Anggaran Dasar Koperasi Karyawan Yamaha Indonesia-Books Pdf

ANGGARAN DASAR KOPERASI KARYAWAN YAMAHA INDONESIA
17 Feb 2020 | 19 views | 0 downloads | 19 Pages | 220.32 KB

Share Pdf : Anggaran Dasar Koperasi Karyawan Yamaha Indonesia

Download and Preview : Anggaran Dasar Koperasi Karyawan Yamaha Indonesia


Report CopyRight/DMCA Form For : Anggaran Dasar Koperasi Karyawan Yamaha Indonesia



Transcription

AKTA PERUBAHAN ANGGARAN DASAR,KOPERASI KARYAWAN YAMAHA INDONESIA. Rapat Anggota Tahunan Koperasi Karyawan Yamaha Indonesia untuk merubah. Anggaran Dasar yang diselenggarakan pada,Hari Jum at s d Sabtu. Tanggal 22 23 April 2011,Tempat Cisarua Bogor,Jumlah Anggota 915 Orang. Jumlah DPA 80 Orang,Jumlah Hadir 80 Orang, Rapat Anggota sah menurut ketentuan didalam Anggaran Dasar Koperasi Bab V. Pasal 8 dan suara bulat menyetujui perubahan penambahan Ban Pasal dengan. berpedoman pada Ketentuan Undang undang Nomor 25 tahun 1992 tentang. Perkoperasian dan Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 1995 sehingga. Anggaran Dasar ini berbunyi sebagai berikut,ANGGARAN DASAR.
NAMA TEMPAT KEDUDUKAN DAN JANGKA WAKTU, 1 Badan Usaha ini bernama KOPERASI KARYAWAN YAMAHA INDONESIA. dan selanjutnya dalam Anggaran Dasar ini disebut KOPERASI. 2 Koperasi berkedudukan di Jalan Rawa Gelam I No 5. Kelurahan Jatinegara,Kecamatan Cakung,Kotamadya Jakarta Timur. Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 3 Koperasi ini didirikan dalam jangka waktu tidak terbatas sesuai dengan. tujuannnya terhitung mulai disahkan sebagai Badan Hukum. LANDASAN AZAS DAN PRINSIP, 1 Koperasi berlandaskan Pancasila dan Undang undang Dasar 1945. 2 Koperasi berazaskan kekeluargaan,3 Koperasi melaksanakan prinsip sebagai berikut.
a Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka,b Pengeloaan dilakukan secara demokratis. c Pembagian Sisa Hasil Usaha dilakukan secara adil sebanding dengan. besarnya jasa usaha masing masing Anggota, d Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal. e Kemandirian,f Pendidikan perkoperasian,g Kerjasama antar koperasi. FUNGSI PERAN DAN USAHA, 1 Koperasi berfungsi untuk membangun dan mengembangkan potensi dan. kemampuan ekonomi anggota khususnya danmasyarakat pada umumnya. untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial. 2 Koperasi berperan, a Secara aktif dalam upaya mempertinggi kwalitas kehidupan manusia dan.
masyarakat, b Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan ketahanan. Perkonomian Nasional dan Koperasi sebagai sokogurunya. c Berusaha untuk memajukan dan mengembangkan perekonomian. Nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas azas. kekeluargaan dan demokrasi ekonomi, 3 Koperasi bertujuan mewujudkan kesejahteraan Anggota pada khususnya. dan masyarakat pada umumnya, 4 Untuk mencapai tujuannya maka koperasi menyelenggarakan usaha. sebagai berikut, a Menyelengarakan usaha simpan pinjam uang kepad Anggota. b Pemenuhan kebutuhan barang primer dan sekunder untuk Anggota. c Menyelenggarakan usaha jasa Cleaning Service Catring Fotocopy. Antar Jemput Karyawan dan Wartel,d Pemenuhan kebutuhan perumahan untuk Anggota.
e Mengusahakan kerjasama antar Koperasi dengan pihak lain. perusahaan Swasta BUMN BUMD dan Pemerintah dalam bidang. usaha permodalan yang saling menguntungkan,KEANGGOTAAN. 1 Anggota Koperasi adalah pemiik dan sekaligus pengguna jasa. 2 Keanggotaan Koperasi tidak dapat dipindahtangankan. 3 Yang dapat diterima menjadi Anggota Koperasi ini adalah Warga Negara. Indonesia yang memenuhi beberapa syarat sebagai berikut. a Mempunyai kemampuan penuh untuk melakukan tindakan hukum. dewasa tidak dalam perwalian dan sebagainya, b Bertempat tinggal di Propinsi DKI Jakarta dan sekitarnya. c Mata pencaharian Karyawan PT Yamaha Indonesia, d Telah menyatakan kesanggupan tertulis untuk melunasi Simpanan. Pokok dan Simpanan Wajib sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal. 33 ayat 1 dan ayat 3, e Telah menyetujui isi Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga dan. Peraturan peraturan Perkoperasian yang berlaku,4 Setiap Anggota mempunyai kewajiban.
a Mematuhi Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga dan Keputusan. keputusan Rapat Anggota, b Membayar Simpanan Pokok Simpanan Wajib dan Simpanan lainnya. yang diputuskan oleh Rapat Anggota, c Berpartisipasi dalam kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh. d Mengembangkan dan memelihara kebersamaan berdasarkan azas. kekeluargaan, e Menanggung kerugian sesuai dengan ketentuan Pasal 37. 5 Setiap Anggota mempunyai hak, a Menghadiri menyatakan pendapat dan memberikan suara dalam Rapat. b Memilih dan atau dipilih menjadi Anggota Pengurus dan Pengawas. c Meminta diadakan Rapat Anggota menurut ketentuan Pasal 11 ayat 2. d Mengemukakan pendapat dan saran kepada Pengurus di luar Rapat. Anggota baik diminta maupun tidak diminta, e Mendapatkan pelayanan yang sama antar sesama Anggota.
f Meminta keterangan mengenai perkembangan Koperasi. g Mendapatkan bagian Sisa Hasil Usaha sesuai dengan jasa usaha. masing masing anggota terhadap Koperasi, h Mendapatkan bagian sisa hasi penyelesaian pembubaran Koperasi. 6 Keanggotaan Koperasi mulai berlaku dan hanya dapat dibuktikan dengan. catatan dalam Buku Daftar Anggota, 7 Seseorang yang akan masuk menjadi Anggota Koperasi harus. a Mengajukan surat permohonan menjadi Anggota kepada Pengurus. b Bilamana Pengurus menolak permintaan dimaksud pada huruf a maka. Pengurus segera memberikan surat penolakannya paling lambat 2 dua. minggu setelah diterimanya surat permohonan tersebut. 8 Keanggotaan berakhir bilamana Anggota,a Meninggal dunia. b Meminta berhenti atas permintaan sendiri, c Diberhentikan oleh Pengurus karena tidak memenuhi syarat. keanggotaan, d Diberhentikan oleh Pengurus karena tidak mengindahkan kewajibannya.
sebagai Anggota atau berbuat sesuatu yang merugikan Koperasi. e Berhenti sebagai Karyawan PT Yamaha Indonesia, 9 Berakhirnya keanggotaan mulai berlaku dan hanya dapat dibuktikan dengan. catatan dalam Buku Daftar Anggota, 10 Permintaan berhenti sebagai anggota harus diajukan secara tertulis kepada. 11 Seseorang yang diberhentikan oleh Pengurus dapat meminta pertimbangan. dalam Rapat Anggota berikutnya,ANGGOTA LUAR BIASA, Yang dapat diterima menjadi Anggota Luar Biasa adalah Warga. NegaraIndonesia dan orang per orang yang mempunyai hubungan kerja mitra. kerja dengan Koperasi serta memenuhi beberapa syarat sebagai berikut. a Mampu melakukan tindakan hukum dewasa dan tidak berada dalam. b Telah menyatakan kesanggupan tertulis untuk melunasi Simpanan Pokok dan. Simpanan Wajib, c Telah menyetujui isi Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga dan. Peraturan peaturan Perkoperasian yang masih berlaku. 1 Seseorang yang akan masuk menjadi Anggota Luar Biasa harus. mengajukan surat permintaan tertulis kepada Pengurus Dalam waktu yang. telah ditentukan selambat lambatnya 1 satu bulan Pengurus harus. memberikan jawaban apakah permintaan itu diterima atau ditolak. 2 Permintaan berhenti menjadi Anggota Luar Biasa harus diajukan secara. tertulis kepada Pengurus, 3 Anggota Luar Biasa mulai berlaku dan hanya dapat dibuktikan dengan.
catatan dalam buku Daftar Anggota Luar Biasa, 4 Keanggotaan bagi anggota Luar Biasa tidak dapat dipindahkantangankan. kepada orang lain dengan dalih apapun juga, Keanggotaan berakhir bagi Anggota Luar Biasa sama dengan berakhirnya. keanggotaan Koperasi sebagaimana ketentuan Pasal 4 ayat 8 Anggaran Dasar. Setiap Anggota Luar Biasa mempunyai kewajiban yang sama dengan Anggota. Koperasi sebagaimana dalam ketentuan Pasal 4 ayat 4. Setiap Anggota Luar Biasa mempunyai hak yang sama dengan Anggota. Koperasi sebagaimana dalam ketentuan Pasal 4 ayat 5 kecuali. a Tidak dapat memberikan suarat tidak mempunyai hak suara dalam Rapat. b Tidak mempunyai hak memilih dipilih menjadi Anggota Pengurus dan. c Tidak mempunyai hak untuk meminta diadakannya Rapat Anggota. RAPAT ANGGOTA, 1 Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam Koperasi. 2 Rapat Anggota diselenggarakan paling sedikit sekali dalam 1 satu tahun. yang disebut sebagai Rapat Anggota Tahunan, 3 Rapat Anggota Tahunan diselenggarakan untuk membahas dan. mengesahkan pertanggungjawaban Pengurus dan pelaksanaannya paling. lambat 6 enam bulan setelah tahun buku lampau, 1 Selain Rapat Anggota Tahunan sebagaimana dimaksud pada Pasal 10 ayat.
3 Koperasi dapat menyelenggarakan Rapat Anggota Luar Biasa apabila. keadaannnya mengharuskan adanya keputusan segera yang wewenangnya. ada pada Rapat Anggota, 2 Rapat Anggota Luar Biasa dapat diselenggarakan atas kehendak. a Pengurus,b Pengawas, c Atas permintaan tertulis minimal 50 lima puluh per seratus dari. jumlah anggota perwakilan, 1 Pada dasarnya Rapat anggota sahbila dihadiri lebih dari separuh jumlah. 2 Jika Rapat Anggota tidak memenuhi ketentuan dalam ayat 1 diatas maka. diadakan penundaan Rapat Anggota ditunda untuk beberapa waktu. selambat lambatnya 7 tujuh hari dan bila rapat kedua tidak juga memenuhi. syarat tersebut maka Rapat Anggota dapat dilaksanakan dapat. dilaksanakan dan sah bila dihadiri 30 tiga puluh per seratus dari jumlah. Anggota Koperasi Perwakilan, Rapat Anggota berhak meminta keterangan dan pertanggungjawaban Pengurus. serta Pengawas tentang pengeloaan Koperasi, Hari tanggal waktu dan tempat serta acara Rapat Anggota diberitahukan.
sekurang kurangnya 7 tujuh hari sebelumnya kepada Anggota. 1 Keputusan Rapat Anggota diambil berdasarkan musyawarah dan mufakat. 2 Apabila tidak diperoleh keputusan dengan cara musyawarah maka. pengambilan keputusan dilakukan berdasarkan suara terbanyak. 3 Dalam hal dilakukan pemungutan suara setiap Anggota mempunyai hak. satu suara, 1 Pengurus Koperasi dipilih dari oleh dan oleh Anggota dalam Rapat Anggota. 2 Yang dapat dipilih menjadi Pengurus adalah Anggota yang memenuhi. syarat syarat sebagai berikut, a Mempunyai sifat perilkau jujur dan baik didalam maupun diluar koperasi. b Mempunyai wawasan yang luas pengetahuan serta ketrampilan kerja. 3 Pengurus dipilih untuk masa jabatan 3 tiga tahun. 4 Anggota Pengurus yang masa jabatannya telah berakhir dapat dipilih. 5 Bila seorang anggota Pengurus berhenti sebelum masa jabatannya. berakhir maka Rapat Anggota Pengurus lainnya dapat mengangkat. penggantiannya akan tetapi pengkatan itu harus disahkan oleh Rapat. Anggota berikutnya, 1 Pengurus terdiri atas sekurang kurangnya 3 tiga orang. 2 Terhadap pihak ketiga maka yang berlaku sebagai Anggota Pengurus. hanyalah mereka yang dicatat selaku itu dalam Buku Daftar Pengurus. 1 Pengurus bertugas untuk,a Mengelola Koperasi dan usahanya. b Melakukan segala perbuatan hukum untuk dan atas nama Koperasi. c Mewakili Koperasi dihadapan dan diluar pengadilan. d Menyelenggarakan dan memelihara Buku Daftar Anggota Daftar. Pengurus dan buku buku lainnya yang diperlukan, e Menyelenggarakan pembukuan keuangan da inventaris secara tertib dan.
f Menyelenggarakan Rapat Anggota, g Mengajukan laporan keuangan dan pertanggungjawaban pelaksanaan. h Mengajukan Rancangan Rencana Kerja dan Rancangan Rencana. Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi, 2 Pengurus atas persetujuan Rapat Anggota dapat mengangkat Manajer dan. Karyawan sebagai pengelola usaha Koperasi, 3 Tugas pokok masing masing Anggota Pengurus ditetapkan dalam Rapat. 1 Pengurus harus segera mengadakan catatan pada waktunya dalam Daftar. Anggota tentang masuk dan berhentinya Anggota, 2 Pengurus harus segera mengadakan catatan pada waktuya tentang dimulai. dan berhentinya jabatan Pengurus, 3 Pengurus harus berusaha agar Anggota mengetahui akibat pencatatn.
dalam Buku Daftar Anggota, 4 Setiap Anggota Pengurus harus memberikan bantuan kepada Pengawas. dan Pemeriksa yang diberi tugas untuk itu guna melaksanakan tugasnya. dan ia diwajibkan untuk memberikan keterangan yang diperlukan serta. memperlihatkan segala buku warkat persediaan barang alat alat. perlengkapan inventaris dan uang yang ada pada Koperasi. 5 Tiap Anggota pengurus harus berusaha agar pengawasan dan atau. pemeriksaan sebagaimana tersebut dalam Pasal 24 ayat 5 tidak dihambat. baik disengaja atau tidak disengaja oleh Anggota Penguru Manager. maupun Karyawan, 1 Pengurus diwajibkan agar setiap kejadian penting dicatat sebagaimana. 2 Pengurus wajib memberitahukan pada Anggota tiap kejadian penting yang. mempengaruhi jalannya Koperasi, 1 Pengurus wajib memberitahukan laporan kepada Pemerintah tentang. keadaan serta perkembangan organisasi dan usaha Koperasi sekurang. kurangnya 3 tiga bulan sekali, 2 Pengurus diwajibkan berusaha agar segala laporan pemeriksaan Koperasi. dapat diketahui oleh setiap Anggota Pengawas dan Pemerintah. 3 Pengurus diwajibkan berusaha supaya ketentuan dalam Anggaran Dasar. Anggaran Rumah Tangga Peraturan Khusus dan Keputusan Rapat. Anggota lainnya diketahui dan dipahami oleh Anggota. 4 Pengurus diwajibkan untuk memelihara kerukunan diantara para Anggota. dan mencegah hal yang menyebabkan timbulnya perselisihan paham. 5 Perselisihan yang timbul karena hanya menyangkut kepentingan Koperasi. atau dalam hubungannya sebagai Anggota harus diselesaikan oleh. Pengurus dengan jalan damai tanpa memihak salah satu pihak. 6 Pengurus harus melaksanakan segala ketentuan dalam Anggaran Dasar. Anggaran Rumah Tangga Peraturan Khusus dan Keputusan Rapat. 1 Pengurus menanggung kerugian yang diderita Koperasi sebagai akibat. kelalaian dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. 2 Jika kelalaian itu mengenai sesuatu yang termasuk pekerjaan beberapa. orang Anggota Pengurus maka Karena itu mereka bersama sama. menanggung kerugian tadi untuk seluruhnya akan tetapi Anggota Pengurus. bebas dari tanggungannya jika ia dapat membuktikan bahwa kerugian tadi. bukan karena kesalahnnya serta ia telah berusaha dengan segera dan. secukupnya untuk mencegah kelalaiannya tadi, 1 Dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya Pengurus berwenang untuk.
menggunakan fasilitas sarana maupun dana yang tersedia sesuai dengan. keputusan Rapat Anggota, 2 Pengurus berhak menerima imbalan jasa sesuai dengan keputusan Rapat. 3 Pengurus berhak menerima bagian Sisa Hasil Usaha SHU sesuai dengan. keputusan Rapat Anggota, 1 Pengawas dipilih dari dan oleh Anggota dalam Rapat Anggota. 2 Pengawas bertanggung jawab kepada Rapat Anggota, 3 Yang dapat dipilih menjadi Pengawas adalah Anggota yang memenuhi. syarat syarat sebagai berikut, a Mempunyai sifat dan perilaku yang baik didalam maupun diluar. b Mempunyai wawasan yang luas pengetahuan serta ketrampilan yang. baik terutama dibidang pengawasan, 4 Pengawas dipilih untuk masa jabatan 3 tiga tahun.
5 Pengawas bertugas untuk, a Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan. pengelolaan Koperasi sekurang kurangnya 3 tiga bulan sekali. b Membuat laporan tertulis pengawasannya dan disampaikan kepada. Pengurus dengan tembusan kepada Pemerintah, 1 Dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya Pengawas berwenang untuk. menggunakan fasilitas sarana maupun dana yang tersedia sesuai dengan. keputusan Rapat Anggota, 2 Dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya Pengawas berwenang untuk. meneliti segala catatan berkas barang barang uang serta bukti bukti. lainnya yang ada pada Koperasi, 3 Pengawas berhak menerima imbalan jasa sesuai dengan keputusan Rapat. 1 Apabila pengeloaan Koperasi dilakukan secara professional dengan. mengangkat Direksi Manager maka unsure Pengawas dapat ditiadakan. atau diadakan sewaktu waktu sesuai dengan kebutuhan melalui Rapat. Anggota dengan demikian fungsi pengawasan menjadi tugas dan tanggung. jawab Pengurus, 2 Terhadap pihak ketiga maka mereka yang melakukan pengawasan.
dan atau pemeriksaan atas Koperasi dan juga Dewan Penasehat. diharuskan merahasiakan segala sesuatu tentang keadaan Koperasi yang. didapatnya dalam melakukan tugasnya,PENGELOLA KOPERASI. 1 Pengelola Koperasi diangkat dan diberhentikan oleh Pengurus berdasarkan. keputusan Rapat Pleno Pengurus dan Pengawas, 2 Tugas wewnang tanggung jawab gaji serta pendapatan lainnya atas. Pengelola ditetapkan dalam suatu kontrak kerja, 3 Khusus pengelolaan Usaha Simpan Pinjam seperti dimaksud pada Pasal 3. ayat 4 butir a dilaksanakan secara terpisah dari unit usaha lainnya. berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 1995 tentang. Pelaksanaan Usaha Simpan Pinjam, 4 Modal tetap awal pendirian unit Usaha Simpan Pinjam minimal. Rp 15 000 000 lima belas juta rupiah yang berasal dari bagian modal. Koperasi dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Pengurus Koperasi. 5 Modal tetap yang ditetapkan pada Usaha Simpan Pinjam tersebut tidak. dapat diambil kembali oleh Pengurus Koperasi selama Usaha Simpan. Pinjam melakukan kegiatan usahanya, 6 Apabila Pengelola adalah perorangan maka Pengelola tersebut harus.
memenuhi persyaratan, a Tidak pernah melakukan tindakan tercela dalam bidang keuangan dan. atau dihukum karena terbukti melakukan tindakan pidana dibidang. b Memiliki akhlak dan moral yang baik,c Emiliki keahlian dibidangnya. 7 Apabila Pengelola lebih dari 1 satu orang maka pengelola tersebut harus. memenuhi persyaratan, a Sekurang kurangnya 50 lima puluh per seratus dari jumlah. Pengelola wajib mempunyai keahlian dibidang keuangan atau pernah. mengikuti pelatihan dibidang Usaha Simpan Pinjam atau magang dalam. saha Simpan Pinjam, b Diantara Pengelola tidak boleh mempunyai hubungan kekeluargaan. sampai derajat ke satu menurut garis lurus ke bawah maupun ke. 8 Apabila Pengelola tersebut merupakan badan Usaha maka Pengelola. tersebut wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut. a Memiliki kemapunan keuangan yang memadai,b Memiliki tenaga manajerial yang memadai.
9 Pendapatan dari unit Usaha Simpan Pinjam dapat dipergunakan. a Biaya penyelenggaraan unit Usaha Spinjam,b Pemupukan modal unit Usaha Simpan Pinjam. 10 Sisa Hasil Usaha setelah dikurangi cadangan dan dana pendidikan. diserahkan kepada Koperasi yang bersangkutan untuk dibagikan kepada. Anggota menurut Ketentuan yang diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. DEWAN PENASEHAT, 1 Untuk kepentingan Koperasi Rapat Anggota dapat mengangkat Dewan. 2 Rapat Anggota dapat mengangkat anggotaatau orang bukan anggota yang. mempunyai keahlian sesuai dengan kepentingan Koperasi untuk menjadi. Dewan Penasehat, 3 Anggota Dewan Penasehat tidak menerima gaji akan tetapi dapat diberikan. uang jasa atau honorarium sesuai dengan keputusan Rapat Anggota. 4 Anggota Dewan Penasehat tidak mempunyai hak suara dalam Rapat. Anggota maupun Rapat Pengurus, 5 Dewan Penasehat dapat memberi saran atau pendapat kepada Pengurus. untuk kemajuan Koperasi baik diminta maupun tidak diminta. PEMBUKUAN KOPERASI, 1 Tahun Buku Koperasi mulai dari tanggal 1 Januari sampai dengan.
31 Desember, 2 Koperasi wajib menyelenggarakan pembukuan tentang badan usahanya. 3 Koperasi wajib pada setiap tutup tahun buku mengadakan Laporan. Keuangan dalam bentuk Neraca dan perhitungan rugi laba. 4 Laporan keuangan dalam bentuk Neraca dan Perhitungan Rugi Laba. Koperasi tersebut wajib diaudit oleh Kantor Akuntan Publik atau Koperasi. Jasa Audit,KEADAAN KOPERASI TIDAK DIRAHASIAKAN, Pada waktu Kantor dibuka maka Pengurus dapat memberi kesempatan kepada. a Setiap orang untuk menelaah Akta Pendirian dan Akta Perubahan tanpa. biaya dan untuk mendapatkan salinannya atau petikannya dengan. membayar ongkos menyalin seperlunya, b Setiap Anggota dan Pejabat Instansi yang berwenang untuk menelaah buku. catatan catatatn dan perhitungan keuangan serta laporan pemeriksaan tanpa. biaya dan untuk mendapatkan salinannya atau petikannya dengan. membayar ongkos menyalin seperlunya,MODAL BADAN USAHA KOPERASI. 1 Modal Koperasi terdiri dari modal sendiri da modal pinjaman. 2 Modal sendiri dapat berasal dari,a Simpanan Pokok.
b Simpanan Wajib,c Simpanan Khusus,d Dana Cadangan. e H i b a h,3 Modal pinjaman dapat berasal dari,b Koperasi lain. c Bank dan lembaga keuangan lainnya,d Penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya. e Sumber lainnya yang sah, Selain modal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 31 Koperasi dapat pula. melakukan pemupukan modal yang berasal dari modal penyertaan. SIMPANAN ANGGOTA, 1 Setiap Anggota harus menyimpan atas namanya pada Koperasi Simpanan.
Pokok sebesar Rp 2 000 dua ribu rupiah, 2 Uang Simpanan Pokok harus dibayarkan sekaligus akan tetapi Pengurus. dapat mengijinkan Anggota untuk membayar dalam sebanyak banyaknya 2. dua kali angsuran bulanan, 3 Setiap Anggota harus menyimpan atas namanya pada Koperasi Simpanan. Wajib yang jumlahnya ditetapkan dalam Rapat Anggota. 4 Setiap Anggota digiatkan untuk menyimpan dalam bentuk atau jasa lainnya. atas dasar keputusan Rapat Anggota, 5 Pada waktu keanggotaan berakhir Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib. merupakan suatu tagihan atas Koperasi sebesar jumlahnya secara. kumulatif jika perlu dikurangi dengan bagian tanggungan kerugian. 1 Uang Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib tidak dapat diminta kembali. selama Anggota belum berhentisebagai Anggota, 2 Uang simpanan dalam bentuk atau jenis lainnya selain Simpanan Pokok. dan Simpanan Wajib dapat diminta kembali sesuai dengan Keputusan. Rapat Anggota atau menurut perjanjian, Apabila keanggotaan berakhir menurut Pasa 4 ayat 8 maka uang Simpanan.
Pokok dan Simpanan Wajib setelah dipotong dengan bagian tanggungan. kerugian yang ditetapkan dikembalikan kepada yang berhak dengan segera dan. selambat lambatnya dalam 1 satu bulan kemudian,SISA HASIL USAHA. 1 Sisa Hasil Usaha Koperasi merupakan pendapatan yang diperoleh dalam 1. satu tahun buku dikurangi dengan biaya penyusutan dan kewajiban. kewajiban lainnya termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan. 2 Sisa Hasil Usaha yang diperoleh dari usaha Koperasi dibagikan kepada. Anggota sebanding dengan jasa usaha yang dilakukan oleh masing masing. Anggota Koperasi setelah dikurangi cadangan dana pendidikan dana. pengurus dana karyawan dana pembangunan daerah kerja dan dana. social Prosentase atas masing masing dituangkan atas masing masing. dituangkan dalam Anggaran Rumah Tangga Koperasi melalui keputusan. Rapat Anggota,TANGGUNGAN ANGGOTA, 1 Bilamana Koperasi dibubarkan dan dana penyelesaiannya ternyata. kekayaan Koperasi tidak mencukupi untuk melunasi segala perjanjian dan. kewajibannya maka sekalian Anggota diwajibkan menanggung kerugian. masing masing terbatas pada Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib yang. seharusnya telah disetor oleh Anggota yang bersangkutan pada Koperasi. serta modal penyertaan yang dimiliki, 2 Kerugian yang diderita oleh Koperasi pad akhir suatu tahun buku ditutp. dengan uang cadangan, 3 Bilamana kerugian tersebut dalam ayat 2 tidak dapat dipenuhi maka. Rapat Anggota dapat memutuskan untuk membebaskan bagian kerugian. yang belum terpenuhi ditutup atau diperhitungkan dengan Sisa Hasil Usaha. tahun tahun yang akan datang,PERUBAHAN ANGGARAN DASAR.
1 Perubahan Anggaran Dasar Koperasi dapat dilakukan apabila mempunyai. alasan yang kuat dan dibutuhkan oleh Anggota dalam rangka meningkatkan. efisiensi usaha Koperasi dan kepentingan Anggota, 2 Perubahan Anggaran Dasar Koperasi dilakukan berdasarkan keputusan. Rapat Anggota dan dituangkan dalam Berita Acara Rapat Anggota. Perubahan Anggaran Dasar Koperasi, 3 Perubahan Anggaran Dasar Koperasi yang menyangkut perubahan bidang. usaha struktur permodalan tanggungan Anggota nama Koperasi. penggabungan atau pembagian Koperasi perlu pengesahan dari Kepala. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Propinsi DKI Jakarta. 4 Perubahan Anggaran Dasar Koperasi yang tidak menyangkut ayat 3. tersebut tidak perlu mendapatkan pengesahan dari Kepala Dinas Koperasi. Usaha kecil dan Menengah Propinsi DKI Jakarta tetapi harus ditetapkan. dengan keputusan Rapat Anggota, 5 Keputusan Rapat Anggota tersebut ayat 4 wajib dilaporkan kepada Kepala. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Propinsi DKI Jakarta oleh. Pengurus Koperasi paling lambat 1 satu bulan sejak Perubahan Anggaran. Dasar dilakukan, 6 Pengurus Koperasi dapat mengumumkan Perubahan Anggaran Dasar. Koperasi tersebut ayat 4 dalam media massa setempat paling lambat. dalam jangka waktu 2 dua bulan sejak perubahan dilakukan Pengumuman. tersebut dilakukan sekurang kurangnya 2 dua kali dengan tenggang waktu. selama paling kurang 45 empat puluh lima hari, 7 Sahnya quorum Rapat Perubahan Anggaran Dasar bilama dihadiri.
sekurang kurangnya 3 4 tiga per empat dari jumlah Anggota.


Related Books

i101 - lecture 1 - Indiana University Bloomington

i101 lecture 1 Indiana University Bloomington

Luis M.Rocha and Santiago Schnell Course Materials Lecture notes Posted online @ http://informatics.indiana.edu/rocha/i101 and @ infoport Course package

The Richmond Temple

The Richmond Temple

Sun 11/27 6:00pm Sri Subramanya Abishekham Mon 11/28 6:45pm Shiva Abishekham Tue 11/29 7:00pm Wed 11/30 7:00pm Sree Krishna Abishekham & Vishnu Sahasranamam Bharathi Yoga will be starting a brand new 3-month Yoga Course for Beginners from January, 2017. Classes will include As-ana, Pranayama and other aspects of Yoga. No prior experience in

R&D on Optimum Production System Using Large-Scale ...

R amp D on Optimum Production System Using Large Scale

Toshio Okamuro, Hitomi Takuma, Hideaki Mito, Shigeki Kobayashi, Kazumasa Okada, Shigeru Ishiguchi, Masao Yamakawa, Toshio Saeki, Ken Kitamura, Masao Yanagibashi 1. Contents of Empirical Research 1.1 Objective of R&D Liberalization and internationalization are permeating the petroleum industry, and bolstering

ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. E (48 TAHUN) DENGAN KANKER ...

ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY E 48 TAHUN DENGAN KANKER

asuhan keperawatan pada ny. e (48 tahun) dengan kanker serviks stadium iii b + anemia sedang dan penerapan evidance based nursing practice di ruangan ginekologi onkologi rsup dr. m. djamil padang peminatan keperawatan maternitas nency aldani putri, s. kep 1741312067 program studi profesi ners fakultas keperawatan universitas andalas padang 2018

PANDUAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN KANKER DI FASILITAS ...

PANDUAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN KANKER DI FASILITAS

Deteksi dini dapat dilakukan pada beberapa jenis kanker, seperti kanker serviks, payudara, rektal, dan kanker pada anak. Dengan melakukan deteksi dini, diharapkan dapat mengubah tren penemuan penyakit dari stadium lokal lanjut atau lanjut, menjadi stadium dini.

Parallel Nsight 1.5 + CUDA Toolkit 3.2 + Ecosytem Update ...

Parallel Nsight 1 5 CUDA Toolkit 3 2 Ecosytem Update

Nsight Visual Studio IDE Agilent ADS Spice Simulator Verilog Simulator Electro-magnetics: Agilent, CST, Remcom, SPEAG Already Available Mathematica MSC MARC MSC Nastran AMBER, GROMACS, GROMOS, HOOMD, LAMMPS, NAMD, VMD Other Popular MD code Quantum Chem Code 2 Quantum Chem Code 1 Lithography Products Risk Analysis 1 Scicomp SciFinance CULA ...

SystemC Getting Started - CFS Vision

SystemC Getting Started CFS Vision

The last part of the document contains books recommended for getting started where you can find SystemC examples with reference to where you can download the example of source code. Windows setup for SystemC This part contains a description of the tools to be installed for developing on Windows. It contains a

Xilinx Vivado/SDK Tutorial - LTH

Xilinx Vivado SDK Tutorial LTH

Xilinx Vivado/SDK Tutorial (Laboratory Session 1, EDAN15) Flavius.Gruian@cs.lth.se March 21, 2017 This tutorial shows you how to create and run a simple MicroBlaze-based system on a Digilent Nexys-4 prototyping

Paranthropology: Journal of Anthropological Approaches to ...

Paranthropology Journal of Anthropological Approaches to

Paranthropology: Journal of Anthropological Approaches to the ... Journal of Anthropological Approaches to the Paranormal ... her research into the psychic develop-