Bab Ii Tinjaun Pustaka 2 1 Tinjauan Tentang Media Massa 2-Books Pdf

BAB II TINJAUN PUSTAKA 2 1 Tinjauan Tentang Media Massa 2
31 Dec 2019 | 109 views | 1 downloads | 29 Pages | 466.53 KB

Share Pdf : Bab Ii Tinjaun Pustaka 2 1 Tinjauan Tentang Media Massa 2

Download and Preview : Bab Ii Tinjaun Pustaka 2 1 Tinjauan Tentang Media Massa 2


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Tinjaun Pustaka 2 1 Tinjauan Tentang Media Massa 2



Transcription

2 Bersifat satu arah artinya komunikasi yang dilakukan kurang. memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalau pun terjadi reaksi atau umpan balik biasanya memerlukan. waktu dan tertunda, 3 Meluas dan serempak artinya dapat mengatasi rintangan waktu. dan jarak karena ia memiliki kecepatan Bergerak secara luas dan. simultan dimana informasi yang disampaikan diterima oleh. banyak orang dalam waktu yang sama, 4 Memakai peralatan teknis atau mekanis seperti radio televisi. surat kabar dan semacamnya, 5 Bersifat terbuka artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja. dan dimana saja tanpa mengenal batas usia jenis kelamin dan. suku bangsa, Menurut Effendy 2003 65 media massa digunakan dalam komunikasi. apabila komunikasi berjumlah banyak dan bertempat tinggal jauh Media massa. yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari hari umumnya adalah surat. kabar radio televisi dan film bioskop yang beroperasi dalam bidang informasi. edukasi dan rekreasi atau dalam istilah lain penerangan pendidikan dan hiburan. Dengan demikian media massa adalah suatu alat untuk melakukan atau. menyebarkan informasi kepada komunikan yang luas berjumlah banyak dan. bersifat heterogen Media massa adalah alat yang sangat efektif dalam melakukan. komunikasi massa karena dapat mengubah sikap pendapat dan perilaku. komunikannya Keuntungan komunikasi dengan menggunkan media massa adalah. bahwa media massa menimbulkan keserempakan yaitu suatu pesan dapat diterima. oleh komunikan yang berjumlah relatif banyak,2 1 2 Karakteristik Komunikasi Massa.
Menurut Hafied Cangara 2010 76 dalam bukunya pengantar ilmu. komunikasi komunikasi massa merupakan salah satu dari komunikasi yang. memiliki perbedaaan signifikan dengan bentuk komunikasi yang lain Sifat. pesannya yang terbuka dengan khalayak yang variatif baik dari segi usia agama. suku pekerjaan maupun dari segi kebutuhan Oleh karena komunikasi massa. memiliki sejumlah ciri atau karakteristik yang khas diantaranya. A Komunikator Terlembaga, Dalam komunikasi massa komunikatornya bergerak dalam. organisasi yang kompleks namun bersifat melembaga Lembaga. penyampai pesan komunikasi massa melalui media massa seperti televisi. surat kabar radio internet,B Pesan bersifat umum, Dalam proses komunikasi massa pesan pesan yang disampaikan. oleh komunikator ditujukan kepada khalayak luas atau semua orang bukan. hanya sekelompok orang Dengan demikian maka proses komunikasi. massa bersifat terbuka Hal ini dikarenakan komunikan tersebar di. berbagai tempat yang tersebar Pesan beritanya pula mengandung unsur. fakta yang bersifat penting dan menarik untuk semua kalangan masyarakat. bukan hanya sekelompok orang,C Komunikannya Anonim dan Heterogen. Komunikan atau penerima informasi dalam komunikasi massa. bersifat anonim dan heterogen Hal ini dikarenakan komunikasi massa. menyampaikan pesan secara umum pada seluruh masyarakat yang tidak. saling mengenal antara satu sama lain Tanpa membedakan suku ras. agama serta memiliki beragam karakter psikologi usia jenis kelamin. tempat tinggal adat budaya maupun strata sosial yang berbeda beda. D Media massa bersifat Keserempakan, Menurut Effendy 1981 dalam Elvinaro 2007 keserempakan. media massa itu sebagai keserempakan kontak dengan sejumlah besar. penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator dan penduduk tersebut. satu sama lainnya berada dalam keadaan terpisah,E Pesan yang disampaikan satu arah.
Artinya terjadi komunikasi antara komunikator dan komunikan. secara langsung tapi komunikator dan komunikah tidak saling bertemu. dan komunikan tidak dapat merespon secara langsung Disini. komunikator yang mengendalikan komunikasinya,F Umpan Balik Tertunda Delayed Feedback. Dikarenakan antara komunikator dengan komunikan yang tidak. bertatap muka secara langsung maka komunikator tidak dapat dengan. segera mengetahui reaksi khalayak terhadap pesan yang telah. disampaikannya,2 1 3 Fungsi Komunikasi Massa, Menurut Elvinaro 2007 14 17 Fungsi media massa bisa dibagi menjadi. 1 Pengawasan Surveillance, Sebagai alat bantu khalayak masyarakat guna mendapatkan. peringatan dari media massa yang menginformasikan tentang ancaman. 2 Penafsiran Interpretation, Fungsi penafsiran hampir mirip dengan fungsi pengawasan Media. massa tidak hanya memasok fakta dan data tetapi juga memberikan. penafsiran atau tanggapan sementara terhadap kejadian kejadian penting. Organisasi atau industri media memilih dan memutuskan peristiwa. peristiwa yang dimuat atau ditayangkan,3 Pertalian Linkage.
Media massa dapat menyatukan anggota masyarakat yang beragam. sehingga membentuk linkage pertalian berdasarkan kepentingan dan. minat yang sama tentang sesuatu,4 Penyebaran Nilai Nilai Transmission of Values. Dengan cara media massa yang mewakili gambaran masyarakat itu. ditonton didengar dan dibaca Media massa memperlihatkan kepada kita. bagaimana mereka bertindak dan apa yang mereka harapkan Dengan kata. lain media mewakili kita dengan model peran yang kita amati dan. harapan untuk menirunya,5 Hiburan Entertainment, Fungsi media massa sebagai fungsi meghibur tiada lain tujuannya. adalah untuk mengurangi ketengangan pikiran khalayak. Menurut Effendy 2003 54 mengemukakan fungsi komunikasi massa. secara umum adalah,A Fungsi Informasi, Fungsi memberikan informasi ini diartikan bahwa media massa adalah. penyebar informasi bagi pembaca pendengar atau pemirsa. B Fungsi Pendidikan, Media massa merupakan sarana pendidikan bagi khalayaknya karena. media massa banyak menyajikan hal hal yang sifatnya mendidik Salah. satu cara mendidikyang dilakukan media massa adalah melalui pengajaran. nilai etika serta aturan aturan yang berlaku kepada pemirsa atau. C Fungsi Memengaruhi, Fungsi memengaruhi dari media massa secara implisit terdapat pada.
tajuk editorial feature iklan artikel dan sebagainya. 2 1 4 Jenis jenis Media Massa, Menurut Cangara 2010 74 Jenis jenis media massa dibedakan menjadi. tiga jenis yakni antara lain,a Media cetak, Adalah media massa pertama kali muncul di dunia pada tahun 1920 an. Di kala itu pada awalnya media massa digunakan pemerintah untuk. mendoktrin masayarakat sehingga membawa masyrakat pembaca kepada. suatu tujuan tertentu Seperti teori jarum suntik pada teori komunikasi massa. Namun sekarang sudah sangat kebebasan pers seperti timbal balik dari. b Media elektronik dan, Setelah media cetak muncullah media elektronik pertama yaitu radio. Sebagai media audio yang menyampaikan pesan lewat suara Kecepetatan dan. ketepatan waktu dalam penyampain pesan radio tentu lebih cepat dengan. menggunakan siaran langsung Pada waktu penyebaran informasi Proklamasi. Kemerdekaan media massa radio berperan utama dalam penyebaran berita. Setelah itu muncul televisi yang lebih canggih bisa menayangkan gambar. Yaitu sebagai media massa audio visual,c Media internet. Baru populer di abad 21 google lahir pada tahun 1997 Media internet. bisa melebihi kemampuan media cetak dan elektronik Apa yang ada pada. kedua media tersebut bisa masuk dalam jaringan internet melalui website. Banyak kelebihan media maassa internet dibanding media yang lain. Namun akses internet yang masih terbilang bebas bisa berbahaya bagi. pengguna yang belum mengerti Misalnya penipuan pornografi dsb Media. internet tidak harus dikelola sebuah perusahaan layaknya media cetak dan. elektronik melainkan bisa juga dilakukan oleh individu. 2 2 Tinjauan Tentang Tayangan Infotainment,2 2 1 Pengertian Infotainment.
Kata infotainment adalah salah satu jenis penggelembungan bahasa yang. kemudian menjadi istilah populer untuk berita ringan yang menghibur atau. informasi hiburan Infotainment kependekan dari istilah Inggris information. entertainment Infotainment di Indonesia identik dengan acara televisi yang. menyajikan berita selebritis dan memiliki ciri khas penyampaian yang unik. Kata infotainment merupakan neologisme atau kata bentukan baru yang. menggabungkan information informasi dan entertainment hiburan. Artinya infotainment adalah informasi yang dikemas dengan cara yang. menghibur Namun di Indonesia infotainment dimaknai sebagai informasi. tentang hiburan Sehingga sisi hiburan menjadi substansi untuk disampaikan. kepada masyarakat Akibatnya seringkali banyak informasi yang. disampaikan kepada pemirsa bukanlah informasi yang mereka butuhkan. tetapi informasi yang dianggap dapat menghibur Syahputra 2006 66. Infotainment adalah berita yang menyajikan informasi mengenai. kehidupan orang orang yang dikenal masyarakat selebritis dan arena sebagian. besar dari mereka bekerja pada industri hiburan seperti pemain film sinetron. penyanyi dan sebagainya maka berita mengenai mereka disebut juga. infotainment, Infotainment adalah salah satu bentuk berita keras karena memuat informasi. yang harus segera ditayangkan Dewasa ini infotainment disajikan dalam. program berita sendiri yang terpisah dan khusus menampilkan berita berita. mengenai kehidupan selebritis Morison 2008 27, Menurut Iswandi Syahputra 2008 68 infotainment adalah kemasan acara. yang bersifat informatif namun dibungkus dan disisipi dengan entertainment. untuk menarik perhatian sehingga informasi sebagai pesan utamanya dapat. Para ahli komunikasi dan media menyebut infotainment sebagai sofa. jurnalisme yaitu jenis jurnalisme yang menawarkan berita berita sensasional. lebih personal dengan selebriti sebagai perhatian liputannya Dalam 16 pedoman. Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran P3SPS yang disusun KPI info. hiburan dikategorikan sebagai program faktual atau program siaran yang. menyajikan fakta non fiksi Karena itu aturan aturan P3SPS juga berlaku bagi. program infotainment khususnya prinsip jurnalistik. Tayangan infotainment yang marak dan bertahan cukup lama dalam pentas. industri pertelevisian tidak disandarkan pada konsep penyajian informasi yang. menghibur tetapi informasi tentang hiburan Ide dasarnya berawal dari asumsi. informasi kendati dibutuhkan oleh masyarakat namun tidak dapat diterima begitu. saja apalagi untuk kepentingan merubah sikap negatif menjadi sikap positif. manusia Karena itu diperlukan semacam pancingan khusus untuk mengambil. perhatian masyarakat Pilihannya adalah dengan menyusupkan entertainment. hiburan yang menarik perhatian masyarakat di tengah tengah penyampaian. information Syahputra 2008 157,2 2 2 Sejarah Munculnya Infotainment. Kata infotainment awalnya berasal dari John Hopkins University JHU di. Baltimore Amerika Serikat Universitas yang terkenal dengan riset kedokteran. dan aktivisme sosialnya di negara negara berkembang memiliki jaringan. organisasi nirlaba yang bergerak dalam misi kemanusiaan guna meningkatkan. kesejahteraan manusia melalui perbaikan aspek kesehatan Guna mendukung. sukses misi kemanusiaan JHU di bidang kesehatan lembaga ini membentuk. Center of Communication Program CPP semacam unit organik yang bertugas. mengkomunikasikan pesan pesan kesehatan guna mengubah perilaku kesehatan. Untuk itu para pakar komunikasi CPP merumuskan berbagai metode. penyampaian pesan pesan kesehatan yang secara efektif dapat mengubah perilaku. secara positif Salah satu konsep pesan yang dihasilkan adalah infotainment. Konsep infotainment yang dirumuskan oleh JHU CCP bertitik tolak dari. asumsi bahwa informasi yang disampaikan begitu saja belum tentu dapat. menarik khalayak untuk memperhatikan apalagi mengingat dan. menjadikannya sebagai faktor perubahan sikap yang positif Karena itu. diperlukan sentuhan tertentu agar informasi tersebut menarik perhatian. khalayak hingga pada akhirnya bermakna bagi mereka Pendekatan yang. dipilih dalam penyusunan pesan adalah dengan menyisipkan unsur unsur. entertainment guna menarik perhatian khalayak Maka muncullah konsep. infotainment yaitu informasi yang dibungkus dikemas disisipkan atau. diberi sentuhan entertainment sehingga mernarik perhatian khalayak dan. dapat diterima dengan mudah Dalam praktiknya JHU CCP menyusun. programprogram yang mengemas pesan dengan menggunakan berbagai alat. bantu seperti drama radio iklan layanan masyarakat nan atraktif launching. event pelibatan tokoh masyarakat atau public figure sebagai endorser pesan. sampai konser musik bagi kaum muda untuk mempromosikan pesan pesan. kesehatan tertentu Syahputra 2008 65, Konsep ini kemudian dipinjam oleh media massa khususnya televisi. Indonesia Jadilah infotainment seperti formula ajaib yang dapat menyihir pemirsa. untuk betah duduk berlama lama di depan layar kaca televisinya. 2 2 3 Awal Mula Munculnya Tayangan Infotainment di Indonesia. Di Indonesia infotainment menjadi marak dimulai sekitar tahun 1994 di. mana pada tahun 1990 an mulai bermunculan stasiun stasiun televisi swasta yang. baru seperti RCTI Rajawali Citra Televisi Indonesia SCTV Surya Citra. Televisi TPI Televisi Pendidikan Televisi yang kini berganti nama menjadi. MNC TV Indosiar ANTEVE Trans TV dan Trans 7 Awal kemunculan. infotainment dimulai ketika dunia sinetron marak di Indonesia Gemerlap. kehidupan artis mengundang banyak keingintahuan dari masyarakat Hadirlah. kemudian Ilham Bintang dengan Cek Ricek nya yang masih dalam batas. normal meliput berita hiburan Gejala meng gosip ini kemudian menjamur hingga. muncul banyak program serupa di berbagai stasiun televisi Bahkan edisi media. cetaknya pun muncul Belakangan hampir semua media berita online membuat. direktori untuk berita gosip Dari berbagai program itu infotainment sangat. Menurut Cangara media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak sedangkan pengertian media massa sendiri alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat alat komunikasi seperti surat kabar film radio dan televisi Canggara 2010 123 126

Related Books

SAGE A basic overview http www sagemath org

SAGE A basic overview http www sagemath org

What is SAGE Technology Overview History and Status Reports Core Components of SAGE All Bases are Covered Basic Arithmetic GMP PARI NTL Command Line IPython Commutative algebra Singular Graphical Interface SAGE Notebook Graphics Matplotlib Tachyon Group theory and combinatorics GAP Interpreted programming language Python Networking Twisted Numerical computation SciPy GSL etc

Internship Summary Presentation

Internship Summary Presentation

Internship Summary Presentation Dongwei Mei Electrical and Computer Engineering WPI Broadcom Corporation Dec 2012 CONTENTS Introduction About Broadcom Overview of the Internship Linked List Scheduler LLS Modeling Background Theory of Operation Key Components LLS Model GUI Future work Split Lot Test Background Test Environment and Tools My Role in the Project Conclusion What

Programming Abstractions in C McMaster University

Programming Abstractions in C McMaster University

Programming Abstractions in C Eric S Roberts and Julie Zelenski T his course reader has had an interesting evolutionary history that in som e w ays m irrors the genesis of the C language itself Just as B jarne S troustup s first version of C w as im plem ented on top of a C language base this reader began its life as E ric R oberts s textbook P rogram m ing A bstractions in C A

Universidad de Puerto Rico Recinto de R o Piedras

Universidad de Puerto Rico Recinto de R o Piedras

Universidad de Puerto Rico Recinto de R o Piedras Facultad de Administraci n de Empresas1 Instituto de Estad stica y Sistemas Computadorizados de Informaci n2

Writing robust client side code using Modern JavaScript or

Writing robust client side code using Modern JavaScript or

JavaScript s origins Invented by Brendan Eich in 1995 to support client side scripting in Netscape Navigator First called LiveScript then JavaScript then standardized as ECMAScript Microsoft copied JavaScript in IE JScript warts and all Brendan Eich Inventor of JavaScript

JavaScript the Good the Bad the Strict and the New Parts

JavaScript the Good the Bad the Strict and the New Parts

Part I JavaScript the Good Parts what features to use Part II JavaScript the Bad Parts what features to avoid Part III ECMAScript 5 and the Strict Parts standards amp strict mode Part IV ECMAScript 6 the New Parts JavaScript s future Part I Javascript the Good Parts What developers think about JavaScript Lightning talk Gary Bernhardt at CodeMash 2012

UM1459 User manual STMicroelectronics

UM1459 User manual STMicroelectronics

UM1459 User manual STEVAL IHP002V2 PLM smartplugV2 firmware Introduction This document describes the PLM smartplug application in terms of firmware architecture and source code The application described refers to the STEVAL IHP002V2 demonstration board see related hardware user manual UM1458 for more details The firmware application and the related smartplug board is an evaluation system

UM0817 User Manual STMicroelectronics

UM0817 User Manual STMicroelectronics

User Manual STM8S DISCOVERY Introduction The STM8S DISCOVERY is a quick start evaluation board which helps you to discover the STM8 features and to develop and share your own application It is based on an STM8S105 and includes an embedded debugger ST LINK and a touch sensing button Numerous applications are available from the STM8S Discovery web page Features STM8S105C6T6 microcontroller

people csail mit edu

people csail mit edu

Contents 1 Introduction 1 1 1 MrEd DrScheme and mzc 1 1 2 Unicode Locales Strings

Instruction Manual Bio Rad

Instruction Manual Bio Rad

Warning labels posted on the instrument and in this manual warn you about sources of injury or harm Refer to Table 3 to review the meaning of each safety warning label WARNING Explains crucial information about a topic that may lead to injury to the user instrument damage or data loss Touch X Touch X using your finger

Basic Software Manual Training Guide ll

Basic Software Manual Training Guide ll

Note It is assumed by Sage Pastel Payroll amp HR that the delegate using this manual and attending the Sage Pastel Payroll Certified Administrator or Installer training has the following skills in place Able to use a computer including desktop laptop and subsidiary hardware Computer literate in relation to Microsoft Office packages