Bab Ii Pembelajaran Pai Materi Akidah Islam Dan Anak -Books Pdf

BAB II PEMBELAJARAN PAI MATERI AKIDAH ISLAM DAN ANAK
18 Feb 2020 | 25 views | 0 downloads | 29 Pages | 456.19 KB

Share Pdf : Bab Ii Pembelajaran Pai Materi Akidah Islam Dan Anak

Download and Preview : Bab Ii Pembelajaran Pai Materi Akidah Islam Dan Anak


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Pembelajaran Pai Materi Akidah Islam Dan Anak



Transcription

tingkah lakunya kekanak kanakkan dan tidak sesuai dengan. 2 Sifat sifat Anak Tunagrahita,Penderita cacat mental retardasi mental pada. umumnya memiliki kelainan terutama pada kemampuan, kognitifnya lambat Besar kecilnya tergantung pada intelegensi. yang dimiliki sifat sifatnya yang tampak adalah,a Lambat belajar. b Kemampuan mengatasi masalah kurang,c Kurang bisa menghubungkan sebab akibat. d Perbuatannya lucu,e Kontrol motoriknya kurang,f Kurang kemampuan dalam berkoordinasi.
g Mulut selalu menganga, h Dalam memahami suatu pengertian memerlukan waktu. i Kesulitan dalam sensoris,j Hambatan dalam perkembangan bicara 3. 3 Penyebab Tunagrahita,penyebab tunagrahita sebagai berikut. a Anomali genetic atau kromosom,1 Down Syndrome trisotomi pada kromosom 2. 2 Fragile x sindrome malformasi kromosom x yaitu ketika. kromosom x terbelah dua, 3 Recerssive gene disease salah mengarahkan pembentukan.
enzimsehingga mengganggu proses metabolisme,pheniyiketonurea. Sutjihati Somantri Psikologi Anak Luar Biasa Bandung Refika Aditama 2007. 4 Penyakit infeksi terutama pada trimester pertama karena. janin belum memiliki sistem kekebalan dan merupakan saat. kritis bagi perkembangan otak,5 Kecelakaan dan menimbulkan trauma dikepala. 6 Prematuritas bayi lahir sebelum waktunya atau kurang dari. b Bahan kimia berbahaya yang menyebabkan keracunan pada. ibu berdampak pada janin 4,4 Klasifikasi Tunagrahita. a Klasifikasi menurut Tujuan Pendidikan, Dalam pendidikan anak tunagrahita dibagi menjadi 3. 1 Anak tunagrahita mampu didik kategori C,Adalah anak tunagrahita yang masih bisa di ajari.
kemampuan akademis walaupun tidak bisa maksimal,2 Anak tungrahita mampu dilatih kategori C1. Adalah anak tunagrahita hanya bisa dilatih untuk,mengurusi dirinya sendiri seperi mandi makan. 3 Anak tunagrahita mampu dirawat kategori C1 1,Adalah anak tunagrahita yang memerlukan perawatan. orang lain sepanjang hidupnya 5,Proses pembelajaran untuk anak tunagrahita sangat. beda dengan anak anak normal materi pembelajaran anak. anak tunagrahita adalah seperti latihan untuk komunikasi. keterampilan bantu diri keterampilan berprilaku di depan. umum setelah itu dapat diajarkan hal lain yang disesuaikan. dengan usia dan kematangan anak serta tingkat intelegensi. pada setiap anak,Aqila Smart Anak hal 52, Mohammad Efendi Pengantar Psikoedagogik Anak Berkelainan Jakarta Bumi.
Aksara 2009 hal 90,b Klasifikasi menurut Taraf Intelegensi. Berdasarkan taraf intelegensinya anak idiot dapat,dibagi menjadi beberapa jenis yaitu. Individu pada taraf ini tidak dapat dilatih untuk, memenuhi kebutuhan fisiologisnya sendiri dan tidak. sanggup merawat dirinya sendiri Tidak dapat melindungi. dirinya terhadap bahaya selalu harus dijaga karena. mudah jatuh dan suka memakan benda apa saja yang, berada di tangannya Masih sering ngompol baik siang. maupun malam dan umumnya harus dirawat seumur,Umumnya anak embicil dapat berpakaian dan.
makan sendiri Fungsi bicaranya terganggu karena itu. perlu dilatih secara sabar Sebagian besar mereka masih. dapat diajar membaca menulis dan mengerjakan,pekerjaan keterampilan praktis. 3 Debil atau Moron,Mereka lebih mudah diajari untuk mengurus. dirinya daripada anak idiot dan embicil Mereka dapat. membantu pekerjaan dapur dan pekerjaan lainnya yang. tidak begitu menuntut berpikir misalnya menolong,membawakan barang membantu membersihkan rumah. dan keterampilan praktis lainnya 6,a Klasifikasi menurut Tingkat Kecerdasan. Pada masa awal perkembangan hampir tidak ada, perbedaan antara anak anak tungarahita dengan anak yang.
memiliki kecerdasan rata rata Akan tetapi semakin lama. perbedaan pola perkembangan antara anak tunagrahita dengan. Anwar Prabu Mangkunegara Perkembangan Intelegensi Anak dan Pengukuran IQ. nya Bandung Angkasa 1993 hlm 45, anak normal semakin jelas Hal tersebut bisa dilihat pada tabel. dibawah ini 7,Tabel 1 2 klasifikasi Anak Tunagrahita berdasar. Drajat Keterbelakangannya,Keterbelakangan IQ Stanford IQ. Binet SkalaWeschler,Ringan 68 52 69 55,Sedang 51 36 54 40. Berat 35 20 39 25,Sangat Berat 19 24,B Pembelajaran PAI Materi Akidah Islam.
1 Pengertian Pembelajaran, Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik. dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan. belajar 8 Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan. pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan. pengetahuan penguasaan kemahiran dan tabiat serta, pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lainpembelajaran adalah proses untuk membantu. peserta didik agar dapat belajar dengan baik,2 Pengertian Pendidikan. Proses pendidikan merupakan proses yang tidak, terlepas materi yang merupakan bagian dari kurikulum dapat. mencapai sebuah tujuan untuk mencapai itu materi yang. disampaikan harus terprogram dengan baik karena dengan hal. Somantri Sutjihati Psikologi hal 108, UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20.
itu pendidik akan dengan mudah menyampaikan apa yang. menjadi sebuah pendidikan,Pendidikan adalah sebuah sistem yang terencana. untukmewujudkan suasanabelajar dan proses pembelajaran. atau pelatihan agar peserta didik dapat mengembangkan. potensi dirinya secara aktif sehingga memiliki kekuatan. spiritual keagamaan emosional pengendalian diri, kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan. yang diperlukan dirinya dan masyarakat 9,Pendidikan itu berbeda dengan pengajaran Di dalam. pendidikan prosesnya tidak hanya sekedar pentransferan ilmu. semata namun ada proses penggalian potensi peningkatan diri. menuju kedewasaan mental serta bimbingan dari seorang guru. Sehingga bukan hanya ilmu yang didapat melainkan budi. 3 Pengertian Pengajaran, Pengajaran adalah proses pentransferan ilmu dari guru. ke murid Ada dosen guru ustadz yang mengajar atau, menyampaikan ilmu kepada murid yang belajar Hasilnya.
murid menjadi pandai dan berilmu pengetahuan, Pengajaran dapat diartikan sebagai training instructing. conditioning and indoctrinating pelatihan penugasan. penyediaan kondisi dan indoktrinasi Dalam,pelaksanaannya pengajaran merupakan serangkaian. kegiatan yang terpadu antara pelatihan penugasan, penyediaan kondisi dan indoktrinasi dengan komponen. kurikulum bahan ajar media metode lingkungan guru,dan siswa untuk mencapai tujuan tertentu 10. Hamdani Dasar dasar Kependidikan Bandung Pustaka Setia 2010 hal 21. Dian Indihadi Teori Landasan Pengajaran Bahasa Tesis Tasikmalaya. Universitas Pendidikan Indonesia 2007 hal 1,Pengajaran lebih menekankan pada penguasaan.
wawasan dan pengetahuan tentang bidang atau program. tertentu seperti agama dan kesehatan memakan waktu yang. relatif pendek metode lebih bersifat rasional hanya. mengusahakan isi,4 Kurikulum SLB, Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan. mengenai tujuan isi bahan pelajaran serta cara yang digunakan. sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk. mencapai tujuan pendidikan 11, Berdasarkan isinya kurikulum SLB tidak jauh berbeda. dengan kurikulum sekolah umum Contoh silabus RPP dan. perangkat pembelajaran lainnya juga hampir sama dengan. sekolah umum dan tidak memiliki ciri khas khusus Standar. kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajarannya juga tidak. jauh berbeda dengan kurikulum sekolah umum yang menjadi. berbeda adalah dalam pelaksanaannya materi yang diajarkan. kepada siswa berkebutuhan khusus tidak seluas dan sedalam. materi yang diberikan kepada siswa di sekolah reguler. 5 Tujuan Pembelajaran, Tujuan kegiatan belajar ialah perubahan tingkah laku. baik yang menyangkut aspek pengetahuan keterampilan. maupun sikap atau pribadi KBM Kegiatan Belajar Mengajar. seperti mengorganisasi pengalaman belajar mengolah KBM. menilai proses dan hasil belajar kesemuanya termasuk dalam. cakupan tanggung jawab guru 12, Muslam Pengembangan Kurikulum PAI Teoritis Praktis Semarang PKPI2. 2003 hal 37, Anisatul Mufarokah Strategi Belajar Mengajar Yogyakarta Teras 2009 Cet I.
Proses belajar mengajar merupakan serangkaian, aktivitas yang disepakati dan dilakukan guru siswa untuk. mencapai tujuan pendidikan secara optimal Saat kegiatan. belajar mengajar keduanya guru dan siswa saling, mempengaruhi Karena itulah kegiatan belajar mengajar harus. merupakan aktivitas yang hidup sarat nilai dan senantiasa. memiliki tujuan,6 Guru dan Murid,guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar atau. memberikan pelajaran di sekolah atau di dalam kelas 13. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia guru adalah. orang yang pekerjaannya mata pencahariannya profesinya. amengajar Adapun pengertian peserta didik adalah anggota. masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui. proses pendidikan pada jalur jenjang dan jenis pendidikan. tertentu 14,7 Model Pembelajaran PAI bagi Anak Tunagrahita. Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau,suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam.
merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran tutorial. dan untuk menentukan perangkat perangkat pembelajaran. termasuk di dalamnya buku buku film komputer kurikulum. dan lain lain 15,Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk. pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang. disajikan secara khas oleh guru Dengan kata lain model. Ahmad Barizi Muhammad Idris Menjadi Guru Unggul Jogjakarta Ar Ruzz. Media 2010 hlm 142, Alisuf Sabri Ilmu Pendidikan Jakarta CV Pedoman Jaya 1999 hlm 12. Trianto Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta Prestasi. Pustaka 2007 hlm 5, pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan. suatu pendekatan strategi metode dan teknik pembelajaran 16. 8 Pendekatan Pembelajaran, Pendekatan pembelajaran dapat di artikan sebagai titik tolak. atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran yang. merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang. sifatnya masih sangat umum di dalamnya mewadahi, menginspirasi menguatkan melatari metode pembelajaran.
dengan cakupan teoritis tertentu 17,Ada beberapa pendekatan antara lain. a Pendekatan individual,Masing masing anak didik memang mempunyai. karakteristik tersendiri yang berbeda dari satu anak didik. dengan anak didik lainnya Perbedaan individual anak. didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa. strategi pembelajaran harus memperhatikan perbedaan. anak didik pada aspek individual,b Pendekatan kelompok. Ketika guru ingin menggunakan pendekatan kelompok, maka guru harus sudah mempertimbangkan bahwa hal itu. tidak bertentangan dengan tujuan fasilitas belajar. pendukung metode yang akan di pakai sudah di kuasai. dan bahan yang akan di berikan kepada anak,didikmemang cocok Pendekatan kelompok tidak bisa.
dilakukan secara sembaranan tetapi harus,mempertimbangkan hal hal lain yang ikut. Trianto Pembelajaran hlm 5, Ramayulis Metode Pendidikan Agama Islam Jakarta Kalam Mulia 2005 hlm. mempertimbangkan hal hal lain yang ikut mempengaruhi. penggunaan 18,c Pendekatan keagamaan,Pendekatan agama dapat membantu guru untuk. memperkecil kerdilnya jiwa agama didalam diri siswa. yang pada akhirnya nilai nilai agama tidak di cemoohka. tetapi diyakini di pahami dan di amalkan selama hayat. siswa di kandung badan 19,9 Strategi Pembelajaran, Sebuah strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai. perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang. didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu 20 Strategi. pembelajaran merupakan rancangan tindakan rangkaian. kegiatan termasuk rancangan penggunaan metode dan,pemanfaatan berbagai sumber daya kekuatan dalam.
pembelajaran,Ada beberapa macam jenis strategi pembelajaran. diantaranya yaitu,a Strategi Pembelajaran Ekspositori. Strategi pembelajaran individual ini siswa di tuntut. dapat belajar secara mandiri tanpa adanya kerjasama dengan. orang lain Strategi pembelajaran individual dilakukan oleh. siswa secara mandiri kecepatan kelambatan dan, keberhasilan pembelajaran siswa sangat di tentukan oleh. kemampuan individu yang bersangkutan Bahan, pembelajaran serta bagaimana mempelajari di desain untuk. belajar sendiri,Ramayulis Metode hlm 73,Ramayulis Metode hlm 74.
Wina Sanjaya Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta Kencana 2008 hlm 99,b Strategi Pembelajaran Kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan model, pembelajaran denganmenggunakan sistem pengelompokan. tim kecil Sistem penilaian yang dilakukan terhadap. kelompok setiapkelom akan memperoleh penghargaan jika. mampu menunjukkan prestasi yangdipersyaratkan Dengan. demikian setiap anggota kelompok akan, memilikiketergantungan positif Ketergantungan inilah yang. selanjutnya akanmemunculkan tanggung jawab individu. terhadap kelompok dan saling membantuserta memiliki. motivasi untuk keberhasilan kelompok 21,10 Media Pembelajaran. Media adalah sarana ata prasarana yang digunakan, untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran 22Media.
pembelajaran adalah alat bantu guru dalam mengajar serta. sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan. belajar siswa Ada beberapa media yang biasa dipilih dan. digunakan dalam pengajaran seperti perangkat slide film. rekaman tape Keuntungan dari penggunaan media elektronik. dapat memberikan suasana yang lebih hidup penampilannya. lebih menarik dan dapat pula digunakan untuk menampilkan. suatu proses tertentu secara lebih nyata,11 Pengertian Akidah Islam. Kata aqoid jamak dari akidah berarti ikatan, maksudnya ialah hal hal yang diyakini oleh orang Islam sebagai. dasar yang mengikat artinya mereka menetapkan atas. kebenarannya seperti disebukan dalam Al Qur an dan Hadis. Nabi Muhammad Sholallohu Alayhi wa Sallam,A Tabi in Problematika hal 26. Mukhtar Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jakarta Misaka Galiza. 2003 hal 103, Akidah Islamiyah selalu berkaitan dengan iman seperti. iman kepada Allah Subhanahu wa Ta alaa malaikat malaikat. Nya kitab kitab Nya rasul rasul Nya hari kiamat dan qodo. dan qodar 23 Akidah Islam sendiri adalah beberapa perkara yang. harus diyakini oleh pemeluk Islam yang mana mereka. membenarkannya dengan mantap, Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa.
Akidah Islam adalah dasar dasar pokok kepercayaan atau. keyakinan hati seorang muslim yang mengikat yang bersumber. dari ajaran Islam yang wajib dipegangi oleh setiap muslim. Ada beberapa istilah lain yang semakna atau hampir. semakna dengan istilah akidah yaitu,Ada yang menyamakan akidah dengan iman dan ada. yang membedakannya akidah hanyalah bagian dalam aspek. hati dari iman sedangkan iman mencakup aspek luar dan. dalam Aspek dalamnya berupa keyakinan dan aspek luarnya. berupa pengakuan lisan dan pembuktian dengan amal 24. Tauhid artinya meng esa kan kalimah tauhid La, ilaaha illallah tiada Tuhan selain Allah adalah lambang. Akidah Islamiah yang merupakan tema sentral akidah dan. iman Oleh sebab itu akidah dan iman diidentikkan dengan. istilah tauhid 25,c Ushuluddin, Yazid bin Adul Qadir Jawas Syarah Aqidah Ahlus Sunna wal Jama ah Semarang. pustaka imam syafii 2009 hal 27, Yunahar Ilyas Kuliah Aqidah Islam Yogyakarta Pustaka Pelajaran 2007 hal 4. Yunahar Ilyas Kuliah hal 4,Ushuluddin artinya pokok pokok agama Akidah.
iman dan tauhid di sebut juga ushuluddin karena ajarannya. merupakan pokok pokok ajaran agama Islam 26,d Ilmu Kalam. Kalam artinya berbicara atau pembicaraan, Dinamakan ilmu kalam karena banyak dan luasnya dialog. dan perdebatan yang terjadi antara para pemikir masalah. masalah akidah Pembicaraan dan perdebatan luas itu terjadi. setelah cara berfikir rasional dan filsafati mempengaruhi para. pemikir dan ulama Islam 27,12 Dasar Pembelajaran Akidah Islam. Akidah Islam yang merupakan keyakinan dan, kepercayaan yang berasal dari keyakinan hati dan akal pikiran. manusia maka diperlukan dasar hukum yang dapat,menunjukkan kebenaran yang diyakini manusia.
b Al Qur an,Definisi Al Qur an menurut ulama adalah kam Allah. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Sholallahu Alyhi. wa Sallam kata katanya mukjizat membacanya adalah, ibadah dan tertulis dalam lembaran lembaran secara. mutawatir 28,Hadist dan Sunah menurut mayoritas Ulama. mempunyai arti yang sama yaitu segala perkataan, perbuatan dan ketetapan yang disandarkan kepada Nabi. Muhammad Sholallahu Alayhi wa Sallam 29Islam telah. Yunahar Ilyas Kuliah hal 5,Yunahar Ilyas Kuliah hal 5.
Ali Muhammad Iman Kepada Al Qur an Jakarta Ummul Qura 2014 hal 19. Zaki Mubarok Dkk Akidah Islam Yogyakarta UII Press 2001 hal 71. menegaskan hadist sebagai hukum Islam yang kedua setelah. Al Qur an baik sebagai sumber hukum akidah maupun,dalam persoalan hidup. 13 Materi Pembelajaran Akidah Islam,Materi akidah adalah materi utama dalam. mempelajari agama Islam Oleh karena itu materi ini harus. diajarkan betul betul sehingga bisa tertanam sebagai dasar. untuk mempelajari agama Islam lebih lanjut Karena yang. dihadapi adalah anak tunagrahita maka materi yang di ajarkan. di ambilkan materi materi yang mudah yang sifatnya dasar. atau pengenalan sesuai dengan tingkat IQ mereka,Sesuai dengan hadis Nabi Muhammad Sholallahu. Alayhi wa Sallam,Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin. Basyar berkata telah menceritakan kepada kami Yahya. berkata telah menceritakan kepada kami Syu bah telah. menceritakan kepadaku Abu At Tayyah dari Annas bin. Malik dari Nabi Muhammad Sholallahu Alayhi wa,Sallam beliau bersabda permudahkanlah dan jangan.
dipersulit berilah kabar gembira dan jangan membuat. orang lari HR Bukhari 31, Muhammad bin Ismail al Bukhari Shahih al Bukhari Juz 1 Beirut Maktabah. Dahlan 1996 hal 42 43, Suryani Hadis Tarbawi Yogyakarta Teras 2012 hal 79. Dari proses kehidupan Rasulullah Saw beliau, menggunakan langkah langkah mengajarkan dan mendidik. pribadi dengan lima dasar pembelajaran akidah yang harus. dilakukan untuk menanamkan ke dalam jiwa antara lain. a Membaca kalimat tauhid Laa Ilaaha Illa Allah Muhammad. Rasulullah,b Menanamkan cinta kepada Allah,c Menanamkan cinta kepada Rasul Allah. d Mengajarkan al Qur an dan, e Menanamkan nilai nilai perjuangan dan pengorbanan 32.
Adapun materi yang yang digunakan dalam, pembelajaran Akidah Islam dalam kurikulum KTSP adalah. sebgai berikut,1 Menyebutkan rukun iman,2 Melafalkan dua kalimat syahadat. 1 Mengenal asmaul husna,1 Mengenal sifat wajib Allah. 2 Mengenal sifat mustahil Allah,1 Mengenal sifat jaiz Allah. 2 Mengenal malaikat dan tugasnya,1 Mengenal kitab kitab Allah.
2 Mengenal rasul rasul Allah SWT,1 Meyakini adanya hari akhir. 2 Meyakini adanya Qadha dan Qadar33, Muhammad Nur Abdul Hafidz Mendidik Anak Usia 2 Tahun Hingga Baligh Versi. Rosulullah Bidang Aqidah dan Ibadah Yogyakarta Darussalam 2004 hal 18. Departemen Pendidikan Nasional Kurikilum KTSP SDLB C hal 5 15.


Related Books

REVIEW Open Access Historical review of the List of ...

REVIEW Open Access Historical review of the List of

the ILO List of Occupational Diseases and what the changes in the list imply. Review Era of industrial poisoning reflected in the ILO List

Joel Primack - Scientific and Public Lectures

Joel Primack Scientific and Public Lectures

Joel Primack - Scientific and Public Lectures 2017 New Insights on Galaxy Formation from Comparing Simulations and Observations, seminar at Google, Mountain View, CA, May 30

HISTORIC PERSPECTIVE ON OCCUPATIONAL DISEASE

HISTORIC PERSPECTIVE ON OCCUPATIONAL DISEASE

HISTORIC PERSPECTIVE ON OCCUPATIONAL DISEASE D Linn Holness Gage Occupational & Environmental Health Unit ... ILO List of Occupational Diseases

Middle School Parent Orientation Guide 2016-2017

Middle School Parent Orientation Guide 2016 2017

This course is required and should be completed during the first five days of school. During the first week of school the learning coach and student will: Learn how to best use the Online School (OLS) Review daily attendance and login requirements Learn how to use the synchronous tool Blackboard Collaborate

COMPARISON AND SENSITIVITY ANALYSIS OF WATER SATURATION ...

COMPARISON AND SENSITIVITY ANALYSIS OF WATER SATURATION

Indonesian Equation Poupan and Leveaux (1971) developed a model to determine water saturation in laminated shaly formations. This model is widely known as the Indonesian equation. The Indonesia model was developed by field observation in Indonesia, rather than by laboratory experimental measurement support. The Indonesian equation remains as a ...

On the Application of Simandoux and Indonesian Shaly Sand ...

On the Application of Simandoux and Indonesian Shaly Sand

Present paper is a re-look at the oil industry practices in making use of the Simandoux and Indonesian shaly sand resistivity interpretation models for formation evaluation. Considering the genesis of Indonesian equation to meet the requirements of fresh water formations of Indonesia, application of Indonesian equation in low connate water ...

Saturation Modelling: Using The Waxman- Smits Model ...

Saturation Modelling Using The Waxman Smits Model

Saturation models are models which relate measured resistivity to water saturation from which hydrocarbon content can be determined. Saturation models like Archie, Waxman-Smits, and other shaly sand models i.e. Dual-Water model, Indonesia Model, etc., are used to calculate the hydrocarbon saturation from resistivity log.

SL NO. NAME OF THE BOOK AUTHOR

SL NO NAME OF THE BOOK AUTHOR

221 HTML,DHTML,JavaScript,Perl,CGI Ivan Bayross 222 Higher engineering mathematics Dr. B.S. Grewal 223 A text book of electrical technology B.L. Theraja, A.K. Theraja

Water Saturation Estimation Using Crossplot Method Based ...

Water Saturation Estimation Using Crossplot Method Based

Water Saturation Estimation Using Crossplot Method Based on Turgut-Yamamoto Equation Sismanto1, Rah Ajeng Putri Tresnani2 1Geophysics Laboratory, Physics Department, Mathematical and Natural Science Faculty, Gadjah Mada University.

FieldServer FS-8700-93 EST QuickStart

FieldServer FS 8700 93 EST QuickStart

FS-8700-93 EST QuickStart Manual Page 4 of 16 1 EST QUICKSTART DESCRIPTION The EST QuickStart Serial driver allows the FieldServer to record data from Edwards Systems Technology QS1-2/4-8 and QSC Fire Panels over the RS-232 printer port. The FieldServer acts as a Passive Client receiving messages and recording the status of Fire Alarm System ...