosial Baik Kurang 50. Tabel 12 Pengkategorian Skor Self Disclosure Baik Kurang 52. DAFTAR LAMPIRAN, LAMPIRAN 1, Cara Pengambilan Sampel 275. LAMPIRAN 2, Blue Print Skala Interaksi Sosial dan Skala Self Disclosure 277.
LAMPIRAN 3, Uji Validitas Dan Reliabilitas 30, LAMPIRAN 4. Skala Interaksi Sosial dan Skala Self Disclosure Sebelum Uji Coba 36. LAMPIRAN 5, Skala Interaksi Sosial dan Skala Self Disclosure Setelah Uji Coba 42. LAMPIRAN 6, Uji Normalitas dan Pengkategorian 48, LAMPIRAN 7. Uji Korelasi Product Moment Pearson 53, LAMPIRAN 8. Tabulasi Data Uji Coba 56, LAMPIRAN 9, Tabulasi Data Penelitian 62.
LAMPIRAN 10, Surat Penelitian 83, HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN. INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA, Ismi Yustisi Nurwakhidyati. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. ismiyustisi gmail com, Interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara individu satu dengan individu. lainnya yang saling mempengaruhi Seorang remaja perlu memiliki interaksi. sosial yang baik untuk menjalin hubungan antar individu maupun dengan. lingkungan sosialnya Salah satu aspek penting dalam membina hubungan dengan. orang lain adalah self disclosure Self disclosure adalah pengungkapan diri kepada. orang lain berupa informasi diri pendapat sikap dan perasaan Tujuan penelitian. ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self disclosure dengan. interaksi sosial pada remaja Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. untuk menentukan tingkat dan arah hubungan dengan statistik tunggal secara. bersamaan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMA X sebanyak 210. orang dengan rentang usia 15 19 tahun Hasil penelitian menggunakan Uji. Korelasi Product Moment Pearson menunjukkan r 0 448 p 0 000 yang. dapat disimpulkan terdapat hubungan signifikan yang positif antara self disclosure. dengan interaksi sosial pada remaja artinya semakin tinggi self disclosure maka. semakin tinggi pula interaksi sosial pada remaja, Kata kunci Self disclosure interaksi sosial remaja. Social interaction is a relation between individuals which can affect each other. Teenager needs to have a good social interaction to establish their relations and. their social environment One of important aspect in order to developing relations. each others is called self disclosure Self disclosure is identity reveal process to. others that containing self informations opinions attitudes and feelings This. research was purposes to determine is there a continuity between self disclosure. and social interaction of adolescents This research is correlational research to. determine the level and the relations to statistic single simultaneously The sample. of this research was taken from SMA X with total 210 respondents by the range of. age 15 19 years old Research result of the Correlation Test using Product. Moment Pearson showed r 0 448 p 0 000 which can be concluded as a. significant positive correlation between self disclosure and social interaction of. adolescents its mean more higher self disclosure then adolescent social. interaction will be higher too, Keywords Self disclosure social interaction adolescence.
Seiring majunya perkembangan teknologi remaja tidak hanya dapat melakukan. interaksi secara langsung melalui tatap muka namun juga dapat mela kukan. interaksi secara tidak langsung yaitu melalui telepon maupun dengan aplikasi. chating di media sosial Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh. Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama UNICEF 2014 mengenai. perilaku anak dan remaja dalam menggunakan Internet disebutkan bahwa. penggunaan media sosial dan digital menjadi bagian yang menyatu dalam. kehidupan sehari hari anak muda Indonesia Studi ini menemukan bahwa 98. persen dari anak anak dan remaja yang disurvei tahu tentang internet dan bahwa. 79 5 persen diantaranya adalah pengguna internet Motivasi remaja mengakses. internet adalah untuk pencarian informasi yang didorong oleh tugas tugas sekolah. dan media sosial ataupun konten hiburan didorong oleh kebutuhan pribadi. Media sosial memungkinkan siapa saja dapat mengunggah berbagai hal Para. remaja sering memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk meluapkan. emosinya dengan mengungkapkan apa yang dirasakan dan dialami Remaja. biasanya merasa aman dan leluasa saat mengungkapkan dirinya di media sosial. karena dapat berkomunikasi dengan lawan interaksi tanpa harus bertemu. Interaksi sosial menjadi hal yang sangat penting mengingat bahwa manusia pada. hakikatnya adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia. lainnya Oleh karena itu seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi. interaksi sosial antar sesama manusia dibuat mudah dengan sedemikian rupa. jenisnya Tidak sedikit pula diantara mereka membuat group pada media sosial. seperti WhatsApp Line Facebook maupun group di jejaring sosial lainnya. Selain itu saat ini di kalangan remaja juga sedang marak dengan fenomena squad. atau biasa disebut geng terutama di kalangan remaja perempuan Tergabung. dalam sebuah geng atau kelompok membawa kebanggaan sendiri bagi mereka. Menurut Santrock 2001 dalam lingkungan sekolah banyak remaja yang. membentuk kelompok kelompok pertemanan yang terdiri atas orang orang yang. merasa memiliki ikatan kuat selalu melakukan aktifitas kelompok secara. bersama hal inilah yang dinamakan Peer Group atau yang biasa disebut geng. Sarwono 2009 menyebutkan bahwa kelompok adalah sekumpulan individu dan. tingkah laku kelompok adalah gabungan dari tingkah laku individu secara. bersama sama Jika dilihat dari sudut pandang psikologis latar belakang. fenomena girl squad didasari oleh beberapa faktor mulai dari kebutuhan untuk. berteman dan merasa nyaman dengan orang lain Selain itu fenomena ini juga. menunjukkan girl power dimana kelompok perempuan yang berkumpul menjadi. lebih powerfull dalam menyuarakan aspirasi mereka Hal ini berkaitan erat dengan. pengungkapan diri seseorang Melalui adanya kelompok atau geng remaja lebih. percaya diri dalam mengungkapan apa yang mereka rasakan mulai dari bercerita. hingga mengeluarkan ide ataupun pemikiran pemikiran yang ingin disampaikan. Stanley Hall dalam Santrock 2011 mendefinisikan masa remaja sebagai masa. dimana individu yang mengalami perubahan karakter dari era kanak kanak. menuju masa kedewasaan Dijelaskan bahwa pada masa ini remaja mengalami. storm stress atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan badai. tekanan Fenomena tersebut ditandai dengan adanya perubahan pergolakan. yang mempengaruhi tindakannya Misalnya saja terjadi perubahaan mood ketika. sedang belajar bahkan ketika sedang berinteraksi dengan sesama teman yang. dapat menimbulkan perselisihan Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan. bahwa sangat penting bagi para remaja untuk dapat memahami fungsi dirinya. sendiri sesuai dengan tugas perkembangannya, Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun Remaja. didefinisikan sebagai masa transisi dari masa kanak kanak menuju dewasa. Santrock 2011 mengatakan bahwa perkembangan di masa remaja diawali oleh. interaksi antara faktor faktor genetik biologis lingkungan dan sosial Remaja. menghabiskan ribuan jam untuk berinteraksi dengan orang tua teman dan guru. yang kemudian akan dihadapkan pada perubahan biologis pengalaman. pengalaman baru serta tugas perkembangan baru Beberapa tugas perkembangan. remaja menurut Hurlock dalam Ali dan Asrori 2012 yaitu mampu menerima. keadaan fisiknya mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok. yang berlainan jenis mencapai kemandirian emosional serta mengembangkan. konsep dan keterampilan intelektual yang sangat diperlukan untuk melakukan. peran sebagai anggota masyarakat, Masa remaja adalah masa krisis identitas dan dituntut untuk dapat menyesuaikan. diri agar terjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan sosialnya Dalam. kehidupan sehari hari individu tidak pernah terlepas dari interaksi sosial dengan. orang lain Melalui interaksi sosial individu dapat saling berkomunikasi bekerja. sama melakukan persaingan dan lain sebagainya Menurut Walgito dalam. Dayakisni Hudaniah 2009 interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara. individu satu dengan individu lainnya dimana individu yang satu dapat. mempengaruhi individu lainnya sehingga terdapat hubungan yang saling timbal. Seorang remaja perlu memiliki interaksi sosial yang baik dengan lingkungannya. baik di lingkungan keluarga sekolah maupun masyarakat Interaksi melibatkan. individu lainnya yang diharapkan mampu membina hubungan yang baik terhadap. sesama Kemampuan remaja dalam membangun hubungan sosial akan. menyebabkan seseorang merasa nyaman berada di lingkungan sehingga akan. mudah mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Penelitian yang dilakukan oleh Treger Sprecher dan Erber 2013. mengungkapkan bahwa jika individu berinteraksi dengan individu yang humoris. maka mereka menganggap bahwa lawan bicara akan menyukai mereka dan. menikmati ketika berinteraksi Berbagi lelucon dapat membawa teman atau. bahkan saingan Namun sifat sosial mengajarkan untuk peka terhadap isyarat. sosial dalam menjalin hubungan dengan orang lain Individu akan berusaha untuk. mencari topik pembicaraan agar interaksi dapat berlangsung dan membuat lawan. bicaranya nyaman Begitu pula individu dalam mengungkapkan diri bertujuan. untuk mencapai hubungan yang akrab, Pesatnya kemajuan teknologi saat ini memberikan dampak positif maupun negatif. Adanya teknologi dapat memudahkan kehidupan manusia dimana dapat. KATA PENGANTAR iv DAFTAR ISI Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang ismiyustisi gmail com Interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara individu satu dengan individu lainnya yang saling mempengaruhi Seorang remaja perlu memiliki interaksi sosial yang baik untuk menjalin hubungan antar individu maupun dengan lingkungan sosialnya Salah satu aspek penting dalam

Related Books

GOVERNOR S EXECUTIVE BUDGET DOA Home

GOVERNOR S EXECUTIVE BUDGET DOA Home

GOVERNOR S EXECUTIVE BUDGET FISCAL YEAR 2016 2017 John Bel Edwards Governor Jay Dardenne Commissioner of Administration

October 27 2017 Amazon Web Services

October 27 2017 Amazon Web Services

October 27 2017 The Airport Commission the Commission of the City and County of San Francisco hereby provides its Financial Statements with Schedule of Passenger Facility Charge Revenues and Expenditures June 30 2017 and 2016 With Independent Auditors Report Thereon the Financial Statements By providing the Financial Statements the Commission does not imply or

ESTIMATES OF REVENUE AND EXPENDITURES FOR THE FISCAL YEAR

ESTIMATES OF REVENUE AND EXPENDITURES FOR THE FISCAL YEAR

Supporting Schedule Redevelopment Initiatives Marketing and Special Events Project Listing I Bank Loan Proposed Forecasted Forecasted Forecasted Forecasted Total serIes 2016 FY 2016 FY 2017 FY 2018 FY 2019 FY 2020 Source Revenue Tax Increment Rovonue TIR Allocation 3 662 974 672 526 692 189 753 293 765 168 779 798 Miscellaneous

FISCAL RECORDS RETENTION SCHEDULE MSU Libraries

FISCAL RECORDS RETENTION SCHEDULE MSU Libraries

For any questions concerns or additional guidance regarding this retention schedule please contact University Archives at 517 355 2330 or at archives msu edu Schedule Draft Revised 2 6 2017 Schedule Draft Revised 3 14 2017 Schedule Draft Revised 5 3 2017 Schedule Draft Revised 8 3 2017 Schedule Draft Revised 10 9 2017

NIKE INC REPORTS FISCAL 2017 FIRST QUARTER RESULTS

NIKE INC REPORTS FISCAL 2017 FIRST QUARTER RESULTS

NIKE INC REPORTS FISCAL 2017 FIRST QUARTER RESULTS Revenues up 8 percent to 9 1 billion 10 percent growth excluding currency changes Diluted earnings per share up 9 to 0 73 compared to prior year Worldwide futures orders up 5 percent 7 percent growth excluding currency changes Inventories as of August 31 2016 up 11 percent BEAVERTON Ore Sept 27 2016 NIKE Inc

Fiscal 2017 ADP Earnings Call amp Webcast

Fiscal 2017 ADP Earnings Call amp Webcast

Fiscal 2018 Outlook Revenues Margin Expansion Adjusted Diluted EPS a Worldwide New Business Bookings U S Pays per Control Adjusted Effective Tax Rate a h 5 7 compared to 1 65 billion sold in fiscal 2017 h 2 5 compared to 2 4 increase in fiscal 2017 h 33 0 from 30 9 in fiscal 2017 h 5 6 Reported

T2S financial statements for the fiscal year 2017

T2S financial statements for the fiscal year 2017

T2S financial statements for the fiscal year 2017 3 Pre financing of T2S by the Eurosystem This item relates to the amounts owed to the Eurosystem national central banks NCBs that have been pre financing T2S namely the covered costs incurred for both the development and the operation of T2S This liability effectively reflects the

Expert IQ Report Melania vs Michelle Divided Speeches

Expert IQ Report Melania vs Michelle Divided Speeches

Michelle Obama s speech was very focused and presents a single strong and highly relevant correlation between Barack Obama the Senate and the USA while in Melania Trump s speech there are different correlations Main concepts and sentences

Dramatic Catharsis Barack Obama s rhetoric of redemption

Dramatic Catharsis Barack Obama s rhetoric of redemption

9 2 Figure 2 Michelle and Barack Obama fist bump at the 2008 Democratic National Convention 9 3 Figure 3 Cover of the New Yorker 14 July 2008 depicting the Obamas as radical flag burning militant M uslims in the White House 15 8 Figure 4 Barack and Michelle Obama on the steps of the Lincoln

A Reading A Z Level S Leveled Book Word Count 1 359 Obama

A Reading A Z Level S Leveled Book Word Count 1 359 Obama

Barack Obama Level S 15 16 Barack ran for the United States Senate in 2004 He was asked to speak at an important meeting of the Democratic Party He gave a hopeful speech about all Americans working together to help the United States become an even greater country The speech was a big success and Barack s words inspired many people He easily won a seat in the U S Senate later that