Bab Iii Klasifikasi Alat Ukur Listrik A-Books Pdf

BAB III KLASIFIKASI ALAT UKUR LISTRIK A
04 Jun 2020 | 18 views | 0 downloads | 9 Pages | 422.28 KB

Share Pdf : Bab Iii Klasifikasi Alat Ukur Listrik A

Download and Preview : Bab Iii Klasifikasi Alat Ukur Listrik A


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Iii Klasifikasi Alat Ukur Listrik A



Transcription

magnet yang kuat terbuat dari logam alnico yang berbentuk U Arus yang dialirkan melalui. kumparan akan menyebabakan kumparan tersebut berputar Alat ukur kumparan putar adalah. alat ukur yang dipakai untuk arus searah,Gambar 3 1 Prinsip kerja alat ukur kumparan putar. Alat ukur ini konstruksinya terdiri dari sebuah kumparan coil yang dapat bergerak. atau berputar bebas yang ditempatkan dalam medan magnet permanen Jarum penunjuk. diletakkan pada kumparan putarnya, Konstruksi alat ukur kumparan putar terdiri dari permanen magnet kumparan putar. dengan inti besi bulat jarum penunjuk terikat dengan poros dan inti besi putar skala linear dan. pegas spiral rambut serta pengatur posisi nol Gambar 8 13 Torsi yang dihasilkan dari. interaksi elektromagnetik sesuai persamaan,B kerapatan fluk magnet Wb m2. A luas efektif koil m2,I arus ke kumparan putar A,N jumlah belitan. Dari persamaan di atas komponen B A dan N adalah konstan sehingga torsi. berbanding lurus dengan arus mengalir ke kumparan putar Data alat ukur kumparan putar. dengan dimensi 31 2 in arus 1 mA simpangan skala penuh 100 derajat memiliki A 1 72 cm2. B 2 000 G 0 2 Wb m2 N 84 lilit T 2 92 10 6 Nm R kumparan putar 88 disipasi daya. 88 W Untuk pengukuran listrik AC alat ukur kumparan putar ditambahkan komponen. tambahan yaitu diode bridge sebagai penyearah AC ke DC. Gambar 3 2 Meter kumparan putar dengan diode penyearah. Tahanan seri RV untuk mendrop tegangan sehingga batas ukur dan skala pukuran. sesuai Sehingga tahanan total RT RV R Multimeter menggunakan kumparan putar sebagai. penggerak jarum penunjuknya,2 Alat ukur besi putar.
Alat ukur dengan prinsip kerja besi putar atau disebut juga sistem elektromagnet adalah sesuatu. alat ukur yang mempunyai kumparan tetap dan besi yang berputar Konstruksi dari alat ukur ini. terdiri dari kumparan tetap dan sepasang besi lunak mudah mengalami demagnetisasi besi. lunak tersebut ditempatkan dalam ruang antara kumparan tetap dimana besi lunak yang satu. ditempatkan menempel dengan kumparan tetap sedang besi lunak yang lain berhubungan. dengan sumbu as dari jarum penunjuk sehingga dapat berputar bergerak bebas. Gambar 3 3 Prinsip kerja besi putar,Cara kerja, Bila ada arus yang mengalir pada kumparan maka ruangan tersebut akan ada medan magnet. yang mengakibatkan kedua besi lunak tersebut demagnetisasi dan bersifat sebagai magnet. permanen Pasangan besi lunak tersebut mempunyai sepasang kutub yang sama sehingga kutub. kutub yang sejenis akan tolak menolak dan besarnya penyimpangan tergantung dari besarnya. arus yang lewat pada kumparan, Alat ukur jenis besi putar mempunyai karakteristik sebagai berikut. Dapat digunakan untuk pengukuran arus searah maupun bolak balik. Mempunyai ketelitian yang rendah,Untuk mengukur arus yang sedang dan besar. Sederhana dan kuat dalam konstruksi,3 Alat ukur elektrodinamik. Konstruksi terdiri dari kumparan putar dan kumparan tetap medan magnet dibangkitkan. oleh kumparan tetap yang mempunyai bagian dua gulungan yang dipasang pararel satu sama. lain sedang rangkaian elektrisnya dari kedua kumparan tersebut terhubung seri atau pararel. Gambar 3 4 Prinsip kerja elektrodinamik, Alat ukur elektrode memiliki dua jenis belitan kawat yaitu belitan kawat arus yang.
dipasang dan belitan kawat tegangan sebagai kumparan putar terhubung dengan poros dan. jarum penunjuk Interaksi medan magnet belitan arus dan belitan tegangan menghasilkan sudut. penyimpangan jarum penunjuk sebanding dengan daya yang dipakai beban. Alat ukur elektrodinamik memiliki karakterustik sebagai berikut. Dapat digunakan pada pengukuran arus listrik bolak balik maupun searah. Mempunyai ketelitian yang tinggi,Pemakaian dayanya tinggi. Biasa digunakan pada Wattmeter,4 Alat ukur elektrostatis. Alat ukur ini bekerja atas dasar gaya elektrostatis sebagai akibat interaksi antara dua. elektroda yang mempunyai beda potensial,Gambar 3 5 Prinsip kerja elektrostatis. Cara kerja, Bila tegangan yang akan diukur ditempatkan diantara elektroda tetap dan elektroda berputar. maka pada elektroda putar akan mendapatkan momen putar yang sebanding dengan V2. elektroda ini dibuat sedemikian sehingga didapatkan skala rata Momen yang menyebabkan. elektroda putar bergerak didapat dari medan elektrostatis yang terjadi diantara kedua keping. elektroda yang berttindak sebagai kondensator Alat ukur ini untuk mengukur tegangan yang. 5 Alat ukur Induksi, Alat ukur ini terdiri dari piringan logam yang dapat berputar pada porosnya dan dua buah.
kumparan tetap Alat ukur induksi memiliki sistem perputaran sederhana dan kokoh. Disamping itu mudah untuk dibuat sebagai alat ukur sengan sudut penunjukkan yang lebar. Gambar 3 6 Prinsip kerja induksi,Cara kerja, Bila kumparan induksi dilalui arus maka akan timbul medan magnet bolak balik sehingga. menimbulkan arus putar pada piringan logam dan akan membangkitkan pula medan magnet. sehingga interkasi kedua medan magnet ini akan menimbulkan momen putar gerak pada. piringan logam, Alat ukur jenis induksi mempunyai karakteristik sebagai berikut. Mempunyai konstruksi yang sederhana dan kokoh,Mudah dibuat dengan skala pembacaan yang lebar. Tidak terlalu berpengaruh oleh medan magnet luar,Menyerap daya yang besar. Hanya dapat digunakan pada pengukuran arus bolak balik. 6 Alat ukur kawat panas, Alat ukur kawat panas ini terdiri dari sebuah kawat lurus yang panjang yang terdiri dari.
campuran logam platina dan iridium yang bekerja dengan memanfaatkan konsep pemuaian. Cara kerja, Jika sepotong kawat logam dialiri arus listrik yang cukup besar kawat tersebut akan menjadi. panas oleh sebab itu akan memuai menjadi lebih panjang Pemuaian tersebut digunakan untuk. mengerakkan jarum petunjuk Pada gambar berikut terlihat sepotong kawat logam campuran. dari logam platina dan iridium yang direntangkan pada A B pada waktu tidak ada arus i 0. jarum petunjuk tepat di angka 0 Jika kita alirkan arus searah dari A ke B sehingga kawat A. B menjadi memuai dan lebih panjang ternyata jarum tidak menunjuk 0 tetapi menyimpang. kearah kanan Hal ini disebabkan karena kawat A B menjadi lebih panjang dan ditarik oleh. pegas sehingga memutar poros jarum Baik arus searah tersebut mengalir dari A B maupun. dari B ke A jarum tetap menyimpang kearah kanan,Gambar 3 7 Prinsip kerja kawat panas. C Klasifikasi Alat Ukur Berdasarkan Sistem Pengukuran. 1 Alat Ukur Analog, Alat ukur listrik analog merupakan alat ukur generasi awal dan sampai saat ini masih. digunakan Bagiannya banyak komponen listrik dan mekanik yang saling berhubungan Bagian. listrik yang penting adalah magnet permanen tahanan meter dan kumparan putar Bagian. mekanik meliputi jarum penunjuk skala dan sekrup pengatur jarum penunjuk. Gambar 3 8 Komponen alat ukur listrik analog, Mekanik pengatur jarum penunjuk merupakan dudukan poros kumparan putar yang. diatur kekencangannya Gambar 3 9 Jika terlalu kencang jarum akan terhambat jika terlalu. kendor jarum akan mudah goncang Pengaturan jarum penunjuk sekaligus untuk memposisikan. jarum pada skala nol meter,Gambar 3 9 Dudukan poros jarum penunjuk.
Alat ukur analog memiliki komponen putar yang akan bereaksi begitu mendapat sinyal. listrik Cara bereaksi jarum penunjuk ada yang menyimpang dulu baru menunjukkan angka. pengukuran Atau jarum penunjuk bergerak ke angka penunjukan perlahan lahan tanpa ada. penyimpangan Untuk itu digunakan peredam mekanik berupa pegas yang terpasang pada poros. jarum atau bilah sebagai penahan gerakan jarum berupa bilah dalam ruang udara Gambar. 3 10 Pada meter dengan kelas industri baik dari jenis kumparan putar maupun jenis besi putar. seperti meter yang dipasang pada panel meter banyak dipakai peredam jenis pegas. Gambar 3 10 Pola penyimpangan jarum meter analog, Bentuk skala memanjang saat kini jarang ditemukan Bentuk skala melingkar dan skala. kuadran banyak dipakai untuk alat ukur voltmeter dan ampermeter pada panel meter. Gambar 3 11 Jenis skala meter analog,2 Alat Ukur Digital. Alat ukur digital saat sekarang banyak dipakai dengan berbagai kelebihannya murah. mudah dioperaikan dan praktis Multimeter digital mampu menampilkan beberapa pengukuran. untuk arus miliamper temperatur C tegangan milivolt resistansi ohm frekuensi Hz daya. listrik mW sampai kapasitansi nF,Gambar 3 12 Tampilan penunjukan digital. Pada dasarnya data informasi yang akan diukur bersifat analog Blok diagram alat ukur. digital terdiri komponen sensor penguat sinyal analog analog to digital converter. mikroprosesor alat cetak dan display digital Gambar 3 13 Sensor mengubah besaran listrik. dan non elektrik menjadi tegangan karena tegangan masih dalam orde mV perlu diperkuat oleh. penguat input,Gambar 3 13 Ssitem kerja alat ukur digital. Sinyal input analog yang sudah diperkuat dari sinyal analog diubah menjadi sinyal. digital dengan ADC analog to digital akan diolah oleh perangkat PC atau mikroprosessor. dengan program tertentu dan hasil pengolahan disimpan dalam sistem memori digital. Informasi digital ditampilkan dalam display atau dihubungkan dicetak dengan mesin cetak. Display digital akan menampilkan angka diskrit dari 0 sampai angka 9 ada tiga jenis yaitu 7. segmen 14 segmen dan dot matrik 5 x 7 Gambar 8 11 Sinyal digital terdiri atas 0 dan 1. ketika sinyal 0 tidak bertegangan atau OFF ketika sinyal 1 bertegangan atau ON. Multimeter menggunakan kumparan putar sebagai penggerak jarum penunjuknya 2 Alat ukur besi putar Alat ukur dengan prinsip kerja besi putar atau disebut juga sistem elektromagnet adalah sesuatu alat ukur yang mempunyai kumparan tetap dan besi yang berputar Konstruksi dari alat ukur ini

Related Books

Realizaci n aut noma o con ayuda Duraci n libre de 1 a

Realizaci n aut noma o con ayuda Duraci n libre de 1 a

con el mundo Mi mundo interior 2 Mi relaci n con el mundo C mo es la relaci n con los que estamos en casa Discutimos mucho Cada uno hace sus cosas por su cuenta Estamos como siempre no he notado cambios Hablamos m s y hacemos m s cosas juntos Mis emociones C mo me siento al estar tanto tiempo en casa Estoy enfadado siempre Me rebelo y me siento mal Me enfado mucho No me

USER MANUAL Keiser

USER MANUAL Keiser

USER MANUAL USER MANUAL UNPACKING THE BIKE Carefully remove the bike from the cardboard box Lay out all the components and check to assure all parts are present and undamaged If parts are missing or damaged contact your local dealer distributor or Keiser Corporation Service Department After unpacking and verifying parts you are ready to start your assembly You need an area that is free

The Bowflex Xtreme SE Home Gym Owners Manual and Fitness Guide

The Bowflex Xtreme SE Home Gym Owners Manual and Fitness Guide

Home Gym Owner s Manual and Fitness Guide 001 6979 011511E CONGRATULATIONS on your commitment to improving your health and fitness With the Bowflex Xtreme SE home gym you have everything you need to exceed all of your physical fitness strength and health expectations The Bowflex Xtreme SE home gym s exceptional resistance and quality is unmatched by any other single piece of

Special Edition Includes Nautilus Inc

Special Edition Includes Nautilus Inc

Maximum user weight for the Bowflex Ultimate home gym is 300 pounds 136 kg For your safety do not use or allow others to use the Bowflex Ultimate home gym if they weigh in excess of 300 pounds 136 kg Allow a workout area of at least 7 x 9 2 1 m x 2 7 m of free space for safe operation of the Bowflex

Table of Contents QVC

Table of Contents QVC

Table of Contents How To use THis exerCise FliP CHarT 2 ToTal FiTness wiTH How iT works Total Gym uses a variable angle incline plane to create exercise resistance by modifying the user s body weight the steeper the angle the more resistance The resistance is the force in pounds required to move the glideboard When figuring exercises that incorporate the pulley cables use

Owner s Manual QVC

Owner s Manual QVC

TOTAL GYM PLATINUM PLUS OWNER S MANUAL 2 Congratulations on purchasing your new Total Gym With this product in your home you have everything you need to start your own workout program to tone and strengthen the important muscle groups of your upper and lower body This is vital for all of us regardless of age sex or fitness level and regardless of whether your primary goal is

Owner s Manual Total Gym

Owner s Manual Total Gym

TOTAL GYM ULTIMA OWNER S MANUAL EQUIPMENT WARNINGS CAUTION LABELS amp SAFETY INSTRUCTIONS 3 Equipment Warning Caution Labels See page 4 for placement of the following warning caution labels on your unit Safety Instructions Before beginning this or any exercise program consult a physician or health professional who can assist you in planning a program appropriate for your age and

Workshop Manual Norsk Balladklubb

Workshop Manual Norsk Balladklubb

Workshop Manual A Engine unit 2 0 MD6A MD7A AB Volvo Penta Customer Support Dept 42200 SE 405 08 Gothenburg Sweden 1 Workshop Manual Marine diesel engines MD6A MD7A Contents Safety Precautions 2 General information 5 Repair methods 6 Presentation MD6A 8 MD7A 9 Repair instructions 10 Electrical system 30 Special Tools 34 Technical Data 35 2 Safety Precautions Introduction This workshop

Economics Pearson Education

Economics Pearson Education

Economics for Managers Froyen Macroeconomics Theories and Policies Fusfeld The Age of the Economist Gerber International Economics Gordon Macroeconomics Greene Econometric Analysis Gregory Stuart Russian and Soviet Economic Performance and Structure Hartwick Olewiler The Economics of Natural Resource Use Heilbroner Milberg The Making of the Economic Society Heyne Boettke Prychitko The

Microsoft Office 2007 WORD Assignments Computers Grade 9

Microsoft Office 2007 WORD Assignments Computers Grade 9

Create tabs for the table shown below you decide the tab positions and enter the table Add your name to the table Last first and initial telephone number City Province and amount you decide the amount Allen Ginger 403 672 3678 Camrose Alberta 5 000 00 Peters Thomas 203 567 7865 Lambert Iowa 459 24

Microsoft Word 2013 An Intermediate Guide

Microsoft Word 2013 An Intermediate Guide