Bab Ii Landasan Teori A Evaluasi Pembelajaran Evaluation -Books Pdf

BAB II LANDASAN TEORI A Evaluasi Pembelajaran evaluation
14 Jan 2020 | 8 views | 0 downloads | 39 Pages | 239.72 KB

Share Pdf : Bab Ii Landasan Teori A Evaluasi Pembelajaran Evaluation

Download and Preview : Bab Ii Landasan Teori A Evaluasi Pembelajaran Evaluation


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Landasan Teori A Evaluasi Pembelajaran Evaluation



Transcription

informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternative yang tepat dalam. mengambul sebuah keputusan 3, Pembelajaran dapat diartikan sebagai proses kerja sama Antara guru. dan peserta didik dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada. baik potensi yang ada di dalam maupun potensi di luar peserta didik Sebagai. suatu proses kerja sama pembelajaran tidak hanya menitikberatkan pada. kegiatan guru atau kegiatan peserta didik saja akan tetapi guru dan peserta. didik bersama sama berusaha mencapai tujuan pembelajaran yang telah. ditentukan Tujuan dari pembelajaran adalah perubahan perilaku peserta didik. baik perubahan dari aspek kognitif afektif maupun psikomotorik 4. Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa evaluasi. pembelajaran adalah proses pengumpulan informasi hasil kerja sama guru dan. peserta didik dalam proses belajar sehingga diketahui kelemahan dan. kelebihannya untuk kemudian dilakukan perbaikan untuk mengambil. keputusan atau penyusunan program selanjutnya, Ada tiga istilah yang sering digunakan dalam evaluasi yaitu tes. pengukuran dan penilaian test measurement and assessment Tes. merupakan salah satu cara untuk menaksir besarnya kemampuan seseorang. secara tidak langsung yaitu melalui stimulus atau pertanyaan Tes merupakan. Suharsimi Arikunto dan Safruddin Abdul Jabar Evaluasi Program Pendidikan Jakarta Bumi. Aksara 2004 h 1 2, Wina Sanjaya Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Jakarta Kencana 2008 h 28. salah satu alat untuk melakukan pengukuran dan bagian tersempit dalam. evaluasi 5, Pengukuran adalah kuantifikasi atau penetapan angka tentang. karakteristik atau keadaan individu menurut aturan aturan tertentu Keadaan. individu ini bisa berupa kemampuan kognitif afektif dan psikomotor. Pengukuran memiliki konsep yang lebi luas dari tes Selain dengan tes. pengukuran juga dapat dilakukan dengan pengamatan skala reting atau cara. yang lain Penilaian adalah menilai sesuatu yaitu mengambil keputusan. terhadap sesuatu dengan berpegang pada ukuran baik atau buruk sehat atau. sakit pandai atau bodoh dsb Jadi penilaian itu bersifat kualitatif 6. Sedangkan evaluasi mencakup pengukuran dan penilaian Evaluasi. adalah kegiatan atau proses untuk menilai sesuatu Untuk dapat menentukan. nilai dari sesuatu dilakukanlah pengukuran dan wujud dari pengukuran itu. adalah pengujian yang dalam dunia pendidkan dikenal dengan istilah tes 7. Menurut Masroen pada umumnya para pakar di bidang pendidikan. sependapat bahwa evaluasi proses pembelajaran di sekolah dapat. dilaksanakan dengan baik apabila didasarkan pada data yang bersifat. keantitatif Oleh karena itu baik buruknya evaluasi akan banyak bergantung. pada hasil hasil pengukuran yang mendahuluinya Teknik teknik pengukuran. Anas Sudijono Pengantar h 4 5, yang tepat diharapkan akan memberikan landasan yang kokoh untuk.
mengadakan evaluasi yang tepat,2 Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran. Tujuan dari evaluasi dalam pendidikan dibagi menjadi umum dan khusus. secara umum tujuan evaluasi adalah, a Untuk menghimpun bahan bahan keterangan yang akan dijadikan bukti. mengenai taraf perkembangan atau kemajuan yang dialami oleh peserta. didik setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam hangka waktu. b Untuk mengetahui tingkat efektivitas dari metode metode pengajaran yang. telah dipergunakan dalam proses pembelajaran selama jangka waktu. Sedangkan yang menjadi tujuan khusus dari kegiatan evaluasi dalam. bidang pendidikan adalah, a Untuk merangsang kegiatan peserta didik dalam menempuh program. pendidikan Tanpa adanya evaluasi maka tidak akan muncul motivasi atau. rangsangan pada diri peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan. prestasi masing masing, b Untuk mengetahui tingkat efektifitas dari metode metode pengajaran yang. telah dipergunakan dalam proses pembelajaran selama jangka waktu. Sedangkan yang menjadi tujuan khusus dari kegiatan evaluasi dalam. bidang pendidikan adalah, a Untuk merangsang kegiatan peserta didik dalam menempuh program.
pendidikan Tandpa adanya evaluasi maka tidak akan muncul motivasi. atau rangsangan pada diri peserta didik untuk memperbaiki dan. meningkatkan prestasinya masing masing, b Untuk mencari dan menemukan factor faktor penyebab keberhasilan dan. kegagalan peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran sehingga. dapat dicari dan ditemukan jalan keluar arau cara cara perbaikannya 8. Adapun fungsi evaluasi pembelajaran menurut Chabib Thohha dilihat dari. kepentingan masing masing pihak adalah sebagai berikut. Fungsi evaluasi bagi guru adalah untuk,a Mengetahui kemajuan belajar peserta didik. b Mengetahui kedudukan masing masing individu peserta didik dalam. kelompoknya, c Mengetahui kelemahan kelemahan dalam proses pembelajaran. d Memperbaiki proses belajar mengajar,e Menentukan kelulusan peserta didik. Bagi peserta didik evaluasi berfungsi untuk,a Mengetahui kemampuan dan hasil belajar.
b Memperbaiki cara belajar, Anas Sudiijono Pengantar Evaluasi Pendidikan h 16 17. c Menumbuhkan motivasi dalam belajar,Bagi sekolah evaluasi berfungsi untuk. a Mengukur mutu hasil pendidikan,b Mengetahui kemajuan dan kemunduran sekolah. c Membuat keputusan kepada peserta didik,d Mengadakan perbaikan kurikulum. Bagi orang tua peserta didik fungsi evaluasi adalah untuk. a Mengetahui hasil belajar anaknya, b Meningkatkan pengawasan dan bimbingan serta bantuan kepada.
anaknya dalam usaha belajar, c Mengadakan pemilihan jurusan atau jenis sekolah lanjutan bagi. Adapun fungsi evaluasi bagi masyarakat dan pemakai jasa pendidikan. adalah untuk,a Mengetahui kemajuan sekolah, b Ikut mengadakan kritik dan saran perbaikan bagi kurikulum pada. sekolah tersebut, c Lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam usahanya. membantu lembaga pendidikan 9, Chabib Toha Teknik Evaluasi Pendidikan Jakarta PT Raja Grafindo Persada 1996 h 10 11. 3 Prinsip Evaluasi Pembelajaran, Evaluasi pembelajaran dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila.
dalam pelaksanaannya berdasar pada tiga prinsip dasar berikut. a Prinsip keseluruhan, Prinsip keseluruhan atau prinsip menyeluruh juga dikenal. dengan istilah prinsip komprehensif Yang dimaksud dengan prinsip. komprehesif adalah evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana. dengan baik apabila dilaksanakan secara bulat utuh dan mennyeluruh. Evaluasi pembelajaran tidak boleh dilakukan secara terpisah. pisah harus dapat mencakup berbagai aspek yang dapat. menggambarkan atau perubahan tingkah laku yang terjadi pada peserta. didik Evaluasi belajar harus mencakup aspek kognitif atau proses. berfikir afektif atau aspek nilai dan sikap dan psikomotorik atau. aspek keterampilan Jika dikaitkan dengan pembelajaran Pendidikan. Agama Islam maka evaluasi pembelajaran hendaknya tidak hanya. mengungkap pemahaman peserta didik tetapi juga harus dapat. mengungkapkan sejauh mana peserta didik dapat menghayati dan. mengamalkan dalam kehidupan sehari hari 10, Dengan melakukan evaluasi pembelajaran secara meyeluruh. akan diperoleh bahan bahan keterangan dan informasi yang lengkap. mengenai keadaan dan perkembangan peserta didik yang dievaluasi. Anas Sudiijono Pengantar Evaluasi Pendidikan Jakarta PT Raja Grafindo Persada 2009 h 32. b Prinsip kesinambungan, Prinsip berkesinambungan juga dikenal dengan istilah prinsip. kontinulitas yaitu evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara. periodic teratur dan sambung menyambung Dengan evaluasi yang. dilaksanakan secara teratur terencana dan terjadwal maka. dimungkinkan diperoleh informasi yang menggambarkan kemajuan. atau perkembangan peserta didik Hal ini juga dimaksudkan agar pihak. elevator dapat memperoleh kepastian dalam menentukan langkah atau. merumuskan kebijakan yang perlu diambil untuk masa selanjutnya. agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan sebaik baiknya 11. c Prinsip objektivitas, Prinsip objektivitas dimaksudkan bahwa hasil evaluasi. embelajran dikatakan baik jika dapat terlepas dari factor faktor yang. bersifat sebjektif Elevator harus senantiasa berfikir dan bertindak. menurut keadaan yang ada tidak dicampuri adanya kepentingan. kepentingan yang bersifat objektif,4 Ruang lingkup evaluasi pembelajaran.
Ruang lingkup evaluasi dapat dilihat dari ruang lingkup proses. pendidikan sebagai suatu system Evaluasi merupakan bagian dari proses. pendidikan secara menyeluruh bukan hanya kumpulan teknik teknik yang. diperlukan guru dalam mengukur hasil belajar peserta didik tetapi juga. proses yang berkelanjutan yang mendasari seluruh proses pendidikan dan. pengajaran yang baik, Menurut Chabib Thoha evaluasi terkait dengan lima komponen. utama yaitu tujuan pendidikan bahan pengajaran pendidik peserta. didik dan proses belajar mengajar Evaluasi harus mempertimbangkan. semua aspek tersebut 12, Stufflebeam membagi evaluasi menjadi empat ruang lingkup yaitu. a Evaluasi masukan input yaitu evaluasi yang berkaitan dengan kalitas. masukan yang berupa calon peserta didik baik kemampuan intelektualnya. maupun aspek kepribadian, b Evaluasi proses yaitu evaluasi yang sasarannya adalah proses belajar. mengajar termasuk factor instrumentnya seperti evaluasi kemampuan. guru dalam mengajar kesesuaian metode yang digunakan oleh guru. kurikulum media pendidikan dan lembaga pendidikan, c Evaluasi produk yaitu penilaian pendidikan yang sasarannya hasil akhir. suatu proses pendidikan yaitu peserta didik, d Evaluasi konteks yaitu evaluasi yang berkaitan dengan masalah masalah.
kompleks yang melibatkan hal hal di luar proses pendidikan tetapi. memperngaruhi proses dan hasil pendidikan Evaluasi koteks unu sepert. pengaruh lingkungan social budaya keluarga iklim terhadap pelaksanaan. dan hasil pendidikan Dapat juga melakukan penilaian terhadap hasil. Chabib Thoha Teknik Evaluasi Pendidikan h 13, pendidikan dengan menggunakan kriteria ekasternal seperti mengaitkan. hasil pendidikan dengna tuntutan masyarakat kerja masyarakat politik. masyarakat agama dan sebagainya 13, Sedangkan menurut Anas Sudijono ruang lingkup evaluasi dalam bidang. pendidikan di sekolah mencakup tiga komponen utama yaitu. a Evaluasi program pengajaran yaitu mencakup evaluasi terhadap. tujuan pengajaran isi program pengajaran dan strategi belajar. b Evaluasi proses pelaksanaan pengajaran yaitu mencakup. 1 Kesesuaian antara proses belajar mengajar yang berlangsung. dengan garis besar program pengajaran yang telah ditentukan. 2 Kesiapan guru dalam melaksanakan program pengajaran. 3 Kesiapan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. 4 Minat atau perhatian peserta didik dalam mengikuti pelajaran. 5 Keaktifan atau partisipasi peserta didik selama proses. pembelajaran berlangsung, 6 Peranan bimbingan dan penyuluhan terhadap peserta didik yang. memerlukannya, 7 Komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik selama proses. pembelajaran berlangsung,8 Pemberian motivasi terhadap peserta didik.
Chabib Thoha Teknik Evaluasi Pendidikan h 16, 9 Pemberian tugas tugas kepada peserta didik dalam penerapan. teori teori yang diperoleh dalam kelas, 10 Upaya menghilangkan dampak negative yang timbul akibat. kegiatan kegiatan yang dilakukan di sekolah, c Evaluasi hasil belajar yaitu mencakup evaluasi tingkat penguasaan. peserta didik terhadap tujuan khusus yang ingin dicapai dalam unit. unit program pengajaran yang bersifat terbatas dan evalasi tingkat. pencpaian peserta didik terhadap tujuan tujuan umum pengajaran 14. 5 Teknik dan Bentuk Evaluasi Pembelajaran, Banyak teknik dan metode dalam mengumpulkan informasi tentang. kemajuan belajar peserta didik baik hubungan dengan proses belajar maupun. hasil belajar Penilaian tersebut dijabarkan berdasarkan standarr kompetensi. kompetensi dasar serta pencapaian indicator indikator Teknik evaluasi yang. dapat diterapkan di sekolah dapat dikelompokkan dalam dua bagian yaitu. 1 Teknik tes, Adalah suatu teknik atau cara dalam rangka melaksanakan kegiatan.
evaluasi yang didalamnya terdapat berbagai item atau serangkaian tugas. yang harus dikerjakan atau dijawab oleh anak didik kemudian pekerjaan. itu menghasilkan nilai tentang perilaku anak didik tersebut Dalam teknik. ini menurut Drs Zainal Arifin terdiri dari tiga bagian yaitu 15. Anas Sudijono Evaluasi Pendidikan h 30, Zainal Arifin Evaluasi Intrusional Bandung PT Remaja Rosdakarya 1991 h 28 45. a Tes tulis yaitu suatu bentuk tes yang menuntut anak menjawab soal. soal dalam bentuk tulisan yang diberikan kepada sekelompok murid. pada waktu tempat dan untuk soal tertentu, b Tes lisan yaitu bentuk tes yang menuntut respons dari anak dalam. bentuk bahasa lisan, c Tes perbuatan tindakan yaitu tes yang menuntuu jawaban siswa dalam. bentuk perilaku tindakan atau perbuatan, Dari ketiga bentuk evaluasi di atas berarti bahwa aspek yang dapat. dicapai dalam melakukan teknik ini ada dua yaitu kemampuan yang. bersifat ilmu pengetahuan lazimnya dengan menggunakan tes tulis dan tes. lisan sedangkan aspek kemampuan yang bersifat keterampilan lazimnya. dinilai dengan tes perbuatan,2 Teknik Non Tes, Adalah suatu teknik atau cara untuk mengukur perbahan sikap dan.
pertumbuhan anak Teknik ini menurut Drs H Daryanto dapat dilakukan. dengan beberapa cara yaitu 16, a Skala bertingkat yaitu skala menggambarkan suatu nilai yang. berbentuk angka terhadap suatu hasil pertimbangan, b Kuesioner adlaah sebuah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh. orang yang akan diukur responden, Daryanto Evaluasi Pendidikan Jakarta PT Asdi Mahasatya 2005 h 29 34. c Daftar cocok adalah deretan pertanyaan yang biasanya singkat. singkat dimana responden yang dievaluasi tinggal membubuhkan. tanda cocok di tempat yang sudah disediakan, d Wawancara adalah suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan. jawaban dari responden dengan jalan Tanya jawab sepihak. e Pengamatan adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara. mengadakan pengamatan secara teliti serta pencatatan secata. sistematis, f Riwayat hidup adalah gambaran tentang keadaan seseorang selama.
dalam masa kehidupannya, Data data yang diperoleh daru pelaksanaan tes ini dapat digunakan. sebagai bahan penilaian terhadap kegiatan belajar murid dan untuk. mengukur kemampuan belajar siswa pada aspek afektif Oleh karena. itu dalam melaksanakan tes ini seorang guru agama hendaknya benar. benar cernat dan selektif agar dapat memperoleh data yang sesuai. dengan kenyataanya 17, Sedangkan Menurut Mimin Haryati ada tujuh pendekatan teknik yang. dapat digunakan dalam evaluasi pembelajaran yaitu, a Teknik Unjuk Kerja yaitu proses penelitian yang dilakukan dengan. mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan satu hal Teknik. ini sangat cocok untuk menilai ketercapaian ketuntasan belajar peserta. didik dalam ranah psikomotor misalnya praktik shalat presentasi. membaca Al Qur an dll Penilaian unjuk kerja dapat dilakukan dengan. menggunakan teknik pengamatan atau observasi terhadap berbagai. konteks dari suatu kompetensi dasar 18, b Teknik project Work yaitu kegiatan penilaian terhadap suatu tugas. yang mencakup beberapa kompetensi yang harus diselesaikan oleh. para peserta didik dalam periode atau waktu tertentu Tugas tersebut. dapat berupa investigasi terhadap suatu proses atau kejadian yang. dimulai dari perencanaa pengumpulan data pengorganisasian. pengolahan data dan penyajian data 19 Project work juga dapat. berfungsi sebagai, 1 Bagian internal dari proses pembelajaran terstandart bermautan.
pedagogis dan bermakna bagi peserta didik, 2 Memberi peluang kepada peserta didik untuk mengekspresikan. kompetensi yang dikuasainya secara utuh, 3 Lebih efisien dan menghasilakan produk yang memiliki nilai. 4 Menghasilkan nilai penguasaan kompetensi yang dapat. dipertanggungjawabkan dan memiliki kelayakan untuk. disertifikasi, Mimin Hayati Model teknik penilaian pada tingkat satuan pendidikan Jakarta Gaung Persada. Press 2008 h 45 46, c Penilaian tertulis yaitu jenis tes berbentuk butir butir pertanuaan atau. soal secara tertulis dan jawaban yang diberikan peserta didik dilakukan. secara tertulis 20 Pelaksanaan tes tertulis dibedakan menjadi bentuk. uraian subjective test dan bentuk penilaian pilihan ganda objective. test yang umumnya menggunakan kunci jawaban, d Penilaian produk yaitu penilaian terhadap proses pembuatan dan.
kwalitas suatu produk misalnya produk teknologi makanan karya. seni dsb Tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan. penilaian produk antara lain, 1 Tahap persiapan meliputi penilaian kemampuan peserta didik. dalam merencanakan menggali dand mengembangkan gagasan. serta mendesain produk, 2 Tahap proses pembuatan produk meliputi kemempuan peserta. didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan alat metode. dan teknik, 3 Tahap penilaian produk meliputi penilaian produk yang dihasilkan. peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan,e Portofolio. Yaitu proses penilaian yang berkelanjutan yang didasarkan pada. kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan. psikomotor peserta didik dalam satu periode tertentu Penilaian ini.


Related Books

Understanding Modern Electronics - SnagFilms

Understanding Modern Electronics SnagFilms

In the context of this electronic world, Understanding Modern Electronics has two purposes, either one of which provides ample reason to view and participate actively in this course. First, the understanding this course provides can enhance your appreciation and effective use of electronic devices. Second, for those who might want to go on to ...

Vision 3

Vision 3

In order to complement the operator, machines need a better understanding of their working environment and must facilitate user interaction. Therefore, modern mobile machinery requires increasing numbers of cameras and sensors and their electronic components need higher bandwidths and more processing power. Get ready for automation with Vision 3

???????????????? ? ... - TTC

 TTC

tr-1068 . ???????????????? ??????. ?. 1 ?. 2017. ?12 ?11???. ??????. ?????????

Curriculum for HVACR Technician

Curriculum for HVACR Technician

This course is about the necessary needs of refrigeration and air conditioning in modern age. There are some over all objectives of this course, as follows 1- Discuss the basic components of refrigeration to complete the basic compression cycle. 2- Explain the relationship among pressure, Temperature, Volume, when a refrigerant passes through refrigeration and air conditioning cycle. 3 ...

PRINCIPLES OF PLASMA PROCESSING - Engineering

PRINCIPLES OF PLASMA PROCESSING Engineering

PRINCIPLES OF PLASMA PROCESSING Francis F. Chen ... F.F. Chen, Introduction to Plasma Physics and Controlled Fusion, Vol. 1, ...

Network Rail A Guide to Overhead Electrification

Network Rail A Guide to Overhead Electrification

Alan Baxter Network Rail Guide to Overhead Electrification 132787-ALB-GUN-EOH-000001 / February 2015 Rev 10 3 of 52 2.0 Definitions Neutral section A length of electrically isolated or non-conducting material incorporated

Page Status Course

Page Status Course

ISBN: 978-1-285-76945-5 Equivalent text is acceptable 4. MILADY. MILADY STANDARD COSMETOLOGY EXAM REVIEW, 2016 ed. CENGAGE, 2016, ISBN: 978-1-285-76955-4 Equivalent text is acceptable 3. 5. MILADY. MILADY STANDARD ONLINE LICENSING PREP, 2016 ed. CENGAGE, 2016, ISBN: 978-1-285-76979-0 Equivalent text is acceptable Other: 1. Solid black pants, capri pants, or skirt. solid black or white shirt ...

An Outline of British History - Steven L. Rosen

An Outline of British History Steven L Rosen

Anglo-Saxons united under King Alfred the Great (872-901) to try to fight them off. King Alfred is called The Great because he kept part of England free from Viking control. The Danish Vikings controlled the east northeast by the 9 th century; the Saxons were able to maintain co ntrol in the west.

BY ORDER OF THE AIR FORCE INSTRUCTION SECRETARY OF THE AIR ...

BY ORDER OF THE AIR FORCE INSTRUCTION SECRETARY OF THE AIR

BY ORDER OF THE SECRETARY OF THE AIR FORCE AIR FORCE INSTRUCTION 35-102 4 MAY 2016 Incorporating Change 1, 7 JUNE 2017 Public Affairs SECURITY AND POLICY REVIEW