Biologi Dasar Pewarisan Sifat Pustaka Ut Ac Id-Books Pdf

Biologi Dasar Pewarisan Sifat pustaka ut ac id
03 Dec 2019 | 42 views | 0 downloads | 46 Pages | 1.79 MB

Share Pdf : Biologi Dasar Pewarisan Sifat Pustaka Ut Ac Id

Download and Preview : Biologi Dasar Pewarisan Sifat Pustaka Ut Ac Id


Report CopyRight/DMCA Form For : Biologi Dasar Pewarisan Sifat Pustaka Ut Ac Id



Transcription

1 2 Pemuliaan Ternak,2 Menjelaskan struktur DNA dan. 3 Menjelaskan pembelahan sel, Berdasarkan penguasaan ke tiga kompetensi di atas maka pada akhir. pembelajaran modul pertama ini Anda akan mampu menjelaskan tentang. biologi dasar dari pewarisan suatu sifat yang dapat diamati terutama pada. Materi biologi dasar pewarisan sifat diberikan di awal pembelajaran. karena menjadi dasar di dalam mempelajari pola pewarisan sifat sifat. kualitatif dan kuantitatif individu ternak dan sistem perkawinan pada ternak. LUHT4326 MODUL 1 1 3,Kegiatan Belajar 1,Sel Kromosom dan Abnormalitasnya. S el merupakan unit terkecil dari suatu kehidupan Kata sel itu sendiri. dikemukakan oleh Robert Hooke yang berarti kotak kotak kosong. Semua makhluk hidup memiliki sel sebagai unit dasar kehidupannya mulai. dari yang paling sederhana struktur sel tunggal prokariot seperti bakteria dan. protozoa sampai dengan struktur yang lebih kompleks eukariot seperti. tumbuhan dan hewan Secara struktur sel memiliki beberapa sub struktur. atau dikenal dengan sebutan organel sel Gambar 1 1 Inti sel merupakan. organel sel yang paling penting dan paling sering dijadikan objek penelitian. dalam bidang pemuliaan dan genetika karena memiliki fungsi sebagai. pengontrol pertumbuhan dan reproduksi pada tingkatan sel. Gambar 1 1,Gambar Skematis Sel Dan Gen,Modifikasi dari Stansfield 1982 dan Reece 2003. Secara umum bagian sel prokariot terdiri atas 1 membran sel 2. sitoplasma vakuola mitokondria retikulum endoplasma sentriol badan. 1 4 Pemuliaan Ternak, golgi dan 3 inti sel dan anak inti Informasi mengenai organel sel dan.
fungsinya disajikan pada Tabel 1 1,Organel Sel dan Fungsinya Stansfield 1982. Organel Sel Fungsi, Membran sel Melindungi dan mengontrol keluar masuknya material dari. sel dan keluar sel menjaga homeostasis,Sitoplasma Menjaga dan melindungi organel sel. Retikulum Memperluas area plasma membran membawa material. Endoplasma dari dalam dan keluar plasma membran untuk proses. reaksi biokimia dan membantu pembuatan protein,Ribosom Mensintesa protein. Mitokondria Memproduksi energi melalui siklus Kreb transport rantai. elektron oksidasi asam lemak dll, Lisosom Memproduksi enzim intraselular untuk menghilangkan.
bakteri dan protein asing dan memecah sel sel yang sudah. Vakuola Tempat penyimpanan kelebihan air dan produk buangan. metabolisme,Badan Golgi Mengatur sekresi intraseluler. Sentriol Memisahkan pasangan kromosom ketika mitosis. Inti sel Mengontrol aktivitas sel dan menyimpan informasi. heriditas pada kromosom, Kromosom merupakan bagian penting dari inti sel yang berfungsi. sebagai pembawa sifat keturunan Pengujian menggunakan teknik pewarnaan. pada tingkat sel menunjukkan bahwa kromosom terdiri dari susunan DNA. Jumlah kromosom dalam satu sel tubuh sel somatik berjumlah dua set atau. dikenal sebagai diploid 2n sedangkan pada sel kelamin sel gamet jumlah. kromosomnya satu set atau haploid n Satu set kromosom yang dimiliki. oleh sel somatik diturunkan dari tetua maternal dan set lainnya yang bersifat. homolog diturunkan dari tetua paternalnya Satu set kromosom yang bersifat. haploid n dalam sel disebut dengan genom Ilustrasi bentuk kromosom. disajikan pada Gambar 1 2,LUHT4326 MODUL 1 1 5,Gambar 1 2 Kromosom. Sumber http id wikipedia org wiki Kromosom, Keterangan Gambar 1 Kromatid Salah satu dari dua bagian identik kromosom yang. terbentuk setelah fase S pada pembelahan sel 2 Sentromer Tempat persambungan. kedua kromatid dan tempat melekatnya mikrotubulus 3 Lengan pendek 4 Lengan. Jumlah kromosom pada individu yang berada dalam spesies yang sama. memiliki jumlah yang sama Jumlah kromosom beberapa spesies disajikan. pada Tabel 1 2,Jumlah Kromosom pada Beberapa Spesies Hewan.
Jumlah Jumlah,Jenis hewan Jenis Hewan,Kromosom 2n Kromosom 2n. Sapi 60 Kelinci 44,Kuda 64 Anjing 78,Keledai 62 Kalkun 82. Kerbau Rawa 48 Ayam 78,Kerbau Sungai 50 Bebek 80,Kambing 60 Merpati 80. Domba 56 Tikus Asia 42,Babi 38 Mencit 38,Kera 48 Mentok 80. Sumber Eldridge 1985,1 6 Pemuliaan Ternak,A STRUKTUR KROMOSOM.
Struktur kromosom dalam inti sel akan lebih mudah diamati jika sedang. berada pada satu tahapan pembelahan sel ketika kromosom membentuk. gulungan Masing masing kromosom dalam genom dapat dibedakan. berdasarkan beberapa kriteria di antaranya adalah ukuran panjangnya posisi. dari suatu struktur protein yang disebut sentromer yang membagi kromosom. menjadi dua bagian lengan dengan panjang yang berbeda keberadaan dan. posisi dari kromosom yang membesar yang disebut kromomer keberadaan. tonjolan kecil dari material kromatin yang disebut satelit dan lain. sebagainya, Berdasarkan letak dari sentromernya Gambar 1 3 kromosom. dibedakan menjadi, 1 Metasentrik sentromer berada tepat di tengah tengah sehingga membagi. kromosom menjadi dua lengan dengan ukuran panjang yang sama. lengan p lengan q, 2 Submetasentrik atau akrosentrik sentromer di antara tengah dan ujung. kromosom sehingga membagi kromosom menjadi dua lengan dengan. ukuran yang tidak sama panjang lengan p lengan q, 3 Telosentrik Sentromer berada pada ujung atau sangat dekat dengan. ujung pada sebuah lengan kromosom,Gambar 1 3, Pengelompokan Kromosom Berdasarkan Letak Sentromer Modifikasi dari.
Stansfield 1982,LUHT4326 MODUL 1 1 7, Masing masing kromosom dalam suatu genom diberi nomor sesuai. dengan ukurannya dimulai dari yang ukuran yang paling panjang menuju ke. yang paling pendek kecuali pada kromosom seks kromosom penentu jenis. kelamin Analisis kromosom yang mengurutkan foto kromosom disebut. analisis kariotipe Individu berjenis kelamin jantan pada mamalia memiliki. kromosom seks dengan morfologi berbeda heteromorfik Pasangan. kromosom tersebut diberi nama kromosom X dan kromosom Y Faktor. genetik pada kromosom Y menentukan jenis kelamin laki laki atau jantan. Pada jenis kelamin betina kromosom kelamin terdiri dari sepasang. kromosom X Semua kromosom kecuali kromosom seks dalam genom. disebut kromosom autosom Perbedaan antara kelompok mamalia dengan. unggas adalah pemberian nama kromosom seks dan kombinasinya di mana. pada unggas kromosom seks diberi nama kromsom Z dan W Pasangan. kromosom ZZ merupakan jantan sedangkan ZW menjadikan individu. berjenis kelamin betina Contoh hasil analisis kariotipe pada sapi betina dan. jantan disajikan pada Gambar 1 4 dan Gambar 1 5,Gambar 1 4. Kariotipe Sapi Betina Eldridge 1985,1 8 Pemuliaan Ternak. Gambar 1 5,Kariotipe Sapi Jantan Eldridge 1985,B ABNORMALITAS KROMOSOM. Abnormalitas atau kelainan kromosom secara alami dapat terjadi dengan. sendirinya tanpa adanya stimulus dari lingkungan Hal tersebut dapat. dipahami melalui proses pembelahan sel yang memungkinkan terjadinya. pindah silang crossing over dan pautan linkage yang menyebabkan. terjadinya kehilangan penambahan pertukaran dan lain sebagainya Secara. umum kelainan pada kromosom dibedakan menjadi dua kelompok yaitu. kelainan struktur dan kelainan jumlah Kelainan struktur di antaranya adalah. delesi duplikasi inversi dan translokasi sedangkan yang termasuk ke dalam. kelainan jumlah di antaranya adalah euploidi dan aneuploidi. 1 Abnormalitas Struktur Kromosom, Delesi merupakan kelainan kromosom yang terjadi ketika terjadi.
pengurangan sebagian dari salah satu lengan kromosom sehingga. menyebabkan hilangnya materi genetik Berdasarkan lokasi kehilangannya. delesi dibedakan menjadi delesi terminal jika delesi terjadi pada ujung. kromosom dan delesi interstisial jika delesi terjadi pada bagian di antara. LUHT4326 MODUL 1 1 9, kedua ujung lengan kromosom Kelainan genetik yang disebabkan akibat. terjadinya delesi kromosom di antaranya sindrom DiGeorge 22q11 2 yaitu. hilangnya sebagian fragmen kromosom No 22 pada lengan q di posisi 11 2. menyebabkan menurunnya respon kekebalan dan kelainan tulang Pada. sindrom Cri Du Chat Syndrome 5p sebagian fragmen kromosom No 5. hilang pada bagian lengan p Bayi yang menderita sindrom ini kalau. menangis suaranya seperti suara kucing bobot lahir rendah otot lidah lemah. tulang dagu kecil dan kecerdasan yang lemah Ilustrasi mengenai delesi dapat. dilihat pada Gambar 1 6,Gambar 1 6, Ilustrasi Terjadinya Delesi Modifikasi dari Eldridge 1985. b Duplikasi, Duplikasi merupakan kebalikan dari delesi yaitu kelainan kromosom. yang terjadi akibat terjadinya penambahan susunan dari kromosom. Berdasarkan asal dari bagian yang bertambahnya duplikasi dibedakan. menjadi duplikasi yang berasal dari kromosom homolognya dan duplikasi. yang bersal dari bukan kromosom homolognya Ilustrasi mengenai duplikasi. dijasikan pada Gambar 1 7,Gambar 1 7, Ilustrasi Terjadinya Duplikasi Modifikasi dari Eldridge 1985. 1 10 Pemuliaan Ternak, Inversi merupakan kelainan kromosom yang terjadi ketika bagian dari.
kromosom mengalami patah tetapi patahannya menempel kembali dengan. urutan yang terbalik Berdasarkan keikutsertaan sentromer dalam proses. inversinya kelainan ini dapat digolongkan menjadi inversi parasentrik jika. inversi yang terjadi tidak melibatkan sentromer dan sebaliknya adalah. inversi perisentrik jika inversi yang terjadi melibatkan sentromer Ilustrasi. proses terjadinya inversi disajikan pada Gambar 1 8. Gambar 1 8, Ilustrasi Terjadinya Inversi Modifikasi dari Eldridge 1985. d Translokasi, Translokasi merupakan kelainan kromosom yang terjadi ketika. terjadinya penempelan bagian atau satu kromosom pada bagian kromosom. yang lainnya Translokasi dibedakan menjadi dua tipe yaitu translokasi. resiprokal yang terjadi akibat adanya pertukaran lengan antara dua. kromosom dan translokasi Robertsonian yang terjadi akibat menempelnya. satu kromosom pada kromosom yang lainnya Translokasi Robertsonian. umum terjadi pada kromosom dengan posisi sentromer akrosentrik. Contohnya Duchenne Muscular Distrophy Xp21 Neurofibromatosis 17q. Retinoblastoma 13q14 dan lain sebagainya Ilustrasi proses terjadinya proses. translokasi dapat dilihat pada Gambar 1 9, Gambar 1 9 Ilustrasi Terjadinya Translokasi Modifikasi dari Eldridge 1985. LUHT4326 MODUL 1 1 11,e Abnormalitas Struktur Kromosom Lainnya. Abnormalitas kromosom yang lainnya yang jarang ditemukan seperti. abnormalitas cincin dan abnormalitas isokromosom Contoh dari. abnormalitas struktur kromosom lainnya dapat dilihat pada Gambar 1 10. Gambar 1 10, Ilustrasi terjadinya abnormalitas cincin A dan isokromosom B Modifikasi.
dari Eldridge 1985,2 Abnormalitas Jumlah Kromosom,a Euploidi. Euploidi merupakan salah satu jenis kelainan jumlah kromosom yang. tejadi ketika satu individu memiliki kelebihan atau kekurangan satu set. kromosom Berdasarkan banyaknya set kromosom euploidi digolongkan. menjadi haploid n jika memiliki satu set kromosom triploid 3n jika. memiliki tiga set kromosom tetrapolid 4n jika memiliki empat set. kromosom dan lain sebagainya,b Aneuploidi, Aneuploidi merupakan kelainan kromosom yang terjadi akibat adanya. pengurangan 2n X atau penambahan jumlah kromosom 2n X. Aneuploidi dapat dibedakan menjadi nullisomi 2n 1 jika terjadi. pengurang jumlah kromosom sehingga ada kromosom yang tidak memiliki. pasangan homolognya trisomi 2n 1 jika terjadi penambahan jumlah pada. salah satu kromosom tetrasomi 2n 2 dan lain sebagainya. 1 12 Pemuliaan Ternak,C ABNORMALITAS KROMOSOM PADA TERNAK. Abnormalitas struktur kromosom pada sapi telah banyak diketahui. Penelitian yang dilakukan Gustavsson dan Rockborn pada tahun 1964. menemukan adanya abnormalitas kromosom pada sapi yang mengalami. leukimia limfa yang dikenal dengan sebutan abnormalitas translokasi. Robertsonian kromosom 1 29 Sampai saat ini jenis abnormalitas translokasi. Robertsonian 1 29 telah ditemukan pada 38 bangsa sapi dengan frekuensi. kejadian yang bervariasi pada masing masing bangsa Selain translokasi. Robertsonian 1 29 terdapat 25 jenis translokasi lainnya yang ditemukan pada. berbagai bangsa sapi Eldridge 1985 Contoh hasil kariotipe yang. mengalami translokasi Robertsonian 1 29 disajikan pada Gambar 1 11. Gambar 1 11, Kariotipe sapi jantan yang mengalami kelainan 1 29 Robertsonian. Translocation Modifikasi dari Eldridge 1985, Selain abnormalitas struktur kromosom kelainan pada jumlah.
kromosom seperti penambahan satu kromosom nomor 17 ditemukan terjadi. pada sapi Friesian Holstein FH di Jepang dan Brown Swis di Amerika. Kelainan trisomi 17 tersebut menyebabkan sifat fenotip yang dikenal sebagai. lethal brachygnathia trysomy syndrome LBTS Kasus abnormalitas. kromosom seks XXY pada sapi jantan juga telah ditemukan dan memiliki. gejala yang hampir mirip dengan klinefelter syndrome pada manusia Organ. testis tidak berkembang dan steril Abnormalitas XXX pada sapi betina. LUHT4326 MODUL 1 1 13, menyebabkan ovari tidak berkembang uterus berukuran kecil dan tidak. menunjukkan tanda tanda terjadinya birahi Gambar 1 12 menunjukkan. adanya kelainan jumlah kromosom nomor 17 Fenotip dari ternak yang. mengalami kelainan trisomi 17 disajikan pada Gambar 1 13. Gambar 1 12, Kariotipe sapi jantan yang mengalami kelainan kromosom trisomi 17. Modifikasi dari Eldridge 1985,Gambar 1 13, Anak Sapi yang Mengalami Kelainan Kromosom Trisomi 17. Herzog et al 1977,1 14 Pemuliaan Ternak,LAT IH A N. Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas. kerjakanlah latihan berikut, 1 Sebutkan dan jelaskan bagian bagian dari sel dan fungsinya.
2 Sebutkan dan jelaskan pengelompokan kromosom berdasarkan letak dari. sentromernya, 3 Sebutkan dan jelaskan abnormalitas pada kromosom berdasarkan. perubahan struktur dan jumlahnya dan apa dampaknya pada kemampuan. 4 Sebutkan dan jelaskan macam macam dari translokasi Robertsonian. 5 Sebutkan dan jelaskan jenis translokasi lain selain dari translokasi. Robertsonian 1 29 dan berikan contoh abnormalitas yang. diakibatkannya,Petunjuk Jawaban Latihan, 1 Jawaban dapat dilihat dengan memperhatikan gambar mengenai sel. sebutkan organel yang terdapat di dalamnya serta sebutkan fungsi dari. masing masing organel sel yang Anda tuliskan, 2 Jawaban dapat dilihat dengan memperhatikan gambar mengenai. pengelompokan kromosom Deskripsikan dengan bahasa Anda sendiri. 3 Jawaban dapat diperoleh dari penjelasan mengenai abnormalitas. kromosom Gunakan kalimat Anda sendiri untuk menjelaskan. abnormalitas kromosom serta berikan contoh mengenai dampak. abnormalitas tersebut pada kemampuan tubuh, 4 Jawaban dapat diperoleh dengan mencari informasi mengenai jenis dan. contoh dari translokasi Robertsonian Sumber informasi yang dapat. digunakan adalah buku Cytogenetik of Livestock Eldridge 1985. Informasi lain diperbolehkan untuk digunakan selama dapat. dipertanggungjawabkan misal jurnal buku atau internet. 5 Jawaban dapat diperoleh dengan mencari informasi mengenai jenis. translokasi Robertsonian 1 29 serta contoh abnormalitas yang. diakibatkan oleh tranlokasi tersebut Sumber informasi yang dapat. digunakan adalah buku Cytogenetik of Livestock Eldridge 1985. Informasi lain diperbolehkan untuk digunakan selama dapat. dipertanggungjawabkan misal jurnal buku atau internet. LUHT4326 MODUL 1 1 15,R A NG KU M AN, Sel merupakan unit terkecil dari suatu kehidupan Bagian sel.
prokariot terdiri atas 1 membran sel 2 sitoplasma vakuola. mitokondria retikulum endoplasma sentriol badan golgi dan 3 inti sel. dan anak inti, Kromosom adalah struktur makromolekul yang berisi DNA sebagai. informasi genetik, Kelainan kromosom bisa karena mutasi struktur delesi duplikasi. inversi translokasi atau jumlah euploidi aneuploidi. TES F OR M AT IF 1,Pilihlah satu jawaban yang paling tepat. 1 Unit kehidupan terkecil berada pada,B Organel Sel. C Inti Sel,D Kromosom,2 Apa fungsi dari kromosom, A Sebagai pengontrol pertumbuhan dan reproduksi pada tingkatan sel.
B Melindungi dan mengontrol keluar masuknya material dari sel dan. keluar sel,C Menjaga homeostasis,D Menjaga dan melindungi organel sel. 3 Apa fungsi dari membran sel, A Sebagai pengontrol pertumbuhan dan reproduksi pada tingkatan sel. B Melindungi dan mengontrol keluar masuknya material dari sel dan. keluar sel,C Memisahkan pasangan kromosom ketika mitosis. D Menjaga dan melindungi organel sel, 4 Jumlah kromosom dalam satu sel tubuh sel somatik berjumlah.

Related Books

Farming the Future - Esri

Farming the Future Esri

August 2013 cover photography courtesy of Derek Tickner GIS for Agriculture, Vol 2. 2 Farming the Future J10220 Table of Contents 3 Introduction 4suring America's Farmland In 8SDA's APHIS: Sustaining National Food Supply U and Security 11olombian Coffee Growers Use GIS to Brew C Better Crops 13rish Agricultural Catchments Programme I Protects Water Quality While Supporting Productive ...

Water Resources - eng - ed 3 1204

Water Resources eng ed 3 1204

120429 Bibliotheca Alexandrina Updated by Mona Hegazy

2018 REVIEW OF THE ATLANTIC STATES MARINE FISHERIES ...

2018 REVIEW OF THE ATLANTIC STATES MARINE FISHERIES

At its May 2015 meeting, the Board established a TAC of 187,880 metric tons for the 2015 and 2016 fishing years. This represented a 10% increase from the 2013 and 2014 TAC. In October 2016, the Board approved a TAC of 200,000 metric tons for the 2017 fishing year, representing a 6.45% increase from the 2015 and 2016 TAC. In August 2016, the Boar d approved Addendum I which added flexibility to ...

2019?2020 Oregon School Activities Association Handbook

2019 2020 Oregon School Activities Association Handbook

Oregon School Activities Association Handbook Peter Weber, Publisher / Editor Published by OREGON SCHOOL ACTIVITIES ASSOCIATION 25200 SW Parkway, Suite 1 Wilsonville, OR 97070 Phone: 503.682.6722 Fax: 503.682.0960 How to find information in the OSAA Handbook

Kiwanigram - portalbuzzuserfiles.s3.amazonaws.com

Kiwanigram portalbuzzuserfiles s3 amazonaws com

2018 Las Vegas, Nevada Aug. 2-5 MoArk District Convention 2018 Ramada Oasis Conv. Ctr. Springfield, Missouri Kiwanigram Submissions Information to be included in the Kiwanigram may be submitted by mail to 1022 E. Greenwood St., Springfield, MO 65807, or by e-mail to Kiwanigram@gmail.com. Please include the name and location of your club ...

The Philmont Cub Scout Roundtable Supplements May 2018 ...

The Philmont Cub Scout Roundtable Supplements May 2018

The Philmont Cub Scout Roundtable Supplements May 2018 June Pack Meeting A Scout is Obedient Theme: Wheel into Summer Gathering Have a stroll around the midway. Give all Scouters an opportunity to get information and sign up for events and trainings. Opening Ceremony The flag ceremony is led by preassigned Scouters. They will present the colors and lead the pack in the Pledge of Allegiance ...

The Philmont Cub Scout Roundtable Supplements June 2018 ...

The Philmont Cub Scout Roundtable Supplements June 2018

The Philmont Cub Scout Roundtable Supplements June 2018 July Pack Meeting A Scout is Brave Theme: Home of the Brave Gathering Have a stroll around the midway. Give all Scouters an opportunity to get information and sign up for events and trainings. Midway Patch of the Month Service Stars. All youth or adult leaders who have reached one year of tenure with the Boy Scouts of America are eligible ...

Ohrid Trout (Salmo letnica - United States Fish and ...

Ohrid Trout Salmo letnica United States Fish and

1 Ohrid Trout (Salmo letnica) Ecological Risk Screening Summary U.S. Fish and Wildlife Service, May 2011 Revised, October 2017, May 2018 Web Version, 5/17/2018

3in1 Boost, Exhaust Temperature & Pressure Gauge

3in1 Boost Exhaust Temperature amp Pressure Gauge

3in1 Boost, Exhaust Temperature & Pressure Gauge Wire Schematic Disconnect negative battery terminals before starting any work on the vehicle. TO 3 IN 1 GAUGE 1/8-27 NPT BOOST PRESSURE SENSOR 2. Thread the Boost Pressure Sensor into the tapped hole or adapter and tighten with a 22mm wrench. 3. Plug in the Boost Pressure Sensor Harness to the Boost Pressure Sensor. 4. Route the Boost Pressure .

CHAPTER 19:2 Freedom of Religion - MR. CHUNG U.S. History ...

CHAPTER 19 2 Freedom of Religion MR CHUNG U S History

Chapter 19:2: Freedom of Religion o We will analyze the extent to which the Constitution prohibits the establishment of religion by government. o We will define the extent to which Americans enjoy free exercise of religion. Rom_14:5 One man esteemeth one day above another: another esteemeth every day alike. Let every man be fully persuaded in his own mind. United States when presented to the ...