Bab Ii Landasan Teori A Evaluasi Pembelajaran Evaluation-Books Pdf

BAB II LANDASAN TEORI A Evaluasi Pembelajaran evaluation
14 Jan 2020 | 42 views | 0 downloads | 39 Pages | 239.72 KB

Share Pdf : Bab Ii Landasan Teori A Evaluasi Pembelajaran Evaluation

Download and Preview : Bab Ii Landasan Teori A Evaluasi Pembelajaran Evaluation


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Landasan Teori A Evaluasi Pembelajaran Evaluation



Transcription

informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternative yang tepat dalam. mengambul sebuah keputusan 3, Pembelajaran dapat diartikan sebagai proses kerja sama Antara guru. dan peserta didik dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada. baik potensi yang ada di dalam maupun potensi di luar peserta didik Sebagai. suatu proses kerja sama pembelajaran tidak hanya menitikberatkan pada. kegiatan guru atau kegiatan peserta didik saja akan tetapi guru dan peserta. didik bersama sama berusaha mencapai tujuan pembelajaran yang telah. ditentukan Tujuan dari pembelajaran adalah perubahan perilaku peserta didik. baik perubahan dari aspek kognitif afektif maupun psikomotorik 4. Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa evaluasi. pembelajaran adalah proses pengumpulan informasi hasil kerja sama guru dan. peserta didik dalam proses belajar sehingga diketahui kelemahan dan. kelebihannya untuk kemudian dilakukan perbaikan untuk mengambil. keputusan atau penyusunan program selanjutnya, Ada tiga istilah yang sering digunakan dalam evaluasi yaitu tes. pengukuran dan penilaian test measurement and assessment Tes. merupakan salah satu cara untuk menaksir besarnya kemampuan seseorang. secara tidak langsung yaitu melalui stimulus atau pertanyaan Tes merupakan. Suharsimi Arikunto dan Safruddin Abdul Jabar Evaluasi Program Pendidikan Jakarta Bumi. Aksara 2004 h 1 2, Wina Sanjaya Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Jakarta Kencana 2008 h 28. salah satu alat untuk melakukan pengukuran dan bagian tersempit dalam. evaluasi 5, Pengukuran adalah kuantifikasi atau penetapan angka tentang. karakteristik atau keadaan individu menurut aturan aturan tertentu Keadaan. individu ini bisa berupa kemampuan kognitif afektif dan psikomotor. Pengukuran memiliki konsep yang lebi luas dari tes Selain dengan tes. pengukuran juga dapat dilakukan dengan pengamatan skala reting atau cara. yang lain Penilaian adalah menilai sesuatu yaitu mengambil keputusan. terhadap sesuatu dengan berpegang pada ukuran baik atau buruk sehat atau. sakit pandai atau bodoh dsb Jadi penilaian itu bersifat kualitatif 6. Sedangkan evaluasi mencakup pengukuran dan penilaian Evaluasi. adalah kegiatan atau proses untuk menilai sesuatu Untuk dapat menentukan. nilai dari sesuatu dilakukanlah pengukuran dan wujud dari pengukuran itu. adalah pengujian yang dalam dunia pendidkan dikenal dengan istilah tes 7. Menurut Masroen pada umumnya para pakar di bidang pendidikan. sependapat bahwa evaluasi proses pembelajaran di sekolah dapat. dilaksanakan dengan baik apabila didasarkan pada data yang bersifat. keantitatif Oleh karena itu baik buruknya evaluasi akan banyak bergantung. pada hasil hasil pengukuran yang mendahuluinya Teknik teknik pengukuran. Anas Sudijono Pengantar h 4 5, yang tepat diharapkan akan memberikan landasan yang kokoh untuk.
mengadakan evaluasi yang tepat,2 Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran. Tujuan dari evaluasi dalam pendidikan dibagi menjadi umum dan khusus. secara umum tujuan evaluasi adalah, a Untuk menghimpun bahan bahan keterangan yang akan dijadikan bukti. mengenai taraf perkembangan atau kemajuan yang dialami oleh peserta. didik setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam hangka waktu. b Untuk mengetahui tingkat efektivitas dari metode metode pengajaran yang. telah dipergunakan dalam proses pembelajaran selama jangka waktu. Sedangkan yang menjadi tujuan khusus dari kegiatan evaluasi dalam. bidang pendidikan adalah, a Untuk merangsang kegiatan peserta didik dalam menempuh program. pendidikan Tanpa adanya evaluasi maka tidak akan muncul motivasi atau. rangsangan pada diri peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan. prestasi masing masing, b Untuk mengetahui tingkat efektifitas dari metode metode pengajaran yang. telah dipergunakan dalam proses pembelajaran selama jangka waktu. Sedangkan yang menjadi tujuan khusus dari kegiatan evaluasi dalam. bidang pendidikan adalah, a Untuk merangsang kegiatan peserta didik dalam menempuh program.
pendidikan Tandpa adanya evaluasi maka tidak akan muncul motivasi. atau rangsangan pada diri peserta didik untuk memperbaiki dan. meningkatkan prestasinya masing masing, b Untuk mencari dan menemukan factor faktor penyebab keberhasilan dan. kegagalan peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran sehingga. dapat dicari dan ditemukan jalan keluar arau cara cara perbaikannya 8. Adapun fungsi evaluasi pembelajaran menurut Chabib Thohha dilihat dari. kepentingan masing masing pihak adalah sebagai berikut. Fungsi evaluasi bagi guru adalah untuk,a Mengetahui kemajuan belajar peserta didik. b Mengetahui kedudukan masing masing individu peserta didik dalam. kelompoknya, c Mengetahui kelemahan kelemahan dalam proses pembelajaran. d Memperbaiki proses belajar mengajar,e Menentukan kelulusan peserta didik. Bagi peserta didik evaluasi berfungsi untuk,a Mengetahui kemampuan dan hasil belajar.
b Memperbaiki cara belajar, Anas Sudiijono Pengantar Evaluasi Pendidikan h 16 17. c Menumbuhkan motivasi dalam belajar,Bagi sekolah evaluasi berfungsi untuk. a Mengukur mutu hasil pendidikan,b Mengetahui kemajuan dan kemunduran sekolah. c Membuat keputusan kepada peserta didik,d Mengadakan perbaikan kurikulum. Bagi orang tua peserta didik fungsi evaluasi adalah untuk. a Mengetahui hasil belajar anaknya, b Meningkatkan pengawasan dan bimbingan serta bantuan kepada.
anaknya dalam usaha belajar, c Mengadakan pemilihan jurusan atau jenis sekolah lanjutan bagi. Adapun fungsi evaluasi bagi masyarakat dan pemakai jasa pendidikan. adalah untuk,a Mengetahui kemajuan sekolah, b Ikut mengadakan kritik dan saran perbaikan bagi kurikulum pada. sekolah tersebut, c Lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam usahanya. membantu lembaga pendidikan 9, Chabib Toha Teknik Evaluasi Pendidikan Jakarta PT Raja Grafindo Persada 1996 h 10 11. 3 Prinsip Evaluasi Pembelajaran, Evaluasi pembelajaran dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila.
dalam pelaksanaannya berdasar pada tiga prinsip dasar berikut. a Prinsip keseluruhan, Prinsip keseluruhan atau prinsip menyeluruh juga dikenal. dengan istilah prinsip komprehensif Yang dimaksud dengan prinsip. komprehesif adalah evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana. dengan baik apabila dilaksanakan secara bulat utuh dan mennyeluruh. Evaluasi pembelajaran tidak boleh dilakukan secara terpisah. pisah harus dapat mencakup berbagai aspek yang dapat. menggambarkan atau perubahan tingkah laku yang terjadi pada peserta. didik Evaluasi belajar harus mencakup aspek kognitif atau proses. berfikir afektif atau aspek nilai dan sikap dan psikomotorik atau. aspek keterampilan Jika dikaitkan dengan pembelajaran Pendidikan. Agama Islam maka evaluasi pembelajaran hendaknya tidak hanya. mengungkap pemahaman peserta didik tetapi juga harus dapat. mengungkapkan sejauh mana peserta didik dapat menghayati dan. mengamalkan dalam kehidupan sehari hari 10, Dengan melakukan evaluasi pembelajaran secara meyeluruh. akan diperoleh bahan bahan keterangan dan informasi yang lengkap. mengenai keadaan dan perkembangan peserta didik yang dievaluasi. Anas Sudiijono Pengantar Evaluasi Pendidikan Jakarta PT Raja Grafindo Persada 2009 h 32. b Prinsip kesinambungan, Prinsip berkesinambungan juga dikenal dengan istilah prinsip. kontinulitas yaitu evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara. periodic teratur dan sambung menyambung Dengan evaluasi yang. dilaksanakan secara teratur terencana dan terjadwal maka. dimungkinkan diperoleh informasi yang menggambarkan kemajuan. atau perkembangan peserta didik Hal ini juga dimaksudkan agar pihak. elevator dapat memperoleh kepastian dalam menentukan langkah atau. merumuskan kebijakan yang perlu diambil untuk masa selanjutnya. agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan sebaik baiknya 11. c Prinsip objektivitas, Prinsip objektivitas dimaksudkan bahwa hasil evaluasi. embelajran dikatakan baik jika dapat terlepas dari factor faktor yang. bersifat sebjektif Elevator harus senantiasa berfikir dan bertindak. menurut keadaan yang ada tidak dicampuri adanya kepentingan. kepentingan yang bersifat objektif,4 Ruang lingkup evaluasi pembelajaran.
Ruang lingkup evaluasi dapat dilihat dari ruang lingkup proses. pendidikan sebagai suatu system Evaluasi merupakan bagian dari proses. pendidikan secara menyeluruh bukan hanya kumpulan teknik teknik yang. diperlukan guru dalam mengukur hasil belajar peserta didik tetapi juga. proses yang berkelanjutan yang mendasari seluruh proses pendidikan dan. pengajaran yang baik, Menurut Chabib Thoha evaluasi terkait dengan lima komponen. utama yaitu tujuan pendidikan bahan pengajaran pendidik peserta. didik dan proses belajar mengajar Evaluasi harus mempertimbangkan. semua aspek tersebut 12, Stufflebeam membagi evaluasi menjadi empat ruang lingkup yaitu. a Evaluasi masukan input yaitu evaluasi yang berkaitan dengan kalitas. masukan yang berupa calon peserta didik baik kemampuan intelektualnya. maupun aspek kepribadian, b Evaluasi proses yaitu evaluasi yang sasarannya adalah proses belajar. mengajar termasuk factor instrumentnya seperti evaluasi kemampuan. guru dalam mengajar kesesuaian metode yang digunakan oleh guru. kurikulum media pendidikan dan lembaga pendidikan, c Evaluasi produk yaitu penilaian pendidikan yang sasarannya hasil akhir. suatu proses pendidikan yaitu peserta didik, d Evaluasi konteks yaitu evaluasi yang berkaitan dengan masalah masalah.
kompleks yang melibatkan hal hal di luar proses pendidikan tetapi. memperngaruhi proses dan hasil pendidikan Evaluasi koteks unu sepert. pengaruh lingkungan social budaya keluarga iklim terhadap pelaksanaan. dan hasil pendidikan Dapat juga melakukan penilaian terhadap hasil. Chabib Thoha Teknik Evaluasi Pendidikan h 13, pendidikan dengan menggunakan kriteria ekasternal seperti mengaitkan. hasil pendidikan dengna tuntutan masyarakat kerja masyarakat politik. masyarakat agama dan sebagainya 13, Sedangkan menurut Anas Sudijono ruang lingkup evaluasi dalam bidang. pendidikan di sekolah mencakup tiga komponen utama yaitu. a Evaluasi program pengajaran yaitu mencakup evaluasi terhadap. tujuan pengajaran isi program pengajaran dan strategi belajar. b Evaluasi proses pelaksanaan pengajaran yaitu mencakup. 1 Kesesuaian antara proses belajar mengajar yang berlangsung. dengan garis besar program pengajaran yang telah ditentukan. 2 Kesiapan guru dalam melaksanakan program pengajaran. 3 Kesiapan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. 4 Minat atau perhatian peserta didik dalam mengikuti pelajaran. 5 Keaktifan atau partisipasi peserta didik selama proses. pembelajaran berlangsung, 6 Peranan bimbingan dan penyuluhan terhadap peserta didik yang. memerlukannya, 7 Komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik selama proses. pembelajaran berlangsung,8 Pemberian motivasi terhadap peserta didik.
Chabib Thoha Teknik Evaluasi Pendidikan h 16, 9 Pemberian tugas tugas kepada peserta didik dalam penerapan. teori teori yang diperoleh dalam kelas, 10 Upaya menghilangkan dampak negative yang timbul akibat. kegiatan kegiatan yang dilakukan di sekolah, c Evaluasi hasil belajar yaitu mencakup evaluasi tingkat penguasaan. peserta didik terhadap tujuan khusus yang ingin dicapai dalam unit. unit program pengajaran yang bersifat terbatas dan evalasi tingkat. pencpaian peserta didik terhadap tujuan tujuan umum pengajaran 14. 5 Teknik dan Bentuk Evaluasi Pembelajaran, Banyak teknik dan metode dalam mengumpulkan informasi tentang. kemajuan belajar peserta didik baik hubungan dengan proses belajar maupun. hasil belajar Penilaian tersebut dijabarkan berdasarkan standarr kompetensi. kompetensi dasar serta pencapaian indicator indikator Teknik evaluasi yang. dapat diterapkan di sekolah dapat dikelompokkan dalam dua bagian yaitu. 1 Teknik tes, Adalah suatu teknik atau cara dalam rangka melaksanakan kegiatan.
evaluasi yang didalamnya terdapat berbagai item atau serangkaian tugas. yang harus dikerjakan atau dijawab oleh anak didik kemudian pekerjaan. itu menghasilkan nilai tentang perilaku anak didik tersebut Dalam teknik. ini menurut Drs Zainal Arifin terdiri dari tiga bagian yaitu 15. Anas Sudijono Evaluasi Pendidikan h 30, Zainal Arifin Evaluasi Intrusional Bandung PT Remaja Rosdakarya 1991 h 28 45. a Tes tulis yaitu suatu bentuk tes yang menuntut anak menjawab soal. soal dalam bentuk tulisan yang diberikan kepada sekelompok murid. pada waktu tempat dan untuk soal tertentu, b Tes lisan yaitu bentuk tes yang menuntut respons dari anak dalam. bentuk bahasa lisan, c Tes perbuatan tindakan yaitu tes yang menuntuu jawaban siswa dalam. bentuk perilaku tindakan atau perbuatan, Dari ketiga bentuk evaluasi di atas berarti bahwa aspek yang dapat. dicapai dalam melakukan teknik ini ada dua yaitu kemampuan yang. bersifat ilmu pengetahuan lazimnya dengan menggunakan tes tulis dan tes. lisan sedangkan aspek kemampuan yang bersifat keterampilan lazimnya. dinilai dengan tes perbuatan,2 Teknik Non Tes, Adalah suatu teknik atau cara untuk mengukur perbahan sikap dan.
pertumbuhan anak Teknik ini menurut Drs H Daryanto dapat dilakukan. dengan beberapa cara yaitu 16, a Skala bertingkat yaitu skala menggambarkan suatu nilai yang. berbentuk angka terhadap suatu hasil pertimbangan, b Kuesioner adlaah sebuah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh. A Evaluasi Pembelajaran 1 Pengertian Evaluasi Pembelajaran Secara harfiah evaluasi berasal daru bahasa Inggris evaluation dalam bahasa Arab at Taqdir dalam bahasa Indonesia berarti penilaian Adapun secara istilah sebagimana yang dikemukakan oleh Edwind Wandt dan Gerald W Brown 1977 adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan

Related Books

HP LaserJet Managed MFP E72525

HP LaserJet Managed MFP E72525

Data sheet HP LaserJet Managed MFP E72525 HP Services Downtime can have serious consequences so HP provides support beyond the standard warranty You benefit from reduced risk maximized uptime predictable service delivery and no unbudgeted repair costs Choose from Optimized Care optimum performance and stability 4 hour Onsite Support Maintenance Kit Replacement Service

Honeywell Heating amp Cooling Controls

Honeywell Heating amp Cooling Controls

Globe Valves Sizes range from 2 1 2 to 3 inches Spring loaded self adjusting packing Stainless steel stem prevents corrosion Valve designs provide equal percentage characteristics of flow for close control of water and linear characteristic of flow for close control of steam Valves utilize direct mounting valve actuators or Q5020 linkages with Direct Coupled Actuators or Pneumatic Valve

62 3021 D05 Pressure Regulating Valves

62 3021 D05 Pressure Regulating Valves

5 d05 pressure regulating valves 62 3021 2 fig 3 replacing the d05 cartridge 2 remove bonnet using an adjustable wrench socket or box end wrench 3 remove cartridge using two screwdrivers as levers 4 ensure o rings and washer are properly installed

SPECIFICATION DATA Honeywell

SPECIFICATION DATA Honeywell

ML6420A ML6425A B SPECIFICATION DATA EN0B 0351GE51 R1114 3 CLOSE OFF PRESSURE RATINGS in kPa Stem Force 600 N Stroke 20 mm Valve mm 15 20 25 32 40 50 65 80 Size inch 1 1 1 2 2 3 Valves Close Off Pressure Ratings V5011R S 1600 1600 1000 700 460 260

SMALL LINEAR VALVES PN16 FOR MODULATING AND ON OFF CONTROL

SMALL LINEAR VALVES PN16 FOR MODULATING AND ON OFF CONTROL

SMALL LINEAR VALVES PN16 FOR MODULATING AND ON OFF CONTROL PRODUCT DATA VSxC 2 VSxC 3 VSxC 4 GENERAL These small linear valves are used in combination with small electric linear valve actuators and thermoelectric actuators for the control of hot and or chilled water for fan coil units and small reheaters recoolers in electric electronic temperature control systems FEATURES Small size allows

Heating and Cooling Parts Cross Reference Guide Honeywell

Heating and Cooling Parts Cross Reference Guide Honeywell

3 How to use this cross reference The pages in this guide contain Honeywell OEM and competitive manufacturers controls and the recommended Honeywell cross reference To find your recommended cross reference simply turn to the appropriate product section locate your product

Section Three 1 0 0 Troubleshooting a Honeywell SmartValve

Section Three 1 0 0 Troubleshooting a Honeywell SmartValve

Section Three 1 0 0 Troubleshooting a Honeywell SmartValve Objective Demonstrate common troubleshooting techniques for a Honeywell SmartValve Trade Terms Hot surface ignitor HSI A silicon carbide igniter used as an alternative to spark igniters he Honeywell SmartValve combines gas flow control and electronic intermittent pilot sequencing Pilot hardware supplies the low voltage

Mind really does matter DiVA portal

Mind really does matter DiVA portal

Faria V 2012 Mind really does matter The Neurobiology of Placebo induced Anxiety Relief in Social Anxiety Disorder Acta Universitatis Upsaliensis Digital Comprehensive Summaries of Uppsala Dissertations from the Faculty of Social Sciences 82 92 pp Uppsala ISBN 978 91 554 8478 1 The placebo effect a beneficial effect attributable to a treatment containing no specific properties for

Placebo effects in fMRI Supporting online material 1

Placebo effects in fMRI Supporting online material 1

Separate analyses for our two groups of 12 participants revealed no overall placebo effect for our student group mean 0 08 SD 0 54 t 11 0 49 and a significant effect for our non student group mean 0 35 SD 0 37 t 11 3 25 p lt 0 01 Informed consent was obtained from all participants after the nature and possible consequences of the study were explained We determined the

Effet placebo et valeur de sens dans l valuation des

Effet placebo et valeur de sens dans l valuation des

Effet placebo et valeur de sens dans l valuation des psychoth rapies Placebo effect and value of sense in the evaluation of psychotherapies L Gadeau1 2 Universit Joseph Fourier IUFM 30 avenue M Berthelot 38000 Grenoble France Rec u le 1er janvier 2008 accept le 1er mai 2008 R sum L valuation des psychoth rapies est en passe de constituer un enjeu majeur pour les

The neurophysiological response to manual therapy and its

The neurophysiological response to manual therapy and its

34 principle mechanism in the analgesic effect of manual therapies 35 Descending Modulation of Pain 36 Melzack amp Wall 1965 were the first to explain the potential mechanisms of a central 37 pain modulatory system wherein the authors described the gate control theory of pain which 38 simply states that non noxious input suppresses painful output by inhibiting dorsal root 39 nociceptors