Bab Iii Metode Pembuatan Patung Gajah A Bagan Proses -Books Pdf

BAB III METODE PEMBUATAN PATUNG GAJAH A Bagan Proses
07 Apr 2020 | 8 views | 0 downloads | 19 Pages | 1.04 MB

Share Pdf : Bab Iii Metode Pembuatan Patung Gajah A Bagan Proses

Download and Preview : Bab Iii Metode Pembuatan Patung Gajah A Bagan Proses


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Iii Metode Pembuatan Patung Gajah A Bagan Proses



Transcription

B Metode Pembuatan Patung Gajah, Ide berkarya seni patung dilatar belakangi ketertarikan penulis akan. karakteristik dan bentuknya Gajah merupakan hewan yang paling disukai. diantara hewan lainnya polemik serta permasalahan yang menimpa kehidupan. gajah di Indonesia menjadikan penulis merasa berempati untuk mewujudkannya. dalam sebuah karya seni patung Membuat patung merupakan keinginan penulis. agar pesan yang ingin disampaikan bisa lebih terasa dari segi bentuk tekstur dan. warna yang dipilih,2 Eksplorasi, Eksplorasi adalah pijakan awal penulis dari proses penciptaan karya seni. patung gajah ini Tahapannya termasuk berpikir berimajinasi merasakan dan. merespon objek yang dijadikan sumber penciptaan Berikut tahapannya. a Pengumpulan Data, Pengumpulan data penting dilakukan untuk menunjang keberhasilan serta. mempermudah proses pencarian gagasan dalam pembuatan karya Proses. pengumpulan data ini dilakukan dengan berbagai cara dan berikut adalah teknik. pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu. 1 Studi literatur, Studi literatur dilakukan penulis dengan mencari teoridan bahan pendukung. teori Adapun sumber sumber yang dipakai penulis untuk mendukung proses. penciptaan yaitu,Eko Prasujarwanto 2013,Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung.
Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. a Buku Buku buku yang berkaitan dalam pembuatan karya yang akan penulis. buat diantaranya Buku skripsi Gerak Kuda Dalam Seni Patung Umar arif. 2008 Filsafat Seni Jakob Sumardjo Diksi rupa Sculpture With Simple. Material Gellner Sherry dan buku buku yang lainnya. b Majalah dan Koran Majalah dan Koran yang berkaitan dengan karya penulis. c Website terkait dengan pembuatan karya tugas akhir penulis adalah. www google com http www antaranews com http wartaaceh com. www danielfirman com http daerah sindonems com yang membantu. mengantar ke berbagai link internet dalam pembuatan karya patung. 2 Observasi, Teknik pengumpulan data yang bersifat observasi merupakan teknik yang. diperlukan untuk pendekatan keilmuan yang mendukung keterkaitan dengan. materi yang akan dicari Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari teknik ini. adalah tidak adanya keterbatasan Karena dapat diperoleh dari objek objek alam. yang lain Proses Observasi Pertama yang penulis lakukan ialah melihat langsung. karakter Patung gajah berbahan semen yang berada di Taman Lalu Lintas dan. Patung Figur Gajah di Kampung Gajah Bandung,3 Dokumentasi. Dalam hal ini pendokumentasian dalam bentuk foto video atau arsip sangat. perlu dilakukan selama proses penciptaan berlangsung sebagai bahan evaluasi. atau rekomendasi Berikut adalah hasil dari dokumentasi yang dilakukan penulis. ke taman lalu lintas dan kampung gajah Bandung,Eko Prasujarwanto 2013. Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung, Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. Gambar 3 1,Patung Gajah 1 di Taman Lalu Lintas Bandung.
Sumber Dokumentasi Pribadi,Gambar 3 2,Patung Gajah 2 di Taman Lalu Lintas Bandung. Sumber Dokumentasi Pribadi,Gambar 3 3,Patung gajah di Kampung gajah Bandung. Sumber Dokumentasi Pribadi,Eko Prasujarwanto 2013,Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung. Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. 3 Improvisasi, Setelah data terkumpul dari hasil eksplorasi yang dijelaskan tersebut. Penulis mulai membuat beberapa sketsa awal sebagai langkah improvisasi dari. data hasil eksplorasi Dalam hal ini beberapa sketsa penulis dipengaruhi hasil dari. data data yang sudah diperoleh baik secara tertulis maupun tersirat. Pada awal rencana bambu merupakan material yang penulis pilih dengan. perbandingan ukuran karya 1 1 Namun dengan beberapa pertimbangan dari. diskusi baik dengan Dosen dan rekan rekan Himasra maka dipilihlah semen. sebagai bahan utama dan ram kawat sebagai kerangka bentuk dalam mewujudkan. patung gajah Sumatera tersebut Semen dinilai cukup ekonomis dan mudah. didapatkan, Teknik lepa dengan tekstur yang dibuat kasar merupakan pengembangan.
yang sebelumnya direncanakan dibuat halus Namun dikarenakan akan dilakukan. finishing mempergunakan pewarnaan tembaga maka patung diberi tekstur kasar. Bentuk objek patung yang dibuat kurus dengan gerak dan ekspresi yang. menggambarkan keadaan gajah Sumatra saat ini seperti gerakan gajah yang. sedang makan gerakan gajah yang sedang memanggil kawanannya gerakan gajah. yang sedang marah dan gerakan gajah yang sekarat,4 Proses Pembentukan Forming. Tahapan tahapan dalam proses penciptaan yang dilakukan penulis adalah. sebagai berikut,1 Persiapan Alat dan Bahan,Eko Prasujarwanto 2013. Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung, Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. Berikut beberapa alat yang dibutuhkan penulis dalam penciptaan karya. patung Gajah Sumatra yaitu, 1 Kertas gambar dan pensil digunakan dalam pembuatan sketsa. Gambar 3 4,Kertas Gambar dan Pensil,Sumber Dokumentasi Pribadi.
2 Tang digunakan untuk membentuk rangka,Gambar 3 5 Tang. Sumber Dokumentasi Pribadi,Eko Prasujarwanto 2013,Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung. Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. 3 Gunting Seng digunakan untuk memotong ram kawat,Gambar 3 6 Gunting Seng. Sumber Dokumentasi Pribadi, 4 Kape berbagai ukuran digunakan digunakan untuk melepakan adonan semen. Gambar 3 7 Kape berbagai ukuran,Sumber Dokumentasi Pribadi.
5 Kuas digunakan untuk membuat tekstur dan membantu proses finishing. Gambar 3 8 Kuas,Sumber Dokumentasi Pribadi,Eko Prasujarwanto 2013. Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung, Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. 6 Ember digunakan untuk mengaduk adonan semen,Gambar 3 9 Ember. Sumber Dokumentasi Pribadi,7 Palu digunakan untuk membuat base. Gambar 3 10 Palu,Sumber Dokumentasi Pribadi, Berikut beberapa bahan yang digunakan dalam proses penciptaan karya.
patung gajah Sumatra ini yaitu sebagai berikut, 1 Semen merupakan bahan utama dalam proses pembuatan karya patung gajah. yang penulis buat,Eko Prasujarwanto 2013,Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung. Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. Gambar 3 11 Air dan Semen,Sumber Dokumentasi Pribadi. 2 Air digunakaan sebagai bahan pencampur semen, 3 Koran digunakan untuk mengikat semen pada rangka. Gambar 3 12 Koran,Sumber Dokumentasi Pribadi, 4 Kawat galvanish 0 5mm digunakan untuk membuat rangka patung.
Gambar 3 13 Kawat Galvanish 0 5mm,Sumber Dokumentasi Pribadi. Eko Prasujarwanto 2013,Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung. Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. 5 Ram Kawat mesh digunakan untuk membuat rangka patung. Gambar 3 14 Ram Kawat,Sumber Dokumentasi Pribadi,6 Cat tembok digunakan dalam finishing karya. Gambar 3 15 Cat Tembok,Sumber Dokumentasi Pribadi,2 Pembuatan Sketsa Proses Abstraksi. Dalam prosesnya dilakukan dengan studi gambar improvisasi penggalian. atas data dan objek dengan membuat sketsa dan bimbingan sketsa sketsa gambar. yang akan dijadikan acuan dalam berkarya patung,Gambar 3 16.
Pembuatan Sketsa,Sumber Dokumentasi Pribadi,Eko Prasujarwanto 2013. Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung, Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. Gambar 3 17,Proses Abstraksi Sketsa 1,Sumber Dokumentasi Pribadi. Eko Prasujarwanto 2013,Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung. Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. Gambar 3 18,Proses Abstraksi Sketsa 2,Sumber Dokumentasi Pribadi.
Eko Prasujarwanto 2013,Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung. Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. Gambar 3 19,Proses Abstraksi Sketsa 3,Sumber Dokumentasi Pribadi. Eko Prasujarwanto 2013,Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung. Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. Gambar 3 20,Proses Abstraksi Sketsa 4,Sumber Dokumentasi Pribadi. 3 Pembuatan Model dan Konstruksi,Eko Prasujarwanto 2013.
Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung, Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu. Hal pertama yang penulis lakukan setelah pembuatan sketsa adalah. membuat model miniature berbahan steorofoam Kemudian dilakukan dengan. membuatnya dari ram kawat dibentuk sesuai dengan sketsa dan model kecilnya. yang telah dibuat dan disetujui dengan bantuan gunting seng dan tang Setelah. model dari ram kawat terbentuk bahan lainnya yaitu koran dimasukkan ke dalam. rangka dengan tujuan untuk mengikat semen yang akan dilepakan pada ram. Gambar 3 21 Pembuatan Model,Sumber Dokumentasi Pribadi. 4 Pengolahan Semen, Tahapan selanjutnya adalah pengolahan semen Bahan ini merupakan. bahan utama yang dijadikan karya patung Jenis semen yang digunakan adalah. semen Ordinary Portland Cement Tipe I karena jenis ini merupakan semen yang. dapat digunakan pada seluruh bagian bangunan, Langkah awal dalam mengolah bahan ini adalah penulis mempersiapkan. ember air sesuai yang dibutuhkan dan semen Perbandingan yang penulis. pergunakan ialah 1 kg semen berbanding 400 ml air Setelah semua alat. Eko Prasujarwanto 2013,Gajah Sumatera Sebagai Objek Berkarya Seni Patung.
Universitas Pendidikan Indonesia repository upi edu.

Related Books

clinical decision tree for staging and grading

clinical decision tree for staging and grading

on probing (BoP). If this is present in more than 10% of the sites, the patient is diagnosed with gingivitis and if present in less than 10% of sites, the patient is diagnosed with periodontal health. STEP 1 New patient Periodontitis: clinical decision tree for staging and grading Based on: Tonetti, MS & Sanz M.

PEDOMAN TEKNIS PERADILAN AGAMA DALAM BUKU II PASCARAKERNAS ...

PEDOMAN TEKNIS PERADILAN AGAMA DALAM BUKU II PASCARAKERNAS

2 pasti dalam memberikan pelayanan jasa hukum bagi masyarakat. Pimpinan Mahkamah Agung sebagai pengawas tertinggi jalannya peradilan di seluruh

3D TV GUIDE

3D TV GUIDE

2011 LOCATION: Lucca The ports wear collection for spring-summer Tuttosport Lucca 2011. Fashion show sportswear Spring Summer 2011 LOCATION: Lucca Latest swimwear, spring-summar 2011 collection. Fashion show: Jewelry LOCATION: Lucca The jewels, special booby skin, wonderful models presenting the new jewlery collection 2011 by Marrakesh Lucca.

ACADEMIC LEARNING PACKETS - irp-cdn.multiscreensite.com

ACADEMIC LEARNING PACKETS irp cdn multiscreensite com

ACADEMIC LEARNING PACKETS PHYSICAL EDUCATION INSTRUCTIONS AND SUGGESTIONS Learning Packet #1: VOLLEYBALL Student Response Packet Learning Packet #2: BADMINTON Student Response Packet Learning Packet #3: TENNIS Student Response Packet Learning Packet #4: BASKETBALL Student Response Packet Learning Packet #5: BOWLING Student Response Packet Learning Packet #6: SOCCER Student Response Packet ...

Self-regulation, Incentive Based Regulation, Co-regulation ...

Self regulation Incentive Based Regulation Co regulation

Self-regulation, Incentive Based Regulation, Co-regulation, Cross Sector Regulation in Social Media: Modes and Models 16.12.2014

SOUTH EAST MARTS ON-THE-FARM SALE at BLACK ROBIN FARM ...

SOUTH EAST MARTS ON THE FARM SALE at BLACK ROBIN FARM

162 Leyland tractor weights 163 Ford tractor weight 164 Massey Ferguson tractor weight 165 Bunded diesel tank, 1000 litre, capacity with K33 measure pump, motor hose and gun 166 Adapter plate 167 Link livestock transport box 168 Sprayer tank used as water bodge, 500 gallons 169/171 FARM MACHINERY, TRAILERS & QUAD BIKES 172 Set of four zig zag harrows and pole 173 Greenland Vicon Vari PS1154 ..

ANALISIS STOCK SELECTION, MARKET TIMING ABILITY, SIZE FUND ...

ANALISIS STOCK SELECTION MARKET TIMING ABILITY SIZE FUND

LONGEVITY FUND PADA KINERJA REKSA DANA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2014-2018 Tesis Diajukan Kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untuk memenuhi syarat-syarat meraih Gelar Magister Ekonomi Diajukan oleh : Annisa Putri Anugrah 21170850000025 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2019 . iii DAFTAR RIWAYAT HIDUP I. Data Pribadi Nama : Annisa Putri ...

The World Intellectual Property Organisation - An ...

The World Intellectual Property Organisation An

The World Intellectual Property Organisation - An Institutional Model for ... 3 REFORMING INTERNATIONAL ENVIRONMENTAL ... International Environmental Governance

Trapping Brown-headed Cowbirds to Control Songbird Nest ...

Trapping Brown headed Cowbirds to Control Songbird Nest

forward copies to Unites States Fish and Wildlife Office in Albuquerque, New Mexico. Landowners who are actively participating in trapping brown-headed cowbirds must submit their data by January 31st each year. Submit data to: U.S. Fish and Wildlife Service Regional Migratory Bird Permit Offices P.O. Box 709 Albuquerque, NM 87103 . Materials List for 6x8 Portable Wood Cowbird Trap Number ...

03 Taming the Building Science Education Wild West Show ...

03 Taming the Building Science Education Wild West Show

12 Buildings.Energy.gov Skills Proficiency 1 2 3 4 5 6 1 Integration of Whole-Building System 1.1: Performance: Energy, Durability, Comfort, IAQ 1.2: Life-Cycle Cost ...