E Modul Bahasa Indonesia Drama Kelas Xi-Books Pdf

e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI
05 Nov 2019 | 765 views | 30 downloads | 28 Pages | 1.02 MB

Share Pdf : E Modul Bahasa Indonesia Drama Kelas Xi

Download and Preview : E Modul Bahasa Indonesia Drama Kelas Xi

Report CopyRight/DMCA Form For : E Modul Bahasa Indonesia Drama Kelas Xi



Transcription

KATA PENGANTAR, Puji syukur kita sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan. rahmat dan karunia Nya e modul ini dapat diselesaikan dengan baik e modul ini. membicarakan tentang pembelajaran drama yaitu mengidentifikasi alur cerita. babak demi babak dan konflik dalam cerita drama dan mempertunjukkan watak. salah satu tokoh drama yang dibaca atau yang ditonton pada mata pelajaran. bahasa Indonesia kelas XI , Penulis berharap e modul ini dapat berguna dalam rangka menambah. wawasan serta pengetahuan mengenai pembelajaran Drama Oleh sebab itu . Penulis sangat menghargai adanya kritik saran dan usulan demi perbaikan e . modul di masa yang akan datang Semoga e modul ini dapat dipahami bagi. siapapun yang hendak mempelajarinya , Medan 5 Agustus 2016. Penyusun, Dra Ipa Ratna Mutiara M Pd , e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI. DAFTAR ISI, KATA PENGANTAR i, DAFTAR ISI ii, GLOSARIUM iii.
PENDAHULUAN 1, KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 2, A KD 4, B IPK 4. C URAIAN MATERI 4, 1 Menentukan Alur Cerita Drama 4. 2 Mengidentifikasi Alur Cerita Drama 5, a Pengertian alur 5. b Jenis jenis alur , c Tahap tahap alur 7, D EVALUASI AKHIR 10. E RANGKUMAN 12, F REFLEKSI 17, G KUNCI JAWABAN 18.
H SARAN UNTUK MEMPELAJARI LEBIH LANJUT 18, DAFTAR PUSTAKA 19. e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI, GLOSARIUM. Alur Merupakan rangkaian peristiwa yang terdapat dalam suatu. cerita atau drama , Alur maju Peristiwa peristiwa ditampilkan secara kronologis maju . secara runtut dari awal tahap tengah hingga akhir . Alur mundur Peristiwa peristiwa ditampilkan dari tahap akhir atau. tengah dan baru kemudian tahap awalnya , Alur campuran Campuran antara alur maju dan alur mundur . e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI, PETA KONSEP.
Alur Drama, Mengidentifikasi, Alur, Pengertian Alur Tahapan tahapan. Jenis Alur, umum, e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI. PENDAHULUAN, Selamat jumpa Anak anakku , Kalian akan memasuki pembelajaran berikutnya yaitu mengidentifikasi alur. cerita babak demi babak dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton . Pembelajaran drama di sini bukan semata mata bertujuan untuk mendidik atau. mencetak kalian menjadi dramawan atau aktor drama melainkan lebih ke arah. pengalaman berapresiasi drama Dengan pembelajaran drama ini Kalian mampu. meningkatkan minat membaca atau menonton drama mampu menghargai karya. sastra drama dan selanjutnya memiliki selera positif terhadap drama Melalui. pembelajaran drama Kalian diharapkan mampu memetik pengalaman tentang. kehidupan yang dituangkan pengarang dalam naskah drama karena pada dasarnya. naskah drama merupakan hasil penciptaan dan perenungan terhadap nilai nilai. kehidupan , Perlu Kalian ketahui bahwa e modul ini disusun untuk memudahkan kalian. mengidentifikasi alur cerita babak demi babak dalam drama yang dibaca atau. ditonton e modul ini juga dilengkapi dengan latihan dan soal untuk mengukur tingkat. pemahaman atau penguasaan kalian terhadap materi yang dibahas Setelah. mempelajari materi di e modul ini kalian diharapkan mampu menerapkan sikap . pengetahuan dan keterampilan berbahasa dalam membangun hubungan dengan. masyarakat , Perhatikan petunjuk berikut ini untuk mempelajari materi yang terdapat di e .
modul ini , 1 Bacalah dan pahami e modul ini dengan baik . 2 Ikuti ketentuan yang berlaku dalam setiap e Modul khususnya waktu yang. disediakan untuk bagian tertentu , 3 Kerjakan tugas tugas kalian dengan cermat dan jujur . 4 Jangan melihat kunci jawaban sebelum waktunya , 5 Tingkatkan terus pemahaman kalian . Selamat belajar , Semoga kalian senang menggunakan e modul ini . e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI, MENGIDENTIFIKASI ALUR CERITA DRAMA.
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1, KD , 3 18 Mengidentifikasi alur cerita babak demi babak dan konflik dalam drama yang. dibaca atau yang ditonton , IPK , 3 18 1 Mengidentifikasi alur cerita dalam drama yang dibaca . URAIAN MATERI , Drama adalah merupakan genre jenis karya sastra yang menggambarkan. kehidupan manusia dengan gerak Drama menggambarkan realita kehidupan watak . serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan Kekuatan. drama selain dari para tokoh dan wataknya juga dari alur ceritanya Alur cerita yang. akrab dengan masyarakat atau mudah dipahami pembacanya atau penontonnya maka. drama tersebut dapat diterima dengan baik oleh para penikmatnya . Bahasan kali ini adalah tentang mengidentifikasi alur cerita drama yang dibaca . Sebelum dilanjutkan ke materi mengidentifikasikan alur drama ada baiknya. mengetahui apa sajakah unsur unsur drama itu Mari kita lihat penjelasan berikut . e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI, PENOKOHAN. TOKOH, TEMA, UNSUR ALUR, UNSUR, DRAMA DIKSI, DIALOG.
PERLENGKAPAN, KONFLIK, Berdasarkan bagan di atas tidak semua unsur drama akan dibahas. sekaligus tetapi akan disajikan tahap demi tahap Pembelajaran kali ini akan. membahas tentang alur drama saja , a Pengertian Alur Cerita Drama. 1 Menurut Wahyudi Siswanto 2008 alur adalah rangkaian cerita yang. dibentuk oleh tahapan tahapan peristiwa sehingga menjalin sebuah cerita. yang dihadirkan oleh para pelaku dalam suatu cerita . 2 Aminuddin 2004 83 Alur plot adalah kesinambungan dari sebuah jalan. cerita Urutan cerita dapat tersusun secara sistematis atas urutan waktu . peristiwa kejadian dari sebab dan akibat , 3 Hariyanto 2000 39 Alur merupakan jalan cerita atau urut urutan. peristiwa dalam drama dari awal sampai akhir , e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI. Dari pendapat beberapa ahli di atas dapat didefinisikan bahwa alur adalah. jalan cerita atau rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan tahapan dari awal. sampai akhir dalam drama , b Jenis Jenis Alur Cerita Drama.
Berikut ini akan dikemukakan jenis jenis alur Jenis alur dapat. dikelompokkan dengan menggunakan berbagai kriteria . 1 Menurut Hariyanto 2000 39 berdasarkan urutan waktu adalah . a Alur maju atau disebut juga alur kronologis alur lurus atau alur. progresif Peristiwa peristiwa ditampilkan secara kronologis maju . secara runtut dari awal tahap tengah hingga akhir . b Alur mundur atau disebut juga alur tak kronologis sorot balik regresif . atau flash back Peristiwa peristiwa ditampilkan dari tahap akhir atau. tengah dan baru kemudian tahap awalnya , 2 Menurut Hariyanto 2000 39 berdasarkan kriteria jumlah alur terdiri. dari , a Alur tunggal yaitu alur yang hanya menampilkan seorang tokoh. protagonis Cerita hanya mengikuti perjalanan hidup tokoh tersebut . b Alur jamak yaitu cerita drama menampilkan lebih dari satu tokoh. protagonis Perjalanan hidup tiap tokoh ditampilkan . 3 Menurut Hariyanto 2000 39 berdasarkan kriteria hubungan. antarperistiwa alur terdiri dari , a Alur erat atau disebut juga alur ketat atau padat Dalam drama yang. beralur cepat susul menyusul setiap bagian terasa penting dan. menentukan , b Alur longgar yaitu alur longgar berbanding terbalik dengan alur ketat . Hubungan antarperistiwanya longgar tersajikan secara lambat dan. diselingi berbagai peristiwa tambahan Pembaca atau penonton dapat. meninggalkan atau mengabaikan adegan tertentu yang berkepanjangan. dengan tanpa kehilangan alur utama cerita , e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI.
4 Menurut Hariyanto 2000 39 berdasarkan kriteria cara pengakhirannya . alur terdiri dari , a Alur tertutup yaitu alur penampilan kisahnya diakhiri dengan. kepastian atau secara jelas , b Alur terbuka yaitu alur yang penampilan kisahnya diakhiri secara tidak. pasti tidak jelas serba mungkin Jadi akhir ceritanya diserahkan kepada. imajinasi pembaca atau penonton , 5 Dalam Kamus Istilah Sastra terdapat alur terdiri dari . a Alur bawahan yaitu alur kedua atau tambahan yang disusupkan disela . sela bagian alur utama sebagai variasi Alur bawahan merupakan lakuan. tersendiri tetapi yang masih ada hubungannya dengan alur utama Ada. kalanya alur bawahan ini dimaksudkan untuk menimbulkan kontras . adakalanya sejalan dengan alur utama Sudjiman 1990 4 . b Alur erat ketat yaitu Jalinan peristiwa yang sangat padu di dalam. suatu karya sastra kalau salah satu peristiwa ditiadakan keutuhan. cerita akan terganggu Sudjiman 1990 4 5 , c Alur longgar yaitu Jalinan peristiwa yang tidak padu di dalam karya. sastra meniadakan salah satu peristiwa tidak akan menganggu jalan. cerita Sudjiman 1990 5 , d Alur menanjak yaitu jalinan peristiwa dalam satu karya sastra yang.
semakin menanjak sifatnya Sudjiman 1990 5 , Berdasarkan pendapat beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa. jenis jenis alur cerita drama adalah , 1 Alur maju yaitu alur yang jalan ceritanya diawali dengan perkenalan . permasalahan dan diakhiri dengan penutup , 2 Alur mundur yaitu alur yang jalan ceritanya langsung ke puncak masalah. baru kemudian kembali ke awal cerita , 3 Alur campuran yaitu alur campuran antara alur maju dan alur mundur . Pengarang menuliskan secara berurutan dari awal cerita selanjutnya. menyisipkan kembali masa lalu atau kembali lagi ke awal cerita . e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI, c Tahap Tahap Alur Cerita Drama.
a Tahap Eksposisi Perkenalan, Dalam tahap ini pengarang memperkenalkan para tokoh dan memberikan. gambaran peristiwa yang akan terjadi Eksposisi sering disebut sebagai. Paparan Eksposisi adalah bagian karya sastra drama yang berisi keterangan. mengenai tokoh serta latar Biasanya eksposisi terletak pada bagian awal . b Tahap Konflik Awal, Pada tahap ini tokoh mulai terlibat persoalan dengan tokoh lain baik secara. individu maupun kelompok Biasanya konflik ini merupakan titik tolak untuk. membangun konflik lain yang lebik panas, c Tahap Komplikasi. Pada tahap ini tokoh terlibat persoalan yang lebih serius baik dengan tokoh. yang telah berkonflik sebelumnya atau dengan orang lain sehingga konflik. smakin menajam Masing masing tokoh makin memperlihatkan keinginan atau. tujuan yang hendak dicapai, d Tahap Klimaks, konflik menajam bergerak ke arah puncak Masing masing tokoh memberikan. pilihan atau tawaran jalan keluar Tokoh jahat dan tokoh baik sama sama. berusaha menanggapi keinginannya Untuk itu masing masing tokoh dapat. memanfaatkan tokoh lain memihak padanya Tokoh baik lebih menyukai jalan. keluar yang memenangkan tujuannya Sebaiknya tokoh jahat akan memilih. penyelesaian yang sesuai keinginanan dirinya sendiri . e Tahap Anti Klimaks Penurunan laku, Pada tahap ini konflik mulai mereda Masing masing tokoh menempuh.
penyelesaian yang diputuskan masing masing dengan atau tanpa kesepakatan . f Tahap Penyelesaian Ending, Jika penulis naskah menghendaki tema untuk mengedepankan kebaikan . lazimnya tokoh antagonis akan mengalami kekalahan Akan tetapi jika. pengarang ingin menunjukkan bahwa sebuah kebaikan itu mudah diraih maka. biasanya tokoh baik diletakkan pada posisi menang . e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI, Bacalah naskah drama Merah Putih berikut ini lalu. berdiskusilah dengan temanmu tentang jenis dan, tahapan tahapan yang terdapat dalam drama . BAJU MERAH PUTIH, Terlihat suasana gembira, Ari Teman teman Lihat ini baju kebanggaanku Baju inilah yang akan. kupakai saat perlombaan besok , Sukma Wah masih terlihat bagus sekali ya Ri .
Ari Iya la baju ini kurawat baik baik ya Aku jarang memakainya Aku. memakainya sekali sekali saja pada saat saat tertentu . Gilbert Itukan baju yang dikasi ayahmu Pantaslah aku jarang lihat kau pakai. baju itu Ari pun teringat kepada ayahnya dan suasana menjadi. hening , Gilbert Maaf ya Ri Bukan itu maksudku , Ari Ya Sudahlah gak apa apa Dengan memakai baju ini aku ingin. membuat bangga ayahku di sana , Sukma Oh iya Ri Aku dengar tahun ini pesertanya sedikit lho Sekitar lima. orang saja , Gilbert Iya ya Aku pun bingung kenapa olahraga lari jarang diminati di. sekolah Apa karena gak sepopuler futsal sama basket . Sukma Tapi justru malah bagus Itu bisa jadi peluang buat kalian untuk. menang Lumayan juga hadiahnya , Ari Itulah salah satu alasan mengapa aku ingin menjadi atlet lari Di saat. olahraga ini ditinggalkan aku ingin menjadi orang yang tetap. mempertahankan prestasi itu , Sukma Wah super sekali Ri .
Gilbert Iya selain gampang olahraga ini juga murah . Sukma Ehh ngomong ngomong Aseng di mana , e modul Bahasa Indonesia Drama Kelas XI. Tiba tiba sekumpulan preman datang dan mengejar ngejar Aseng . Ari Woy Mau apa kalian di sini , Preman 1 Eh jangan bodoh kau Jangan sok jadi pahlawan kau sama China tengil. ini , Gilbert Dia sahabat kami , Sukma Kalian itu yang tengil Kerjanya hanya menindas saja . Preman 2 Hehh Kami gak ada urusan sama kalian , Ari Kalau kalian berurusan dengan Aseng berarti kalian berurusan. dengan kami , Preman 3 Heh pikir Apa untungnya kalian bela si China itu Udah numpang juga .
Gilbert Emangnya ini tanah nenek moyang kalian , Preman 1 Sudah Sudah kita serbu saja mereka . Suasana berkelahi antara preman dengan Ari dan Gilbert . Baju merah putih Ari pun jatuh Ari dan salah satu preman rebutan baju merah putih. Ari , Ari Jangan Jangan , Preman 1 Ini baju kau itu haa Hahaha . Ari Ja jangan , Preman itupun merobek baju Ari tersebut . Ari pun membalas pukulan para preman preman tersebut Perkelahian sengit pun. membicarakan tentang pembelajaran drama yaitu mengidentifikasi alur cerita babak demi babak dan konflik dalam cerita drama dan mempertunjukkan watak salah satu tokoh drama yang dibaca atau yang ditonton pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI Penulis berharap e modul ini dapat berguna dalam rangka menambah

Related Books

Secure Borderless Networks Cisco

Secure Borderless Networks Cisco

Authorized Only Allow MAC of Auth d Host Port Status Authorized Allow MACs Advertised By Auth d Switch Port Status Authorized Only Allow MAC of Auth d Switch Port Status Wall Jack in Conf Room Wiring Closet Switch Switch Authentication Machine Auth Advertise MAC of Authenticated Host Conf Room Compact Switch AAA Campus LAN

Cisco Authorization Program

Cisco Authorization Program

Area EEA Partner is authorized to provide Cisco HyperFlex products and services in an EEA country Destination Country where it is not qualified to participate in the program provided it has either a subcontracted the services function required under this program to another partner qualified in the Destination Country as set forth herein or b made other arrangements to Cisco s

mechanical engieers handbook engineering108 com

mechanical engieers handbook engineering108 com

08 Force Mass x Acceleration g x cm sec 1dyne Kg x m sec N 105 dyne 1 kgf 9 81kg m sec 9 81N 9 81 x 105 dyne Lb force 09 Work Force X Distance

THE BUSINESS OF BANKING AND THE ECONOMIC ENVIRONMENT

THE BUSINESS OF BANKING AND THE ECONOMIC ENVIRONMENT

Describe how the political economic and business environment influences bank operations Introduction This first chapter of the Study Text introduces you to the business of banking We will consider what a bank is what it does and how it makes money We will also look at the development of UK banking and the different types of banks and other financial services organisations that operate in

Impact of Changing Socio Economic Environment on Business

Impact of Changing Socio Economic Environment on Business

Impact of Changing Socio Economic Environment on Business in India Dr Manoj K Sharma Mr Kuldeep Singh 1Professor University Business School Panjab University Chandigarh 2Research Scholar University Business School Panjab University Chandigarh ABSTRACT The social structure and the culture of society have great influence on the functioning of business activities Each society has its own

BUSINESS ENVIRONMENT CHAPTER

BUSINESS ENVIRONMENT CHAPTER

economic environment in India and the impact of Government policies on business and industry LEARNING OBJECTIVES On what seemed like a regular day at work Dharamveer Kamboj a rickshaw puller was riding through the streets of Delhi when he met with a terrible accident This was an event that would change his life forever Knowing that he wouldn t be able to go back to his work he made the

ECONOMIC BUSINESS ENVIRONMENT ICSI

ECONOMIC BUSINESS ENVIRONMENT ICSI

Economic amp Business Environment 3 Source Economics Online Thus it may be observed that with the rise in price per can the demand for the cans is reducing Assumptions of the law of demand The above stated law of demand is conditional It is based on certain conditions as given It is therefore always stated with the other things being

MIND SHIFT IN AGRICULTURE

MIND SHIFT IN AGRICULTURE

22 producer focus 26 willie jacobs area focus bloemfontein 4 10 agbiz outlook 2019 be ready 20 6 innovation the technology shift free barend van staden handler of note scenario senwes client magazine for producers mind shift in agriculture 2019

Vol 145 No 17 Vol 145 no Canada Gazette du Canada

Vol 145 No 17 Vol 145 no Canada Gazette du Canada

Indian Residential Schools Truth and Reconciliation Commission 1 497 500 0 1 497 500 Registry of the Specific Claims Tribunal 330 604 0 330 604 Minister of Indian Affairs and Northern Development Federal Interlocutor for M tis and Non Status Indians and Minister of the Canadian Northern Economic Development Agency

Hunger in China The Norm of Truth

Hunger in China The Norm of Truth

Hunger in China The Norm of Truth Miriam London and Ivan D London Item 1 New Vork Times December 31 1978 Craig Claiborne marveling over his recent gourmet experi ences in the People s Republic of China writes that he asked an acquaintance long associated with so called left wing causes how to account for the excellence of Chinese cuisine in the present socialist

AGAINST THE GRAIN Museum of Arts and Design

AGAINST THE GRAIN Museum of Arts and Design

AGAINST THE GRAIN WOOD IN CONTEMPORARY ART CRAFT AND DESIGN TEACHERS RESOURCE PACKET Image Sofia A GRAIN OF TRUTH 19 THEME 3 MIXING AND MATCHING 29 THEME 4 DIGITALLY SPEAKING 33 THEME 5 A FLAIR FOR MATERIALS 37 THEME 6 WHIMSIES AD CAPRICES 45 THEME 7 POLITICALLY SPEAKING 52 GLOSSARY 60 WEBOGRAPHY 63 2 THE MUSEUM OF ARTS AND DESIGN has been functioning as an international