Estetika Simbolik Pada Desain Bangunan Komersil Di Kawasan -Books Pdf

ESTETIKA SIMBOLIK PADA DESAIN BANGUNAN KOMERSIL DI KAWASAN
29 Dec 2019 | 26 views | 0 downloads | 7 Pages | 223.37 KB

Share Pdf : Estetika Simbolik Pada Desain Bangunan Komersil Di Kawasan

Download and Preview : Estetika Simbolik Pada Desain Bangunan Komersil Di Kawasan


Report CopyRight/DMCA Form For : Estetika Simbolik Pada Desain Bangunan Komersil Di Kawasan



Transcription

PENDAHULUAN, Istilah estetika dikemukakan pertama kali oleh Alexander Blaumgarten pada tahun 1750 untuk. menunjukkan sebuah studi tentang taste di bidang seni rupa Ilmu estetika berkait dengan. mengidentifikasikan dan memahami faktor yang memberikan kontribusi pada persepsi suatu objek. atau proses yang dianggap indah beautiful atau yang memberikan pengalaman yang bersifat. menyenangkan Secara etimologi kata tersebut berkaitan dengan segala sesuatu yang berhubungan. dengan persepsi Blaumgarten sendiri menaruh perhatian secara prinsip dengan persepsi beauty pada. puisi lukisan dan seni patung, Pada saat ini istilah tersebut digunakan secara meluas dalam diskusi permasalahan wujud. nyata ataupun prosedural perancangan bangunan interior furnitur dan sebagainya Istilah ini. digunakan dalam pengertian pemahaman sifat kemampuan manusia untuk menciptakan dan menikmati. display yang tercipta yang menyenangkan secara estetis. Untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan estetika perlu diperhatikan terlebih dahulu. pengertian pengertian dasarnya Dalam filsafat keindahan pengalaman estetis menurut pandangan. fenomenologi merupakan pengalaman estetis tentang thing Pengalaman estetika berdasarkan. pengamatan indrawi disaat yang sama keseluruhan jiwa raga manusia turut berpartisipasi. menimbulkan perasaan terikat terhanyut dan terpikat perasaannya menuju suatu kesenangan dan. pengalaman estetis, Penelitian menggunakan metode kualitatif yaitu dengan melakukan studi pustaka untuk. mendapatkan konsep bangunan komersial simbolik dan estetika Berbekal konsep tersebut dilakukan. studi lapangan untuk mengobservasi bangunan komersial yang ada di kawasan perdagangan di daerah. Cihampelas,LANDASAN TEORI, Dari penjelajahan diatas tentang estetika yang terdapat pada olahan fasad bangunan di. kawasan Cihampelas dari segi perencana pengembang maupun calon pengguna sedikit banyak. telah dapat dinyatakan bahwa pendekatan estetika yang terdapat dan dilakukan terhadap perancangan. dan pilihan bangunan tersebut mengarah kepada estetika simbolik sebagai dasar olahan estetika fasad. bangunan meskipun terdapat kepentingan yang berlawanan antara pengembang sebagai pedagang dan. pengguna sebagai calon pemakai nya Kedua individu tersebut dapat dikatakan sepakat untuk. mendudukkan kepentingan estetika simbolik sebagai landasan atas kesenangan estetika yang akan. diperoleh dan ditampilkan pada bangunannya Selanjutnya tentu saja akan membawa konsekuensi. bahwa yang akan hadir nantinya diharapkan juga makna simbolik apakah men simbol kangengsi. kekayaan status adalah soal kemudian, Mengenai makna ini tak kurang Hersberger menyatakan Meaning is not contained in the.
elements of architecture but rather something which is intended for attributed to them by human. beings Robert G Hersberger 1972,476 HUMANIORA Vol 3 No 2 Oktober 2012 475 481. Tidak setiap susunan elemen dalam bangunan dapat mempunyai makna secara langsung tetapi. makna ini timbul karena adanya kaitan bagaimana perlakuan manusia terhadap susunan tersebut. Setidaknya terdapat dua makna dalam ilmu arsitektur yang pertama adalah makna representational. atau obyektif yaitu makna yang berkaitan dengan obyek kejadian ide atau sejenisnya yang. merupakan faktor diluar manusia Sedang jenis yang kedua adalah faktor makna responsif atau. subyektif yang hanya berhubungan dengan faktor internal manusia berkaitan dengan emosi tingkah. laku perasaan manusia itu sendiri, Lingkungan binaan sekitar kita penuh dengan makna simbolik dengan segala pengaruhnya. terhadap individu sekeliling Pengenalan terhadap makna ini disadari atau setengah disadari memberi. pengaruh terhadap perasaan individu tentang lingkungan dan pemikiran tentang eksistensi dirinya. sendiri Makna simbolik selama ini belum merupakan masalah yang perlu disinggung padahal. pengenalan terhadap makna simbolik dari lingkungan binaan adalah hal yang cukup penting dimana. dengan mengenal tersebut individu dapat memproleh capaian kearah rasa memiliki sense of. belonging atas tempat dan kaitan dirinya dengan kelompoknya demikian dinyatakan oleh Amos. Rapoport 1982, Sifat dari simbol yang sering dinyatakan dalam ilmu yang disebut sebagai semiology adalah lahan. yang kerap mempengaruhi para arsitek dan designer lingkungan seperti Broadbent Bunt dan Jencks. Perhatian utama dari semiology adalah pada segitiga semiologikal yang merupakan hubungan antara. symbol though dan referent seperti yang ternyatakan dalam Gambar 1. Gambar 1 Segitiga Semiologikal, Estetika Simbolik pada Desain Bangunan Doni Morika 477. Lingkungan binaan mengandung struktur atau susunan permukaan berbagai material bahan. pigmentasi dan tingkatan iluminasi Pola elemen tersebut merupakan penanda atau signifier Idea dan. makna yang berkaitan dengan pola ini yang merupakan pertanda signified mungkin mempunyai. keragaman antar individu karena referensinya yang berlainan Referensi ini yang membuat eksperiensi. atas berbagai makna dan estetika mempunyai kemungkinan untuk berlainan. Karenanya jika ditinjau dari bentuk bangunan komersil pada kawasan Cihampelas belakangan. ini muncul beraneka ragam gaya dan model berikut,Gambar 2 Banguman Komersial di Cihampelas.
478 HUMANIORA Vol 3 No 2 Oktober 2012 475 481, Makna simbolik juga tergantung dari konteksnya Charles Moore 1938 menyatakan. sekurangnya terdapat tiga tingkatan makna yaitu syntactic semantic dan pragmatic Makna syntactis. dihasilkan dari lokasi bangunan terhadap sekelilingnya Makna semantic merujuk pada norma ide. atau sikap yang muncul dari penampilan elemen bangunannya Makna pragmatic berkaitan langsung. dengan simbol simbol yang digunakannya dalam bangunan tersebut Dengan konteks yang demikian. maka makna simbolik yang muncul dari penampilan fasade bangunan adalah makna syntactis yang. tak dapat dipungkiri lagi bahwa penampilan bangunan yang khas daerah perbelanjaan Cihampelas. Proses stimulus dan respon secara umum menerangkan mengapa beberapa perbedaan. interpretasi tentang simbol dapat muncul Sudah lazim diketahui bahwa variabel yang sama seperti. fasad bangunan mungkin akan memberikan makna yang berlainan bagi pengamat yang berbeda Di. sisi lain bentuk yang berbeda mungkin juga akan mampu mengkomunikasikan makna yang sama. Dalam masyarakat yang homogen terdapat kesepakatan umum dalam simbolisasi tentang bangunan. yang spesifik dalam gaya ataupun dekorasinya Ketika pengalaman dan nilai berkembang maka akan. muncul kemungkinan kebedaan makna terhadap pola yang sama Teori desain membutuhkan untuk. mengenali hal ini karena makna simbolik menyediakan sejumlah sasaran bagi masyarakat dan menjadi. hal yang penting dalam beberapa hal tertentu, Suzanne Langer 1993 menyatakan bahwa Human being are symbol mongers Salah satu. cara manusia berkomunikasi adalah dengan menggunakan simbol Makna simbolik ini adalah. mekanisme non verbal yang digunakan untuk menyampaikan pesan tentang diri manusia latar. belakang status sosial dan pandangan hidupnya, Dalam studinya tentang Las Vegas Robert Venturi 1962 64 menyatakan bahwa isi dari. simbol di Las Vegas adalah kemasan dari pemasaran komersial secara artifisial dari kalangan jet set. yang terjadi adalah pengabaian aspirasi simbolik dari kalangan menengah oleh kebanyakan perancang. urban Mereka mengenali simbol itu namun tidak menerimanya apalagi mau memanfaatkannya Bagi. mereka dekorasi simbolik dari lapisan kelas sub urban menampilkan derajat yang rendah karena. semuanya dinilai berdasarkan materi dan konsumerisme Jika dicermati maka gejala ini juga melanda. kawasan perbelanjaan Cihampelas, Pertanyaan yang mengemuka kemudian adalah bagaimana gejala tersebut dapat dengan cepat. melanda dan menjadi trend setter Bagaimana pengaruhnya terhadap pengaturan prilaku dalam arti. luas Jawaban yang baik atas pertanyaan tersebut akan dapat membuat arsitek memahami lebih baik. perilaku penggunanya serta andil arsitek terhadap lingkungan Hanya saja ketrampilan menjawab. pertanyaan tersebut kian langka belakangan ini, Makna simbolik masyarakat diperoleh dari lingkungan alami maupun lingkungan binaan dari.
nilai nilai yang disandangnya Ini disadari atau tidak tergantung pada siapa mereka secara. physiologikal sosial dan psikologikal Inilah yang mendasari perbedaan dalam nilai estetika simbolik. masing masing Perbedaan ini mempunyai sifat yang bervariasi dalam karakter organisme Disana. juga terdapat kelompok masyarakat yang mempunyai perbedaan konsep tentang estetika dalam. berbagai tipe,HASIL DAN PEMBAHASAN, Cihampelas secara tidak langsung adalah perwujudan arsitektur sebagai komoditi Setiap. proses kreatifvitas yang berlangsung di Cihampelas sejak awal diarahkan dalam rangka menciptakan. bentuk estetisme dengan fungsi simbolik untuk menaikkan nilai komersial sebuah tempat yang. mewadahi aktivitas perdagangan Dalam hal ini tempat yang menarik diyakini akan mendatangkan. Estetika Simbolik pada Desain Bangunan Doni Morika 479. pengunjung untuk itu setiap bangunan baru di Cihampelas harus berbeda dengan yang telah ada. Diferensi penampakan ditempuh dalam rangka menyusun suatu aura komoditi semangat yang. membuat setiap arsitektur postmodern menjadi menarik dan menggoda Setiap aura komoditi yang. diupayakan pada sebuah komposisi facade tidak memiliki hubungan apapun dengan karakter atau ciri. celana jeans sebagai onjek yang berkaitan langsung dengan aktivitas utama. Estetika Cihampelas adalah sebentuk tontonan yang mencerminkan pengalaman kultural. terwujud dalam citra vitra karakter populer yang berasal dari wilayah pengekspor budaya terutama. pada kasus ini adalah Amerika dan Jepang, Penampakan bangunan pada kawasan perbelanjaan Cihampelas adalah sebentuk fashion yang. berkiblat bergantung kepada kemunculan idiom baru yang diproduksi di wilayah pengekspor budaya. seperti munculnya Hercules Ultraman dll Model kreativitas ini adalah semacam model kreativitas. yang lebam tanpa akhir,Superhero Jeans,Gambar 3 Model Kreativitas di Kawasan Cihampelas. Model estetika arsitektur yang ditampilkan oleh bangunan bangunan di Cihampelas tidak. berkaitan dengan realitas dan masing masing merupakan tanda bagi dirinya sendiri Cihampelas. adalah contoh bagi apa yang disebut Jean Baudrillard sebagai patung atau tiruan Identitas kawasan. Cihampelas dibentuk melalui proses proses simulasi Simulasi tersebut ditempuh dengna merujuk. kepada film komik kartun dan sebagainya sehingga fiksi dan fantasi menjadi referensi utama bagi. kreativitas estetik di Cihampelas Dalam pengertian ini kawasan Cihampelas adalah sebuah ruang. hipereal sebuah ruang kontemporer yang dilingkupi objek patung atau tiruan postmodern. Estetika Simbolik pada tampilan arsitektur adalah salah satu dari pusat perhatian untuk. apresiasi estetis Pilihan masyarakat dalam mengolah lingkungan untuk mereka tempat tinggali. seringkali berlandaskan pada hal yang simbolik Amos Rapoport menegaskan bahwa dengan merubah. simbol yang bersesuaian dan menjadi karakter suatu tempat juga akan merubah persepsi manusia. terhadap kualitas ruang Perancang lingkung bina seringkali berusaha untuk menciptakan simbol baru. dengan memanipulasi variabel bentuk bangunan dengan intuisi yang cukup baik meskipun ini. mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam menangani dan menggunakan simbol sebagai. landasan meraih estetika suatu lingkungan binaan,480 HUMANIORA Vol 3 No 2 Oktober 2012 475 481. DAFTAR PUSTAKA, Brodbent G Jencks C 1980 Sign Symbol and Architecture New York JohnWiley.
Hersberger R G 1974 Predicting the Meaning of Architecture In Stroudsburg DH and Ross. Designing for Human Behavior, Langer S K 1953 Feeling and Form a Theory of Art New York Charles Sibner s Sons. Venturi R et al 1977 Learning from Las Vegas Cambridge Mas MIT Press. Yasraf Amir Piliang power point Semiotika Arsitektur. Estetika Simbolik pada Desain Bangunan Doni Morika 481.


Related Books

3.1 Uniform Convergence of Functions

3 1 Uniform Convergence of Functions

0(x) N+ 1 !1as x!1. We conclude that the convergence is not uniform. The following fact is immediate from the de nition, but is worthwhile to single out. Proposition 3.1. Suppose that ff ngconverges uniformly to fon E. Then ff ng converges pointwisely to fon E. Example 3.3 Consider the functions k n(x) = cos[n?=(1+x2)] on [ 1;1]. At each x, k

Title Composer Arranger Publisher

Title Composer Arranger Publisher

Title Composer Arranger Publisher Abba on Broadway Abba Michael Brown Hal Leonard Corporation A-Team ... Bolero Maurice Ravel Jay Bocook Music Works

OVER CURRENT PROTECTION RELAY USING PIC MICRO CONTROLLER

OVER CURRENT PROTECTION RELAY USING PIC MICRO CONTROLLER

There are three protection relays installed in this system for the protection. If instantaneous relay is use, fault occurring at 3 will cause the whole system to trip because relay 1 and 2 also can see the fault. If IDMT (Inverse Definite Minimum Time) is use, the relay will isolate in the smallest section which in 3. Note that relay

???? ????? ?? V5(???)

 V5

www.hyundai-steel.com Printed 2015. 11 Mishandling or uninformed use of products for purposes other than the official purposes for which they are intended may lead to injury or property damage.

Introductory Circuit Analysis - uCoz

Introductory Circuit Analysis uCoz

Circuit Analysis Eleventh Edition Robert L. Boylestad Upper Saddle River, New Jersey Columbus, Ohio . iii Contents CHAPTER 1 1 CHAPTER 2 9 CHAPTER 3 13 CHAPTER 4 22 CHAPTER 5 29 CHAPTER 6 39 CHAPTER 7 52 CHAPTER 8 65 CHAPTER 9 86 CHAPTER 10 106 CHAPTER 11 124 CHAPTER 12 143 CHAPTER 13 150 ...

Graduate Studies Handbook Department of Germanic and ...

Graduate Studies Handbook Department of Germanic and

The Department of Germanic and Slavic Studies offers a high-quality graduate program with a range of interdisciplinary graduate streams. The department is recognized as a leader in teaching innovation, experiential learning, and community-engaged teaching, and our faculty members are committed to fostering a vibrant research culture. In ...

DEPARTMENT OF SLAVIC AND EAST EUROPEAN LANGUAGES AND CULTURES

DEPARTMENT OF SLAVIC AND EAST EUROPEAN LANGUAGES AND CULTURES

in South Slavic and/or Balkan studies and excellence in their academic pursuits, thus honoring the memory of Kenneth Naylor, Professor of South Slavic languages and linguistics in the Slavic Department from 1966 until his untimely death in 1992. The

Community Sanctions and Measures

Community Sanctions and Measures

Internationally the numbers of people subject to forms of supervision in the community has expanded exponentially (McNeill and Beyens, 2013). Yet, despite the rise in their use, and in some cases the increasing strictures placed on people within the community, this sphere of penality has been subject to relatively limited scholarly

Peptic Ulcer Disease: Introduction - Hopkins Medicine

Peptic Ulcer Disease Introduction Hopkins Medicine

Figure 1. Location of the stomach and duodenum in the body. [ ] Peptic Ulcer Disease: Introduction Peptic ulcer disease represents a serious medical problem.

AC Transit School Bus-Pass Project

AC Transit School Bus Pass Project

Student ID Template Developed by schools and AC Transit. AC Transit School Bus-Pass Proj New applications are received by schools App. / Order Form Prod. Develop App. /Order Form App. / Order Form Distributed to Parents Order forms processed Pass Sales Agreement Drafted between AC Transit and School Systems/Districts s by t Checks cashed, CC processed or ATM Pass Sales list to schools Orders ...