Bab Ii Tinjauan Pustaka 2 1 Tanaman Cabai Rawit Capsicum -Books Pdf

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2 1 Tanaman Cabai Rawit Capsicum
24 Oct 2019 | 30 views | 0 downloads | 30 Pages | 251.10 KB

Share Pdf : Bab Ii Tinjauan Pustaka 2 1 Tanaman Cabai Rawit Capsicum

Download and Preview : Bab Ii Tinjauan Pustaka 2 1 Tanaman Cabai Rawit Capsicum


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Tinjauan Pustaka 2 1 Tanaman Cabai Rawit Capsicum



Transcription

ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, melebar sejauh 30 50 cm secara vertikal akar cabai rawit dapat menembus tanah. sampai kedalaman 30 60 cm Batangnya kaku dan tidak bertrikoma Daunnya. merupakan daun tunggal yang bertangkai Helaian daun bulat telur memanjang. atau bulat telur bentuk lanset dengan pangkal runcing dan ujung yang menyempit. Gambar 1 Letaknya berselingan pada batang dan membentuk pola spiral. Tjandra 2011, Bunga cabai rawit terletak di ujung atau nampak di ketiak dengan tangkai. tegak Steenis et al 2002 Hal ini juga didukung oleh penyataan Tjandra. 2011 yang mengatakan bahwa bunga cabai rawit keluar dari ketiak daun. Warnanya putih atau putih kehijauan ada juga yang berwarna ungu Mahkota. bunga berjumlah 4 7 helai dan berbentuk bintang Bunga dapat berupa bunga. tunggal atau 2 3 letaknya berdekatan Bunga cabai rawit ini bersifat hermaprodit. berkelamin ganda Buah buni bulat telur memanjang buah warnanya merah. rasanya sangat pedas dengan ujung yang mengangguk 1 5 2 5 cm Buah cabai. rawit tumbuh tegak mengarah ke atas Buah yang masih muda berwarna putih. kehijauan atau hijau tua Ketika sudah tua menjadi hijau kekuningan jingga. atau merah menyala Gambar 1,Gambar 1 Morfologi tanaman cabai rawit. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga,2 1 3 Kandungan gizi dan manfaat cabai Rawit. Cabai rawit merupakan tanaman yang mempunyai banyak kandungan. Kandungan kandungan tersebut meliputi kapsaisin kapsantin karotenid alkaloid. resin dan minyak atsiri Selain itu cabai ini juga kaya akan kandungan vitamin A. B C Tjandra 2011 Zat gizi seperti protein lemak karbohidrat kalsium Ca. fosfor P besi Fe vitamin salah satunya adalah vitamin C dan mengadung. senyawa senyawa alkaloid seperti kapsaisin flavonoid dan minyak esensial. juga kerkandung dalam tanaman ini Prajnanta 2007 dalam Arifin 2010. Menurut Setiadi 2006 dalam Arifin 2010 cabai rawit paling banyak. mengandung vitamin A dibandingkan cabai lainnya Cabai rawit segar. mengandung 11 050 SI vitamin A sedangkan cabai rawit kering mengandung. mengandung 1 000 SI Sementara itu cabai hijau segar hanya mengandung 260. vitamin A cabai merah segar 470 dan cabai merah kering 576 SI. Tabel 2 1 Kandungan nutrisi gizi dalam setiap 100 g cabai rawit segar dan. No Komposisi zat gizi Proporsi kandungan gizi,Segar Kering.
1 Kalori kal 103 00,2 Protein g 4 70 15 00,3 Lemak g 2 40 11 00. 4 Karbohidrat g 19 90 33 00,5 Kalsium mg 45 00 150 00. 6 Fosfor mg 85 00,7 Vitamin A Si 11 050 00 1 000 00. 8 Zat besi mg 2 50 9 00,9 Vitamin B1 mg 0 08 0 50,10 Vitamin C mg 70 00 10 00. 11 Air g 71 20 8 00,12 Bagian yang dapat 90,dimakan Bdd.
Sumber Rukmana 2002, Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, Selain mempunyai banyak kandungan buah cabai rawit ini juga. mempunyai banyak manfaat terutama sebagai bumbu masakan untuk memberikan. sensasi pedas Selain itu buah tanaman ini juga berkhasiat untuk menambah nafsu. makan menguatkan kembali tangan dan kaki yang lemas melegakan hidung. tersumbat pada penyakit sinusitis serta mengobati migrain sakit kepala sebelah. Sebagai obat luar cabai rawit juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit. rematik sakit perut dan kedinginan Selain sebagai bahan makanan dan obat. cabai rawit sering digunakan sebagai tanaman hias disejumlah pekarangan. Tjandra 2011, Kapsaisin dikenal memiliki aktivitas anti kanker Berdasarkan penelitian. oleh The American Association for Cancer Research kapsaisin diduga dapat. membunuh sel kanker prostat dengan menyebabkan terjadinya apoptosis Studi. klinik di Jepang dan Cina menunjukkan bahwa kapsaisin dapat menghambat. pertumbuhan sel leukemia secara langsung Penelitian lain yang dilakukan di. Universitas Nottingham menduga bahwa kapsaisin dapat meransang terjadinya. apoptosis pada sel kanker paru pada manusia Widianti dan Suhardjono 2010. 2 1 4 Varietas cabai rawit, Secara umum varietas cabai rawit dapat dikelompokkan menjadi tiga. kelompok besar yaitu cabai rawit kecil cabai rawit hijau dan cabai rawit putih. Cabai rawit kecil sesuai dengan namanya mempunyai ukuran kecil dan pendek. yaitu hanya sekitar 1 2 cm Meskipun ukurannya paling kecil rasa cabai ini paling. pedas di antara jenis jenis cabai rawit lainnya Cabai rawit hijau memiliki panjang. sekitar 3 4 cm Ukuran buah ini agak gemuk rasanya pedas tetapi tidak sepedas. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, cabai rawit kecil Cabai rawit putih memiliki ukuran buah yang hampir sama.
dengan dengan cabai rawit hijau Tjandra 2011, Prajnanta 2011 mengatakan bahwa varietas cabai rawit yang banyak. beredar dipasaran adalah sebagai berikut, a Nirmala yang merupakan varietas cabai rawit dari golongan hibrida yang. mempunyai warna dasar kuning dan menjadi merah saat tua Cabai ini. mempunyai pertumbuhan yang seragam berbuah banyak dan sangat bagus untuk. b Santika merupakan varietas cabai rawit hibrida dengan warna dasar hijau. dan menjadi merah saat tua cabai ini mempunyai ukuran kecil dan cocok untuk. teman makan gorengan, c Sonar merupakan varietas cabai rawit hibrida yang dapat beradaptasi. secara luas di dataran rendah sampai dataran tinggi dan mudah dalam. perawatannya Tanaman tegak dengan dengan ruas pendek dan berbuah sangat. lebat Buah berwarna hijau gelap saat muda dan berubah menjadi merah. mengkilap setelah masak Rasanya sangat pedas, d Cakra putih merupakan cabai rawit yang bukan berasal dari jenis hibrida. cabai ini sangat popular Buah berwarna putih kekuningan yang berubah merah. cerah saat masak Pertumbuhan tanaman sangat kuat dengan membentuk banyak. percabangan Posisi buah tegak ke atas dengan bentuk agak pipih dan sangat. pedas Tahan terhadap serangan penyakit antraknosa, e Cakra hijau merupakan cabai rawit yang bukan dari jenis hibrida yang.
mampu beradaptasi baik di dataran rendah maupun tinggi Saat masih mudah. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, buahnya berwarna hijau dan setelah masak berubah menjadi merah Rasa buahnya. pedas dan tahan terhadap hama serta penyakit yang bisa menyerang cabai. Menurut Wahyudi 2011 cabai rawit dapat dibedakan menjadi beberapa. kultivar sebagai berikut, a Taruna merupakan kultivar cabai rawit yang cocok untuk ditanam di. dataran rendah hingga tinggi cabai jenis ini mempunyai batang tegak dengan. warna buah mudah putih gading sedangkan warna buah matang merah oranye. Gambar 2a Panjang buah 3 4 cm dan mempunyai diameter 1 0 1 2 cm Bentuk. buah kerucut dan bisa dipanen pada umur 100 hari setelah penanaman Potensi. produksi pertanaman adalah 300 400 g, b Pelita F 1 merupakan kultivar yang cocok untuk ditanam di dataran. rendah maupun di dataran tinggi Batang tanaman ini semi tegak memayung. warna buah muda hijau mengkilap dan saat matang berwarna merah tua. mengkilap Gambar 2b Panjang buah 3 4 cm bentuk buah ramping dan lancip di. ujungnya Panen pertama bisa dilakukan pada umur 115 hari setelah penanaman. Potensi produksi pertanaman adalah 500 700 g, c Bara merupakan jenis kultivar cabai rawit yang mempunyai adaptasi yang. luas bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi batang tanaman tegak. dengan banyak cabang Warna buah hijau mudah mengkilap ketika matang. berwarna merah mengkilap Gambar 2c Panjang buah 3 4 cm dan bentuk buah. ramping dan melancip di ujung buah Dapat dipanen pada umur 115 hari setelah. penanaman Potensi produksi pertanaman adalah 400 500 g. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, d CR 7 merupakan kultivar cabai rawit yang cocok ditanam di dataran.
rendah hingga dataran tinggi Cabai ini mempunyai perawakan tegak dengan buah. lebat Buah muda berwarna putih gading dan saat tua berwarna merah terang. Gambar 2d Panjang buah 4 5 cm bentuk buah besar mengerucut Bisa dipanen. pada umur 100 110 hari setelah penanaman Potensi produksi pertanaman adalah. e Genie merupakan kultivar cabai rawit yang cocok ditanam di dataran. rendah hingga dataran tinggi Cabai ini mempunyai perawakan tegak dengan. percabangan banyak Buah mudah berwarna hijau terang ketika matang berwarna. merah mengkilap panjang buah 3 4 cm bentuk buah ramping dan meruncing. ujungnya Tanaman ini bisa dipanen pada umur 110 115 hari setelah penanaman. Potensi produksi pertanaman adalah 400 500 g, Gambar 2 Cabai rawit kultivar Taruna a Pelita F 1 b Bara c dan CR 7 d. Sumber Wahyudi 2011, Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga,2 1 5 Syarat pertumbuhan tanaman cabai rawit. Faktor faktor yang dibutuhkan tanaman harus tersedia dalam jumlah yang. optimum Pengaturan jarak tanam merupakan salah satu cara untuk menciptakan. faktor faktor yang dibutuhkan tanaman dapat tersedia secara merata bagi setiap. individu tanaman dan untuk mengoptimasi penggunaan faktor lingkungan yang. tersedia Sitompul dan Bambang 1995, Tanaman cabai rawit sebagai tanaman hortikultura membutuhkan Syarat. pertumbuhan dalam kondisi tertentu agar bisa tumbuh subur dan berbuah rimbun. Menurut Wahyudi 2011 syarat tumbuh yang harus dipenuhi ketika. membudidayakan cabai rawit adalah,1 Tipe tanah, Cabai rawit tumbuh baik di tanah bertekstur lempung lempung berpasir.
dan lempung berdebu Namun cabai ini masih bisa tumbuh baik pada tekstur. tanah yang agak berat seperti lempung berliat Beberapa kultivar cabai rawit lokal. bahkan bisa tumbuh dengan baik pada tekstur tanah yang lebih berat lagi seperti. tekstur liat berpasir atau liat berdebu, Menurut Tjandra 2011 tanah yang tidak baik untuk penanaman cabai. rawit adalah tanah yang strukturnya padat dan tidak berongga Tanah semacam ini. akan sulit ditembus air pada saat penyiraman sehingga air akan tergenang Selain. itu tanah tidak akan memberikan keleluasan bagi akar tanaman untuk bergerak. karena sulit ditembus akar tanaman Akibatnya tanaman sulit menyerap air dan. zat hara pada tanah Jenis tanah yang tidak baik untuk pertumbuhan cabai rawit. antara lain tanah liat tanah berkaolin tanah berbatu dan tanah berpasir. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga,2 Ketinggian tempat penanaman. Karena sifat adaptasinya paling luas diantara jenis cabai maka sebagian. besar cabai rawit bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi Namun. cabai rawit yang ditanam di dataran tinggi akan mengalami umur panen dan masa. panen yang lebih lama tetapi hasil panennya masih relatif sama dibandingkan. dengan jika kultivar yang sama ditanam di dataran rendah. 3 pH tanah optimum, Cabai rawit menghendaki tingkat kemasaman tanah optimal yaitu tanah. dengan nilai pH 5 5 6 5 Jika pH tanah kurang dari 5 5 tanah harus diberi kapur. pertanian Pada pH rendah ketersediaan beberapa zat makanan tanaman sulit. diserap oleh akar tanaman sehingga terjadi kekurangan beberapa unsur makanan. yang ahirnya akan menurunkan produktivitas tanaman Menurut Tjandra 2011. derajat keasaman tanah atau pH tanah nertal berkisar 6 7. Pada tanah dengan pH rendah sebagian besar unsur unsur hara di. dalamnya terutama fosfor P dan kalsium Ca dalam keadaan tidak tersedia atau. sulit terserap tanaman Kondisi tanah yang masam dapat menjadi media. perkembangan beberapa cendawan penyebab penyakit tanaman seperti Fusarium. sp dan Pythium sp Pengapuran juga berfungsi menambah unsur kalsium yang. sangat diperlukan tanaman Kalsium berfungsi mengeraskan bagian tanaman yang. berkayu merangsang pembentukan bulu bulu akar mempertebal dinding sel. buah dan merangsang pembentukan biji Prajnanta 2011. Gardner dkk 1991 mengatakan bahwa pH tanah merupakan faktor. utama yang mempengaruhi daya larut dan mempengaruhi ketersediaan nutrien. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, tanaman Kebanyakan nutrien lebih banyak tersedia dalam nilai pH antara 6 0 dan. 7 0 Ca Mg K dan Mo lebih banyak tersedia dalam tanah yang basa dan Zn. Mn B kurang tersedia Fe Mn dan Al mungkin dapat larut sampai ketingkat. beracun dalam tanah yang sangat asam,4 Intensitas cahaya dan sumber air.
Sama seperti tanaman hortikultura buah lainnya tanaman cabai rawit juga. memerlukan lokasi lahan yang terbuka agar memperoleh penyinaran cahaya. matahari dari pagi hingga sore Selain itu tanaman ini menyukai lahan dengan. sistem drainase yang lancar terutama pada musim hujan Menurut Sitompul dan. Bambang 1995 tanaman yang kurang cahaya akan mempunyai jumlah sel lebih. sedikit dengan habitus lebih tinggi dari tanaman yang memperoleh banyak. 2 1 6 Teknik penanaman cabai rawit, Menurut Tjandra 2011 proses penanaman cabai rawit terdiri atas. beberapa tahap yang diawali dengan pembenihan penyiapan media tanam. penanaman pemeliharaan pemanenan dan perawatan hasil panen Masing. masing tahap akan dijabarkan sebagai berikut,1 Pembenihan. Biji tanaman cabai rawit yang akan ditanam dilakukan penjemuran. terlebih dahulu kemudian dilakukan perendaman dalam air dalam perendaman. ini akan ada biji yang mengapung dan biji yang tenggelam Biji yang baik untuk. digunakan dalam pembenihan adalah biji yang tenggelam Agar tanaman cabai. dapat tumbuh dengan baik maka diperlukan perlakuan khusus sebelum. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, disemaikan seperti direndam dengan air hangat selama 12 jam dengan tujuan. agar dapat merangsang perkecambahan, Perkecambahan biji yang dipermudah dengan keadaan tertentu seperti. pencucian karena zat penghambat tumbuh pada kulit biji larut dalam air suhu. rendah dan pemecahan kulit biji Sitompul dan Bambang 1995. 2 Pengolahan media tanam, Sebelum dimasukkan ke dalam polybag tanah harus diolah terlebih.
dahulu Adapun cara pengolahannya meliputi pengayakan tanah dengan tujuan. agar tanah tersebut bebas dari kotoran percampuran dengan kapur pertanian. dengan tujuan dapat menaikkan pH tanah percampuran dengan pupuk dasar. apabila diperlukan percampuran dengan bahan lain seperti sekam padi jerami. padi atau serbuk gergaji apabila diperlukan untuk menyuburkan tanah Kemudian. media tanah yang sudah siap dimasukkan ke dalam polybag. Rao 1994 mengatakan bahwa tanah yang asam atau basa umumnya. tidak sebaik tanah netral untuk pertumbuhan tanaman karena kelarutan dan. ketersediaan nutrisi tanah berhubungan dengan pH tanah Tanah yang asam. umumnya dicirikan oleh ketersediaan aluminium besi mangan tembaga dan. seng yang berlebihan yang bahkan bersifat racun bagi tanaman Hal sebaliknya. berlaku pada tanah yang bersifat basa pada tanah yang demikian tanaman. menunjukkan gejala gejala defisiensi terhadap unsur unsur tersebut Sedangkan. pada tanah netral memungkinkan pertumbuhan mikroorganisme tertentu yang. bertanggung jawab dalam pengubahan bentuk organik nitrogen fosfor dan. belerang menjadi bentuk anorganiknya sehingga dapat diserap oleh tanaman. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, Hanya empat kelas tanah yang penting dalam penanaman cabai yaitu. tekstur lempung lempung berpasir lempung berdebu dan lempung berliat. Struktur tanah yang dibentuk oleh keempat tekstur tanah tersebut akan. memungkinkan perakaran cabai berkembang dengan leluasa Tekstur lempung. umumnya terdiri dari 50 pasir 30 debu dan 20 liat Tekstur lempung. berpasir kurang lebih terdiri dari 60 pasir 25 debu dan 15 liat Tekstur. lempung berdebu dicirikan dengan kadar debu yang agak banyak dengan. komposisi 50 pasir 40 debu dan 10 liat Sementara itu tekstur lempung. berliat terdiri dari 50 pasir 25 debu dan 25 liat Wahyudi 2011. Tanah yang digunakan untuk persemaian adalah tanah yang subur dan. menggandung banyak humus Sebelum dibentuk bedengan tanah ini perlu. digemburkan agar bibit dapat tumbuh dengan leluasa Jika di sekeliling tempat. persemaian tidak diperoleh tanah yang subur dapat diakali dengan memberikan. pupuk organik atau pupuk anorganik Tjandra 2011, Tjandra 2011 juga menambahkan bahwa media tanah yang bekas. ditanami tidak dapat dipakai lagi Hal ini untuk menghindari terjadinya siklus. hama dan penyakit yang ditularkan lewat tanah Seperti halnya persemaian pada. polybag diperlukan media tanam utama yang diperlukan yaitu tanah yang subur. dan kaya akan humus Jenis tanah yang sesuai untuk penanaman cabai rawit. adalah tanah alluvial andosol lempung atau laterit Apapun jenis tanah yang. dipilih tanah tersebut harus berstruktur remah atau gembur agar peresapan air dan. sirkulasi udara dalam tanah berjalan lancar, Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga,3 Teknik penanaman dalam polybag. Setelah menyiapkan media tanam sebaiknya penanaman bibit secepatnya. dilakukan Langkah awal dalam penanaman bibit pada polybag adalah dengan. membuat lubang pada media tanam terlebih dahulu Setelah itu penanaman bibit. dalam lubang yang telah dibuat tadi Kemudian dilakukan penyiraman pada. polybag Benih yang akan disemaikan dalam polybag diusahakan tidak. bertumpuk tumpuk Idealnya untuk polybag kecil disemaikan sekitar tiga benih. saja Sementara untuk polybag yang lebih besar dapat disemaikan lebih dari tiga. benih asalkan jaraknya diatur Bila sudah disemai merata benih ditutupi dengan. tanah setebal 1 1 5 cm Agar terhindar dari sengatan terik matahari polybag. diletakkan ditempat teduh Tjandra 2011, Polybag jika dibandingkan dengan tempat penanaman lain seperti pot.
memiliki beberapa keuntungan Di antaranya harganya lebih murah mudah. didapat ringan dan dapat dilipat Selain itu polybag memiliki sistem aerasi. sirkulasi dan drainase yang sangat baik sehingga tanaman dapat tumbuh subur. sebagaimana halnya jika ditanam dilahan Tjandra 2011. 4 Pemeliharaan tanaman, Tanaman cabai rawit yang telah ditanam membutuhkan pemeliharaan yang. baik agar dapat mengurangi resiko terserang hama dan penyakit Pemeliharaan. tanaman meliputi penyiraman tanaman terutama pada masa pertumbuhan. penyulaman tanaman pemberantasan gulma pemangkasan ujung tunas batang. pembuangan daun sakit pemupukan dan penyemprotan debu dan kotoran pada. tanaman dengan air, Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, Cabai rawit yang sudah ditanam dalam polybag selama 2 5 4 bulan. biasanya sudah berbuah dan siap dipanen Pemetikan dilakukan setiap dua minggu. sekali Umumnya pemanenan cabai rawit dilakukan di pagi hari dan tidak. dianjurkan melakukan pemetikan dalam keadaan basah misalnya pada waktu. hujan atau terlalu pagi hal ini akan menyebabkan buah cabai cepat membusuk. Jika pemeliharaannya baik cabai rawit dapat terus berbuah sampai berusia diatas. 2 tahun Tjandra 2011 Susila 2006 mengatakan pada tanaman cabai panen. pertama dapat dilakuakan mulai 9 minggu setelah tanam Panen berikutnya setiap. 5 7 hari sekali,6 Paska panen, Kegiatan Paska panen merupakan kegiatan penanganan hasil panen yang. bertujuan untuk memelihara kualitas buah cabai hasil panen Perawatan hasil. panen dapat meliputi penyimpanan baik dalam wadah terbuka maupun dalam. lemari pendingin Selain itu dapat pula dilakukan pengolahan dengan cara. menjemur cabai untuk dijadikan cabai kering cabai bubuk dan dapat juga dibuat. saos sambal Tjandra 2011, Pemupukan berfungsi untuk menambah dan menjaga keseimbangan unsur.
hara di dalam tanah akibat adanya proses erosi tanah terbawa aliran air run off. dan diserap tanaman Budi dan Cahyo 2008, Pemupukan merupakan kegiatan terpenting dalam pemeliharaan tanaman. didalam polybag Pemupukan menyebabkan kebutuhan zat zat hara terpenuhi. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, Zat zat hara merupakan elemen yang penting untuk pertumbuhan tanaman Tanpa. adanya zat hara pertumbuhan tanaman akan terganggu bahkan mati Oleh karena. itu pemupukan harus rutin dilakukan hingga tanaman berumur maksimal. Tjandra 2011,2 2 1 Pupuk kimia, Pupuk kimia bisa dibedakan menjadi pupuk kimia tunggal dan pupuk. kimia majemuk Pupuk kimia tunggal hanya memiliki satu macam hara. sedangkan pupuk kimia majemuk memiliki kandungan hara lengkap Pupuk kimia. yang sering digunakan antara lain Urea dan ZA untuk hara N nitrogen pupuk. TSP DSP dan SP 26 untuk hara P fosfat KCl atau MOP untuk hara K. Kalium Sedangkan pupuk majemuk biasanya dibuat dengan mengkombinasikan. pupuk pupuk tunggal dengan komposisi tertentu Komposisi haranya bermacam. macam tergantung produsen dan komoditasnya Taniwiryono dan Isroi 2008. Pupuk kimia buatan memiliki keunggulan dibandingkan pupuk yang lain. Pupuk kimia lebih cepat tersedia bagi tanaman dan memiliki kandungan hara yang. tinggi Pupuk kimia umumnya diaplikasikan dalam jumlah yang relatif sedikit. Namun demikian pupuk kimia juga lebih mudah hilang karena pencucian. leaching terikat oleh mineral liat tanah atau menguap ke udara Untuk. mengantisipasi hal tersebut saat ini juga ada pupuk kimia lambat tersedia slow. release Taniwiryono dan Isroi 2008, Kandungan hara dalam pupuk anorganik terdiri atas unsur hara makro. utama yaitu nitrogen fosfor kalium dan unsur hara makro sekunder yaitu sulfur. kalsium magnesium dan hara mikro yaitu tembaga seng mangan molibden. Skripsi Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Biofertilizer Fita Khoirul Umah. dan Media Tanam Yang Berbeda Pada Pertumbuhan dan Produktivitas. Tanaman Cabai Rawit Capsicum frutescens L di Polybag.


Related Books

Morning Worship Service September 6, 2015 - 9:00 AM ...

Morning Worship Service September 6 2015 9 00 AM

6 You alone are the LORD. You made the heavens, even the highest heavens, and all their starry host, the earth and all that is on it, the seas and all that is in

Geologia del Quaternario - units.it

Geologia del Quaternario units it

del Quaternario continentale e marino, stratigrafia, glacialismo, variazioni del clima, oscillazioni del livello del mare, Climate change 1 CFU di escursione a vedere forme e depositi quaternari (2 gg o forse 3 ) Docente Furio Finocchiaro 040 558 2025 finfu@units.it) Laurea Triennale Geologia Corso opzionale crediti d

MACRO SUDDIVISIONE ERE GEOLOGICHE

MACRO SUDDIVISIONE ERE GEOLOGICHE

appunti paleontologia del quaternario macro suddivisione ere geologiche ere periodi note ***pre cambriano (4,6 ma - 0,570 ma) paleozoico (570ma <> 245ma)

Company Overview - Amber Road

Company Overview Amber Road

duty rates, regulatory controls, restricted party lists, documents, quotas and much more. The definition of global trade today is more than just international trade compliance. Companies need to look end-to-end to derive the most value from the digital platform they choose. With Amber Road you can assemble

BAB II KAJIAN TEORITIS A. 1. 1)

BAB II KAJIAN TEORITIS A 1 1

sebagai sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk tekhnologi perangkat kerasnya. Jadi saat berkomunikasi membutuhkan sebuah media yang artinya bahwa ketika melakukan komunikasi dengan orang lain harus menggunakan alat atau sebuah sarana agar informasi atau maksud

BRAKE DRUM CATALOG - roadchoice.com

BRAKE DRUM CATALOG roadchoice com

drum cross-reference brake drums rc domestic drum rc eu drum gunite meritor webb stemco conmet trp alliance kic bd6864vb bd16701 3922x 85-123788-002, 85-123207 56864b db1657b abp n42a1657vb 60000-018 bd6864b bd16702 3600ax 85-123207-002, 85-123365 66864b 89996b 10001776, 10009830, 10037763 abp n42a1657b 54261-018, 60001-018

ARIZONA OPTICS A TARGETED INDUSTRY SUMMARY REPORT

ARIZONA OPTICS A TARGETED INDUSTRY SUMMARY REPORT

Arizona Optics - A Targeted Industry Summary Report l Between 1975 (fifteen years after development of the laser) and 1995, the estimated annual international market for laser devices increased from $72 million to $1.2 billion. U.S. firms hold about 35 percent of this market.

MSc in Optics and Photonics MRes in Photonics

MSc in Optics and Photonics MRes in Photonics

The Evolving Global Role of the IMF

The Evolving Global Role of the IMF

The financial excesses of the late 1990s would lead to even greater problems a decade later. But when the century ended in an orgy of global celebrations of the arrival of the new millennium, one could have heard above the beating a chorus of achievements: not outstanding by historical standards, but better than they sounded. The Global Economy in the 1990s In the last 10 years of the ...

www.strazswidnica.pl

www strazswidnica pl

Created Date: 4/12/2019 9:10:25 AM