Bab Ii Landasan Teori A Manajemen Sumber Daya Manusia-Books Pdf

BAB II LANDASAN TEORI A Manajemen Sumber Daya Manusia
29 Dec 2019 | 87 views | 0 downloads | 29 Pages | 333.87 KB

Share Pdf : Bab Ii Landasan Teori A Manajemen Sumber Daya Manusia

Download and Preview : Bab Ii Landasan Teori A Manajemen Sumber Daya Manusia

Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Landasan Teori A Manajemen Sumber Daya Manusia



Transcription

rekruitmen seleksi penempatan pengembangan karier dilakukan. perusahaan secara tepat sehingga para pekerjanya merupakan tenaga kerja. 2 Keamanan dan kepuasan kerja, Tujuan ini untuk mewujudkan kondisi sumber daya manusia yang. mendukung kemampuannya mewujudkan produktivitas yang tinggi dalam. bekerja baik dari segi fisik maupun psikis Kondisi yang ingin dicapai. adalah perasaan aman dan puas dalam bekerja karena berada dalam. kondisi yang menyenangkan dan diperlakukan sesuai harkat dan martabat. sebagai manusia Tercapainya kondisi ini dapat dilihat dari kesediaan. bekerja keras pekerjanya dengan moral dan disiplin kerja yang tinggi. 3 Kualitas SDM, Manajemen sumber daya manusia dalam menunjang pencapaian tujuan. perusahaan dapat diwujudkan jika karyawannya mampu menyediakan. tenaga kerja yang berkualitas Tujuan manajemen sumber daya manusia. adalah mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas agar mampu. mewujudkan tujuan bisnis berupa produk dan pelayanan yang berkualitas. 4 Keuntungan dan Manfaat, Manajemen sumber daya manusia bertujuan menyediakan dan. mengembangkan sumber daya manusia yang mampu mewujudkan. keuntungan dan manfaat lain bagi perusahaan Sedangkan sisi lain dari. sumber daya manusia adalah agar pekerja memperoleh pembagian yang. layak dari keuntungan dan manfaat lainnya yang dicapai diperoleh oleh. perusahaan, A Motivasi, 1 Pengertian Motivasi, Menurut arti katanya motivasi atau motivation berarti pemberian. motif penimbulan motive atau hal yang menimbulkan dorongan atau. keadaan yang menimbulkan dorongan Motivasi dapat diartikan faktor. yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu 4. Motivasi berasal dari kata Latin movere yang berarti dorongan atau. menggerakkan Motivasi motivation dalam manajemen hanya ditujukan. pada sumber daya manusia umumnya dan bawahan khususnya 5. Motivasi menjadi penting karena motivasi merupakan alat untuk. mendukung dan menyalurkan perilaku karyawan agar giat bekerja. sehingga dapat mewujudkan tujuan yang telah ditentukan perusahaan. Motivasi semakin penting karena manajer membagikan pekerjaannya pada. bawahannya untuk dikerjakan dengan baik dan terintegrasi pada tujuan. yang diinginkan Ada beberapa pengertian motivasi yang dikemukakan. oleh para ahli yaitu, Menurut Hasibuan motivasi adalah pemberian daya penggerak.
yang menciptakan kegairahan kerja seseorang agar mereka mau bekerja. sama bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upaya untuk. mencapai kepuasan 6, Menurut Handoko motivasi adalah keadaan dalam pribadi. seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan. kegiatan tertentu guna mencapai tujuan 7, Menurut Ilfi Nur Diana motivasi adalah kesediaan untuk. mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi yang. dikondisikan oleh kemampuan upaya itu dalam memenuhi beberapa. kebutuhan individual 8, Menurut Hariandja motivasi adalah faktor faktor yang. mengarahkan dan mendorong perilaku atau keinginan seseorang untuk. M Manullang dan Marihot Amh Manullang Manajemen Personalia Yogyakarta. Gadjah Mada University Press 2006 h 165, Malayu S P Hasibuan Manajemen Sumber Daya Manusia Dasar dan Kunci. Keberhasilan Jakarta CV Haji Masagung 1990 h 156, Ibid h 158.
Hani T Handoko Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Yogyakarta. BPFE 2003 h 252, Ilfi Nur Diana Hadis Hadis h 197, melakukan sesuatu kegiatan yang dinyatakan dalam bentuk usaha keras. atau lemah 9, Definisi lain dari motivasi menurut Edwin B Flippo motivasi. adalah suatu keahlian dalam mengarahkan pegawai dan organisasi agar. mau bekerja secara berhasil sehingga tercapai keinginan para pegawai. sekaligus tercapai tujuan organisasi 10, Dari beberapa pengertian motivasi diatas dapat disimpulkan. pengertian dari motivasi motivasi adalah alat untuk mendorong karyawan. agar mau bekerja dengan baik sehingga keinginan dirinya dan perusahaan. akan tercapai, 2 Tujuan Motivasi, Menurut Hasibuan tujuan dari motivasi 11. a Meningkatkan moral dan kepuasan kerja karyawan, b Meningkatkan produktivitas kerja karyawan.
c Mempertahankan kestabilan karyawan perusahaan, d Meningkatkan kedisiplinan karyawan. e Mengefektifkan pengadaan karyawan, f Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang baik. g Meningkatkan loyalitas kreativitas dan partisipasi karyawan. h Meningkatkan tingkat kesejahteraan karyawan, i Mempertinggi rasa tanggung jawab karyawan. j Meningkatkan efisiensi penggunaan alat alat dan bahan baku. 3 Proses Motivasi, Berikut proses motivasi 12, Marihot Tua Efendi Hariandja Manajemen Sumber Daya Manusia Yogyakarta PT. Grasindo 2000 h 321, Malayu S P Hasibuan Manajemen h 158.
Ibid h 161, Ibid h 167 168, Dalam proses motivasi perlu ditetapkan terlebih dahulu tujuan. orgnisasi baru kemudian para karyawan dimotivasi ke arah tujuan itu. b Mengetahui Kepentingan, Dalam proses motivasi perlu mengetahui keinginan karyawan dan. tidak hanya melihat dari sudut kepentingan pimpinan dan perusahaan. c Komunikasi Efektif, Dalam proses motivasi harus dilakukan komunikasi yang baik dengan. bawahan Bawahan harus mengetahui apa yang akan diperolehnya dan. syarat apa saja yang harus dipenuhinya supaya insentif tersebut dapat. diperolehnya, d Integrasi Tujuan, Dalam proses motivasi harus menyatukan tujuan organisasi dan tujuan. kepentingan karyawan, e Fasilitas, Manajer penting untuk memberikan bantuan fasiitas kepada organisasi.
dan individu karyawan yang akan mendukung kelancaran pelaksanaan. pekerjaan seperti memberikan bantuan kendaran kepada salesman. f Team Work, Manajer harus membentuk team work yang terkoordinasi baik yang. bisa mencapai tujuan perusahaan Team work ini penting karena dalam. suatu perusahaan biasanya terdapat banyak bagian, 4 Motivasi dalam Pandangan Islam. Dalam pandangan Islam kebutuhan manusia bukan hanya lima. faktor sebagaimana teori Maslow tapi ada kebutuhan sipritual yang tidak. dapat ditinggalkan yaitu kebutuhan untuk ibadah ritual dan ibadah sosial. Seseorang bekerja karena termotivasi agar dapat beribadah ritual secara. sempurna bahkan melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu haji. Selain motivasi pencapaian kesempurnaan ibadah ritual seseorang. bekerja karena termotivasi agar dapat melaksanakan ibadah sosial yaitu. zakat infak sedekah hibah dan wakaf Yang semula seseorang menjadi. yadu al sufla yakni tangan dibawah termotivasi untuk lebih produktif agar. menjadi yadu al sufla yakni tangan diatas yang semula menjadi mustahiq. termotivasi menjadi muzakki Seseorang yang bekerja hanya untuk. mencukupi kebutuhan dirinya sendiri ia akan termotivasi agar dapat. mecukupi kebutuhan anak istri keluarga serta dapat mengangkat. karyawannya dan menggajinya Karena memberi nafkah kepada mereka. akan dihitung sebagai pahala sekalipun itu kewajiban 13. Motivasi kerja dalam islam berarti untuk mencari nafkah yang. dimana mencari nafkah itu merupakan suatu ibadah Dalam hal ini bukan. berarti mencari nafkah hanya untuk mencari kehidupan dunia saja dengan. mengejar kekayaan bahkan status Maka motivasi kerja dalam Islam. bukan hanya memenuhi nafkah semata tetapi sebagai kewajiban beribadah. kepada Allah setelah ibadah fardlu lainnya Bekerja untuk mencari nafkah. adalah hal yang istimewa dalam pandangan Islam Dengan bekerja akan. dapat memenuhi kebutuhannya keluarganya Allah SWT berfirman. Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak anak Adam kami. angkut mereka di daratan dan di lautan untuk memperoleh penghidupan. kami beri mereka rezeki dari yang baik baik dan kami lebihkan mereka. dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah. kami ciptakan QS Al Isra Ayat 70 14, Ilfi Nur Diana Hadis Hadis h 200. 14 Departemen Agama Republik Indonesia Al qur an dan Terjemahannya Semarang CV Alwaah 1989 h 435. 5 Asas Asas Motivasi, Asas motivasi harus dapat meningkatkan produktivitas kerja dan. memberikan kepuasan kepada karyawan Asas asas motivaasi itu adalah. sebagai berikut 15, a Asas Mengikutsertakan, Asas ini dimaksudkan untuk mengajak bawahan untuk ikut serta dan.
memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengajukan ide serta. rekomendasi dalam mengambil keputusan Dengan begitu bawahan. akan merasa ikut bertanggungjawab untuk tercapainya tujuan. perusahaan sehingga semangat kerjanya akan meningkat. b Asas Komunikasi, Asas ini untuk menginformasikan secara jelas tujuan yang ingin. dicapai cara mengerjakannya serta kendala yang dihadapi Dengan. begitu akan meningkatkan motivasi kerja bawahan karena semakin. banyak seseorang mengetahui suatu hal maka keinginannya atau. perhatiannya juga akan bertambah besar, c Asas Pengakuan. Asas ini untuk memberikan penghargaan dan pengakuan yang tepat. dan wajar kepada bawahan atas prestasi kerja yang telah dicapai. Dengan begitu semangat kerjanya akan bertambah karena merasa. usahanya telah dihargai, d Asas Wewenang yang Didelegasikan. Asas ini dimaksudkan untuk mendelegasikan sebagian wewenang dan. kebebasan untuk mengambil keputusan keputusan dan kreativitas. kepada bawahan untuk melaksanakan tugas tugas atasan atau manajer. Dengan begitu motivasi kerjanya akan meningkat karena merasa. dipercaya untuk melakukan tugas atasan dengan baik. e Asas Perhatian Timbal Balik, Malayu S P Hasibuan Manajemen h 162 163. Asas ini untuk memotivasi bawahan dengan mengemukakan keinginan. kepada mereka dan berusaha dserta memahami kebutuhan kebutuhan. yang diharapkan bawahan dari perusahaan, 6 Model Model Motivasi.
Model motivasi berkembang dari teori klasik tradisional menjadi. teori modern berikut model model motivaasi itu 16, a Model Tradisional. Model ini mengemukakan bahwa untuk memotivasi bawahan agar. semangat kerja meningkat yaitu dengan memberikan sistem insentif. berupa uang atau barang kepada karyawan yang berprestasi baik. Semakin banyak produksinya maka akan semakin banyak balas. jasanya Jadi motivasi bawahan hanya untuk mendapat insentif saja. b Model Hubungan Manusia, Mengemukakan bahwa untuk memotivasi bawahan dengan mengakui. kebutuhan sosial mereka dan membuat mereka merasa berguna dan. penting Dengan begitu karyawan akan mendapat kebebasan membuat. keputusan dan kreativitas dalam pekerjaannya Dengan memperhatikan. kebutuhan materiil dan non materiil karyawan, c Model Sumber Daya Manusia. Model ini mengatakan bahwa karyawan dimotivasi oleh banyak faktor. bukan hanya uang barang atau keinginan akan kepuasan tetapi juga. kebutuhan akan pencapaian dan pekerjaaan yang berarti Dalam model. ini karyawan hanya akan meraasa puas jika ia berhasil memberikan. prestasi yang berarti pada perusahaannya, 7 Metode Motivasi. Ada dua metode motivasi 17, a Motivasi Langsung, Ibid h 164 165.
Ibid h 165 166, Motivasi langsung adalah motivasi materiil dan nonmateriil yang. diberikan secara langsung kepada setiap individu karyawan untuk. memenuhi kebutuhan serta kepuasannya Jadi sifatnya khusus seperti. pujian penghargaan tunjangan hari raya bonus bintang jasa dan lain. b Motivasi Tidak Langsung, Motivasi tidak langsung adalah motivasi yang diberikan hanya. merupakan fasilitas fasilitas yang mendukung serta menunjang. semangat kerja sehingga karyawan merasa betah dan semangat kerja. Seperti kursi empuk ruang nyaman penempatan yang tepat dan lain. 8 Alat Alat Motivasi, Alat alat motivasi berupa 18. a Material Incentive, Material incentive adalah motivasi yang bersifat material sebagai. imbalan prestasi yang diberikan oleh karyawan Seperti uang dan. b Non Material Incentive, Non material incentive adalah motivasi yang tidak berbentuk materi.
Seperti penempatan yang tepat pekerjaan yang terjamin piagam. penghargaan bintang jasa perlakuan yang wajar dan lain lain. 9 Jenis Jenis Motivasi, Ada dua jenis motivasi 19, a Motivasi Positif. Dalam motivasi positif manajer memotivasi bawahan dengan. memberikan hadiah kepada karyawan yang berprestasi diatas prestasi. Ibid h 166, Ibid h 166 167, b Motivasi Negatif, Manajer moemtivasi karyawannya dengan hukuman Dengan motivasi. negatif ini semangat kerja bawahan dalam waktu jangka pendek akan. meningkat karena merasa takut dihukum tapi untuk jangka panjang. dapat berakibat kurang baik, B Teori Motivasi, Teori motivasi dikelompokkan menjadi dua kategori utama yaitu. Kategori content dan process Pertama kategori content kategori ini meliputi. teori teori kebutuhan antara lain dari Maslow Teori ini menjelaskan perilaku. manusia didorong oleh stimuli internal kebutuhan kebutuhan tertentu Maka. dari itu teori ini lebih memperhatikan pada sebab sebab internal dan eksternal. perilaku needs dan incentives Terdapat tiga variabel utama dan. menjelaskan perilaku pekerja yaitu, a Employee Needs seorang pekerja mempunyai sejumlah kebutuhan. yang hendak dipenuhi antara lain eksistence biological and safety. relatedness affection companionship and influence growth. achievement and self actualization, b Organizational Incentives Organisasi atau perusahaan mempunyai.
rewards untuk memenuhi kebutuhan karyawannya Rewards ini. mencakup substantive rewards pay job security dan physical. working conditions interactive rewards co workers supervision. praises and recognition dan intrinsic rewards accomplishment. challenge and responbility Faktor ini berpengaruh pada perilaku. c Perceptual outcomes Karyawan memiliki beberapa persepsi. diantaranya nilai dari rewards organisasi hubungan antara prestasi. LANDASAN TEORI A Manajemen Sumber Daya Manusia Didalam pengembangan perusahaan sumber daya manusia faktor terpenting pendukung berlangsungnya suatu perusahaan Manajemen sumber daya manusia merupakan proses mendayagunakan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi agar potensi fisik dan psikis yang dimilikinya berfungsi maksimal bagi pencapaian tujuan organisasi 1 Tujuan manajemen sumber

Related Books

Collaborative of Sacred Heart amp Saint Thomas More

Collaborative of Sacred Heart amp Saint Thomas More

to love God and to one another no matter what happens in our day 2 Tim 4 1 We must rely on our Church her people and her sacra ments to strengthen and sustain us whenever we lose hope in God s nearness or find it difficult to love our neighbors as God loves us Even more we Christians have another means

Almost Amish Tyndale House

Almost Amish Tyndale House

Almost Amish one woman s quest for a slower simpler more sustainable life Nancy Sleeth p cm ISBN 978 1 4143 2699 3 sc 1 Conduct of life 2 Amish Conduct of life I Title BJ1589 S544 2012 248 4 dc23 2011049845 Printed in the United States of America 18 17 16 15 14 13 12 7 6 5 4 3 2 1 To my husband Matthew If ever two were one then surely we If ever man were lov d

Mirasil Silicones for Personal Care essemmchem com

Mirasil Silicones for Personal Care essemmchem com

17 INCI Water and Amodimethicone and Trideceth 6 Mirasil ADME P A Si CH3 CH3 O Si O A CH3 CH3 O Si B CH3 Si CH3 CH3 m n A O CH 3 B CH 2 3 NH CH 2 2 NH 2 Amodimethicone Features Characteristics Advantages in formulation Cosmetic benefits

Silicone Products for Personal Care Shin Etsu Silicones

Silicone Products for Personal Care Shin Etsu Silicones

Silicone Products for Personal Care For North and South America 9 2010 1 Dimethyl Silicone Fluids 2 2 Volatile Silicones 3 Methyl Phenyl Silicone Fluids 4 Amino Modified Silicones 3 5 Other Modified Silicone 6 Fluid Compounds 7 Dimethyl Silicone Blends 8 High Polymerization Dimethiconol 4 9 Amino Gums 10 Silicone Emulsions 11 Polyether Modified Silicones 5 12 Polyglycerin Modified Silicones

HAPPY PRIDE FIU

HAPPY PRIDE FIU

Happy Pride FIU LGTQA familia and friends I hope this newsletter finds you all doing well and recovering from the many festivities that were enjoyed this past June We have had a very busy summer and have shared some of our pride pictures If you would like to check out all our pride pictures please visit

SSave Energy aa v e E n e r g y You can do it in many ways

SSave Energy aa v e E n e r g y You can do it in many ways

energy we can while living a fabulous life Did you know a cat can sleep 18 hours a day if its tummy is full Purrr rrr rrr But there s no time to rest when it comes to energy choices and the environment For the past century or so human societies have been growing and developing so fast that Mother Nature is stressed out The clues are pretty clear even to me Humans are quickly using

Five Step Formula for a Fabulous Wardrobe on a Budget

Five Step Formula for a Fabulous Wardrobe on a Budget

Five Step Formula for a Fabulous Wardrobe on a Budget www bespokeimage com au 4 Introduction Read the latest fashion magazine and you ll be told that you have to update your wardrobe with the latest looks This advice will get very expensive very quickly But you know that you need to update your wardrobe to keep yourself current and modern

This story is dedicated to the fabulous funny whacky

This story is dedicated to the fabulous funny whacky

day of my life First I wake up get dressed and feed my animals Alfred the Great our very fat cat pictures of crystals and looking at the news just like a tethered goat I decided that my mum needed some looking after so I hid her phone charger at the bottom of Bo s toy box This ticked off most of her needs because she was exercising by rushing around the house she wasn t

Emma Thompson A Life in Pictures sponsored by Deutsche Bank

Emma Thompson A Life in Pictures sponsored by Deutsche Bank

heading A Life in Pictures Emma Thompson I thought oh a chance to see one of my favourite people talking for an hour and a half at BAFTA that s going to be good And then it turned out they actually wanted me to host the event I thought well it s going to be one of the greatest days of my life because I grew up watching Emma in her early days as one of the members of the

Celebrating 20 Years th Oakland Senior Times

Celebrating 20 Years th Oakland Senior Times

Celebrating 20 years at NOSC P1 In the Spotlight P2 On the Go P5 Program Highlights P6 th Oakland Senior Times NOVEMBER DECEMBER 2018 Celebrating 20 Years Promoting Active Seniors Since 1998 not happen without them Please see their names always printed on the back page of each newsletter Several members are going off the Council this year due to term limitations

Neuropareidolia SciELO

Neuropareidolia SciELO

Neuropareidolia Diagnostic clues apropos of visual illusions P ricles Maranh o Filho1 Maurice B Vincent2 abstract Diagnosis in neuroimaging involves the recognition of specific patterns indicative of particular diseases Pareidolia the misperception of vague or obscure stimuli being perceived as something clear and distinct is somewhat beneficial for the physician in the pursuit of