Bab Iii Metode Penelitian-Books Pdf

BAB III METODE PENELITIAN
15 Nov 2019 | 35 views | 0 downloads | 19 Pages | 1.11 MB

Share Pdf : Bab Iii Metode Penelitian

Download and Preview : Bab Iii Metode Penelitian


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Iii Metode Penelitian



Transcription

44,B Jenis Penelitian, Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik . Penelitian bersifat analitik yaitu mencari hubungan antara variabel . Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross. sectional study yaitu penelitian dimana variabel yang akan diteliti diamati. dalam waktu yang bersamaan Pengukuran variabel tidak terbatas harus. tepat pada satu waktu bersamaan namun mempunyai makna bahwa. setiap subjek hanya dikenai satu kali pengukuran tanpa dilakukan tindak. lanjut atau pengulangan pengukuran ,C Hipotesis Penelitian. Hipotesis dalam penelitian ini adalah , 1 Ada hubungan antara sikap tenaga medis dan paramedis RS Tugurejo. dengan persepsi karyawan RS Tugurejo Semarang tentang K3 RS. 2 Ada hubungan antara pengetahuan tenaga medis dan paramedis RS. Tugurejo dengan persepsi karyawan RS Tugurejo Semarang tentang K3. RS, 3 Ada hubungan antara motivasi tenaga medis dan paramedis RS Tugurejo. dengan persepsi karyawan RS Tugurejo Semarang tentang K3 RS. 4 Ada hubungan antara pengalaman kerja karyawan RS Tugurejo dengan. persepsi tenaga medis dan paramedis RS Tugurejo Semarang tentang. K3 RS, 5 Ada hubungan antara keadaan kerja tenaga medis dan paramedis RS.
Tugurejo dengan persepsi karyawan RS Tugurejo Semarang tentang K3. RS, 45,D Variabel Penelitian,1 Variabel Bebas, Variabel bebas merupakan variabel yang menjadi sebab berubahnya atau. timbulnya variabel terikat Variabel bebas dalam penelitian ini adalah . a Sikap, b Pengetahuan, c Motivasi, d Pengalaman, e Keadaan kerja. 2 Variabel Terikat, Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi. akibat karena adanya variabel bebas Variabel terikat dalam penelitian ini. adalah Persepsi tenaga medis dan paramedis RS Tugurejo Semarang. tentang K3 RS , 46, E Definisi Operasional, Tabel 3 1. Variabel Penelitian Definisi Operasional Skala Ukur dan Instrumen. Penelitian, Definisi CaraUkur Hasil Ukur,N Variabel Skala Instrumen.
Operasion,o Penelitian Ukur Penelitian, al, 1 Sikap Sikap yang Pertanyaan yang ada di Ordinal Kuesioner Sikap baik. dimiliki kuesioner berjumlah 63 jika X 29 5, responden pertanyaan Pertanyaan. mengenai mengenai sikap 9 Sikap cukup, K3 yang pertanyaan . baik jika 24 2, ada di RS Pengukurannya dengan, Tugurejo skala likert yang nilainya 29 5. Semarang yaitu sangat setuju, diberi nilai 4 empat Sikap kurang.
setuju nilai 3 tiga tidak baik jika x , setuju nilai 2 dua dan 24 2. sangat tidak setuju nilai, 1 satu , 2 Pengetahuan Pengetahu Pertanyaan yang ada di Ordinal Kuesioner Pengetahuan. an yang kuesioner berjumlah 63 baik jika X , dimiliki pertanyaan Pertanyaan. 33 2, responden mengenai pengetahuan, mengenai 12 pertanyaan . Pengetahuan, K3 yang Pengukurannya dengan, ada di RS skala likert yang nilainya cukup baik.
Tugurejo yaitu sangat setuju jika 27 3 , Semarang diberi nilai 4 empat 33 2. setuju nilai 3 tiga tidak, setuju nilai 2 dua dan Pengetahuan. sangat tidak setuju nilai kurang baik, 1 satu jika x 27 3. Ordinal Kuesioner Motivasi baik,3 Motivasi Motivasi Pertanyaan yang ada di. yang kuesioner berjumlah 63 jika X 30 8, dimiliki pertanyaan Pertanyaan.
mengenai motivasi 11 Motivasi, responden, pertanyaan Pengukuran cukup baik. mengenai nya dengan skala likert jika 24 7 , K3 yang yang nilainya yaitu 30 8. ada di RS sangat setuju diberi nilai, Tugurejo 4 empat setuju nilai 3 Motivasi. tiga tidak setuju nilai 2 kurang baik, dua dan sangat tidak. jika x 24 7, setuju nilai 1 satu, 47, Definisi Cara Ukur Hasil Ukur.
N Variabel Skala Instrumen, Operasion,o Penelitian Ukur Penelitian. al, 4 Pengalaman Pengalama Pertanyaan yang ada di Ordinal Kuesioner Pengalaman. n mengenai kuesioner berjumlah 63 baik jika X , K3 RS pertanyaan Pertanyaan 30 1. yang mengenai pengalaman, dialami 8 pertanyaan Pengalaman. responden Pengukurannya dengan, cukup baik, selama skala likert yang nilainya.
bekerja di yaitu sangat setuju jika 24 7 , RS diberi nilai 4 empat 30 1. Tugurejo setuju nilai 3 tiga tidak, Semarang setuju nilai 2 dua dan Pengalaman. sangat tidak setuju nilai kurang baik, 1 satu jika x 24 7. 5 Keadaan Kondisi Pertanyaan yang ada di Ordinal Kuesioner Keadaan. kerja tempat kuesioner berjumlah 63 Kerja baik, kerja pertanyaan Pertanyaan jika X 32 8. responden mengenai keadaan, dan kerja12 pertanyaan Keadaan.
dukungan Pengukurannya dengan, Kerja cukup, dari teman skala likert yang nilainya. serta yaitu sangat setuju baik jika 26 , manajemen diberi nilai 4 empat 32 8. di RS setuju nilai 3 tiga tidak, Tugurejo setuju nilai 2 dua dan Keadaan. Semarang sangat tidak setuju nilai kerja kurang, 1 satu baik jika x . 26, 6 Persepsi Pemahama Pertanyaan yang ada di Ordinal Kuesioner Persepsi baik.
karyawan n kuesioner berjumlah 63 jika X 32 9, terhadap K3 pandangan pertanyaan Pertanyaan. RS dan mengenai persepsi Persepsi, pendapat 11pertanyaan cukup baik. subyektif Pengukurannya dengan, jika 25 8 , karyawan skala likert yang nilainya. mengenai yaitu sangat setuju 32 9, K3 RS diberi nilai 4 empat . setuju nilai 3 tiga tidak Persepsi, setuju nilai 2 dua dan kurang baik.
sangat tidak setuju nilai jika x 25 8, 1 satu , 48. F Populasi dan Sampel, 1 Populasi, Populasi pada penelitian ini adalah seluruh tenaga medis di RS. Tugurejo Semarang sebanyak 290 orang berdasarkan data dari. bagian kepegawaian RSUD Dr Adhyatma Tugurejo pada bulan. Desember 2015 , 2 Sampel, Sampel pada penelitian ini adalah menggunakan metode. pengambilan systematic random sampling Sampel dipilih secara acak. yang ditemui di beberapa unit rumah sakit sehingga semua tenaga. medis dan paramedis yang bekerja di RSUD Tugurejo Semarang dan. memiliki peluang sama untuk dijadikan sampel Perhitungan sampel. yang digunakan adalah perhitungan dengan menggunakan rumus. Slovin , n , 74 35 75 responden, Keterangan , n Jumlah sampel. N Jumlah populasi, e tingkat kesalahan di dalam pengambilan sampel 10 0 1 .
Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus diatas . didapatkan jumlah sampel tenaga medis sebanyak 75 orang . 49,a Metode sampling, Karena jumlah populasi masing masing responden tiap bagian . unit kerja berbeda maka membagi jumlah responden sebanyak 75. orang agar memiliki peluang yang sama Teknik yang digunakan. teknik stratified sampling bersifat proporsional maka besarnya. sampel dapat dihitung sebagai berikut , Untuk mengetahui besarnya sampel yang akan diambil. dari setiap unit kerja dapat dihitung sebagai berikut 27 . ni n, Keterangan , ni jumlah sampel menurut lokasi. n jumlah sampel seluruhnya, Ni jumlah populasi menurut lokasi. N jumlah populasi seluruhnya, Berikut ini tabel pembagian sampel dengan teknik.
proportional random sampling , Tabel 3 2, Tabel Proporsi Pegawai Medis dan Paramedis. No Unit kerja Jumlah Pegawai Jumlah Sampel, 1 Dokter 65 65 290x75 16 8 17. 2 Perawat 195 195 290x75 50 4 50, 3 Bidan 30 30 290x75 7 7 8. Jumlah 290 75,b Kriteria Inklusi, 1 Tenaga medis yang meliputi Dokter perawat dan bidan . 2 Tenaga medis yang lama kerja adalah lebih dari 2 tahun . 3 Pegawai di RSUD Dr Adhyatma Tugurejo , 4 Responden bersedia mengisi kuesioner .
50, c Kriteria Eksklusi, 1 Pegawai medis yang bersifat karyawan kontrak atau magang . 2 Pegawai yang sedang cuti dinas ke luar kota sakit . 3 Tidak bersedia menjadi responden ,G Instrumen Penelitian. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dilakukan dengan cara. wawancara terstruktur sebagai alat bantu untuk mengumpulkan data. primer Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. yang terdiri dari sikap pengetahuan motivasi pengalaman keadaan. kerja dan persepsi karyawan Kuesioner yang dibuat untuk sikap terdiri. dari 8 pertanyaan Kuesioner yang dibuat untuk pengetahuan terdiri dari 9. pertanyaan Kuesioner yang dibuat untuk motivasi terdiri dari 9. pertanyaan kuesioner yang dibuat untuk mengetahui keadaan kerja. terdiri dari 9 pertanyaan untuk pengalaman kerja terhadap persepsi. terdiri dari 8 pertanyaan Sedangkan untuk mengetahui persepsi karyawan. sebanyak 9 pertanyaan ,H Pengumpulan Data, Jenis pengumpulan data yang dilakukan di bagi menjadi dua yaitu Data. Primer dan Data Sekunder Sumber data penelitian terdiri dari . a Data Primer, Data primer dalam penelitian ini adalah data yang diambil meliputi. data tentang sikap pengetahuan motivasi pengalaman dan keadaan. kerja serta karakterisitik individu meliputi umur jenis kelamin . pendidikan dan masa kerja Pengumpulan data primer dalam. penelitian ini menggunakan kuesioner dari variabel bebas dan. 51, variabel terikat terhadap sampel penelitian serta berdasarkan.
observasi , b Data Sekunder, Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari data kepegawaian. dan K3 RS di RSUD Tugurejo Semarang yaitu berupa jumlah tenaga. medis di setiap unit kerja laporan data kasus kecelakaan kerja pada. tahun 2014 2015 dan program program K3 RS yang dilaksanakan . I Pengolahan Data, Setelah data diperoleh maka dilakukan pengolahan data dengan. berbagai tahap sebagai berikut , 1 Editing, Sebelum data diolah peneliti mengecek data yang sudah terkumpul . Hal ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan kekurangan dan. kelengkapan pengisian kuesioner oleh responden Editing dilakukan. agar data lebih berkualitas dan menghilangkan keraguan . 2 Coding, Peneliti memberikan skor pada tiap jawaban yang bertujuan untuk. memudahkan dalam entry data , 3 Entry data, Pada tahap ini memasukkan data yang berasal dari kuesioner yang.
telah dikoding kedalam komputer untuk melakukan pengolahan data . Program yang digunakan adalah software statistik . 4 Cleaning, Pada tahap ini dilakukan pengecekan ulang data apakah terdapat. kesalahan atau tidak dalam memasukkan data , 52, 5 Tabulasi. Memasukkan data kedalam tabel tabel dan mengatur angka angka. yang diperoleh sehingga dapat disajikan dalam berbagai kategori . J Uji Validitas dan Uji Reabilitas, 1 Uji Instrumen. Instrumen dicobakan dimana populasi tersebut diambil datanya . Teknik pengujian instrumen menggunakan uji terpakai dari populasi. yang digunakan Terdapat dua hal pokok dalam pengujian instrumen . yaitu uji validitas dan reabilitas , a Uji Normalitas. Uji normalitas adalah uji instrumen yang digunakan untuk dapat. melakukan dan menginterpretasikan suatu data berdistrbusi. normal atau tidak Karena sebelum melakukan pengambilan data. dan uji hipotesis data dipakai harus berdistrbusi normal Berikut ini. adalah hasil uji normalitas data dengan menggunakan uji one. sample kolmogorov smirnov , Tabel 3 3, Hasil uji normalitas.
Nama Variabel P value Kesimpulan, Sikap 0 560 Normal. Pengetahuan 0 495 Normal, Motivasi 0 408 Normal, Pengalaman Kerja 0 028 Tidak Normal. Keadaan kerja 0 135 Normal, Persepsi K3 RS 0 082 Normal. Sumber Data Primer 2016, Berdasarkan tabel diatas dapat disimpulkan bahwa data. variabel berdistribusi tidak normal hanya pada pengalaman kerja . 53, sedangkan variabel lain dinyatakan berdistribusi normal karena.
p value 0 05 ,b Uji Validitas, Uji validitas adalah ukuran yang menunjukkan tingkat tingkat. kevalidan atau kesahihan suatu instrumen Sebuah instrumen. yang valid apabila dapat mengungkapkan data dari variabel yang. diteliti secara tepat Ukuran validitas menggunakan rumus korelasi. Product momen dan Pearson , , , Keterangan , rXY Korelasi momen tangkar Product Moment . N Jumlah sampel, X Jumlah skor butir, Y Jumlah skor total. XY Jumlah perkalian skor butir dengan skor total, X2 Jumlah kuadrat skor butir. Uji validitas dalam penelitian ini untuk mengetahui ketepatan. kuesioner yang dipakai Untuk melihat adanya perbedaan nilai. antara variabel bebas dan terikat maka nila Pvaluedibandingkan. dengan nilai 0 05 Jika nilai Pvalue alpha maka ada. perbedaan nilai yang bermakna antara variabel bebas dan. variabel terikat Tetapi jika Pvalue alpha maka tidak ada. hubungan yang bermakna antara variabel bebas dengan variabel. 54, terikat Berikut ini adalah hasil uji validitas instrumen dalam.
penelitian ini , Tabel 3 4, Hasil uji validitas instrumen variabel sikap. No Pernyataan P value Kesimpulan, Menurut saya pedoman K3 di Rumah 0 000 Valid. 1, sakit harus dipatuhi dengan disiplin, Menurut saya keselamatan dan 0 000 Valid. kesehatan kerja merupakan suatu upaya, 2, perlindungan bagi pegawai dan rekan. kerja, Menurut saya kecelakaan adalah suatu 0 000 Valid.
3, kejadian yang tidak dikehendaki , Menurut saya alat pelindung diri hanya 0 000 Valid. 4, perlu dipakai ditempat berbahaya, Menurut saya kecelakaan kerja yang 0 000 Valid. 5 terjadi disebabkan oleh lalainya pegawai, menggunakan alat pelindung diri . Menurut saya kecelakaan kerja yang 0 000 Valid, 6 terjadi disebabkan oleh acuhnya pegawai. pada aturan aturan K3 , Menurut saya perlu mengingatkan 0 000 Valid.
pegawai lain yang tidak mematuhi, 7, peraturan pekerjaan yang beresiko. kecelakaan , Saya akan membiarkan alat alat atau 0 000 Valid. 8 material yang berbahaya berserakan di, tempat kerja . Sumber Data Primer 2016, Berdasarkan table 3 4 diketahui bahwa seluruh item pernyataan. untuk instrumen variabel sikap dinyatakan valid karena p value 0 05 . 55, Tabel 3 5, Hasil uji validitas instrumen variabel Pengetahuan.
No Pernyataan P value Kesimpulan, Rumah sakit tempat saya bekerja harus 0 000 Valid. 1, memiliki komite yang mengelola K3 RS , Saya harus mengetahui dan memahami 0 000 Valid. Standar Prosedur Operasional SPO dan, 2, ketentuan K3 yang berhubungan dengan. pekerjaan saya , Kecelakaan kerja yang terjadi disebabkan 0 000 Valid. oleh lalainya menggunakan alat pelindung, 3, diri dan kondisi tempat kerja yang tidak.
aman, Pada area yang mengandung sumber 0 000 Valid. 4, bahaya perlu diberikan tanda peringatan , Meletakkan peralatan dan ruangan kerja 0 000 Valid. 5 yang baik dapat mencegah terjadinya, kecelakaan . Petunjuk bahaya di lingkungan kerja 0 000 Valid, 6 rumah sakit berpengaruh terhadap. pencegahan kecelakaan kerja, Menurut saya pengetahuan dan 0 000 Valid.
keterampilan yang tentang Kesehatan dan, 7, keselamatan kerja yang diberikan rumah. sakit sudah cukup memadai , Menurut saya penyebab dasar terjadinya 0 000 Valid. 8 kecelakaan adalah karena kondisi dan, tindakan yang tidak aman . Saya telah mengenali dengan baik seluruh 0 001 Valid. 9 risiko bahaya ada ada dilingkungan kerja, saya . Sumber Data Primer 2016, Berdasarkan table 3 5 diketahui bahwa seluruh item pernyataan.
untuk instrumen variabel pengetahuan dinyatakan valid karena p value . 0 05 , 56, Tabel 3 6, Hasil uji validitas instrumen variabel Motivasi. No Pernyataan P value Kesimpulan, Di tempat kerja saya salah satu penyebab 0 000 Valid. kecelakaan diakibatkan oleh kurang, 1, ditekannya perilaku kerja yang aman. dalam bekerja , Menurut saya walaupun banyak 0 000 Valid. pekerjaan yang harus dipenuhi saya, 2 harus tetap berhati hati terhadap risiko.
kecelakaan di tempat kerja dan mematuhi, prosedur kerja yang aman . Menurut saya hubungan yang tidak baik 0 000 Valid. dengan rekan kerja akan mempengaruhi, 3 kinerja dalam bekerja sehingga. memungkinkan perilaku saya bertindak, tidak aman, Saya merasa tidak aman bekerja apabila 0 000 Valid. 4, tidak memakai Alat Pelindung Diri APD , Menurut saya APD tidak perlu dipakai 0 000 Valid. 5 karena tidak memberikan kenyamanan, dalam bekerja .
Menurut saya bercanda saat bekerja tidak 0 000 Valid. 6, dapat menimbulkan kecelakaan , Menurut saya penghargaan dan 0 000 Valid. hukuman dari rumah sakit dalam, 7, pematuhan peraturan kesehatan dan. keselamatan kerja sudah cukup , Menurut saya pemberian intensif di 0 000 Valid. 8, tempat kerja saya sudah cukup memadai , Menurut saya seseorang harus bekerja 0 000 Valid. 9 dengan aman terutama ketika diperhatikan, oleh atasan .
Sumber Data Primer 2016, Berdasarkan table 3 6 diketahui bahwa seluruh item pernyataan. untuk instrumen variabel motivasi dinyatakan valid karena p value 0 05 . 57, Tabel 3 7, Hasil uji validitas instrumen variabel Pengalaman Kerja. No Pernyataan P value Kesimpulan, Kerugian yang timbul karena kecelakaan 0 000 Valid. 1 kerja di tempat kerja akan mempengaruhi, kegiatan rumah sakit . 2 Bekerja sesuai dengan SOP dapat 0 000 Valid, mencegah terjadinya kecelakaan kerja .
Segala hal yang berkaitan dengan 0 000 Valid, petunjuk keselamatan dan kesehatan di. 3, tempat kerja saya bekerja harus saya, ketahui dengan baik . Dalam memenuhi seluruh fasilitas dan 0 000 Valid, 4 keselamatan dan kesehatan kerja pihak. manajemen rumah sakit perlu terlibat , Program K3 dilaksanakan agar 0 000 Valid. menciptakan suasana kerja yang aman , 5, bersih dan kesejahteraan di lingkungan.
kerja , Saya Merasa tidak aman apabila bekerja 0 000 Valid. tidak menggunakan alat pelindung diri di, 6, lingkungan yang terpapar bahaya dan. risiko , Saya merasa lebih nyaman bekerja 0 000 Valid. 7 apabila terhindar dari resiko kecelakaan, kerja . Saya sudah mengenali sumber sumber 0 000 Valid, 8.
bahaya risiko ditempat kerja saya ,Sumber Data Primer 2016. Berdasarkan table 3 7 diketahui bahwa seluruh item pernyataan. untuk instrumen variabel pengalaman kerja dinyatakan valid karena p.


Related Books

BAB III METODE PENELITIAN A. Desain Penelitian

BAB III METODE PENELITIAN A Desain Penelitian

SMP Negeri 49 Bandung Bahasa Indonesia VIII/2 12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan atau poster 12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas 2 x 40 menit A. Indikator 1. Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas dengan memerhatikan unsur 5W+1H. 2. Menulis teks berita dengan struktur teks ...

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VIDEO TERHADAP HASIL ...

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VIDEO TERHADAP HASIL

Skripsi.Jakarta: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio video terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dalam ...

PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN PETANI ... - digilib.unila.ac.id

PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN PETANI digilib unila ac id

Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan, (2) kesejahteraan petani jagung di Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan petani jagung di Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Jumlah responden petani jagung dalam penelitian ini yaitu sebanyak 93 orang. Metode analisis data yang ...

PENGENALAN STATISTIKA - ferdiana.yunita.staff.gunadarma.ac.id

PENGENALAN STATISTIKA ferdiana yunita staff gunadarma ac id

A. Statistika induktif B. statistika deskriptif C. Metode penelitian D. Inferensia statistika Bagian dari statistika yang mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan gugus data induknya adalah: A. Statistika induktif B. statistika deskriptif

Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Anggur (Vitis vinifera ...

Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Anggur Vitis vinifera

Persiapan Ekstrak Biji Anggur hijau (Vitis vinifera) Penentuan dosis ekstrak biji anggur hijau (Vitis vinifera) berdasarkan penelitian Monagas (2003), yaitu digunkan dosis 0,9 mg/ekor/hari, 2,7 mg/ekor/hari dan 5,4 mg/ekor/hari. Metode pembuatan ekstrak biji anggur yaitu dengan cara simplisia biji anggur dicampur dengan

PENGARUH MOTIVASI, POLA KEPEMIMPINAN, DAN PENGEMBANGAN ...

PENGARUH MOTIVASI POLA KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN

motivasi, pola kepemimpinan, dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan (survey di PT PLN Persero Surakarta) Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang karyawan/ pegawai PLN. Sampel diambil dengan teknikaksidental sampling yaitu teknik

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ...

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH

dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah serta faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah. Metode penelitian yang digunakan dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini dengan cara observasi langsung, penelitian kepustakaan serta wawancara.

PENERAPAN METODE EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH ...

PENERAPAN METODE EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH

metode ekspositori pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli. Implikasi penelitian ini adalah 1) diharapkan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli, agar dapat berperan aktif dalam memberdayakan guru dengan menggunakan metode ekspositori. 2) Hendaknya guru meningkatkan proses

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN ...

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN

tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh sikap siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar, (3) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan sikap siswa dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan ...

III. Metode Penelitian 3.1. Metode Yang Digunakan

III Metode Penelitian 3 1 Metode Yang Digunakan

III. Metode Penelitian 3.1. Metode Yang Digunakan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Menurut Syaiful dan Aswan, metode ekperimen adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari, yang bertujuan untuk

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI ...

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI

“Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Makassar”, dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Penelitian ini tersusun secara sistematis yang terdiri atas lima bab, yaitu

BAB III METODE PENELITIAN - repository.unika.ac.id

BAB III METODE PENELITIAN repository unika ac id

Gambar 3.6 Diagram Alir Distribusi Hujan Jam-jaman Hujan Rancangan dengan Periode Ulang 2, 5, 10, 25, dan 50 Tahun Menghitung Presentase Intensitas Hujan Tiap Jam Distribusi Hujan Jam-jaman Selesai Mulai Menghitung Intensitas Hujan 6 Jam dengan Metode Mononobe Intensitas Hujan Menghitung Distribusi Hujan Jam-Jaman Hietograf. 47 Tugas Akhir Evaluasi Kapasitas Penampang Sungai Bodri dengan ...

ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN REPRODUKSI MARMUT JANTAN ...

ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN REPRODUKSI MARMUT JANTAN

marmut (2) mengembangkan media pembelajaran berupa slide histologi serta atlas anatomi organ reproduksi mamut jantan (3) mengetahui kualitas atlas anatomi organ reproduksi marmut jantan untuk sumber belajar. Pembuatan slide menggunakan metode parafin dengan pewarnaan HE. Penelitian menghasilkan

MEYAKINKAN VALIDITAS DATA MELALUI TRIANGULASI PADA ...

MEYAKINKAN VALIDITAS DATA MELALUI TRIANGULASI PADA

data untuk memperoleh keyakinan terhadap kebenaran data pada penelitian kualitatif dapat dilakukan dengan triangulasi. Triangulasi merupakan metode sintesa data terhadap kebenarannya dengan menggunakan metode pengumpulan data yang lain atau berbagai paradigma triangulasi. Data yang dinyatakan valid melalui triangulasi akan memberikan

BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Metode Penelitian

BAB III METODE PENELITIAN 3 1 Metode Penelitian

Format Kisi-kisi Penilaan Pembelajaran Memproduksi Teks Ulasan Drama Berdasrkan Nilai Moral No. Kompetensi Dasar Indikator Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrument 1. 4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai a. Menentukan para pelaku dan perwatakan dalam tayangan video drama

PENGARUH PEMANASAN TERHADAP STRUKTUR DAN SIFAT OPTIK ...

PENGARUH PEMANASAN TERHADAP STRUKTUR DAN SIFAT OPTIK

mineral. Suatu struktur kristal dibangun oleh sel unit, sekumpulan atom, yang tersusun secara khusus, yang secara periodik berulang dalam ... optik lainnya. Dalam penelitian ini dibuat film ZnO dengan metode spin coating, dengan suhu yang bervariasi yaitu 400OC, 500oC dan 600OC. Seperti pada penelitian sebelumnya yang menvariasikan suhu, suhu yang digunakan yaitu 400oC, 500oC, 600oC dan 700oC ...

PENERAPAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS UNTUK ...

PENERAPAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS UNTUK

keypersons. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analytic hierarchy Process (AHP). Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa terdapat tiga prioritas utama yang perlu dilaksanakan dalam strategi penguatan kinerja agribisnis cabai merah di Kabupaten Temanggung adalah penyediaan dan akses modal yang diperuntukkan

III. METODE PENELITIAN 3.1 IDENTIFIKASI VARIABEL PENELITIAN

III METODE PENELITIAN 3 1 IDENTIFIKASI VARIABEL PENELITIAN

27 III. METODE PENELITIAN 3.1 IDENTIFIKASI VARIABEL PENELITIAN Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal

4.2 PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS 4.2.1 Pengantar

4 2 PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS 4 2 1 Pengantar

Mampu menganalisis makna dari berbagai bentuk pembicaraan (percakapan, ceramah, pidato, dsb) dalam bahasa Inggris dengan benar 10. Mampu berbicara dalam Bahasa Inggris pada ranah non-akademik dan memberikan argumentasi secara logis PENGETAHUAN 1. Memanfaatkan teknologi sebagai metode analisis teks-teks bahasa dan budaya untuk menghasilkan hasil penelitian yang akurat dan terpercaya 2 ...

SINTESIS DAN KARAKTERISASI SENYAWA KOMPLEKS KOBALT(II ...

SINTESIS DAN KARAKTERISASI SENYAWA KOMPLEKS KOBALT II

Penelitian sintesis senyawa kompleks Co(II) dengan ligan 1,10-fenantrolin dan anion trifluorometanasulfonat ini bertujuan untuk mengetahui metode sintesis, formula, konduktivitas senyawa kompleks, sifat magnetik, spektrum elektronik, spektrum IR, dan difraktogram XRD senyawa kompleks.

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN

adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. penekanan pada proses dan makna yang tidak dikaji secara ketat atau belum 1 Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta. 2010), 2-3. 2 Ulber Silalahi, Metode Penelitian Sosial (Bandung: Refika Aditama. 2010), 12-13.

ANALISIS WACANA SYAIR PUISI DALAM MENANAMKAN AJARAN ISLAM

ANALISIS WACANA SYAIR PUISI DALAM MENANAMKAN AJARAN ISLAM

dalam masyarakat). Dasar dari analisis wacana adalah interpretasi, karena analisis wacana merupakan bagian dari metode interperatif yang mengandalkan interpretasi dan penafsiran peneliti dan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teks dan wacana yang disampaikan kepada pembaca dalam syair puisi Begitu Engkau Bersujud,

BAB 3 METODE PENELITIAN 3.1 Pendekatan Penelitian

BAB 3 METODE PENELITIAN 3 1 Pendekatan Penelitian

Dalam analisis matriks SWOT terjadi interaksi penggabungan dari strategi yang meliputi kombinasi interaksi strategi internal-eksternal yang terdiri dari35: 1. Strategi SO (Strength-Opportunity), ciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. 35 Freddy Rangkuti. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Jakarta: PT ...

PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL ...

PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL

penelitian eksperimen. dengan desain penelitian Posttest Only Control group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan tes, dengan penjelasan bahwa tes untuk mengatahui hasil belajar IPA pada siswa dan observasi untuk mengetahui penggunaan metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Data analisis dengan ...

EFEKTIVITAS AIR REBUSAN KULIT KAYU MANIS Cinnamomum ...

EFEKTIVITAS AIR REBUSAN KULIT KAYU MANIS Cinnamomum

memunyai potensi antiseptik karena mengandung flavonoid, tanin, dan saponin. Penelitian ini betujuan untuk menguji efektivitas air rebusan KKM sebagai antiseptik untuk higiene tangan. Metode: Penelitian eksperimental dengan rancangan pre test and post test control group design dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi FK UNDIP/ RSND

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM PENENTUAN ...

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM PENENTUAN

menganalisis perhitungan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual produk pada UKM GTT Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam perhitungan harga pokok produksi adalah full costing, dan penentuan harga jual produk dengan pendekatan cost-plus pricing.

BAB III METODE PENELITIAN A. Ruang Lingkup Penelitian

BAB III METODE PENELITIAN A Ruang Lingkup Penelitian

diberlakukannya Perda No. 5 Tahun 1977, status perusahaan berbentuk badan hukum, dimana sebelum dialihkan menjadi perusahaan daerah, status perusahaan air minum semula adalah sebagai dinas daerah. Modal dasar perusahaan terdiri atas kekayaan daerah yang berasal dari seluruh

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN

3.5.2.2 Uji Asumsi Klasik Uji asumsi klasik merupakan syarat yang harus dipenuhi agar persamaan regresi dapat dikatakan sebagai persamaan regresi yang baik, maksudnya adalah persamaan regresi yang dihasilkan akan valid jika digunakan untuk memprediksi. Uji asumsi klasik tersebut biasanya sering digunakan pada persamaan regresi berganda. Hal ini ...

Analisis dan Implementasi Teknik Data Mining dengan Metode ...

Analisis dan Implementasi Teknik Data Mining dengan Metode

terlaksananya skripsi ini. 7. Teman seperjuanganku di Teknik Informatika 2012 yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. 8. Plastik hitam squad atas canda, tawa, suka dan duka dalam membantu penulis selama menyelesaikan penelitian untuk skripsi ini. 9. Seluruh pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu, namun ...