Bab Ii Landasan Teori A 1 Pengertian Harga-Books Pdf

BAB II LANDASAN TEORI A 1 Pengertian Harga
02 Aug 2020 | 2 views | 0 downloads | 34 Pages | 6.61 MB

Share Pdf : Bab Ii Landasan Teori A 1 Pengertian Harga

Download and Preview : Bab Ii Landasan Teori A 1 Pengertian Harga


Report CopyRight/DMCA Form For : Bab Ii Landasan Teori A 1 Pengertian Harga



Transcription

akan mereka bayar Melalui tawar menawar mereka akhirnya akan. sampai pada harga yang dapat diterima 5, b Tujuan Penentuan Harga. Penentuan harga yang akan ditetapkan harus disesuaikan. dengan tujuan perusahaan Adapun tujuan penentuan harga oleh suatu. perusahaan secara umum adalah sebagai berikut 6, 1 Untuk bertahan hidup. Jika tujuan perusahaan dalam menentukan harga adalah untuk. bertahan hidup penentuan harga dilakukan semurah mungkin. Tujuannya adalah agar produk atau jasa yang ditawarkan laku di. pasaran dengan harga murah tetapi masih dalam kondisi yang. menguntungkan, 2 Untuk memaksimalkan laba, Penentuan harga bertujuan agar penjualan meningkat sehingga. laba menjadi maksimal Penentuan harga biasanya dapat dilakukan. dengan harga murah atau tinggi, 3 Untuk memperbesar market share. Untuk memperbesar market share maksudnya adalah untuk. memperluas atau memperbesar jumlah pelanggan Penentuan harga. yang murah diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan. pelanggan pesaing beralih ke produk yang ditawarkan. 4 Mutu produk, Tujuan penetuan harga dengan pertimbangan mutu produk.
adalah untuk memberikan kesan bahwa produk atau jasa yang. ditawarkan memiliki kualitas yang tinggi atau lebih tinggi dari. kualitas pesaing Biasanya harga ditentukan setinggi mungkin. karena masih ada anggapan bahwa produk yang berkualitas adalah. produk yang harganya lebih tinggi dibanding harga pesaing. Philip Kotler dan A B Susanto Op Cit hlm 634, Kasmir Kewirausahaan Raja Grafindo Persada Depok 2013 hlm 191. 5 Karena pesaing, Penentuan harga dengan melihat harga pesaing bertujuan agar. harga yang ditawarkan lebih kompetitif dibandingkan harga yang. ditawarkan pesaing Artinya dapat melebihi harga pesaing untuk. produk tertentu atau sebaliknya bisa lebih rendah, c Faktor faktor yang Memengaruhi Penentuan Harga. Dalam proses penetapan harga ada beberapa faktor yang. biasanya memengaruhi putusan akhir Faktor faktor kunci yang perlu. diperhatikan adalah 7, 1 Permintaan produk, 2 Target pangsa pasar. 3 Reaksi pesaing, 4 Penggunaan strategi penetapan harga penentrasi atau saringan.
5 Bagian lain dari bauran pemasaran seperti produk saluran. distribusi dan promosi, 6 Biaya untuk memproduksi atau untuk membeli produk. d Metode Penetapan Harga, Adapun metode metode penetapan harga antara lain sebagai. 1 Penetapan harga dengan biaya tambah cost plus pricing. Penetapan harga dengan biaya tambah cost plus pricing. adalah menetapkan harga satu unit produk senilai dengan biaya. total unit ditambah laba yang diinginkan dari unit 9 Sebuah. perusahaan harus berorientasi ke pasar dan melayani keinginan. keinginan konsumen dengan menetapkan harga yang terjangkau. sesuai dengan keinginan konsumen, William J Stanton Op Cit hlm 315. Ibid hlm 324, Ibid hlm 325, 2 Harga yang berdasarkan pada keseimbangan antara permintaan dan. Metode penetapan harga yang lain adalah metode menentukan. harga terbaik demi tercapainya laba yang optimal melalui. keseimbangan antara biaya dengan permintaan pasar 10 Dalam. membahas permintaan harus membedakan antara kurva permintaan. yang dihadapi oleh penjual dengan yang dihadapi oleh industri. Jika sebuah perusahaan beroperasi dalam pasar persaingan yang. sempurna kuva permintaannya akan berbentuk horizontal artinya. penjual tunggal tidak dapat mengendalikan pasar Seluruh. produksinya bisa dijual dengan harga pasar Tetapi industri secara. keseluruhan mempunyai kurva melengkung ke bawah artinya. industri dapat menjual lebih banyak unit barangnya dengan harga. yang lebih murah, 3 Harga harga yang ditetapkan atas dasar kekuatan pasar.
Dengan berorientasi pada pasar harga jual berarti bisa. ditetapkan sama dengan harga jual produk saingan atau di atasnya. dan kalau perlu di bawahnya 11 Adanya penetapan harga yang. berbeda pada setiap kemasannya yang sesuai dengan manfaat dan. kualitas produk yang ditawarkan, e Kebijaksanaan Harga12. 1 Keadaan di mana penetapan harga penting, a Produk adalah bahan baku raw material. b Harga merupakan alat utama untuk membedakan produk dari. produk saingan, c Konsumen berpenghasilan rendah, 2 Keadaan di mana penetapan harga kurang penting. a Produk dapat dibedakan karena ada perbedaan fungsi. b Produk dapat dibedakan karena ada perbedaan model style. Ibid hlm 339, Ibid hlm 342, M Mursid Manajemen Pemasaran Bumi Aksara Jakarta 2003 hlm 78 79. c Secara psikologis produk dapat dibedakan melalui merek. bungkus dan iklan, d Kesadaran perusahaan perusahaan akan bahaya perang harga.
3 Keadaan di mana analisis harga perlu dilakukan, a Melansir produk baru. b Perubahan kebutuhan demand, c Perubahan biaya, d Saingan mengubah harga. e Beberapa item dalam produk mix berhubungan dari segi. kebutuhan dan atau biaya, f Penetapan Harga dalam Islam. Menurut Rachmat Syafei harga hanya terjadi pada akad yakni. sesuatu yang direlakan dalam akad baik lebih sedikit lebih besar atau. sama dengan nilai barang Biasanya harga dijadikan penukar barang. yang diridhai oleh kedua belah pihak yang akad 13, Dari pengertian di atas dapat dijelaskan bahwa harga. merupakan suatu kesepakatan mengenai transaksi jual beli barang jasa. di mana kesepakatan tersebut diridhai oleh kedua belah pihak Harga. tersebut haruslah direlakan oleh kedua belah pihak dalam akad baik. lebih sedikit lebih besar atau sama dengan nilai barang jasa yang. ditawarkan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli. Menurut Ibnu Taimiyah yang dikutip oleh Yusuf Qardhawi. bahwa penentuan harga mempunyai dua bentuk ada yang boleh dan. ada yang haram Tas ir ada yang zalim itulah yang diharamkan dan. ada yang adil itulah yang dibolehkan Selanjutnya Qardhawi. menyatakan bahwa jika penentuan harga dilakukan dengan memaksa. penjual menerima harga yang tidak mereka ridhai maka tindakan ini. tidak dibenarkan oleh agama Namun jika penentuan harga itu. menimbulkan suatu keadilan bagi seluruh masyarakat seperti. Rachmat Syafei Fiqih Muamalah Pustaka setia Bandung 2000 hlm 87. menetapkan undang undang untuk tidak menjual di atas harga resmi. maka hal ini diperbolehkan dan wajib diterapkan 14. Menurut Qardhawi jika pedagang menahan suatu barang. sementara pembeli membutuhkannya dengan maksud agar pembeli. mau membelinya dengan harga dua kali lipat harga pertama Dalam. kasus ini para pedagang secara suka rela harus menerima penetapan. harga oleh pemerintah Pihak yang berwenang wajib menetapkan harga. itu Dengan demikian penetapan harga wajib dilakukan agar pedagang. menjual harga yang sesuai demi tegaknya keadilan sebagaimana. diminta oleh Allah SWT 15, Dalam ekonomi Islam bahwa menyetujui harga terbentuk dari.
harga pasar dari permintaan dan penawaran namun meskipun. demikian jika perubahan harga terjadi bukan karena akibat. keseimbangan dari permintaan dan penawaran tetapi akibat dari. distorsi pasar penimbunan monopoli dan lain sebagainya intervensi. pemerintah tetap dibutuhkan, 2 Kualitas Produk, a Pengertian Kualitas Produk. Pengertian produk menurut Kotler dan Amstrong adalah segala. sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar agar menarik perhatian. akuisisi penggunaan atau konsumsi yang dapat memuaskan suatu. keinginan atau kebutuhan Produk mencakup lebih dari sekedar barang. barang yang berwujud tangibel 16 Dalam arti luas produk mencakup. barang fisik jasa orang organisasi gagasan atau gabungan dari semua. Yusuf Qardhawi Norma dan Etika Ekonomi Islam Gema Insani Press Jakarta 1997 hlm. Ibid hlm 257, Phillip Kotler dan Gary Amstrong Prinsip Prinsip Pemasaran terj Bob Sabran Erlangga. Jakarta Edisi ke 12 2006 hlm 266, Nembah F Hartimbul Ginting Manajemen Pemasaran Yrama Widya Bandung Cet 1. 2011 hlm 90, Kualitas produk atau mutu suatu produk adalah keadaan fisik. fungsi dan sifat suatu produk bersangkutan yang dapat memenuhi. selera dan kebutuhan konsumen dengan memuaskan sesuai nilai uang. yang telah dikeluarkan 18, Sedangkan pengertian kualitas produk menurut American.
Society for Quality Control adalah keseluruhan kelengkapan dan. karakteristik dari produk atau layanan yang mempengaruhi. kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan baik yang dinyatakan. maupun tersirat 19 Kotler dan Amstrong mengatakan bahwa kualitas. produk adalah salah satu sarana positioning utama pemasar Kualitas. mempunyai dampak langsung pada kinerja produk dan jasa oleh. karena itu kualitas berhubungan erat dengan nilai dan kepuasan. pelanggan Dalam arti yang sempit kualitas didefinisikan sebagai. bebas dari kerusakan Siemens juga mendefinisikan kualitas adalah. ketika pelanggan kita kembali dan produk kita tidak kembali 20. Kebanyakan produk disediakan atau diadakan pada mulanya. berawal pada satu di antara empat tingkat kualitas yaitu kualitas. rendah kualitas rata rata sedang kualitas baik tinggi dan kualitas. sangat baik 21, Produk berkualitas prima memang akan lebih atraktif bagi. konsumen bahkan akhirnya dapat meningkatkan volume penjualan. Tetapi lebih dari itu produk berkualitas mempunyai aspek penting. lain yakni konsumen yang membeli berdasarkan mutu umumnya dia. mempunyai loyalitas produk yang besar dibandingkan dengan. konsumen yang membeli berdasarkan orientasi harga 22. Suyadi Prawirosentono Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management Abad 21. Bumi Aksara Jakarta 2004 hlm 6, Phillip Kotler et al Manajemen Pemasaran Perspektif Asia terj Zein Isa Indeks Jakarta. Edisi Ketiga Jilid 1 2004 hlm 94, Phillip Kotler dan Gary Amstrong Op Cit hlm 272 273. Sofjan Assauri Manajemen Pemasaran Raja Grafindo Persada Jakarta 2002 hlm 193. Suyadi Prawirosentono Op Cit hlm 2, b Tingkatan Produk23. 1 Manfaat inti core benefit, Yaitu layanan atau manfaat yang benar benar dibeli pelanggan.
Misalnya tamu hotel membeli istirahat dan tidur 24. 2 Produk dasar basic product, Pada tingkat kedua pemasar harus mengubah manfaat inti. menjadi produk dasar Misalnya kamar hotel meliputi tempat tidur. kamar mandi handuk meja lemari pakaian dan toilet 25. 3 Produk yang diharapkan expected product, Yaitu sekelompok atribut dan kondisi yang biasanya. diharapkan pembeli ketika mereka membeli produk ini Misalnya. tamu hotel mengharapkan tempat tidur yang bersih handuk baru. lampu yang dapat dinyalakan dan suasana yang relatif tenang 26. 4 Produk tambahan augmented product, Pada tingkat keempat pemasar menyiapkan produk tambahan. yang melebihi harapan konsumen 27 Misalnya sejumlah hotel. papan atas di Malaysia menawarkan paket liburan dan bedah. termasuk jasa pemeriksaan medis lengkap untuk menarik warga. asing yang mencari pengobatan ke luar negeri 28, 5 Produk potensial potential product. Yaitu yang mencakup semua kemungkinan tambahan dan. transformasi yang mungkin dialami sebuah produk atau penawaran. di masa depan 29, Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller Manajemen Pemasaran terj Bob Sabran Indeks.
Jakarta Edisi Ketiga Belas Jilid 2 2009 hlm 4, Philip Kotler dkk Manajemen Pemasaran Sudut Pandang Asia terj Isa Zein Indeks. Jakarta Edisi Ketiga Jilid 2 2005 hlm 84, Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller Op Cit hlm 4. c Klasifikasi Produk, Produk dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yaitu 30. 1 Daya tahan dan keterlihatan, Produk dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok. berdasarkan daya tahan keterlihatannya antara lain sebagai. berikut 31, a Barang barang cepat habis non durable goods merupakan.
barang yang terlihat yang biasanya dikonsumsi karena satu. manfaat atau lebih seperti bir dan sabun Karena barang barang. ini cepat habis dan sering dibeli strategi yang tepat adalah. membuat barang barang ini tersedia di banyak tempat dengan. harga yang bermarjin keuntungan tipis dan menggencarkan. iklan agar calon konsumen mencoba dan membentuk pilihan. atau preferensi konsumen, b Barang barang tahan lama durable goods adalah barang yang. terlihat yang memiliki banyak kegunaan contohnya lemari es. perkakas listrik dan pakaian Produk tahan lama biasanya. membutuhkan lebih banyak penjualan dan layanan personal dan. memiliki marjin keuntungan yang tinggi dan biasanya memiliki. jaminan penjual, c Jasa service adalah produk yang tak terlihat tak terpisahkan. beragam dan cepat ditinggalkan Akibatnya produk ini. biasanya membutuhkan pengawasan mutu kredibilitas penyedia. jasa dan kemampuan beradaptasi yang tinggi Contohnya antara. lain jasa potong rambut dan jasa reparasi, 2 Produk konsumen. Produk konsumen consumer product adalah produk yang. dibeli oleh konsumen akhir untuk konsumsi pribadi Pemasar. biasanya menggolongkan produk dan jasa ini lebih jauh. Indriyo Gitosudarmo Manajemen Pemasaran BPFE Yogyakarta 1984 hlm 182. Philip Kotler dkk Op Cit hlm 87, berdasarkan bagaimana cara konsumen membelinya produk. konsumen meliputi 32, a Produk kebutuhan sehari hari convenience product adalah.
produk dan jasa yang biasanya sering dibeli oleh pelanggan. dengan usaha pembandingan dan pembelian yang minimum. Contohnya sabun permen surat kabar dan makanan cepat saji. Produk kebutuhan sehari hari biasanya murah dan pemasar. menempatkannya di banyak tempat agar produk itu tersedia. ketika pelanggan memerlukannya, b Produk belanja shopping product adalah produk dan jasa. konsumen yang lebih jarang dibeli dan pelanggan, membandingkan kecocokan kualitas harga dan gaya produk. secara cermat Contoh produk belanja meliputi perabot pakaian. mobil bekas peralatan rumah tangga utama dan jasa hotel serta. maskapai penerbangan Pemasar produk belanja biasanya. Harga a Pengertian Harga Harga adalah jumlah uang kemungkinan ditambah beberapa barang yang dibutuhkan untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya 1 Menurut Kotler dalam jurnal Indah Dwi Kurniasih harga merupakan faktor penting bagi konsumen sebagai bahan pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk atau jasa 2 Menurut Philip Kotler dan A B

Related Books

Powering change through regulatory reform in Saudi Arabia

Powering change through regulatory reform in Saudi Arabia

The Saudi pharmaceutical market has grown by almost 5 compound annual growth rate CAGR to reach US 8 2 billion in 2018 and is expected to grow at a 5 CAGR to reach US 10 billion by 2025 This growth is partly driven by the country s biologics amp biosimilars market which has enjoyed a growth rate of 17 Also with its high consumption rate sterile injectables will generate

PHARMACEUTICAL COUNTRY PROFILE

PHARMACEUTICAL COUNTRY PROFILE

Saudi Arabia Pharmaceutical Country Profile Published by the Saudi Food and Drug Authority in collaboration with the World Health Organization 2012 Any part of this document may be freely reviewed quoted reproduced or translated in full or in part provided that the source is acknowledged It may not be sold or used in conjunction with commercial purposes or for profit Users of this

Saudi Arabian pharmaceuticals Roland Berger

Saudi Arabian pharmaceuticals Roland Berger

6 Saudi Arabian pharmaceuticals in this context Saudi Arabia offers significant potential Underlying the interest of big pharma in the Kingdom is a strong consumer preference for branded drugs Today branded pharmaceutical products account for around 80 of the total pharmaceutical sales in Saudi Arabia

Radio frequency sensing from space ITU

Radio frequency sensing from space ITU

Radio frequency sensing from space Edoardo Marelli ITU R Seminar Manta Ecuador 20 9 2012 Slide 18 ESA UNCLASSIFIED For Official Use Protecting the active RF space sensors The active sensors read the echo of their own signal This allows some filtering of signals from other similar sources e g terrestrial radars in the radiolocation service But in those bands shared with

Rethinking Health Plan Business Models for the Emerging On

Rethinking Health Plan Business Models for the Emerging On

Emerging On Demand Digital Economy Even as on demand healthcare platforms disrupt the industry they create possibilities for new value propositions partnerships and business models that will further reshape the cost and delivery of care February 2020 2 Rethinking Health Plan Business Models for the Emerging On Demand Digital Economy Digital Business Executive Summary We live in an on

Monnit ALTA 4G LTE International Gateway User Guide

Monnit ALTA 4G LTE International Gateway User Guide

Monnit ALTA 4G LTE International Gateway User Guide IMPORTANT For best results please wait to power on your LTE International Gateway until after you have registered an account on iMonnit and added your gateway and sensors to the online system by PAGE II Table of Contents I ABOUT THE LTE INTERNATIONAL GATEWAY 1 ALTA LTE INTERNATIONAL GATEWAY FEATURES 1 EXAMPLE APPLICATIONS 1 II HOW YOUR

Insurance 2020 Turning change into opportunity

Insurance 2020 Turning change into opportunity

2 PwC Insurance 2020 Turning change into opportunity January 2012 We have explored the five STEEP drivers to identify 32 factors that we believe will have an impact on the insurance industry see Figure 2 STEEP factors have an impact on all sectors of insurance personal commercial and individual life annuities and retirement but not all changes will affect insurers positively

User Guide Microsoft

User Guide Microsoft

User Guide IMPORTANT For best results please wait to power on your Ethernet Gateway 4 until after you have registered an account on iMonnit and added your gateway and sensors to the online system by Table of Contents I ABOUT THE ETHERNET GATEWAY 4 1 ALTA ETHERNET GATEWAY 4 FEATURES 1 EXAMPLE APPLICATIONS 1 II HOW YOUR GATEWAY WORKS 2 III GATEWAY SECURITY 3 SENSOR COMMUNICATION SECURITY

Plan to Attend REMOTE SENSING SPIE Homepage

Plan to Attend REMOTE SENSING SPIE Homepage

Plan to Attend 2017 Conf 10423 Sensors Systems and Next Generation Satellites Neeck Kimura B zy 22 Conf 10424 Remote Sensing of Clouds and the Atmosphere Kassianov Schafer Comeron 25 Conf 10425 Optics in Atmospheric Propagation and Adaptive Systems Stein Gladysz 28 Conf 10426 Active and Passive Microwave Remote Sensing for Environmental Monitoring

Soil Moisture Active Passive In Situ Sensor Testbed

Soil Moisture Active Passive In Situ Sensor Testbed

Soil Moisture Active Passive In Situ Sensor Testbed Experiment Plan ver 4 1 2010

It app for iOS User Guide Atomate

It app for iOS User Guide Atomate

Icons for active sensors Local signal strength Battery level Location Last Seen is the time the Atom last communicated with the app If the Atom is too far to communicate with the app you will see a Not in Range message You can tap Atoms to view graphs and sensor data If you see an Atom with a red Device Deactivated message the