Bab 1 Pendahuluan 1 1 Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak-Books Pdf

BAB 1 PENDAHULUAN 1 1 Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
19 Dec 2019 | 43 views | 0 downloads | 64 Pages | 460.11 KB

Share Pdf : Bab 1 Pendahuluan 1 1 Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Download and Preview : Bab 1 Pendahuluan 1 1 Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Report CopyRight/DMCA Form For : Bab 1 Pendahuluan 1 1 Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak



Transcription

o Mengurutkan transformasi masalah menjadi solusi yang dapat bekerja. dengan baik, o Urutan pemeliharaan perangkat lunak tersebut sampai tidak dapat. digunakan lagi Alan M Davis, Proses RPL dimulai jauh sebelum Coding dilakukan dan berlanjut terus setelah versi. awal dari program selesai dikerjakan, Tujuan dari RPL adalah. a Menghasilkan sebuah perangkat lunak yang berkualitas Yang dimaksud dengan. berkualitas dapat dilihat dari tiga sisi sisi sponsor individu atau organisasi yang telah. mengeluarkan biaya dalam pembangunan perangkat lunak sisi pemakai siapapun. yang menggunakan perangkat lunak tersebut sisi maintainer modifier yang. memelihara dan memodifikasi perangkat lunak tersebut Untuk lebih jelasnya lihat. gambar 1 1, Sisi Sponsor, Tujuan utama sponsor adalah menghasilkan dan atau menghemat uang Sponsor ingin. menggunakan perangkat lunak tersebut untuk meningkatkan produktivitas organisasi. Sponsor mengharapkan untuk dapat menghasilkan sebuah layanan dengan biaya yang. rendah tetapi masuk akal Karena itu sistem yang dibuat harus handal fleksibel dan. efisien Selain itu biaya dari pemeliharaan modifikasi dan peningkatan dari sistem. tersebut harus serendah mungkin, Sisi Pemakai, Bagi pemakai perangkat lunak adalah alat untuk membantu menyelesaikan tugas.
tugasnya Karena itu perangkat lunak harus menyediakan fungsi fungsi yang. dibutuhkan oleh pemakai Perangkat lunak juga harus handal dan efisien perangkat. lunak harus dapat menghasilkan output yang konsisten Selain itu pemakai harus. merasa perangkat lunak yang dibuat mudah untuk dipelajari mudah digunakan dan. mudah untuk diingat, Sisi Maintainer modifier, Yang diinginkan oleh maintainer modifier adalah perangkat lunak tersebut memiliki. sangat sedikit error pada saat penginstallan pertama catatan sangat kecil. kemungkinannya untuk menghasilkan perangkat lunak yang 100 bebas dari bug. Selain itu perangkat lunak tersebut harus terdokumentasi dengan baik Source code. juga harus mudah dibaca terstruktur dan dirancang dengan baik dan bersifat modular. b Tujuan kedua dari RPL adalah menghasilkan perangkat lunak dengan biaya yang. c Sedangkan tujuan ketiga dari RPL adalah menghasilkan perangkat lunak tepat pada. Modul Rekayasa Perangkat Lunak Halaman 2 dari 64, Gambar 1 1 Paremeter Perangkat Lunak Yang Berkualitas Berdasarkan Sudut Pandang. Rekayasa perangkat lunak merupakan suatu teknologi berlapis yaitu proses prosedur. metode dan perangkat dengan fokus kualitas sebagai dasar utamanya. Mengapa Rekayasa Perangkat Lunak, Adanya krisis perangkat lunak NATO conference 1968. Perangkat lunak lebih banyak menyebabkan masalah daripada menyelesaikannya. Peningkatan ukuran perangkat lunak tanpa pengorganisasian. Perbaikan suatu kesalahan menyebabkan timbulnya kesalahan lainnya. Tidak ada kendali pemeliharaan, Masalah masalah perangkat lunak. Perangkat lunak telah diselesaikan dan diserahkan delivered tetapi tidak pernah. digunakan 47, Pemakai user sudah membayar untuk perangkat lunak tetapi tidak pernah jadi dan.
diserahkan 29 7, Perangkat lunak digunakan setelah dilakukan modifikasi 3. Perangkat lunak digunakan sebagaimana mestinya 2, Selain itu faktor pendukung kehadiran rekayasa perangkat lunak adalah. Ketidak mampuan untuk memprediksi waktu usaha dan biaya pada pengembangan. perangkat lunak, Kualitas perangkat lunak yang kurang baik. Modul Rekayasa Perangkat Lunak Halaman 3 dari 64, Perubahan perbandingan rasio harga perangkat keras dan perangkat lunak. Kemajuan teknologi perangkat keras, Kemajuan teknik perangkat lunak.
Kebutuhan yang meningkat terhadap perangkat lunak, Kebutuhan akan perangkat lunak yang lebih besar dan kompleks. 1 2 Pengertian Perangkat Lunak, Jenis jenis Perangkat Lunak. Dilihat dari sudut pandang fungsinya perangkat lunak dapat dikelompokkan menjadi. 1 Perangkat lunak sistem, Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk operasional. sistem operasi, penerjemah bahasa pemrograman compiler interpreter. 2 Perangkat lunak aplikasi, Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk membantu.
menyelesaikan masalalah masalah yang dihadapi oleh pemakai. program paket yang sudah jadi, program aplikasi buatan sendiri. Sedangkan dilihat dari aplikasinya perangkat lunak dibedakan menjadi. 1 Perangkat Lunak Sistem Sistem Software, Sekumpulan program yang ditulis untuk kepentingan program lain contoh editor. driver dan lain lain, 2 Perangkat Lunak Waktu Nyata Real Time Software. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengukur menganalisis atau mengontrol. proses pemasukan data dari lingkungan luar sampai menghasilkan laporan yang. diinginkan, 3 Perangkat Lunak Bisnis Business Software. Perangkat lunak yang memberikan fasilitas operasi untuk bisnis atau fasilitas. pengambilan keputusan manajemen contoh sistem akuntansi inventory payroll dan. 4 Perangat Lunak Rekayasa dan Sains Engineering and Scientific Software. Perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan. Perangkat lunak jenis ini biasanya berhubungan dengan komputasi data numerik. CAD Computer Aided Design simulasi sistem dan lain lain. 5 Embedded Software, Perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol suatu produk dan sistem dimana.
perangkat lunak tersebut disimpan Biasanya ditempatkan di ROM contoh Tombol. di Microwave Oven, 6 Perangkat Lunak Komputer Pribadi Personal Computer Software. Banyak digunakan pada aplikasi yang bersifat perorangan contohnya pengolah. kata spreadsheet game DBMS dan lain lain, 7 Perangkat Lunak Intelegensia Buatan Artificial Intelligent Software. Modul Rekayasa Perangkat Lunak Halaman 4 dari 64, Dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non numerik untuk memecahkan. masalah yang kompleks digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan. contohnya game expert sistem neural network Turbo Prolog dan lain lain. 1 3 Mitos Perangkat Lunak, Berkaitan dengan Manajemen. Biasanya muncul pada manajer yang bertanggung jawab terhadap perangkat lunak. Mereka biasanya ditekan untuk menjaga budget jadwal harus selalu terpenuhi dan harus. meningkatkan kualitas Mitos tersebut antara lain, Mitos Kita sudah punya buku yang berisi standard dan prosedur yang banyak untuk.
pengembangan perangkat lunak Bukankah hal ini sudah cukup untuk mencari semua. yang ingin diketahui, Kenyataan Buku buku itu memang lengkap tapi apakah digunakan Apakah praktisi. perangkat lunak sadar dengan keberadaannya Apakah cocok dengan pengembangan. yang modern Apakah benar benar lengkap Pada banyak kasus jawabannya adalah. Mitos Staff Kami mempunyai alat Bantu pengembangan yang canggih bahkan. dibelikan komputer generasi terbaru, Kenyataan Masalah pengembangan perangkat lunak yang berkualitas lebih penting. dari sekedar komputer yang terbaru CASE Computer Aided Software Engineering. tools lebih penting daripada perangkat keras untuk mendapatkan kualitas dan. produktifitas yang baik tapi banyak pengembang perangkat lunak yang tidak. menyadarinya, Mitos Jika Kita dikejar jadwal tambah programmer untuk mengejarnya. Kenyataan Membuat perangkat lunak bukan proses mekanis seperti industri. manufaktur Jika kita menambah orang pada proyek yang terlambat itu justru akan lebih. Berkaitan dengan Klien, Konsumen sering mempercayai mitos karena pembuat perangkat lunak kurang berusaha. untuk membetulkan misinformasi ini, Mitos Sebuah kalimat umum yang menyatakan objektif sudah cukup untuk memulai.
menulis program Kita bias perinci lagi nanti, Kenyataan Definisi yang tidak jelas justru akan menggagalkan usaha pengembangan. perangkat lunak Justru diperlukan deskripsi formal dan detil dari domain informasi. fungsi performansi antarmuka batasan desain dan kriteria validasi Karakteristik ini. hanya bias didapat melalui komunikasi total antara pelanggan dan pengembang. Mitos Kebutuhan proyek akan terus berubah tapi perubahan ini akan dapat ditanggapi. dengan mudah karena perangkat lunak itu bersifat fleksibel. Kenyataan memang betul kebutuhan perangkat lunak akan berubah namun. dampaknya tergantung pada waktu pemunculannya Jika muncul pada tahap definisi. pengaruhnya tidak banyak lebih kebelakang dampaknya akan lebih besar. Modul Rekayasa Perangkat Lunak Halaman 5 dari 64, Berkaitan dengan Pengembang. Mitos Setelah program selesai ditulis dan dapat dijalankan maka tugas sudah selesai. Kenyataan Ada yang mengatakan bahwa Lebih cepat program dibuat maka lebih. lama selesainya Dari data industri 50 70 dari usaha pada pembuatan program akan. bertambah lagi setelah program dilihat untuk pertama kalinya oleh pelanggan. Mitos Selama program belum berjalan sulit untuk mengetahui kualitasnya. Kenyataan Software review adalah cara efektif untuk mencari Software defect. daripada tahap pengujian, Mitos Faktor penentu suksesnya proyek adalah program yang dapat berjalan. Kenyataan Program hanyalah salah satu komponen dari perangkat lunak. Dokumentasi penting sebagai dasar pengembangan yang sukses serta sebagai penunjuk. untuk pemeliharaan perangkat lunak, Modul Rekayasa Perangkat Lunak Halaman 6 dari 64. METODOLOGI PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK, 2 1 Latar Belakang.
Pada pertengahan tahun 60 sampai 70 an banyak dikembangkan sistem sistem. perangkat lunak yang besar Sistem sistem yang dikembangkan ini banyak yang dipandang. tidak efisien kurang berhasil bahkan banyak yang gagal Kegagalan ini disebabkan karena. tidak tersedianya teknik pengembangan perangkat lunak yang baik Pada awal tahun 70 an. mulai muncul metodologi metodologi pengembangan perangkat lunak yang cukup baik. Pengembangan perangkat lunak dapat diartikan sebagai proses membuat suatu. perangkat lunak baru untuk menggantikan perangkat lunak lama secara keseluruhan atau. memperbaiki perangkat lunak yang telah ada Agar lebih cepat dan tepat dalam. mendeskripsikan solusi dan mengembangkan perangkat lunak juga hasilnya mudah. dikembangkan dan dipelihara maka pengembangan perangkat lunak memerlukan suatu. metodologi khusus Metodologi pengembangan perangkat lunak adalah suatu proses. pengorganisasian kumpulan metode dan konvensi notasi yang telah didefinisikan untuk. mengembangkan perangkat lunak Secara prinsip bertujuan untuk membantu menghasilkan. perangkat lunak yang berkualitas Penggunaan suatu metodologi sesuai dengan persoalan. yang akan dipecahkan dan memenuhi kebutuhan pengguna akan menghasilkan suatu produk. perekayasaan yang berkualitas dan terpelihara serta dapat menghindari masalah masalah yang. sering terjadi seperti estimasi penjadwalan dan biaya perangkat lunak yang tidak sesuai. dengan keinginan pengguna dan sebagainya, Metodologi pengembangan perangkat lunak atau disebut juga model proses atau. paradigma rekayasa perangkat lunak adalah suatu strategi pengembangan yang memadukan. proses metode dan perangkat tools, Menurut Pressman 1997 Komponen metodologi pengembangan perangkat lunak. dapat dibagi dalam tiga unit yaitu, 1 Metode yaitu suatu cara atau teknik pendekatan yang sistematik yang dipergunakan untuk. mengembangkan perangkat lunak Metode ini mencakup Perencanaan proyek dan. perkiraan analisis keperluan sistem dan perangkat lunak perancangan struktur data. arsitektur program prosedur algoritma Coding uji coba dan pemeliharaan. 2 Alat bantu Tools yaitu alat alat manual atau otomatis yang mendukung pengembangan. perangkat lunak Terdapat 2 alat Bantu yang dapat digunakan yaitu alat Bantu manual. dan alat Bantu otomatis, 3 Prosedur yang dipergunakan untuk mendefinisikan urut urutan pekerjaan daur dari. metode dan alat bantu tersebut, Secara umum daur hidup pengembangan perangkat lunak meliputi tahapan tahapan.
atau aktivitas pengembangan yang terdiri dari tahap analisis tahap perancangan tahap. implementasi serta tahap pengujian dan perawatan perangkat lunak Tahap analisis dan. perancangan merupakan tahapan awal yang penting dalam suatu paradigma pemgembangan. perangkat lunak karena sangat mempengaruhi tahapan selanjutnya Sehingga jika terjadi. kesalahan pada tahap analisis dan perancangan maka akan terdapat juga kesalahan pada tahap. implementasi dan tahapan tahapan selanjutnya Tahap implementasi perangkat lunak. bertujuan untuk menerapkan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak ke dalam bahasa. pemrograman tertentu Tahap pengujian perangkat lunak dilakukan untuk menemukan. kesalahan bug yang mungkin terdapat di dalam sebuah perangkat lunak Sedangkan tahap. perawatan perangkat lunak fokusnya adalah pengubahan Ada tiga pengubahan yaitu. pembetulan adaptasi perbaikan terhadap lingkungan dan perluasan penambahan karena. permintaan pemakai, Modul Rekayasa Perangkat Lunak Halaman 7 dari 64. 2 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak, Proses pengembangan perangkat lunak adalah suatu proses dimana kebutuhan pemakai. diterjemahkan menjadi produk perangkat lunak Proses ini mencakup aktivitas penerjemahan. kebutuhan pemakai menjadi kebutuhan perangkat lunak transformasi kebutuhan perangkat. lunak menjadi desain penerapan desain menjadi kode program uji coba kode program dan. instalasi serta pemeriksaan kebenaran perangkat lunak untuk operasional IEEE 1990. Berdasarkan pengertian tersebut secara umum dapat dikatakan bahwa proses pengembangan. perangkat lunak mengikuti tahap tahap, 1 Menentukan APA yang harus dikerjakan oleh perangkat lunak dalam satu rentang. waktu tertentu, 2 Mendefinisikan BAGAIMANA perangkat lunak dibuat mencakup arsitektur. perangkat lunaknya antar muka internal algoritma dan sebagainya. Gambar 1 1 Paremeter Perangkat Lunak Yang Berkualitas Berdasarkan Sudut Pandang Rekayasa perangkat lunak merupakan suatu teknologi berlapis yaitu proses prosedur

Related Books

Food and Agricultural Sciences National Needs Graduate and

Food and Agricultural Sciences National Needs Graduate and

Food and Agricultural Sciences National Needs Graduate and Postgraduate Fellowship NNF Grants Program Fiscal Year FY 2020 Request for Applications RFA APPLICATION DEADLINE June 22 2020 LETTER OF INTENT Not Required AWARD AMOUNT 6 200 000 CATALOG OF FEDERAL DOMESTIC ASSISTANCE NUMBER 10 210 ELIGIBILITY See Part III A of RFA 2 NATIONAL INSTITUTE OF FOOD AND

NIFA New Entry Sustainable Farming Project

NIFA New Entry Sustainable Farming Project

NIFA GRANTS GOV APPLICATION GUIDE National Institute of Food and Agriculture A Guide for Preparation and Submission of NIFA Applications via Grants gov National Institute of Food and Agriculture USDA Grants Gov Application Guide A Guide for Preparation and Submission of NIFA Application via Grants gov August 15 2018 Summary of Recent Changes to the Guide Summary of Recent Changes Change

NIFA nesfp org

NIFA nesfp org

NIFA replaced the former Cooperative State Research Education and Extension Service CSREES which had been in existence since 1994 2 Purpose and Scope This instruction document will help you prepare and submit applications to NIFA via Grants gov Where appropriate relevant sections of the Grants gov User Guide have been incorporated by reference 3 Intended Audience Any individuals

Integrated Research Education and Extension Competitive

Integrated Research Education and Extension Competitive

EXECUTIVE SUMMARY NIFA requests applications for the Integrated Research Education and Extension Competitive Grants Program Organic Transitions ORG for two funding cycles fiscal years FY 2019 or 2020 to solve critical organic agriculture issues priorities or problems Applicants considering applying to the second year should

NIFA Agency Update

NIFA Agency Update

NIFA initially provided information that indirect costs for the overall award were limited to the lesser of the prime s negotiated rate or the maximum of 30 of TFFA UPDATE when the prime awardee s negotiated rate is less than the maximum allowed 30 of TFFA subrecipients have the opportunity to receive indirect costs 10 Indirect Costs continued Prime Lesser of negotiated

You Need to Know Rainmakerz

You Need to Know Rainmakerz

5 Shipley Capture Guide Third Edition Shipley Associates Larry Newman 2011 6 Shipley Proposal Guide Fourth Edition Shipley Associates Larry Newman 2011 7 The Beginnings of STOP Storyboarding and the Modular Proposal APMP Proposal Management Journal Fall 2000 Walter Starkey 8

Capture Management

Capture Management

The brew is The 6 C s of Capture Capture Management isn trocketscience It s notmagic Credibility Champion Compelling Capability

Executive Summaries shipleynordic com

Executive Summaries shipleynordic com

Executive Summaries are the most important pages in a proposal They set the tone for individual They set the tone for individual evaluators and are often the only pages read by the decision makers

A Guide to Winning Proposal Methodologies Bid Solutions

A Guide to Winning Proposal Methodologies Bid Solutions

introductory guide the follow up to our Guide to Winning Proposal Writing we will look at the basic proposal processes that every business that regularly responds to RFPs should consider implementing Our foundation is the Shipley process which you can read more about at here and we also recommend following the Association of Proposal Management Professionals APMP best practice which you

Strategy Shipley Associates

Strategy Shipley Associates

proposal strategy is a subset of the capture strategy The message is the same only the tactical aspects of implementation differ Shipley Associates Capture Guide 5 Identify the economic buyer the users and the technical buyers then list their issues Economic buyers are the individuals who give final approval to purchase They sign the check and retain veto power Economic buyers

The Capture Manager Playbook Shipley Associates

The Capture Manager Playbook Shipley Associates

Assist proposal writers managers in organizing the proposal team Collaborate on proposal planning development help craft the sales message Ensure price management and technical volumes are consistent Respond to customer questions Assist leadership in customer negotiations Keep leadership well informed