Asam Amino Gerak Dan Perubahan Rifqisixa-Books Pdf

ASAM AMINO GERAK DAN PERUBAHAN rifqisixa
17 Feb 2020 | 19 views | 0 downloads | 29 Pages | 1.27 MB

Share Pdf : Asam Amino Gerak Dan Perubahan Rifqisixa

Download and Preview : Asam Amino Gerak Dan Perubahan Rifqisixa


Report CopyRight/DMCA Form For : Asam Amino Gerak Dan Perubahan Rifqisixa



Transcription

ASAM AMINO,A Pengertian Asam amino, Asam amino adalah sembarang senyawa organik yang memiliki gugus. fungsional karboksil COOH dan amina biasanya NH2 Dalam biokimia. seringkali pengertiannya dipersempit keduanya terikat pada satu atom karbon C. yang sama disebut atom C alfa atau Gugus karboksil memberikan sifat asam. dan gugus amina memberikan sifat basa Dalam bentuk larutan asam amino bersifat. amfoterik cenderung menjadi asam pada larutan basa dan menjadi basa pada larutan. asam Perilaku ini terjadi karena asam amino mampu menjadi zwitter ion Asam. amino termasuk golongan senyawa yang paling banyak dipelajari karena salah satu. fungsinya sangat penting dalam organisme yaitu sebagai penyusun protein. B Struktur asam amino, Struktur asam amino secara umum adalah satu atom C yang mengikat. empat gugus gugus amina NH2 gugus karboksil COOH atom hidrogen H dan. satu gugus sisa R dari residue atau disebut juga gugus atau rantai samping yang. membedakan satu asam amino dengan asam amino lainnya. Struktur asam amino dengan gugus amina di sebelah kiri dan. gugus karboksil di sebelah kanan, Atom C pusat tersebut dinamai atom C C alfa sesuai dengan. penamaan senyawa bergugus karboksil yaitu atom C yang berikatan langsung dengan. gugus karboksil Oleh karena gugus amina juga terikat pada atom C ini senyawa. tersebut merupakan asam amino, Asam amino biasanya diklasifikasikan berdasarkan sifat kimia rantai. samping tersebut menjadi empat kelompok Rantai samping dapat membuat asam. amino bersifat asam lemah basa lemah hidrofilik jika polar dan hidrofobik jika. UNIVERSITAS WIRARAJA,SUMENEP Page 2,C Isomerisme pada asam amino.
Dua model molekul isomer optis asam amino alanina, Karena atom C pusat mengikat empat gugus yang berbeda maka asam. amino kecuali glisina memiliki isomer optik L dan D Cara sederhana untuk. mengidentifikasi isomeri ini dari gambaran dua dimensi adalah dengan mendorong. atom H ke belakang pembaca menjauhi pembaca Jika searah putaran jarum jam. putaran ke kanan terjadi urutan karboksil residu amina maka ini adalah tipe D Jika. urutan ini terjadi dengan arah putaran berlawanan jarum jam maka itu adalah tipe L. Aturan ini dikenal dalam bahasa Inggris dengan nama CLRN dari singkatan COOH. Pada umumnya asam amino alami yang dihasilkan eukariota merupakan. tipe L meskipun beberapa siput laut menghasilkan tipe D Dinding sel bakteri banyak. mengandung asam amino tipe D,D Polimerisasi asam amino. Protein merupakan polimer yang tersusun dari asam amino sebagai. monomernya Monomer monomer ini tersambung dengan ikatan peptida yang. mengikat gugus karboksil milik satu monomer dengan gugus amina milik monomer. di sebelahnya Reaksi penyambungan ini disebut translasi secara alami terjadi di. sitoplasma dengan bantuan ribosom dan tRNA, Pada polimerisasi asam amino gugus OH yang merupakan bagian gugus. karboksil satu asam amino dan gugus H yang merupakan bagian gugus amina asam. amino lainnya akan terlepas dan membentuk air Oleh sebab itu reaksi ini termasuk. dalam reaksi dehidrasi Molekul asam amino yang telah melepaskan molekul air. dikatakan disebut dalam bentuk residu asam amino,UNIVERSITAS WIRARAJA. SUMENEP Page 3, Reaksi kondensasi dua asam amino membentuk ikatan peptida.
E Zwitter ion, Asam amino dalam bentuk tidak terion kiri dan dalam bentuk zwitter ion. Karena asam amino memiliki gugus aktif amina dan karboksil sekaligus. zat ini dapat dianggap sebagai sekaligus asam dan basa walaupun pH alaminya. biasanya dipengaruhi oleh gugus R yang dimiliki Pada pH tertentu yang disebut titik. isolistrik gugus amina pada asam amino menjadi bermuatan positif terprotonasi. NH3 sedangkan gugus karboksilnya menjadi bermuatan negatif terdeprotonasi. COO Titik isolistrik ini spesifik bergantung pada jenis asam aminonya Dalam. keadaan demikian asam amino tersebut dikatakan berbentuk zwitter ion Zwitter ion. dapat diekstrak dari larutan asam amino sebagai struktur kristal putih yang bertitik. lebur tinggi karena sifat dipolarnya Kebanyakan asam amino bebas berada dalam. bentuk zwitter ion pada pH netral maupun pH fisiologis yang dekat netral. F Asam amino dasar standar, Protein tersusun dari berbagai asam amino yang masing masing. dihubungkan dengan ikatan peptida Meskipun demikian pada awal pembentukannya. protein hanya tersusun dari 20 asam amino yang dikenal sebagai asam amino dasar. atau asam amino baku atau asam amino penyusun protein proteinogenik. Asam asam amino inilah yang disandi oleh DNA RNA sebagai kode genetik. Berikut adalah ke 20 asam amino penyusun protein singkatan dalam. kurung menunjukkan singkatan tiga huruf dan satu huruf yang sering digunakan. dalam kajian protein dikelompokkan menurut sifat atau struktur kimiawinya. UNIVERSITAS WIRARAJA,SUMENEP Page 4,a Asam amino alifatik sederhana. 1 Glisina Gly G, Glisina Gly G atau asam aminoetanoat adalah asam amino alami paling. sederhana Rumus kimianya C2H5NO2 Asam amino ini bagi manusia bukan. merupakan asam amino esensial karena tubuh manusia dapat mencukupi. kebutuhannya, Glisina merupakan satu satunya asam amino yang tidak memiliki isomer optik.
karena gugus residu yang terikat pada atom karbon alpha adalah atom. hidrogen sehingga terjadi simetri Jadi tidak ada L glisin atau D glisin. Glisina merupakan asam amino yang mudah menyesuaikan diri dengan. berbagai situasi karena strukturnya sederhana Sebagai misal glisina adalah. satu satunya asam amino internal pada heliks kolagen suatu protein. struktural Pada sejumlah protein penting tertentu misalnya sitokrom c. mioglobin dan hemoglobin glisina selalu berada pada posisi yang sama. sepanjang evolusi terkonservasi Penggantian glisina dengan asam amino. lain akan merusak struktur dan membuat protein tidak berfungsi dengan. Secara umum protein tidak banyak pengandung glisina Perkecualian ialah. pada kolagen yang dua per tiga dari keseluruhan asam aminonya adalah. Glisina merupakan asam amino nonesensial bagi manusia Tubuh manusia. memproduksi glisina dalam jumlah mencukupi Glisina berperan dalam sistem. saraf sebagai inhibitor neurotransmiter pada sistem saraf pusat CNS. Nama sistematik Asam 2 aminoetanoat,Singkatan Gly G. Kode genetik GGx x sembarang basa N,Rumus kimia C2H5NO2. Massa molekul 75 07g mol 1,Titik lebur 290 C,Massa jenis 1 607 g cm 3. Titik isoelektrik 5 97,Nomor CAS 56 40 6,SMILES NCC O O. UNIVERSITAS WIRARAJA,SUMENEP Page 5,2 Alanina Ala A.
Alanina Ala A atau asam 2 aminopropanoat merupakan salah satu. asam amino bukan esensial Bentuk yang umum di alam adalah L alanin. S alanin meskipun terdapat pula bentuk D alanin R alanin pada. dinding sel bakteri dan sejumlah antibiotika L alanin merupakan asam. amino proteinogenik yang paling banyak dipakai dalam protein setelah. leusin 7 8 dari struktur primer dari 1 150 contoh protein. Alanina biasanya dibuat melalui transfer satu gugus amina ke asam. piruvat Reaksi transaminasi bersifat reversibel dapat balik sehingga. alanina mudah dibuat dari piruvat dan berhubungan erat dengan jalur. metabolik utama seperti jalur glikolisis glukoneogenesis dan daur sitrat. Gugus metil pada alanina sangat tidak reaktif sehingga jarang terlibat. langsung dalam fungsi protein enzim Alanina dapat berperan dalam. pengenalan substrat atau spesifisitas khususnya dalam interaksi dengan. atom nonreaktif seperti karbon Dalam proses pembentukan glukosa dari. protein alanina berperan dalam daur alanina,Bahan pangan sumber alanina. Setiap bahan pangan yang kaya protein seperti daging ikan susu telur. dan kacang kacangan kaya akan alanina,Nama sistematik Asam S 2 aminopropanoat. Singkatan Ala A,Kode genetik GCx x sembarang basa N. Rumus kimia C3H7NO2,Massa molekul 89 1 g mol 1,Titik lebur 297 C. Massa jenis 1 401 g cm 3,Titik isoelektrik 6 0,UNIVERSITAS WIRARAJA.
SUMENEP Page 6,Nomor CAS 338 69 2 D 56 41 7 L,SMILES N C H C C O O. 3 Valina Val V, Valina adalah salah satu dari 20 asam amino penyusun protein yang. dikode oleh DNA Dalam ilmu gizi valina termasuk kelompok asam. amino esensial Namanya berasal dari nama tumbuhan valerian Valeriana. officinalis, Sifat valina dalam air adalah hidrofobik takut air karena ia tidak. bermuatan Pada penyakit anemia bulan sabit sel sel eritrosit tidak. berbentuk seperti pil tetapi seperti bulan sabit sickle cell anaemia valina. menggantikan posisi asam glutamat asam amino lain yang hidrofilik. suka air pada hemoglobin Akibatnya bentuk sel berubah dan. kehilangan kemampuan mengikat oksigen secara efektif. Valina diproduksi dengan menggunakan treonin sebagai bahan baku. Sumber pangan yang kaya akan valina mencakup produk produk. peternakan daging telur susu keju dan biji bijian yang mengandung. minyak misalnya kacang tanah wijen dan lentil,Nama sistematik Asam S 2 amino 3 metil butanoat. Singkatan Val V,Kode genetik GUx x sembarang basa N.
Rumus kimia C5H11NO2,Massa molekul 117 15 g mol 1,Titik lebur 315 C. Massa jenis 1 23 g cm 3,Titik isoelektrik 5 96,UNIVERSITAS WIRARAJA. SUMENEP Page 7,Nomor CAS 72 18 4,SMILES CC C C N C O O. 4 Leusina Leu L, Leusina merupakan asam amino yang paling umum dijumpai pada. protein Ia mutlak diperlukan dalam perkembangan anak anak dan dalam. kesetimbangan nitrogen bagi orang dewasa Ada dugaan bahwa leusina. berperan dalam menjaga perombakan dan pembentukan protein otot. Leusina tergolong asam amino esensial bagi manusia. Nama sistematik Asam S 2 amino 4 metil pentanoat,Singkatan Leu L.
Kode genetik CUx UUA UUG x sembarang basa N,Rumus kimia C6H13NO2. Massa molekul 131 18 g mol 1,Titik lebur 293 C,Massa jenis 1 165 g cm 3. Titik isoelektrik 5 98,Nomor CAS 61 90 5,SMILES CC C CC N COO. UNIVERSITAS WIRARAJA,SUMENEP Page 8,5 Isoleusina Ile I. Isoleusina adalah satu dari asam amino penyusun protein yang dikode. oleh DNA Rumus kimianya sama dengan leusin tetapi susunan atom. atomnya berbeda Ini berakibat pada sifat yang berbeda Isoleusina bersifat. hidrofobik tidak larut dalam air dan esensial bagi manusia. L isoleusina 2S 3S D isoleusina 2R 3R,L allo isoleusina 2S 3R D allo isoleusina 2R 3S.
Isoleusina, Nama sistematik Asam 2S 3S 2 amino 3 metilpentanoat. Singkatan Ile I,Kode genetik AUU AUC AUA,Rumus kimia C6H13NO2. Massa molekul 131 18 g mol 1,Titik lebur 284 C,Massa jenis g cm 3. Titik isoelektrik 6 02,Nomor CAS 73 32 5,SMILES CCC C C N C O O. UNIVERSITAS WIRARAJA,SUMENEP Page 9, Walaupun berdasarkan strukturnya ada empat kemungkinan stereoisomer.
seperti treonin isoleusina alam hanya tersedia dalam satu bentuk saja. lihat boks,b Asam amino hidroksi alifatik,1 Serina Ser S. Serina merupakan asam amino penyusun protein yang umum ditemukan pada. protein hewan Protein mamalia hanya memiliki L serin Serina bukan merupakan. asam amino esensial bagi manusia Namanya diambil dari bahasa Latin sericum. berarti sutera karena pertama kali diisolasi dari protein serat sutera pada tahun. 1865 Strukturnya diketahui pada tahun 1902,Biosintesis. Sintesis serina dan glisina berawal dari oksidasi 3 fosfogliserat 3 PGA yang. membentuk 3 fosfohidroksipiruvat dan NADH Reaksi transaminasi dengan asam. glutamat menghasilkan 3 fosfoserina dan glisina yang diikuti dengan dilepasnya. gugus fosfat,Fungsi biologi dan kesehatan, Serina penting bagi metabolisme karena terlibat dalam biosintesis senyawa. senyawa purina dan pirimidina sisteina triptofan pada bakteria dan sejumlah. besar metabolit lain, Sebagai penyusun enzim serina sering memainkan peran penting dalam fungsi. katalisator enzim Ia diketahui berada pada bagian aktif kimotripsin tripsin dan. banyak enzim lainnya Berbagai gas gas perangsang saraf dan senyawa aktif yang. dipakai pada insektisida bekerja melalui residu serina pada enzim asetilkolin. esterase sehingga melumpuhkan enzim itu sepenuhnya Akibatnya asetilkolina. suatu neurotransmiter yang seharusnya segera diuraikan oleh enzim itu segera. setelah bekerja malah menumpuk di sel dan mengakibatkan kekejangan dan. UNIVERSITAS WIRARAJA,SUMENEP Page 10, Sebagai penyusun protein non enzim rantai sampingnya dapat mengalami.
glikolisasi yang dapat menjelaskan gangguan akibat diabetes Serina juga. merupakan satu dari tiga asam amino yang biasanya terfosforilasi oleh enzim. kinase pada saat transduksi signal pada eukariota, Nama sistematik Asam S 2 amino 3 hidroksipropanoat. Singkatan Ser S,Kode genetik UCx AGU AGC x sembarang basa. Rumus kimia C3H7NO3,Massa molekul 105 09g mol 1,Titik lebur 228 C. Massa jenis 1 537g cm 3,Titik isoelektrik 5 68,Nomor CAS 56 45 1. SMILES OCC N C O O,2 Treonina Thr T, Treonina merupakan salah satu dari 20 asam amino penyusun protein Bagi.
manusia treonina bersifat esensial, Secara struktural treonina memiliki dua pusat perputaran sehingga ada empat. kemungkinan stereoisomer untuk treonina atau dua diastereomer bagi L. treonin Meskipun demikian nama L treonin hanya dipakai untuk satu. enantiomer asam 2S 3R 2 amino 3 hidroksibutanoat Diastereomer kedua. 2S 3S yang jarang muncul di alam dinamakan L allo treonin. Rantai samping treonina dapat mengalami glikolisasi dengan atom oksigen. Kehadiran enzim treonina kinase dapat menyebabkan fosforilasi pada. treonina menghasilkan fosfotreonina senyawa antara penting pada. biosintesis metabolit sekunder,UNIVERSITAS WIRARAJA. SUMENEP Page 11, Treonina banyak terkandung pada produk produk dari susu daging ikan dan. biji wijen, Nama sistematik Asam 2S 3R 2 amino 3 hidroksibutanoat. Singkatan Thr T,Kode genetik ACx x sembarang basa N.
Rumus kimia C4H9NO3,Massa molekul 119 12g mol 1,Titik lebur 256 C. Massa jenis g cm 3,Titik isoelektrik 5 60,Nomor CAS 72 19 5. SMILES CC O C N C O O,c Asam amino dikarboksilat asam. 1 Asam aspartat Asp D, Asam aspartat atau sering disebut aspartat saja karena terionisasi di dalam. sel merupakan satu dari 20 asam amino penyusun protein Asparagin. merupakan asam amino analognya karena terbentuk melalui aminasi aspartat. pada satu gugus hidroksilnya, Asam aspartat bersifat asam dan dapat digolongkan sebagan asam.
karboksilat Bagi mamalia aspartat tidaklah esensial Fungsinya diketahui. sebagai pembangkit neurotransmisi di otak dan saraf otot Diduga aspartat. berperan dalam daya tahan terhadap kepenatan Senyawa ini juga merupakan. produk dari daur urea dan terlibat dalam glukoneogenesis. Asam aspartat,Nama sistematik Asam 2S 2 aminobutandioat. Singkatan Asp D,Kode genetik GAU GAC,UNIVERSITAS WIRARAJA. SUMENEP Page 12,Rumus kimia C4H7NO4,Massa molekul 133 10g mol 1. Titik lebur 270 271 C,Massa jenis 1 23 g cm 3,Titik isoelektrik 2 77. Nomor CAS 56 84 8,SMILES L C C H C O O N C O O,D C C H C O O N C O O.
2 Asam glutamat Glu E, Asam glutamat termasuk asam amino yang bermuatan polar bersama sama. dengan asam aspartat Ini terlihat dari titik isoelektriknya yang rendah yang. menandakan ia sangat mudah menangkap elektron bersifat asam menurut. Asam glutamat dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia sehingga tidak. tergolong esensial Saat pertama kali diketemukan pada tahun 1970 asam. glutamat dan beberapa asam amino lainnya dianggap sebagai neurotoksin. ketika senyawa diberikan sebagai asupan melalui mulut kepada model hewan. yang belum dewasa Degenerasi neuron akut ditemukan pada area yang tidak. terlindungi oleh sawar darah otak terutama pada area nukleus arsuat pada. hipotalamus 1, Ion glutamat merangsang beberapa tipe saraf yang ada di lidah manusia Sifat. ini dimanfaatkan dalam industri penyedap Garam turunan dari asam glutamat. yang dikenal sebagai mononatrium glutamat dikenal juga sebagai. monosodium glutamat MSG vetsin atau micin sangat dikenal dalam dunia. boga Indonesia maupun Asia Timur lainnya sebagai penyedap masakan. Asam L glutamat,Nama sistematik Asam 2S 2 aminopentandioat. Singkatan Glu E,Kode genetik GAA GAG,UNIVERSITAS WIRARAJA. SUMENEP Page 13,Rumus kimia C5H9NO4,Massa molekul 147 13g mol 1.
Titik lebur 247 249 C,Massa jenis 1 538g cm 3,Titik isoelektrik 3 22. Nomor CAS 56 86 0,SMILES OC O CCC N C O O,1 Asparagina Asn N. Asparagina bahasa Inggris asparagine Asn Asx N B adalah analog dari. asam aspartat dengan penggantian gugus karboksil oleh gugus karboksamid. Asparagina bersifat netral tidak bermuatan dalam pelarut air. Asparagina, Nama sistematik Asam 2S 2 amino 3 karbamoil propanoat. Singkatan Asn N,Kode genetik AAU AAC,Rumus kimia C4H8N2O3. Massa molekul 132 12g mol 1,Titik lebur 235 C,Massa jenis g cm 3.
Titik isoelektrik 5 41,Nomor CAS 70 47 3,SMILES C C H C O O N C O N. UNIVERSITAS WIRARAJA,SUMENEP Page 14, Asparagina merupakan asam amino pertama yang berhasil diisolasi Namanya. diambil karena pertama kali diperoleh dari jus asparagus. Fungsi biologi, Asparagina diperlukan oleh sistem saraf untuk menjaga kesetimbangan dan. dalam transformasi asam amino Ia berperan pula dalam sintesis amonia. Daging segala macam sumber telur dan susu serta produk turunannya. kaya akan asparagina,2 Glutamina Gln Q, Glutamina adalah satu dari 20 asam amino yang memiliki kode pada kode. genetik standar Rantai sampingnya adalah suatu amida Glutamina dibuat. dengan mengganti rantai samping hidroksil asam glutamat dengan gugus. fungsional amina, Glutamina merupakan bagian penting dari asimilasi nitrogen yang.
berlangsung pada tumbuhan Amonia yang diserap tumbuhan atau hasil. reduksi nitrit diikat oleh asam glutamat menjadi glutamina dengan bantuan. enzim glutamin sintetase atau GS, Pada eukariota glutamina dianggap sebagai molekul penyimpan NH di. dalam otot dan transportasi antar organ bagi senyawa tersebut 1 Meskipun. kadar glutamina di dalam protein otot hanya sekitar 4 dibandingkan dengan. jumlah seluruh asam amino yang terkadung dalam protein tersebut otot dalam. mengandung lebih dari 40 glutamina dan plasma darah mengandung lebih. dari 20 Mamalia dapat mensintesis glutamina dalam berbagai jaringan. namun pada fase pertumbuhan atau pada saat sakit permintaan akan molekul. glutamina akan meningkat melebihi jumlah pasokannya sehingga pada saat. ini glutamina menjadi asam amino esensial,UNIVERSITAS WIRARAJA.


Related Books

Investigation of Separator Parameters in Kalina Cycle Systems

Investigation of Separator Parameters in Kalina Cycle Systems

K Deepak et al International Journal of Current Engineering and Technology, Special Issue-2 (Feb ...

GEORGIA BOARD OF DENTISTRY A Division of the Georgia ...

GEORGIA BOARD OF DENTISTRY A Division of the Georgia

NATIONAL BOARD SCORES: National Board Dental Examination Scores (NBDE) from the ADA Joint Commission on National Dental examinations (Part I and Part II examinations) are required. The ADA will no longer send results via mail. You may access your national board results online by going to

Thermodynamic Analysis of Kalina Cycle

Thermodynamic Analysis of Kalina Cycle

International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online): 2319-7064 Index Copernicus Value (2013): 6.14 | Impact Factor (2014): 5.611

Performance analysis of a Kalina cycle for a central ...

Performance analysis of a Kalina cycle for a central

1 Performance analysis of a Kalina cycle for a central receiver solar thermal power plant with direct steam generation . Anish Modi. 1, Fredrik Haglind

New Binary Geothermal Power System Kalina ENGL

New Binary Geothermal Power System Kalina ENGL

2 2. GEOTHERMAL POWER SYSTEMS UTILIZING KALINA CYCLES 2.1 Definitions Scientifically, the Kalina cycle is defined as a power cycle utilizing a mixture of at least two

REPORT TO THE HEARING OFFICER - San Diego

REPORT TO THE HEARING OFFICER San Diego

Environmental Review: The project was determined to be exempt pursuant to California Environmental Quality Act (CEQA) Guidelines Section 15303 (New Construction). This project is not pending an appeal of the environmental determination. The environmental exemption determination for this project was made on February 7, 2014, and the

THE KALINA CYCLE AND SIMILAR CYCLES FOR GEOTHERMAL POWER ...

THE KALINA CYCLE AND SIMILAR CYCLES FOR GEOTHERMAL POWER

c I G THE KALINA CYCLE AND SIMILAR CYCLES FOR GEOTHERMAL POWER PRODUCTION C. J. Bliem DE89 004875 Pub1 ished September 1988 EG&G Idaho, Inc. Idaho Falls, Idaho 83415

Request for Qualifications Final February 14, 2014

Request for Qualifications Final February 14 2014

Request for Qualifications Final February 14, 2014. New York State Department of Transportation I-390 Interchange Improvements Design-Build Project PIN No. 4390.59, Contract No. D900018 Request for Qualifications Final February 14, 2014 Note to Proposers: Differences between the Draft RFQ and the Final RFQ documents have been identified in the Final RFQ pdf documents. Brackets have been ...

Analysis and Optimization of Kalina cycle - Geothermal Library

Analysis and Optimization of Kalina cycle Geothermal Library

GRC Transactions, Vol. 37, 2013 755 Keywords Geothermal energy, Kalina, exergy, exergrtic, efficiency AbstrAct The Kalina power generation cycle is considered to be one

Gambaran Kanker Paru Karsinoma Bukan Sel Kecil dengan ...

Gambaran Kanker Paru Karsinoma Bukan Sel Kecil dengan

Kriteria inklusi adalah pasien kanker paru karsinoma bukan sel kecil dengan efusi pleura tahun kejadian 2008-2010 yang disahkan dengan patologi serta radiologi untuk efusi pleura. Hasil: Hasil penelitian berdasarkan jenis kelamin, frekuensi lebih tinggi pada laki-laki, rentang umur 23-92 tahun, dan median 57 tahun.